Banyaknya pekerjaan kreatif membuat kita membutuhkan banyak software atau aplikasi yang bisa membantu pekerjaan lebih mudah. Dan salah satu aplikasi yang kami maksud adalah spreadsheet, sebuah program pengimput angka yang banyak digunakan oleh berbagai pihak, tidak hanya akunting saja.

Dewasa ini, spreadsheet biasanya digunakan untuk mereka yang bekerja secara online. Spreadsheet digunakan sebagai media untuk berbagi data, lalu dibagikan kepada rekan kerja secara online yang membuat semua orang bisa mengaksesnya. Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pengertian spreadsheet lengkap dengan cara membuatnya.

Apa itu Spreadsheet?

Spreadsheet adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang memiliki bentuk table dan berfungsi sebagai media untuk menyimpan, mengorganisasi, atau menganalisis data yang tersimpan didalamnya. Pada dasarnya spreadsheet adalah bentuk modernisasi lembar kerja akuntansi yang biasanya ada dalam kerja kini di transformasi dalam bentuk digital.

Baca Juga: Contoh Quotation Letter dan Cara Membuatnya [+docx]

Pernah menggunakan aplikasi microsoft excel? Itu merupakan salah satu contoh aplikasi spreadsheet. Jadi di spreadsheet kita bisa memasukan angka, atau teks, yang nantinya bisa kita analisis untuk hasil tertentu dengan rumus tertentu pula.

Namun spreadsheet tidak hanya sebagai aplikasi penganalisa, namun juga bisa digunakan untuk mengorganisasi dan menyimpan data secara online. Nah ini biasanya digunakan oleh beberapa orang untuk membagikan desk job yang berfungsi sebagai lembar kerja.

Cara Membuat Google Spreadsheet online

Microsoft excel bukan satu-satunya aplikasi spreadsheet yang bisa kamu gunakan secara online, Google juga memiliki aplikasi serupa yang bernama Google spreadsheet, Google spreadsheet adalah sebuah aplikasi dalam bentuk table yang bisa kita buat secara online dan kita bagikan kepada rekan kerja. Ingin tahu bagaimana Cara membuat Spreadsheet online? Silahkan simak informasinya dibawah ini.

Login Akun Google

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah Login ke akun Google kalian, karena Google spreadsheet terdapat dalam akun Google kalian. silahkan login menggunakan email dan password kalian.

Pilih Google Apps

google apps

Jika kamu sudah berhasil masuk ke akun Google, selanjutnya lihat kotak yang dibentuk dengan titik-titik yang berada di sebelah profil. Namanya adalah Google Apps, silahkan pilih menu tersebut.

Pilih Google Drive

google drive

Setelah kamu mengklik Google Apps, akan muncul banyak pilihan produk yang dimiliki oleh Google. Dan cara buat spreadsheet yang selanjutnya adalah dengan mengklik Google Drive. Jika bingung, lihat gambar.

Pilih Baru

cara buat google spreadsheet

Setelah kamu masuk ke Google Drive, silahkan lihat tanda plus (+) yang ada di sebelah kiri atas bertuliskan baru. silhkan klik menu tersebut.

Pilih Google Spreadsheet

Google Spreadsheet

Setelah klik baru, akan muncul beberapa pilihan terkait beberapa hal yang bisa kamu lakukan di Google Drive. Jika menu Google Spreadsheet tidak muncul, silahkan pilih lainnya, kemudian akan muncul Google Spreadsheet, dan silahkan pilih menu tersebut.

Spreadsheet Jadi

bentuk google spreadsheet

Kamu akan diarahkan pada tab baru yang menampilkan kolom excel seperti gambar diatas. Seperti inilah bentuk google spreadsheet, dimana kamu bisa menginput dan menghapus data, yang akan langsung tersimpan secara online.

Beri Nama Spreadsheet

beri nama spread

Kamu juga bisa bisa memberi nama spreadsheet yang sudah kamu buat, yang awalnya “untitled spreadsheet” bisa kamu ganti dengan nama yang kamu suka. Jika bingung lihat gambar diatas.

Cara Membuat Google Sheet bisa Diakses Semua Orang

Setelah spreadsheet sudah kamu buat, kamu bisa mengisi table yang sudah kamu buat sesuai dengan data yang kamu perlukan. Jika semua data sudah kamu masukan, kamu bisa memberikan akses kepada rekan kerja agar bisa mengakses juga data yang sudah kamu siapkan secara online.

Lalu bagaimana cara membuat Google sheet bisa diakses semua orang, pertama silahkan kumpulkan alamat email dari rekan kerja kamu. Ingat, email yang kamu kumpulkan harus gmail karena disini kita menggunakan produk dari google. Jika email sudah terkumpul, silahkan klik “Bagikan

bagikan spread sheet

Lalu tambahkan orang dalam grup dengan memasukan emailnya.

Baca Juga: Contoh Standar Operasional Prosedur (SOP) & Cara Membuatnya [+PDF]

bagikan spreadsheet

Masukan email yang sudah kami siapkan tadi dalam kolom yang sudah kami tandai dengan warna hitam. Jika semua email sudah kamu masukan, klik SELESAI, dan orang-orang yang kamu undang akan bisa mengakses spreadsheet yang sudah kamu buat.

Write A Comment