Informasi dalam kategori Zona Pelajar kali ini sangat cocok untuk kamu yang saat ini sedang mengerjakan makalah atau skripsi, karena apa? Karena kami akan membagikan 3 cara mengubah gambar ke word menjadi tulisan yang bisa diedit secara mudah dan gratis pastinya. Dengan cara ini, kamu bisa membuat membuat makalah dengan lebih cepat tanpa harus menulis ulang di word, cukup foto buku dan ubah menjadi teks.

Ya, teknologi converter kini sudah berkembang sangat luas. Jika beberapa waktu lalu kita hanya bisa mengubah gambar dari format JPG ke PNG, saat ini perusahaan-perusahaan besar seperti Google dan Microsoft sudah menghadirkan beragam alat yang akan memudahkan kita dalam pekerjaan. Ya, Google dan Microsoft sudah menghadirkan tools yang bisa kita gunakan untuk mengconvert gambar pada buku menjadi teks editabel.

Tools ini sebenarnya sudah sangat populer dikalangan akademisi, dan buat kamu yang belum tahu, silahkan simak panduan yang divedigital.id berikan dibawah ini.

Cara Mengubah Gambar ke Word yang Bisa diedit

Dari pantuan yang kami lakukan, ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk hal ini. Yang terbaru adalah tools yang disajikan oleh Google melalui Google Lens. Ini adalah tools yang menurut kami sangat powerful karena hasil yang diberikan jauh lebih rapi. Dan kami akan memulainya menggunakan Google Lens.

1. Cara Menyalin Teks Buku ke Laptop dengan Google Lens

Bisa dibilang Google Lens merupakan produk terbaru dari Google yang memanfaatkan kecerdasan buatan untuk melakukan identifikasi terhadap sebuah objek. Dan kabar baiknya, objek berupa tulisan juga bisa kita ubah menjadi teks soft copy yang langsung bisa kita copy paste di word. Kami sengaja menempatkan Google Lens di urutan pertama karena tingkat akurasinya yang bagus dan hasil edit yang rapi. Meskipun beberapa langkah yang harus kita lewati lebih banyak.

Persiapan

  • Internet.
  • Handphone dan komputer.
  • Aplikasi Google Lens.
  • Satu akun gmail.

Panduan

1 Install Google Lens

1 silahkan instal aplikasi Google Lens di handphone kamu. Untuk android kamu bisa menginstall aplikasi ini melalui playstore, sedangkan untuk iPhone, kamu bisa menginstallnya melalui apps store.

2 smartphone dan laptop menggunakan email yang sama

2 pastikan antara handphone dan komputer menggunakan akun gmail yang sama. Silahkan ambil laptop kamu, masuk ke browser, lalu login ke akun gmail yang sama pada handphone. Handphone dan laptop yang tersingkronisasi ini nantinya digunakan untuk mengirim teks dari Google Lens, sehingga outputnya langsung bisa kita paste ke Google Docs di komputer.

3 buat lembar baru

3 Jika antara handphone dan browser yang ada di Laptop sudah menggunakan email yang sama, selanjutnya silahkan buka Google Docs yang ada di Google Drive. Untuk cara yang lebih mudah, kamu juga bisa pergi ke https://docs.new, melalui link ini, browser kamu akan langsung menampilkan Google Docs.

4 foto buku

4 Ambil handphone kamu, buka aplikasi Google Lens, jika kamera Google Lens masih menampilkan menu “Telusur” silahkan ganti mode ini menjadi “Teks”. Dan selanjutnya, silahkan foto buku yang ingin kamu copy teksnya.

5 Jika sudah kamu foto, silahkan pilih menu “Pilih Semua” lalu klik “Salin ke Komputer” lalu pilih salah satu nama dari komputer yang sudah kita singkronisasikan tadi.

6 salin ke komputer

6 Silahkan buka laptop kamu, di Google Docs akan muncul notifikasi bahwa ada teks yang tersalin dari handphone kamu. Juga sudah seperti ini, kita bisa langsung memaste teks yang kita copy tadi dengan cara klik “Edit dan pilih Tempel”.

cara mengubah gambar ke word menjadi tulisan

Sekarang, teks yang ada di buku sudah kita pindah ke Google Docs, ulangi cara diatas jika kamu ingin mengubah teks lain yang ada di buku ke word.

2. Cara Mengcopy Tulisan di Buku ke word di Microsoft

Cara untuk mengubah gambar ke tulisan yang bisa di copy ke word yang selanjutnya adalah dengan microsoft word. Tidak seperti Google Lens, cara yang kedua ini tidak membutuhkan akses internet, yang artinya bisa kamu lakukan secara offline. Hanya saja, menutu kami tampilannya kurang menarik, kita harus mengatur tata letaknya.

Persiapan

  • Komputer dengan sistem oprasi Microsoft.
  • Gambar, usahakan untuk memfoto gambar dalam letak yang presisi.

Panduan

1 Silahkan pindah gambar yang ingin kamu ubah ke teks ke komputer terlebih dahulu.

masukan foto kedalam word

2 Buka aplikasi microsoft word, lalu masukan gambar kedalam word tersebut. Caranya yakni dengan pilih menu “Sisipkan, pilih gambar, pilih perangkat ini untuk mengambil gambar dari komputer, lalu pilih gambar yang hendak kamu ubah ke teks tadi.

3 Jika sudah, silahkan simpan file tersebut dengan mengubah typenya menjadi PDF.

buka file ke word

4 Tutup aplikasi word yang kamu buka tersebut, lalu masuk ke menu explorer untuk mencari file yang sudah kita simpan tadi. Jika sudah ketemu, silahkan buka file PDF tersebut dengan menggunakan aplikasi word. Caranya yakni klik kanan pada file PDF tersebut, pilih buka dengan, jika disana tidak ada pilihan wordnya, silahkan pilih aplikasi lainnya, dan pilih word.

pilih oke

5 akan muncul pemberitahuan bahwa file PDF yang kamu buka akan dkonversi ke word terlebih dahulu, klik “OK” dan tunggu beberapa saat, hingga file terbuka, dan akhirnya gambar yang kita simpan ke PDF tadi kini berubah menjadi word dan bisa kita edit. Hasilnya seperti dibawah.

hasil word

3. Menggunakan Website Conver Image ke Teks

Jika kamu tidak menginstall aplikasi Google Lens, atau di komputer kamu tidak menggunakan sistem oprasi Microsoft, kamu bisa menggunakan cara ketiga ini, yakni menggunakan sebuah website yang menghadirkan tools pengubah gambar, baik itu JPG atau PNG, kedalam bentu teks. Sayangnya tingkat akurasi dari beberapa tools ini tidak sebagus Google Lens dan Microsoft Word.

Jika kamu ingin mencobanya, berikut beberapa website yang menyediakan alat untuk mengubah gambar kedalam bentuk teks:

https://www.ocr2edit.com/convert-to-txtGratis
https://www.online-convert.com/ocr/image-to-textGratis
https://www.prepostseo.com/image-to-textGratis
https://easypdf.com/ocr-onlineGratis
https://smallpdf.com/blog/image-to-textBerbayar

Lima website tersebut menyediakan sebuah alat yang bisa kita gunakan untuk mengubah gambar berisikan tulisan menjad teks yang bisa kita edit. Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan gambar yang ingin kita ubah, lalu mengupload ke situs, dan terakhir silahkan pilih konvert atau start untuk memulainya.

Hasil dari proses pengubahan ini nantinya akan dalam bentuk TXT, yang nantinya bisa kamu copy dan paste ke word atau aplikasi penulisan lainnya.

Itulah 3 cara mengubah gambar ke word dengan hasil tulisan yang bisa kita edit. Dengan bantuan teknologi ini, kita tidak perlu susah payah lagi untuk membuat makalah atau skripsi, cukup ikuti panduan yang sudah kami berikan, dan kamu bisa paste bagian-bagian yang memang kamu perlukan untuk dimasukan dalam tugas kamu.

Artikel Terkait

Write A Comment