Teknologi & Internet

Apa itu Edmodo? Mengenal Platform Belajar Online Edmodo


Meskipun teknologi sudah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, namun pendidikan adalah salah satu bidang yang sebenarnya akan menjadi kurang efektif jika di transformasikan ke ranah digital.

Sudah banyak para praktisi pendidikan yang menyuarakan hal ini, namun karena satu lain hal seperti penyebaran virus corona yang masih tinggi membuat platform belajar online menjadi salah satu alternatif agar pendidikan tetap berjalan dan resiko terpapar virus bisa dihindari.

Dan salah satu platform belajar online terbaik yang bisa diakses secara gratis adalah edmodo, sebuah platform kelas maya yang akan memudahkan guru dan murid dalam melakukan pembelajaran secara online.

Apa itu Edmodo?

Edmodo adalah platform education network berbasis Learning Management System (LMS) yang akan menghubungkan antara guru dan siswa (bahkan sampai orang tua) untuk melakukan pembelajaran secara online yang bisa diakses secara gratis.

Platform atau Aplikasi  edmodo dicipkan oleh tiga orang yakni Nic Borg, Jeff O’Hara, Crystal Hutter pada 1 september 2008.

Tidak hanya berkomunikasi, melalui platform ini guru bisa melakukan pembelajaran dengan membagikan konten (baik berupa teks atau video) latihan soal, sampai dengan PR (pekerjaan  Rumah).

Berbeda dengan platform lain seperti ruangguru dan zenius yang lebih memfokuskan diri pada siswa yang ingin belajar, Edmodo didesain untuk lebih fokus pada kebutuhan guru. Diaplikasi ini, terlebih dahulu guru akan membuat kelas online, lalu siswa maupun orang tua akan ikut didalamnya jika mendapatkan undangan dari pembuat kelas tersebut.

Sederhananya, Edmodo adalah sebuah kelas maya yang berbentuk website dan aplikasi yang akan memudahkan guru dalam mengatur pembelajaran secara online dengan berbagai tools serta fitur yang dihadirkan.

Fitur Edmodo

Berikut beberapa fitur yang bisa anda temukan di aplikasi maupun website edmodo:

Memberikan fasilitas pembelajaran
Bisa membuat polling untuk siswa
Bisa memberikan badge pada siswa
Melihat Perkembangan belajar siswa
Membuat Kelas Online untuk diskusi
Dapat membuat akun admin secara gratis.
Dapat menghubungkan guru, siswa, dan juga wali murid

Kelebihan Edmodo

Berikut beberapa kelebihan yang bisa anda pertimbangkan sebelum membuat kelas online di edmodo:

  • Memiliki tampilan yang sangat ramah dan hampir mirip seperti sosial media, bahkan beberapa orang menyebutnya sebagai facebooknya guru dan siswa untuk belajar online.
  • Sebagai platform pembelajaran, aplikasi ini bisa memudahkan anda untuk memberikan penilaian secara langsung kepada siswa secara realtime.
  • Support dengan berbagai macam jenis file yang memungkinkan anda untuk membuat pembelajaran lebih menarik dimulai dari teks, video, gambar, kuis, dan sebagainya.

Kekurangan Edmodo

Sebelum menggunakan platform belajar satu ini, sebaiknya perhatikan beberapa kekurangan berikut ini:

  • Aplikasi akan dengan sangat lancar jika menggunakan dekstop, sedangkan unuk versi mobile ada beberapa hal yang kadang sulit untuk dilakukan.
  • Bahasa yang mendukung untuk mengoprasikan aplikasi adalah bahasa inggris, akan sangat sulit untuk digunakan oleh guru dengan bahasa inggris yang pasif.
  • Kadang aplikasi ni berjalan lambat, tapi sangat jarang terjadi

Cara Menggunakan Edmodo untuk Guru

Karena ini adalah aplikasi untuk guru, maka tutorial cara menggunakan edmodo ini lebih kami dedikasikan untuk para guru yang akan membuat kelas digital di edmodo. Yuk simak.

1. Mendaftar

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat kelas online di edmodo adalah melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Sama seperti platform dan sosial media lainnya, disini kita diminta untuk memasukan data diri dan juga informasi penting lainnya.

Jangan lupa, jika anda sebagai guru yang akan membuat kelas online, maka setelah klik tombol ‘sigup’ pilih salah satu jenis akun yang anda butuhkan, yakni sebagau guru. Selesaikan pendaftaran yang ada disana dan lengkapi profil anda.

2. Membuat Kelas

Selanjutnya silahkan atur kelas atau jadwal mengajar, hal ini akan membuat guru lebih mudah dalam mengatur proses belajar. Beberapa hal yang sering dilakukan guru dalam mengatur kelas adalah mengelompokan pembelajaran kedalam beberapa kelompok seperti berdasarkan periode, subyek, maupun grup dalam kelompok-kelompok lebih kecil. Silahkan atur kelas anda sesuai dengan kebutuhan.

3. Mengundang Siswa

Jika jadwal kelas sudah anda siapkan, lanjutkan dengan mengundang siswa yang akan mengikuti kelas online anda. Ada tiga cara yang biasa digunakan guru untuk mengundang siswa kedalam kelas yang sudah anda siapkan.

Dimulai dari membagikan code yang nantinya digunakan oleh para siswa pada saat melakukan pendaftaran akun di edmodo, membuatkan satu per satu akun masing-masing siswa melalui fitur yang ada di emodo (jangan lupa catat dan bagikan data login masing-masing siswa) sampai dengan mengirimkan undangan dalam bentuk email.

4. Memulai Pembelajaran

Setelah siswa sudah diundang, selanjutnya anda bisa segera mulai pembelajaran menggunakan aplikasi edmodo. Pada dasarnya paltform ini seperti halnya sosial media, namun ada beberapa fitur penting untuk membuat kelas digital menjadi lebih menarik dan mudah digunakan seperti membuat catatan selamat datang dan menuliskan aturan, membuat polling, sampai dengan membuat postingan terkait materi pembelajaran yang akan anda lakukan, baik itu teks, gambar, maupun video.

Baca juga artikel menarik tentang dampak era digital atau artikel lainnya tentang teknologi dan internet

[Tanya + Jawab]

Apa itu Edmodo?

Sederhananya ini adalah aplikasi untuk mendukung proses belajar mengajar. Selengkapnya simak artikel kami.

Apakah Aplikasi Edmodo Gratis?

Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis, namun juga ada versi berbayar. Pihak edmodo sendiri memberikan dua pilihan yakni versi fremium, dan juga preemium

Apa Bedanya dengan Ruang Guru dan Zenius?

Sangat berbeda jauh, dimana pada aplikasi ini masing-masing sekolah maupun guru dapat membuat kelas online yang nantinya akan digunakan untuk proses belajar mengajar secara online

Ikuti Konten Menarik KAMI
Teknologi & Internet
Apa itu Era Digital? Mengetahui Arti dan Dampak Era Digitalisasi
Teknologi & Internet
Apa itu E-Wallet? Pengertian dan Aplikasi Dompet Digital Terpopuler
There are currently no comments.