Sebenarnya NFT sendiri sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Dilansir dari Tekno Kompas, NFT pertama kali digunakan pada tahun 2017, tepatnya pada bulan Oktober yang dilakukan oleh sebuah game blockchain yakni CryptoKitties. Setelah bertahun-tahun menjadi perbincangan dikalangan pecinta crypto, NFT kemudian menjadi viral dan menjadi perbincangan hangat setelah  munculnya fenomena Ghozali Everyday yang berhasil menjadi milyader hanya karena menjual foto selfie di salah satu marketplace NFT yakni Opensea.

Seperti yang kita tahu bahwa NFT merupakan kepanjangan dari Non Fungible Token, bisa dibilang sebuah platform yang kehadirannya bisa dimanfaatkan oleh para seniman atau artis untuk menjual karya seni mereka yang dibangun menggunakan sistem blokchain.

Baca Juga: Cara Menggunakan Aplikasi Zenly Locator

Bisa dibilang, hal-hal yang bisa kita jual dan masukan kedalam NFT adalah karya seni. Ketika orang sudah sepakat untuk memberikan nilai yang tinggi pada karya seni yang kamu buat, tentu NFT yang kamu jual akan laku di pasar, kemudian yang orang yang sudah membelinya memiliki opsi untuk menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Ini yang menariknya, kamu sebagai pembuat karya tersebut, meskipun sudah menjual karya tersebut kepada orang lain, kamu akan mendapatkan royalty atas penjualan yang sedang berlangsung ataupun akan berlangsung.

Inilah yang membuat Ghozali Everyday mendadak menjadi orang yang tajir melintir, meskipun foto-fotonya di awal memiliki harga yang sangat murah, namun seiring dengan populernya NFT yang ia jual, ia akan terus mendapatkan royalty atas penjualan yang sedang berlangsung.

Kembali lagi kepada topik perbincangan kita terkait karya NFT, ada banyak karya seni yang bisa kita jual di marketplace NFT dimulai dari gambar, meme, emoticon, karakter game, bahkan Jack Dorse yang merupakan CEO Twitter sempat menjual tweet pertamanya sebagai NFT, dan hal tersebut laku hingga 42 miliar. Jadi intinya ada banyak hal yang bisa kamu jual di NFT.

Meroketnya popularitas NFT ini ternyata juga membuat beberapa orang menciptakan sebuah alat untuk membuat NFT dengan sangat mudah yang selama ini dikenal sebagai nft art generator. Mendengar kata generator, sebagian besar gen Z dan milenial mungkin sudah bisa menebak seperti apa cara kerja tools semacam ini, karena memang ada banyak tools dalam katagori lain seperti fake tweet generator, dan sebagainya.

Apa itu NFT Art Generator?

NFT Art Generator adalah sebuah alat yang diciptakan untuk membantu kita dalam membuat karya NFT dengan sangat mudah, dan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan aplikasi pada umumnya. Umumnya website yang menyediakan tools NFT Art Generator juga sudah menyertakan algoritma khusus seperti AI untuk memproses NFT lebih cepat dengan hasil yang lebih baik.

Sedangkan jenis karya seni yang bisa dibuat menggunakan tools semacam ini sangat terbatas, tergantung dari teknologi yang dimiliki oleh pemilik website. Umumnya website NFT Art Generator kompatible dengan gambar dan video.

Pertanyaanya, jika membuat NFT bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat seperti ini, apakah karya yang kita jual bisa laku dipasaran?

Inilah yang uniknya dari karya seni, pada umumnya karya seni tidak melihat sesulit Anda dalam membuatnya, atau teknologi apa yang Anda gunakan untuk menciptakan hal, atau bahkan berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk menciptakan hal tersebut. Asal hasilnya bagus dan mampu menggerakan untuk memberi nilai pada karya seni Anda, tentu saja sangat mungkin untuk menjual karya, meskipun dibuat dengan sangat mudah dan cepat.

10 NFT Art Generator Terbaik

Jika kamu tertarik untuk membuat karya NFT, namun tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan beberapa tools yang biasa digunakan para profesional untuk membuar karya seni, kamu bisa menggunakan beberapa art generator NFT yang dirangkum oleh divedigital.id berikut ini:

1. NFT Art Generator

NFT ART GENERATOR

Tools pertama yang kami perkenalkan kepada anda adalah NFT Art Generator, sebuah alat yang bisa kamu gunakan untuk membuat karya NFT dengan sangat mudah, bahkan hasilnya bisa langsung banyak sekaligus. Tidak hanya sekedar membuat, pada situs ini kamu juga bisa menjual hingga membangun komunitas NFT.

Yang kamu butuhkan untuk membuat NFT di situs ini adalah beberapa gambar (format PNG, GIF) atau video (format MP4) kemudian mengupload ke situs, lalu sistem tools yang akan menggenerate karya seni beru berdasarkan gambar yang sudah kamu miliki tadi. Situs ini bisa kamu akses secara gratis, namun pada versi gratis hanya menyediakan 100 aset NFT saja. Ada tiga pilihan paket lain yang bisa kamu akses secara berbayar dengan kisaran harga $179 sampai dengan $389.

Cara Memulai

  • Silahkan berkunjung ke https://nft-generator.art/app
  • Upload beberapa gambar atau video yang ingin kamu ubah menjad NFT.
  • Lakukan beberapa penyesuaian pada pengaturan sisi kanan dan kiri layar anda.
  • Jika sudah klik preview untuk melihat hasilnya.
  • Jika sudah puas, klik geneate collection untuk mengunduh NFT Anda.

2. GoArt

go art

Berbeda dengan yang pertama tadi dimana tools disajikan dalam bentuk website sehingga Anda bisa langsung menggunakan melalui browser, pada tools yang kedua ini alat disajikan dalam bentuk aplikasi yang bisa kamu install di handphone, namanya adalah GoArt, sebuah aplikasi edit foto yang menghadirkan banyak fitur menarik yang dan megubahnya menjadi NFT yang pastinya ramah untuk pemula.

Yang kamu butuhkan untuk menggunakan aplikasi ini adalah foto, yang nantinya bisa kita sulap menjadi karya seni dengan bantuan filter menarik seperti Monet, Van Gogh, Picasso dan filter-filter lainnya. Tidak hanya menjadikan NFT, sebagai materi promosi, kamu juga bisa mencetak karya yang sudah kamu buat pada baju. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu mulai untuk membuat NFT melalui aplikasi ini.

  • Install aplikasinya di handphone kamu, untuk android silahkan cari ‘GoArt – Art NFT Creator‘ di playstore, sedangkan appstore memiliki nama ‘GoArt – Photo Art Maker’.
  • Upload foto yang ingin kamu jadikan sebagai NFT.
  • Pilih filter yang paling sesuai dengan foto kamu.
  • Lakukan beberapa pengaturan lanjutan.
  • Simpan karya NFT yang sudah kamu buat di handphone.

3. Paintstorm Studio

paint storm studio

Tidak seperti dua tools yang sudah kami sebutkan diatas dimana kehadirannya memang dikhususkan untuk membuat NFT, namun pada alat yang ketiga ini sebenarnya merupakan software digital painting yang memiliki beragam fitur menarik yang bisa di instal dalam beragam device dimulai dari windows, MacOS, Linux, sampai dengan iPad.

Karena ini adalah software digital painting, tentu saja hasilnya bisa kita jadikan sebaga NFT dan dijual ke beberapa marketplace NFT. Jangan dikira aplikasi ini seperti photoshop ya, fitur yang ada di aplikasi ini jauh lebih helpfull, apalagi jika kamu memang memiliki bakat dalam desain grafis, alat ini pastinya akan sangat memudahkan kamu.

Jika kamu tertarik dengan software satu ini, kamu bisa melakukan pembelian dengan hara $19 dengan lisensi Lifetime License. Namun jika ragu untuk membelinya, kamu bisa memulai trialnya terlebih dahulu.

Cara Memulai

  • Siapkan devicenya terlebih dahulu dengan sistem oprasi windows, MacOS, Linux, iPad.
  • Download softwarenya, jika tertarik menggunakan versi trial, kamu bisa mengunduhnya di link berikut https://paintstormstudio.com/try.html.
  • Install software.
  • Buka dan mula buat karya digital kamu.

4. NinjaFT

NinjaFT

Seperti yang kita ketahui bahwa NFT tidak hanya berbentuk musik atau foto saja, karya dalam bentuk kartu juga bisa dijual di marketplace NFT. Jika kamu termasuk orang yang lebih suka membuat karya seni digital dalam bentuk kartu, ada aplikasi yang akan memudahkan kamu dalam pembuatannya, namanya adalah NinjaFT yang didalamnya menyediakan banyak template kartu yang siap untuk kamu gunakan.

Tidak hanya menyediakan banyak template yang siap digunakan, NinjaFT juga berafiliasi dengan salah satu pelaku NFT yakni Binance Blockchain. Jadi ketika kamu menggunakan aplikasi ini, hasil dari karya seni kamu bisa langsung kamu jual ke binance dengan sangat mudah.

Cara Memulai

  • Silahkan install aplikasi NinjaFT, untuk android kamu bisa mencarinya di playstore dengan nama ‘Pembuat NFT – NinjaFT‘, sedangkan di appstore, kamu bisa mencarinya dengan nama ‘NFT Creator – NinjaFT
  • Buka aplikasi NinjaFT.
  • Setelah itu cari menu Trading Card, lalu klik menu tersebut.
  • Ada menu Create yang digunakan untuk membuat karya NFT.
  • Pilih template yang akan kamu gunakan.
  • Jika kamu ingin menggenerate, disana juga terdapat opsi untuk memilihnya dari galery.

5. TwistedBrush Pro Studio

TwistedBrush Pro Studio

Pada NFT Art Generator terbaik yang kelima ada TwistedBrush Pro Studio yang sebenarnya mirip-mirip dengan Paintstorm Studio, yakni sebuah software yang didedikasikan untuk para digital artist untuk membuat karya dengan lebih mudah berkat dukungan 9,000 lebih brush. Jumlah yang sangat banyak ini sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk membuat karya yang bagus.

Namun jika dari beberapa brush yang sudah dihadirkan kamu belum menemukan satu yang pas dengan cara kerja kamu, kamu juga bisa membuatnya sendiri. Jika kamu tertarik dengan TwistedBrush Pro Studio yang dihadirkan oleh PIXARRA ini, ada 3 pilihan paket yang disediakan dimana untuk versi trial adalah gratis. Jadi jika kamu masih ragu, kamu bisa memulai dengan versi trialnya terlebih dahulu.

Sedangkan untuk format karya digital yang bisa diedit dan dibuat dalam tools ini adalah JPEG, TBR, GIF, TIFF, PNG, TGA, PSD, PCX, BMP, WMF PCD, dan EMF.

Cara Memulai

  • Silahkan berkunjung ke link berikut ini https://www.pixarra.com/pro_studio.html
  • Baca sistem requirements yang dibutuhkan untuk menjalankan tools ini.
  • Download software, ada tiga pilihan yang disediakan oleh pixarra.com.
  • Install dan mulai karya pertamamu.

6. NightCafé

NightCafé

Dari beberapa NFT Art generator yang sudah kami informasikan, ini adalah salah satu tools yang wajib untuk kamu gunakan karena memiliki banyak fitur menarik yang pastinya akan membuat kamu terkagum-kagum. NightCafe menawarkan kepadamu untuk membuat karya seni dalam jumlah yang banyak sekaligus dengan bantuan mechine learning yang dikombinasikan dengan artificial intelligence.

Tools yang keenam ini juga menawarkan untuk menggunakan template yang sudah mereka sediakan. Jadi jika kamu sudah memiliki foto, kamu bisa mengupload ke situs ini, lalu menggunakan template yang sudah disediakan oleh tim NightCafe untuk membuat digital art yang luar biasa menariknya.

Masih belum membuatmu terpukau? Tenang, tools ini masih memiliki dua fitur pamungkas yang tidak dimiliki tools lain. Yang pertama adalah adalah kemampuan untuk mengkonversi text menjad gambar atau video. Dan yang kedua adalah menggabung dua foto atau karya yang berbeda menjadi satu karya yang benar-benar baru. Keren kan?

Lalu, apakah tools sekeren ini berbayar? Kabar baiknya tim NightCafe menyediakan versi gratis dimana dalam sehari kamu bisa membuat 2 karya. Jika 2 karya dirasa terlalu sedikit, kamu bisa beralih pada versi premium.

Cara Menggunakan

  • Untuk memula membuat karya, kamu bisa mengunjungi link berikut https://creator.nightcafe.studio/create
  • Pilih metode pembuatan karya, apakah text to image atau style transfer.
  • Mula buar karyamu pada form yang sudah disediakan.
  • Pilih algorithm yang sudah disediakan.
  • Lalu pilih create untuk membuat karya.

7. NFT Creator

NFT Creator

Jika boleh jujur, sebagian besar pelaku seniman NFT adalah anak muda, jika kamu adalah anak muda dan membutuhkan aplikasi yang memang didesain untuk anak muda, kamu bisa mencoba aplikasi NFT Creator, sayangnya aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna iPhone saja, sedangkan pengguna android masih belum bisa menggunakan aplikasi ini. Lebih menariknya, jika kamu sudah berhasil membuat karya digital, kamu bisa langsung menjualnya ke marketplace NFT melalui pilihan import karya.

Jika ingin membuat karya NFT melalui aplikasi ini, hal pertama yang kamu butuhkan adalah gambar yang nantinya bisa kita upload ke aplikasi. Dari situ kita tinggal melakukan beberapa editing seperti memberikan filter, menambahkan baground, menulis sesuatu dengan font yang aesthetic, dan masih banyak lagi lainnya. Oh ya, disini kamu bisa menemukan lebih dari 100 template yang siap digunakan.

Jika tertarik, kamu bisa menginstal aplikasi ini di appstore dengan nama ‘NFT Creator!

8. 8bit Painter

8bit Painter

Jika kamu adalah seorang gamers, tentu sudah sangat familiar dengan istilah 8BIT, yang beberapa waktu lalu sempat diberikan untuk Free Fire. Menariknya, beberapa NFT yang memiliki penjualan luar biasa beberapa diantaranya ada yang mengungsung konsep gambar 8 bit. Maksudnya bagaimana? Yang kami maksud dengan gambar 8 bit disini adalah grafiknya kotak-kotak tidak sesempurna device saat ini.

Nah jika kamu tertarik untuk menjual NFT dengan model yang seperti ini, kamu bisa membuatnya di aplikasi 8bit Painter, yang tidak hanya tersedia di iphone, namun juga android. Jika kamu menggunakan aplikasi ini, ada dua pilihan yang bisa digunakan untuk membuat karya yakni memula dengan upload gambar, atau langsung menuju pada kanvas untuk membuatnya.

Cara Menggunakan

  • Silahkan install aplikasinya, bak di playstore dan appstore, aplikasi ini memiliki nama yang sama, yakni ‘8bit Painter
  • Buka aplikasi dan klik tanda plus untuk membuat karya pertamamu.
  • Kamu diminta untuk menentukan ukuran NFT yang akan kamu buat.
  • Lakukan beberapa pengaturan dan mendownload karya digital untuk dijual di marketplace NFT.

9. SketchAR

sketchar

Dari sepuluh tools NFT Art Generator terbaik yang kami bagikan, kami memang sengaja untuk merangkum tools dalam kategori yang berbeda-beda, dan pada nomor 9 ada SketchAR yang pada dasarnya merupakan sebuah tools untuk mengubah karya seni kedalam bentuk NFT. Dengan menggunakan tools ini, kamu bisa membuat karya digital yang lebih baik melalui beragam fitur yang mereka tawarkan seperti AI, AR, atau bahkan Canvas.

Tidak hanya sekedar membuat, kamu juga bisa membagikan NFT yang sudah kamu buat kedalam bentuk feeds yang memungkinkan untuk menemukan pembeli lebih cepat. Dan fitur terakhir yang pastinya sangat memudahkan adalah auto listing NFT ke beragam marketplace, salah satunya Opensea yang membuat Ghozali Everyday tenar di Indonesia dan dunia.

Jika tertarik, kamu bisa memula untuk menggunakan tools ini disini https://sketchar.io/nft/

10. VoxEdit

FoxEdit

Dan ini adalah NFT Art Generator terakhir yang kami rekomendasikan kepadamu, namanya adalah VoxEdit, sebuah software yang mengizinkan kamu untuk membuat model voxel, lalu mengkonversinya menjad animasi untuk dijual sebagai NFT.

Baca Juga: Cara Download Video Tiktok tanpa Watermark Kualitas HD

Sayangnya software satu ini membutuhkan device yang cukup baik, yang menggunakan sistem oprasi windows, Linux, ataupun Macos.Ada tiga fitur yang ditawarkan oleh VoxEdit, yakni permodelan, membuat animasi, menjual NFT yang sudah berhasil diciptakan ke marketplace The Sandbox.

Mulai project NFT kamu di VoxEdit dengan mengunjungi link berikut ini https://www.voxedit.io

Write A Comment