Business Dictionary

Apa itu Brand Ambassador? Pengertian dan Cara Menjadi Brand Ambassador [+Contoh]


Selama ini kita sering melihat seorang artis atau aktor yang memperkenalkan diri sebagai brand ambassador atau duta merek dari sebuah brand, organisasi, atau sebuah lembaga. Mereka biasanya akan memperkenalkan organisasi atau brand yang mereka wakili kepada publik dan juga kelebihan atau hal positif lain.

Dan menariknya, biasanya gaji seorang brand ambassador sangat tinggi, maka tidak mengherankan jika banyak orang yang tertarik untuk menjadi seorang brand ambassador dari merek ternama. Namun apa itu brand ambassador dan bagaimana cara menjadi ambassador? Kami akan mengulasnya untuk anda.

Apa itu Ambassador?

Brand ambassador adalah orang yang diajak bekerjasama oleh sebuah perusahaan, organisasi, atau brand untuk menjadi ikon atau wajah dari perusahaan dengan jangka waktu tertentu dan kesepakatan-kesepakan tertentu juga.

Seorang yang diajak oleh sebuah brand untuk menjadi brand ambassador adalah mereka yang dikenal masyarakat. Biasanya orang tersebut akan diberikan banyak informasi mengenai produk sehingga mereka memiliki pemahaman yang baik. Selain itu, seorang brand ambassador biasanya juga diminta oleh perusahaan untuk menujukan rasa suka terhadap produk mereka dan ikut aktif memperkenalkan produk mereka kepada masyarakat luas.

Namun tidak semua orang memiliki kesempatan untuk menjadi duta merek, biasanya perusahaan akan memilih orang yang sudah terkenal, relevan dengan produk mereka, dan memiliki citra atau image yang baik, hal ini karena brand ambassador akan menjadi wajah atau identitas dari brand tersebut. Dengan demikian, seorang brand ambassador akan mampu secara optimal untuk mempromosikan produk atau campaign yang sudah dibuat oleh perusahaan.

Cara Menjadi Brand Ambassador

Selain influencer atau KOL, brand ambassador juga menjadi salah satu bidang yang selama ini di idam-idamkan oleh banyak orang, apakah kamu salah satunya? Namun bagaimana cara menjadi brand ambassador? Berikut beberapa tipsnya.

1. Dikenal karena Prestasi

Jika kamu berniat untuk menjadi seorang duta merek, maka syarat pertama yang harus kamu miliki adalah dikenal oleh masyarakat sebagai seorang yang berprestasi. Tanpa hal ini, akan sangat sulit bagi sebuah perusahaan untuk mengangkat anda menjadi seorang brand ambassador.

Mulailah tekuni bidang yang kamu sukai, dan tunjukan prestasi kamu disana. Seiring berjalannya waktu kamu akan dikenal oleh masyarakat dan akhirnya ada pihak yang menawarkan kepada kamu untuk menjadi duta merek.

2. Dikenal Positif

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bawah seorang duta merek akan menjadi ikon atau wajah dari sebuah brand, maka tak heran jika sebuah brand atau perusahaan biasanya akan mencari seorang yang memiliki sikap positif. Jika kamu memiliki keinginan untuk menjadi brand ambassador, maka mulailah dengan melakukan hal-hal yang positif.

Memang ada beberapa orang yang berhasil menjadi duta merek namun memiliki sikap yang dalam tanda kutip agak ‘nakal’, namun ini biasanya terjadi pada produk-produk yang agak dewasa, seperti rokok, alkohol, dst, dan tentu saja produk seperti ini jumlahnya sangat sedikit.

3. Rekam Jejak yang Baik

Point ketiga ini masih nyambun dengan point kedua tadi, yakni memiliki sikap yang positif sehingga memiliki rekam jejak yang baik juga. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, dimana apa yang kamu tulis 5 tahun lalu mungkin akan menjadi masalah dikemudian hari. Sudah banyak artis baru yang tersandung sebuah masalah hanya karena cuitan social media dibeberapa puluh tahun yang lalu.

Mulailah buat rekam jejak yang baik. Jika kamu dahulunya adalah orang yang suka berkata kasar disosical media atau media digital lain, sebaiknya hapus terlebih dahulu agar tidak menjadi masalah dikemudian hari.

4. Bisa Berkompromi

Diangkatnya seorang menjadi duta merek tentu karena sebuah alasan, yang pasti perusahaan menginginkan produk yang mereka jual lebih mudah dikenal oleh masyarakat. Dan itu berarti kamu akan diberikan beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu lakukan untuk menjadi seorang brand ambassador, meskipun hal tersebut berlawanan dengan idealisme kamu.

Sikap bisa berkompromi akan memudahkan bagi kamu untuk merepresentasikan jiwa dari brand atau produk yang akan kamu wakili.

5. Terus Berkarya

Kamu memiliki pasiion dibidang apa? Apakah musik, menulis, atau teknologi? Tekuni bidang kamu, teruslah berkarya dan menginspirasi banyak orang. Jika demikian, bukan tidak mungkin suatu saat nanti kamu akan diangkat menjadi duta merek dari sebuah produk yang relevan dengan bidang kamu.

3 Contoh Brand Ambassador Artis Indonesia

Memiliki mimpi untuk menjadi seorang brand ambassador, namun sebenarnya seperti apa sih contoh brand ambassador atau duta merek itu? Berikut kami informasikan beberapa orang yang dikenal sebagai duta merek dari sebuah brand.

Anggun C Sasmi

Kami yakin netizen indonesia sudah tidak asing dengan orang yang satu ini, bahkan dirinya dan salah satu jargon sebuah iklan sampo sudah dijadikan sebuah meme. Ya, selama ini kita mengenal Anggun sebagai seorang penyanyi sekaligus duta merek sampho Pantene.

Maudy Ayunda

Cantik dengan kirpah yang sudah tidak diragukan lagi, dan dikenal sebagai seorang yang cerdas membuat Maudy Ayunda diminati oleh banyak brand untuk menjadi duta merek mereka. Sudah banyak brand yang bekerjasama dengan Maudy Ayunda seperti ponds, suzuki, coca cola, xl axianta, biore, tolak angin, line, dan masih banyak lagi lainnya.

Agnes Monica

Siapa yang tidak kenal wanita cantik dengan segudang talenta satu ini? agnes adalah salah satu artis indonesia yang sering didapuk sebagau duta merek ternama. Dan salah satu brand yang tertarik dengan Agens Mo adalah Smartphone Vivo V5.

Setelah membaca artikel kita kali ini, apakah kamu berminat untuk menjadi seorang brand ambassador? Impian ini memang tidak mudah, namun jika kamu adalah orang yang kreatif, suka berkarya, dan juga memiliki kehidupan yang positif, bukan tidak mungkin suatu saat nanti kamu akan mendapatkannya. Jangan lupa untuk terus berkarya yaa….

Tanya+Jawab

Apakah brand ambassador sama dengan endorser?

Serupa namun tidak sama, scope pekerjaanya jauh lebih luas dan bergengsi seorang brand ambassador.

Berapa Gaji seorang Duta Merek?

Berbicara soal gaji tentu tidak bisa saklek atau sama, biasanya sangat tergantung dari perusahaan atau merek yang mengajak kerjasama dan seberapa terkenal duta merek tersebut.

Apa itu Brand Ambassador?

Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel kita kali ini.

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti arti disrupsi atau artikel lainnya dikategori Kamus Bisnis

Misi Divedigital.ID adalah menyebarkan informasi bermanfaat. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jadilah bagian dari misi kami dengan membagikan artikel ini ke social media. Sharing is Caring !!

Business Dictionary
Apa itu Roadmap? Pengertian, Prinsip, dan Template
Business Dictionary
Apa itu Disrupsi? Menelaah Definisi dan Cara Sukses Menghadapi Era Disrupsi
Business Dictionary
Apa itu Project? Mengenal Project Lebih Dalam [+ Unsur]
There are currently no comments.