Business Dictionary

Apa itu Project? Mengenal Project Lebih Dalam [+ Unsur]


Pernahkah kamu melihat seseorang ditawari untuk mengerjakan sebuah project atau dalam bahasa indonesia nya proyek? Atau justru kamu sendiri yang diajak untuk megerjakan sebuah project? Selama ini masyarakat selalu mengidentikan proyek sebagai sebuah pekerjaan yang berhubungan dengan kontruksi atau membangun sebuah gedung.

Namun sebenarnya apa definisi project itu sendiri? Apakah sebuah pekerjaan bisa dikatakan proyek jika berhubungan dengan kontruksi bangunan? Yuk simak artikel kita kali ini.

Definisi Project

Project adalah sebuah aktivitas kerja sementara yang dilakukan untuk membuat produk atau jasa dengan waktu (awal sampai akhir) sudah ditentukan dengan jelas.

Disinilah perbedaan antara project dan routin work, yaitu ada pada waktu berlangsungnya pekerjaan. Sebuah pekerjaan bisa dikatakan sebagai project jika bersifat sementara, sedangkan routin work adalah pekerjaan yang kita lakukan secara berkelanjutan.

Istilah lain yang juga banyak dicari oleh netizen adalah new project. New Project adalah ‘proyek baru’ yang kadang juga disebut sebagai next project (proyek selanjutnya).

Jadi sudah jelas bukan? bahwa ruang lingkup project sendiri sangat luas dan tidak hanya ditujukan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan kontruksi, namun juga bisa dalam bidang lainnya. Contohnya seperti dibidang teknologi, elektrikal, dan bidang pekerjaan lainnya.

4 Unsur dalam Sebuah Project

Dalam sebuah project, biasanya ada seorang yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap jalannya sebuah proyek, yakni project manager. Seorang proyek manager harus memahami 4 unsur dalam sebuah project agar apa yang dikerjakan berjalan sesuai dengan grand plan yang sudah ditentukan. Berikut 4 unsur tersebut.

1. Scope

Unsur yang pertama adalah scope atau ruang lingkup. Ini adalah bagian yang harus ditentukan sejak awal dengan memperhatikan waktu dan cost yang dikeluarkan. Hal ini dilakukan agar hasil akhir dari sebuah pekerjaan jelas, dan tidak melakukan pekerjaan lain yang sebenarnya ada diluar project.

Selain itu, dengan adanya ruang lingkup yang jelas, seorang project manajer akan dimudahkan dalam menentukan apa saja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan project tersebut, baik bahan maupun SDM.

2. Waktu

Kemudian ada waktu yang menjelaskan kapan dan berapa lama project dilakukan berdasarkan ruang lingkup yang sudah ditentukan. Biasanya seorang project manager akan membuat goal-goal kecil yang harus diselesaikan dari waktu ke waktu yang pada akhirnya mengerucut pada tujuan akhir.

Hal ini dilakukan agar project manajer bisa mengatur sebuah project dengan baik dan efisien.

3. SDM

Unsur selanjutnya yang dibutuhkan untuk menyelsaikan sebuah project adalah SDM (Sumber Daya Manusia) yakni orang atau pelaksana dalam menyelesaikan sebuah project.

Dalam hal ini, biasanya SDM akan dibagi menjadi beberapa devisi, sesuai dengan kebutuhan. Namun pada umumnya, SDM dalam sebuah project adalah staff, Supervisor, dan juga project manajer itu sendiri.

4. Uang

Dan unsur yang terakhir adalah uang, yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah project, baik untuk memenuhi bahan yang dibutuhkan atau sumber daya manusia yang diperlukan.

Jika diibaratkan dalam sebuah kendaraan, uang seperti halnya bensin, tanpa adanya uang, project tidak akan bisa dijalankan, atau bahkan sampai pada tujuan yang telah ditetapkan.

Itulah pembahasan kami tentang pengertian project sampai dengan 4 unsur yang ada dalam sebuah project. Kini anda sudah tahu bukan arti dari istilah satu ini?

Baca juga artikel menarik lainnya seperti definisi roadmap atau konten lain dalam kategori Kamus Bisnis.

[Tanya + Jawab]

Apakah Proyek Hanya Berhubungan dengan Bangunan?

Seperti yang sudah kami jelaskan dalam artikel ini, project memiliki cakupan yang luas, dan tidak hanya sebatas pekerjaan yang berhubunngan dengan bidang konstruktsi

Apa Ciri Ciri Sebuah Project?

Sebuah project memiliki beberapa ciri-ciri seperti bersifat sementara, memiliki batasan ruang dan waktu, memiliki tujuan khusus, dan sebagainya.

Apa Contoh Project itu sendiri?

Seperti project membangun jalan, project membuat aplikasi, project membuat website, project membangun rumah, dan sebagainya.

Ikuti Konten Menarik KAMI
Growth Hacking
Mengelola & Tahapan Ekspansi Bisnis Internasional
Kekayaan Intelektual
10 Contoh Hak Paten Teknologi di Indonesia dan Luar Negri
Digital Marketing
10 Manfaat Digital Marketing bagi Bisnis Perusahaan
There are currently no comments.