Teknologi & Internet

Apa itu E-Wallet? Pengertian dan Aplikasi Dompet Digital Terpopuler


Perkembangan teknologi turut mempengaruhi banyak aktivitas manusia, jika dahulu orang biasa melakukan barter, seiring berjalannya waktu hal tersebut mulai digantikan dengan uang. Namun uang juga melalui banyak perubahan, salah satunya adalah uang elektronik yang memungkinkan penggunanya bisa membawa uang dengan sangat mudah.

Tidak hanya berhenti pada uang elektronik, kini kita juga dikenalkan dengan teknologi baru bernama e-wallet atau dompet digital. Lalu sebenarnya apa itu e-wallet atau dompet digital? Yuk simak ulasan kita kali ini.

Apa itu E-wallet atau Dompet Digital?

Dompet digital atau e-wallet adalah sebuah perangkat elektronik, layanan jasa, ataubahkan program perangkat lunak (aplikasi) yang memungkinkan para penggunanya untuk melakukan transaksi secara online dengan pengguna lainnya untuk membeli barang dan jasa.

Uang atau saldo yang ada di dalam e-wallet adalah uang yang sebelumnya memang sudah disimpan dalam dompet digital tersebut. Dalam kasus yang lain, untuk top up e-wallet juga bisa dilakukan dengan cara menautkan rekening bank ke akun dompet digitalnya.

Karena didalamnya terdapat uang elektronik, tentu saja setiap akun juga dilengkapi dengan data identitas yang lengkap terkait pemilik akun. Selanjutnya, keberadaan aplikasi dompet digital memiliki fungsi yang sangat beragam, tidak hanya untuk alat pembayaran saja, namun juga bisa digunakan sebagai alat untuk memverifikasi  terhadap suatu aktivitas jual beli. Misalnya untuk memverifikasi usia pembeli saat hendak membeli produk seperti alkohol.

Aplikasi Dompet Digital Terpopuler di Indonesia

Untuk anda yang saat ini ingin mencoba menggunakan dompet digital, atau bahkan belum paham dengan dompet digital. Berikut kami rangkum contoh dompet digital yang paling populer dan dengan pengguna terbanyak di Indonesia seperti yang diterbitkan oleh iprice.

1. Gopay

Seperti yang kita tahu, Gopay adalah sebuah dompet digital yang ada dalam aplikasi Gojek yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran layanan dalam aplikasi Gojek. Tak heran jika aplikasi ini dianugrahi sebagai e-wallet paling populer, hal ini senada dengan apa yang diterbitkan oleh Gojek melalui medium, dimana 30% dari seluruh transaksi e-money yang ada di Indonesia berasal dari dompet digital satu ini.

2. OVO

Meski data yang ditunjukan oleh iprice OVO menunjukan penurunan pada 2018, namun pada 2019 ini OVO berhasil menempati diposisi kedua sebagai dompet digita paling banyak digunakan. Tidak hanya untuk transaksi online, OVO juga bisa digunakan sebagai pembayaran offline, salah satunya bisa melalui Matahari mall.

3. DANA

DANA duduk diposisi ketiga, ini adalah dompet digital yang bisa dibilang baru namun memiliki pengguna yang cukup banyak. Mulai hadir sebagai platform terbuka pada tahun 2018, DANA langung memiliki pengguna yang stabil dan menduduki posisi ketiga.

DANA sendiri adalah aplikasi yang dihadirkan berkat kerjasama antara Ant Financial dengan Emtek group. Para pengguna dompet ini bisa menggunakannya untuk transaksi di Bukalapak.

4. LinkAja

Pada tahun 2019, LinkAja berhasil menduduki posisi ke empat dengan pengguna terbanyak. Perlu kita ketahui, LinkAja adalah sebuah dompet digital hasil dari merger dari BUMN seperti T-Cash, Unikqu, Mandiri e-cash, T-Bank, dan juga T-Money.

5. iSaku

Pada tahun 2018, iSaku berhasil menduduki peringkat keempat sebagai dompet digital paling banyak pengguna. Namun pada tahun 2019 Q1 aplikasi ini menurun di posisi ke 6, dan pada Q2 2019, ia kembali naik menduduki peringkat ke 5. Sekedar informasi saja, I.Saku adalah e-wallet dari Grup Salim yang berada dibawah naungan Indoritel yang selama ini kita kenal sebagai pengelola Indomaret.

6. Jenius

Dibawah uang saku ada Jenius yang terus mengalami kenaikan pengguna terhitung sejak Q4 2018. Tidak hanya digunakan untuk melakukan transaksi saja, Jenius juga bisa digunakan sebagai perbankan digital untuk menambung secara online.

7. Go Mobile CIMB

Dari namanya tentu sudah tidak asing aplikasi ini milik siapa, yaps, Go Mobile by CIMB adalah dompet digital besutan PT Bank CIMB Naiaga TBK. Ada banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh para penggunanya, seperti pembayaran listrik, beli pulsam top up ke e-wallet, dan juga melakukan transfer uang ke pengguna lain.

[Tanya+Jawab]

Apa Perbedaam E-Wallet dan Dompet Digita?

Secara arti, kedua istilah ini merujuk pada arti yang sama, jadi perbedaan hanya pada penyebutkan kata saja.

Bagaimana Keamanan Dompet Digita?

Sama seperti aplikasi pada umumnya, selain developer atau penyedia aplikasi, keamanan dompet digital juga sangat ditentukan bagaimana kita menggunakannya.

Apa ada Kendala dalam Dompet digital?

Setiap teknologi baru, selain menyediakan kemudahan pasti juga ada kekurangannya. Salah satu kekurangan dompet digital menurut beberapa orang juga bisa membuat boros jika kita tidak bisa mengendalaikan diri.

Apa Saja Dompet Digital Paling disukai di Indonesia?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanaan tersebut, silahkan baca artikel kami ini sampai habis.

Misi Divedigital.ID adalah menyebarkan informasi bermanfaat. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jadilah bagian dari misi kami dengan membagikan artikel ini ke social media. Sharing is Caring !!

Digital Marketing
10 Manfaat Digital Marketing bagi Bisnis Perusahaan
Arti Kata
Apa itu Platform? Fungsi, Jenis dan Contohnya
Digital Marketing
Belajar Membuat Perusahaan Platform Digital dari Suksesnya Google
There are currently no comments.