Tidak bisa dipungkiri bahwa visual grafis anime adalah salah satu bagian yang bisa membuat anime itu makin bersinar, atau justru bagian yang bisa merusaknya.

Ya, banyak manga dengan plot dan karakter epik, namun ketika diadopsi kedalam subuah serial anime, nyatanya beberapa anime gagal memenuhi ekspektasi penonton lantaran visualnya kurang menarik.

Setelah plot cerita sudah ditentukan, grafik visual memang adalah PR selanjutnya yang harus diperhatikan oleh studio animasi.

Mereka harus bisa membuat visual yang ada di anime bisa menguatkan cerita dan menjelaskan nuansa anime secara keseluruhan.

Kali ini divedgital.id akan mengajak kamu untuk membahas 7 anime dengan grafik terbaik yang setiap scene nya bisa memanjakan mata penontonya.

7 Anime dengan Grafik Terbaik

Pembahasan kali ini mungkin agak subyektif, karena bagaimanapun antara satu orang dan orang lainnya memiliki preferensi yang berbeda tentang anime seperti apa yang memiliki visual grafis bagus.

Meski demikian, berikut kami rangkum, 7 anime dengan grafis terbaik versi kami yang pastinya bisa memanjakan mata kamu ketika menontonya.

NOTE: Penomoran pada list anime ini bukanlah rangking, kami hanya memilih 7 yang terbaik, dan membahasnya secara acak.

1. The Garden of Words

The Garden of Words

Mari kita mulai dengan membahas anime The Garden of Words, sebuah anime dengan plot cerita yang cukup sederhana dan bergenre romance yang mudah untuk diikuti, meski untuk seorang pemula sekalipun.

Dan ini bukanlah sebuah series, melainkan film dengan durasi 46 menit saja.

The Garden of Words menceritakan tentang seorang siswa yang bernama Takao Akizuki yang ketika hujan selalu cabut dari kelas dan memilih menghabiskan waktunya di taman.

Setiap ia bolos, ia selalu bertemu dengan sosok stranger, seorang perempuan yang sudah bekerja dengan nama Yukari Yukino.

Karena ia selalu bertemu di tempat dan moment yang sama, keduanya akhirnya berkenalan. Plot cerita selanjutnya dikembangkan dari pertemuan yang unik ini.

Dan berbicara soal visual grafisnya, The Garden of Words benar-benar sempurna.

Mengambil set latar disaat hujan, entah kenapa bagian tetesan hujan saat turun adalah salah satu visual yang cukup jarang bisa kita nikmati di film atau serial anime.

Tidak hanya itu, scene lain layaknya warna latar belakang di taman, gedung perkotaan yang menjulang tinggi, kereta yang berjalan, dan perpaduan warna biru dan hijau tampak sangat sempurna.

2. Sword Art Online

Sword Art Online

Sword Art Online adalah anime yang dirilis setahun lebih dulu dibandingkan The Garden of Words, yakni pada tahun 2012.

Sebuah anime lawas yang sampai saat ini memiliki tampilan visual cukup menarik, mengingat ini adalah anime yang sudah lebih dari 10 tahun yang lalu.

Wajar banget, karena memang pihak dibalik anime ini adalah studio A-1 Picture, yang notabene terkenal dengan anime semacam Lycoris Recoil.

Tidak hanya itu saja, elemen penggunaan sound juga sempurna. Setiap latar cerita memiliki sound yang bagus yang mampu menguatkan visualnya.

Misalnya ketiga scane mengambil latar pedesaan, sound yang digunakan mampu membuat vibe pedesaan tergambar dengan sempurna.

Untuk kamu yang suka dengan anime dengan genre Isekai, SAO adalah salah satu anime yang wajib masuk kedalam watch list kamu.

3. Demon Slayer

Demon Slayer cover

Lanjut pada anime dengan grafik terbaik ketiga, ada Demon Slayer, sebuah anime yang relatif baru dibandingkan dua anime sebelumnya dan memiliki basis penggemar cukup banyak.

Anime ini menceritakan petualangan seorang Tanjiro, anak yang keluarganya semuanya mati karena dihabisi oleh iblis, dan hanya menyisakan adiknya bernama Nezuko. Ia adalah manusia setengah iblis.

Petualangan untuk menyebuh kan adiknya sebagai seorang iblis akhirnya membawa Tanjiro untuk bergabung menjadi pasukan pembasmi iblis.

Terkait dengan visual grafisnya, memang Demon Slayer harus dipuji, ia sejak awal sudah menjajikan tampilan visual yang memanjakan mata.

Yang menarik, setiap elemen yang dihadirkan dicoba untuk dibuat serealistis mungkin, misalnya seperti kamera yang seolah-olah ikut bergerak ketika Tanjiro berjalan, burung yang ada dihutan, dan adegan-adegan lainnya.

Unfotable selaku studio yang menggarap anime ini memang sukses menghadirkan sesuatu yang baru dalam Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba.

4. Call of the Night

Call of the Night c

Call of the Night atau yang juga sering disebut sebagai Yofukashi no Uta merupakan anime lain yang memiliki visual grafik sempurna, dan menariknya ini salah satu anime yang baru tayang pada summer 2022 ini.

Yofukashi no Uta merupakan anime yang menceritakan seorang pemuda yang sedang mengalami quarter life crisis, dan mendapatkan semangatnya kembali setelah bertemu dengan seorang vampir.

Settingan latar dari anime ini mengambil masyarakat urban yang hidup ditengah kota yang super sibuk.

Karena salah satu tokoh animenya adalah vampire, hampir sebagaian besar scene diceritakan pada malam hari.

Dan satu lagi yang harus kamu tahu.

Suasana pada malam hari di anime Yofukashi no Uta benar-benar menabjubkan, dimulai dari aurora yang ada di langit, lampu jalanan berwarna kuning yang tampak hangat, sampai dengan lanscape kota urban yang begitu tertata sempurna.

5. Five Centimeters per Second

Five Centimeters per Second

Five Centimeters per Second adalah anime dengan grafik terbaik selanjutnya yang kami rekomendasikan, sebuah film anime yang tayang perdana pada tahun 2007.

Meski demikian, secara kualitas grafis visual dari anime benar-benar mengagumkan, tidak kalah dengan anime-anime tahun 2022, dimana sebagian besar anime di tahun ini memang memiliki grafik menarik.

Ini adalah film dengan genre romance yang mencoba mengangkat cerita cinta dua orang remaja yang sedang mencoba menjalin hubungan asmara, namun terhalang oleh jarak dan juga keegoisan dari masing-masing untuk jujur dengan perasaan yang dimiliki.

Dengan mengambil settingan latar kota Tokyo, segala keindahan kota ini bisa kamu nikmati dengan maksimal dimulai dari hujan salju yang mulai turun, jalanan yang dipenuhi bungan sakura, dan elemen-elemen kecil lainnya yang sangat mendukung dengan plot cerita yang mereka hadirkan.

Kalem, namun agak bernuansa dark, itulah hal pertama yang kami tangkap dari beberapa scene yang ada di anime ini.

6. Your Name

Your Name

Pada daftar ke enam, ada sebuah anime dengan judul Your Name, sebuah anime yang tayang perdana pada tahun 2016 yang disutradarai oleh Makoto Shinkai.

Ini adalah anime movie yang berdurasi 107 menit, yang mencoba merangkum kisah fiksi yang bercerita tentang seorang remaja laki-laki dan perempuan yang jiwanya tertukar.

Memang, sudah banyak film yang mengadopsi tema seperti ini, namun Your Name memiliki beberapa konflik untuk pengembangan cerita yang berbeda.

Dan hal lain yang cukup membuat film anime ini wajib di tonton adalah plot twist-nya yang tidak mudah untuk ditebak.

Bagaimana dengan grafis visualnya? Karena artikel ini membahas tentang anime dengan grafis terbaik, tentu saja Your Name juga memiliki visual yang keren.

Sebenarnya, hampir semua settingan lokasi yang digunakan di anime ini adalah tempat yang memang ada di Jepang, sehingga visualisasi efek 3D yang begitu detal mampu membuat seolah-olah karakter di anime ini memang hidup di Jepang.

7. DOTA: Dragon’s Blood

DOTA Dragon’s Blood

Meskipun anime merujuk pada animasi dari Jepang, di list yang terakhi ini, sebaga bonus kami ingin juga mencantumkan animasi dari Amerika, yang menurut kami juga memiliki grafik visual tidak kalah keren.

Yaps, sesuai dengan judul awalnya, DOTA: Dragon’s Blood merupakan serial animasi yang diadopsi dari video game populler yakni Dota yang digarap oleh 3 studio besar yakni Netflix Animation, Studio Mir, dan Valve.

Meluncur perdana pada Maret 2021, tentu saja visual dari animasi satu ini tidak diragukan lagi, ini adalah animasi yang secara grafis pastinya disukai pecinta animasi saat ini.

Jika kamu juga orang yang menikmati permainan DOTA, tentu kamu akan relate dengan animasi ini. Hanya saja, di anime ini, pihak studio lebih fokus pada perjalanan seorang Davion, sebagai Dragon Knight.

Meski traillernya tidak begitu menjanjikan secara visual, namun pendapat ini pastinya akan berubah jika kamu menonton setiap episode yang ada di anime ini.

Masing-masing karakter di presentasikan dengan sederhana, namun cukup bold, dan masih menarik untuk kita nikmati.

Itulah 7 anime dengan grafik visual yang terbaik dan menabjubkan, meskipun beberapa versi anime yang kami hadirkan adalah anime lawas, namun dari segi tampilan visual tidak kalah bukan?

Artikel Lainnya

Write A Comment