SEO Glossary

Apa itu Backlink? Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Contoh Backlink


Seperti yang kita ketahui bersama bahwa backlink merupakan salah satu contoh dari dari penerapan optimasi SEO, lebih tepatnya optimasi off page atau orang juga biasa menyebutnya sebagai optimasi dari luar website. Namun sudah kah Anda tahu mengenai pengertian dari backlink itu sendiri? Apa itu backlink? Sebelum membahas tentang jenis, manfaat, dan contoh, yuk kita cari tahu definisinya terlebih dahulu.

Pengertian Backlink

Backlink adalah sebuah link dari suatu website yang mengarahkan ke website lain. Dalam prakteknya, backlink juga memiliki nama lain yakni inlink, link masuk, incoming links, dan juga inbound link. Keberadaan backlink, khususnya beberapa jenis backlink (doffolow) memiiki peranan yang cukup penting dalam optimasi SEO, yakni sebagai vote of confidence terhadap halaman atau situs yang ditunjuk.

Tipe atau Jenis Backlink

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa beberapa tipe atau jenis backlink memiliki peranan yang cukup penting, itu artinya tidak semua jenis backlink memiliki peranan yang sama pentingnya untuk SEO. Berikut beberapa jenis backlink yang ada sekarang ini lengkap dengan pengaruhnya terhadap SEO.

1. Doffolow

Backlink dofollow adalah sebuah backlink yang artinya memperbolehkan robot crawler untuk mengikuti link tersebut dan menghitungnya sebagai sebuah vote terkait kualitas dari halaman tersebut. Ini adalah jenis backlink yang paling penting untuk SEO, dan sangat disukai oleh web master karena akan berpengaruh terhadap SERP.

Format HTML : <a href=“https://divedigital.id/”>divedigital.id</a>

2. Nofollow

Backlink Noffolow berarti sebuah perintah kepada mesin crawler (bot) untuk tidak mengikuti link tersebut dan juga tidak menghitungnya sebagai bagian dari vote atas konten atau halaman yang dirujuk. Secara arti memang demikian, namun dalam prakteknya backlink ini tetap diindex oleh mesin pencari, namun impact-nya untuk SEO tidak se powerful backlink doffolow.

Format HTML: <a href=“https://divedigital.id/” rel="nofollow">divedigital.id</a>

3. Sponsored

Apa itu backlink sponsored? Backlink dengan tag htm sponsored digunakan untuk memberi bot mesin pencari bahwa ini adalah hasil dari kerjasama. Sama seperti tak noffolow, sejauh ini menurut kami backlink dengan tak sponsored masih bisa di indeks, namun impactnya seperti apa kami belum melakukan analisa. Kalaupun dihitung sebagai vote, prediksi kami tak ini impactnya tidak sebagus doffolow. Namun anoucement dari Google sendiri belum ada.

Format HTML: <a href=“https://divedigital.id/” rel="sponsored">divedigital.id</a>

4. Ugc

Dan terakhir adalah backlink dengan tak UGC yang merupakan kepanjangan dari user generated content. Secara sederhana tak UGC ingin memberi tahu bot bahwa link keluar tersebut adalah dibuat oleh pengguna, dan pemilik website meminta untuk tidak dihitung sebagai vote.

Format HTML: <a href=“https://divedigital.id/” rel="ugc">divedigital.id</a>

Manfaat Backlink untuk Website

Dilihat dari mereka yang akan mendapatkan backlink, kami melihat ada dua manfaat dari adanya backlink. Yang pertama manfaat backlink adalah meningkatkan kredibilitas sebuah situs dimata mesin pencari (SEO) dan juga sebagai jalur untuk mendapatkan tambahan traffic.

Sudah sangat jelas bahwa backlink, khususnya backlink dengan tag doffolow akan dilihat oleh mesin pencari sebagai “vote” dan efeknya tentu posisi SERP akan naik, beberapa artikel atau konten dengan keyword tertentu akan muncul di halaman mesin pencari.

Dan yang kedua kita asumsikan backlink tersbebut juga dikunjungi oleh pengguna internet. Dengan adanya rujukan link, tentu disana akan ada kesempatan bahwa website tersebut akan diklik atau dikunjungi. Dengan demikian, backlink juga bisa digunakan untuk menambah traffic website.

Contoh Backlink

Artikel kali ini memang kami dedikasikan untuk mereka para pemula yang baru mengenal dan belajar SEO, sebagai informasi tambahan, mungkin kamu juga masih belum begitu paham dengan backlink. Namun tidak perlu kuatir, karena kami juga akan memberikan contoh backlink itu sendiri.

Selalu ingat, sebuah link bisa dikatakan sebagai backlink jika, link tersebut mengarah pada website lain, dan merupakan link hidup atau bisa di klik. Jika dua syarat ini tidak terpenuhi, maka itu tidak bisa dikatakan sebagai backlink.

Misalkan untuk kata ini “jasa backlink murah” link pada kata tersebut mengarah pada halaman lain di website ini, maka ini dinamakan internal link bukan backlink. Lain halnya dengan gambar dibawah ini, yang kami ambil dari halaman ini: divedigital.id/keuntungan-website-bisnis

contoh backlink

Disitu kami memberikan link ke website lain, yakni niagahoster, nah link tersebut kita sebut sebagai backlink.

Itulah pembahasan kami tentang pengertian backlink, jenis, manfaat, lengkap dengan contohnya. Akhir kata, meskipun backlink sangat penting untuk SEO website, namun jika kamu adalah seorang yang baru belajar hal ini, saran kami hati-hati dengan backlink, karena jika tidak konsekuensinya akan terkena pinalty. Jika website kamu ingin mendapatkan backlink yang berkualitas, lihat layanan backlink kami disini divedigital.id/digital-marketing/backlink/

[Tanya+Jawab]

Apakah Backlink Masih Berpengaruh untuk SEO?

Masih dan sepertinya akan selalu digunakan sebagai salah satu acuan untuk menentukan peringkat situs.

Apakah Semua Backlink Efeknya Sama?

Seperti yang sudah kami bahas dalam artikel ini, ada 4 jenis backlink menurut tag html yang digunakan, dan backlink doffolow adalah jenis yang paling bagus.

Apa Sinonim atau Nama Lain dari Backlink?

Backlink juga memiliki sinonim atau nama lain yakni incoming link, link masuk, dan juga inlink.

Baca juga artikel menarik kami launnya seperti cara mendapatkan backlink berkualitas artikel lainnya di kategori SEO Glossary.

Misi Divedigital.ID adalah menyebarkan informasi bermanfaat. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jadilah bagian dari misi kami dengan membagikan ke sosial media. Sharing is Caring !!

Tutorial SEO
Apa Featured Snippet itu? Kupas Tuntas Cara Kerja dan Mendapatkannya
Tutorial SEO
Instan Tools Cek Plagiarism Gratis dari Searchenginereports.net
Coffee Break
Cara Meningkatkan Skill & Keterampilan Dalam Menulis
There are currently no comments.