SEO Glossary

Apa itu SERP? Pengertian dan Fungsi Search Engine Result Page


Untuk anda yang bekerja dalam bidang website ataupun saat ini belajar tentang SEO, mungkin pernah mendengar istilah SERP. SERP memang menjadi salah satu istilah yang sering diucapkan tatkala melakukan pengembangan website.

Misalkan berbicara tengtang traffic, optimasi SEO, sampai dengan content marketing, istilah ini pasti selalu digunakan karena memang tujuan dari semua aktivitas itu untuk meningkatkan SERP. Lalu apa itu SERP? Yuk kita cari tahu.

Pengertian SERP

SERP adalah istilah bahasa inggris yang merupakan kepanjangan dari Search Engine Result Page dan memiliki arti daftar hasil (result) dari sebuah pencarian kata kunci di mesin pencari. SERP sendiri adalah hasil atau result yang bersifat dinamis (berubah-ubah) yang biasanya sangat dipengaruhi oleh performa dari situs itu sendiri.

Contoh kasusnya seperti ketika kamu mencari informasi di mesin pencari dengan kata kunci strategi marketing mix 4P, maka mesin pencari akan memunculkan daftar situs yang membahas materi tersebut. Daftar situs yang muncul inilah yang dinamakan SERP. Contohnya seperti ini:

contoh SERP

SERP juga memiliki versi yang berbeda-beda tergantung mesin pencari apa yang digunakan. Misalkan ketika kita menggunakan Google untuk mencari suatu informasi, maka ada kemungkinan hasinya akan berbeda jika kita menggunakan mesin pencari lain seperti Yahoo dan bing.

Hal diatas terjadi karena mesin pencari satu dan lainnya memiliki algoritma yang berbeda-beda untuk menyaring informasi yang muncul di SERP. Sehingga sangat wajar jika hasil yang dikeluarkan juga berbeda-beda.

Fungsi SERP Berdasarkan Penggunanya

Sebagai orang yang mempelajari website dan SEO, memang kita harus mengenal dengan baik istilah yang satu ini lengkap dengan fungsinya. Lalu sebenarnya apa fungsi SERP itu sendiri?

Sejauh ini, fungsi SERP bisa kita dikelompokan menjadi dua bagian berdasarkan siapa yang menggunakannya. Berikut fungsi SERP berdasarkan siapa yang menggunakan mesin pencari itu sendiri yakni pengguna mesin pencari dan web master.

Untuk Pengguna

Jika kita lihat dari sisi mereka yang menggunakan, maka SERP bisa digunakan untuk melihat hasil dari apa yang mereka cari. Selain itu, urutan SERP juga bisa digunakan untuk mengansumsikan kualitas dari materi masing-masing situs.

Misalkan untuk urutan nomor satu berarti adalah informasi yang paling bagus untuk kata kunci tersebut dan paling dibanyak dibaca oleh banyak orang, meskipun kadang juga bisa urutan nomor 3 justru yang paling bagus.

Untuk Webmaster

Sedangkan untuk web master atau pemilik web, SERP bisa digunakan melihat sejauh mana optimasi SEO blog yang kita lakukan, apakah berhasil atau gagal. Jika website kita berada di urutan teratas untuk kata kunci tertentu, bisa dibilang optimasi yang kita lakukan berhasil, dan sebaliknya.

Singkat kata, SERP bisa digunakan oleh para pemilik website untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari pengelolaan website yang kita lakukan. Jika ternyata hasilnya kurang memuaskan, kita bisa mencari tahu dimana letak kesalahannya dan memperbaikinya.

Sampai sejauh ini, apakah kalian sudah memahami pengertian SERP? Kami rasa penjelasan kami sudah sangat lengkap, namun jika kamu masih belum bisa menangkap garis besar dari istilah ini, atau memiliki pertanyaan lain seputar ini, silahkan sampaikan melalui kolom komentar.

Jika kamu ingin belajar lebih dalam tentang teknik SEO, kamu bisa mempelajarinya di halaman ini divedigital.id/Artikel/materi-seo/

Misi Divedigital.ID adalah menyebarkan informasi bermanfaat. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jadilah bagian dari misi kami dengan membagikan artikel ini ke social media. Sharing is Caring !!

Tutorial SEO
SEO Hack: Cara Ampuh Meningkatkan Traffic Website/Blog
Digital Marketing
7 Tren Digital Marketing di Indonesia 2020
SEO Glossary
Apa itu Search intent? Pengertian dan Jenisnya
There are currently no comments.