Connect with us

Hi, what are you looking for?

Teknologi & Internet

10 Aplikasi Cek Grammar dan Koreksi Online [REVIEW]

Aplikasi Cek Grammar dan Koreksi Online

Apakah pekerjaanmu sering berhubungan dengan karya tulis? Apakah kamu sedang mencari tahu aplikasi cek grammar online yang menyediakan pembetulan atau koreksinya juga?

Banyaknya software yang dibuat oleh berbagai developer akhir-akhir ini memang mampu memudahkan kita dalam banyak aspek kehidupan, salah satunya adalah ketika kita sedang mencari tahu kesalahan dalam penggunaan gramar yang mana juga sering disebut sebagai proofreading.

Sesuai judul yang kami gunakan, disini kami akan mereview 10 aplikasi cek gramar atau koreksi grammar onlineyang juga kami lengkapi dengan apa kelebihan dan kekurangan yang dibawa pada masing-masing aplikasi.

10 Aplikasi Cek Grammar dan Koreksi Online

Tidak hanya bisa digunakan dalam bahasa Indonesia, dalam kami juga akan merekomendasikan alat cek grammar bahasa inggris gratis. Jadi entah kamu membuat essay dalam bahasa inggris atau bahasa Indonesia, aplikasi yang kami rekomendasikan ini pasti bermanfaat.

1. Ginger

Ginger adalah salah satu perusahaan rintisan yang dibuat pada tahun 2007 di Israel. Layanan pemeriksaan gramar yang dihadirkan oleh Ginger bisa kamu akses secara gratis, namun pengguna juga diberi pilihan untuk mengakses versi premium untuk hasil yang lebih baik.

Baca Juga: Apa saja yang Masuk Data Pribadi itu?

Jikamu kamu ingin melakukan pengeckan dalam format file, maka langkah yang paling mudah adalah mengunjungi websitenya dan melakukan pengecekan disana. Namun Ginger juga memiliki fitur lain, dimana pengguna dapat menginstalnya melalui browser seperti chrom, atau menginstal di handphone.

Jika kamu sering berbalas email, Ginger sangat membantu dalam membenarkan penggunaan bahasa. Aplikasi telah mendukung 60 bahasa dari berbagai negara.

Harga Ginger Premium

Ada tiga pilihan harga yang ditawakan oleh Ginger Premium. Jika kamu ingin berlangganan bulanan, biayanya adalah $29,00. Sedangkan jika kamu ingin berlangganan per kuartal, biayanya adalah $19,00. Sedangkan untuk langganan tahunan jauh lebih murah, yakni $12,00.

KelebihanKekurangan
Ginger versi gratis sangat bagusEdit harus manual
Sangat bermanfaat untuk penulis lintas bahasaPenggunaan tanda baca sering terlewat
Tersedia kamus pribadi 

2. Grammarly

Apakah kamu sedang mencari alat cek grammar dan pembetulannya yang bisa diakses secara gratis, Grammarly adalah salah satu software populler untuk hal ini. Sama seperti ginger, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk membenarkan kesalahan gramar di email atau hal lainnya.

Jika kamu adalah seorang penulis yang sering membuat essay dengan menggunakan bahasa lain, software ini sangat bermanfaat. Jika kamu ingin menikmati hasil yang lebih baik, versi premium adalah pilihan terbaik.

Harga Gramarly Premium

Biaya berlangganan bulanan di Gramarly adalah $ 29,00 per bulan. Sedangkan untuk durasi triwulan biayanya adalah $ 59,95. Dan untuk tahunan $139,00.

KelebihanKekurangan
Tata letak yang bagusHarga remium relatif mahal
Software berjalan sangat bagus 
Sangat bisa di andalkan 

3. ProWritingAid

Jika dibandingkan dengan Ginger, ProWritingAid adalah startup cek gramar yang relatif lebih muda. ProWritingAid diluncurkan pertama kali pada tahun 2012, yang memiliki basis di London. Jika dua aplikasi sebelumnya belum juga sesuai dengan kebutuhan kamu, ProWritingAid mungkin bisa menjadi alternatif.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, kamu bisa menginstal plugin di browser kalian, mengunjungi websitenya, atau menginstal aplikasinya. Mudahnya lagi, ProWritingAid bisa di integrasikan dengan software kepenulisan seperti MS Word, Google Docs, Final Draft, dan sebagainya.

Harga ProWritingAid

Jika kamu belum pernah menggunakan aplikasi ini, ada free trial yang bisa kamu gunakan secara gratis dalam 2 minggu. Selanjutnya jika kamu merasa cocok dengan aplikasi ini, kamu dapat berlangganan dengan biaya $20,00 per bulan, $79.00 per tahun, dan $299.00 untuk lifetime.

KelebihanKekurangan
Harga murahKualitas masih bagus grammarly
Sangat bagus untuk penulis fiksiTampilan jadul
Tersedia banyak fitur untuk di eksploreTidak ada apps di handphone

4. AfterTheDeadline

Namanya cukup unik ya, AfterTheDeadline adalah sebuah aplikasi cek grammar yang bisa kamu akses secara gratis tis tiss. Yap, tidak ada versi premium dalam aplikasi ini, sangat cocok untuk mengerjakan project kecil-kecilan yang tidak didukung dengan budged yang mumpuni.

Jika kamu ingin menggunakan software satu ini, kamu bisa menginstal pluginnya terlebih dahulu di browser kamu, melalui chrome store misalnya. Dan taraaaa, ketika kamu menulis, kamu akan mendapatkan beberapa petunjuk seperti warna merah, warna biru, dan warna hijau.

Harga AfterTheDeadline

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa AfterTheDeadline adalah software gratis, dimana kamu bisa menggunakan kapan saja jika kamu membutuhkan.

KelebihanKekurangan
Cocock untuk blogger, sangat maksimal waktu menulis di wordpresKurang cocok untuk penulis yang terbiasa menulis di MS Word
Mudah digunakan 
Benar-benar free 

5. WhiteSmoke

Pada dasarnya, aplikasi ini sebelumnya dibuat dalam kategori aplikasi proffreading yang mudah digunakan untuk pengguna Windows dan Mac. Rilis pertama kali pada tahun 2002, WhiteSmoke berhasil menjadi salah satu aplikasi koreksi grammar online terbaik yang bisa diakses secara gratis.

Jika kamu ingin menggunakan software satu ini, kamu bisa menginstal plugin WhiteSmoke di browser kamu. Dan kabar baiknya, plugin WhiteSmoke hampir bekerja dengan sangat baik pada semua jenis browser, jadi tidak hanya chrome saja.

Dengan alat ini, aktivitas menulis kamu akan menjadi lebih mudah. WhiteSmoke akan melakukan beberapa koreksi atau pembetulannya dimulai dari tata bahasa, tanda baca, kesalahan ejaan, dan lain sebagainya.

Harga WhiteSmoke

Jika dibandingkan dengan Grammarly dan Ginger, WhiteSmoke menawarkan harga yang relatif lebih murah yakni paket Esential sekitar $5 per bulan, Paket Premium $6,66 per bulan, dan Paket Bussines $11,50.

KelebihanKekurangan
Sangat terjangkau kalau dihitung tahunanLayout masih indah grammarly dan ginger
Kulitas bagusPerforma dibawah gingger
Cocock untuk bisnis 
Mudah digunakan 

6. SpellCheckPlus

Lanjut pada software cek grammar bahasa inggris bagus dan gratisyang keenam, ada SpellCheckPlus. Sebuah aplikasi grammar berbayar yang sangat cocok untuk penulis yang sering mengerjakan project dengan bahasa baku, namun jika kamu lebih suka menggunakan kosa kata atau idom yang agak kekinian, aplikasi ini kurang begitu cocok.

Dalam sekali pemeriksaan, kamu dapat mengecek satu dokumen hingga 2000 karakter. Tidak hanya sekedar cek grammar, aplikasi ini juga akan merekomendasikan beberapa kata yang sudah terlalu sering kamu gunakan, hasilnya readability menjadi lebih baik.

Harga SpellCheckPlus

Software yang satu ini sama dengan AfterTheDeadline, dimana kamu bisa menggunakan alat ini benar-benar secara gratis.

KelebihanKekurangan
Biaya gratisHanya bisa digunakan di browser
Sangat mudah dipakaiTerdapat banyak fitur yang bagus

7. EditorHemingway

Jika kamu membutuhkan aplikasi cek grammar yang mampu membuat essay menjadi lebih padat, EditorHemingway adalah salah satu solusinya. Yap, selain cek grammar, aplikasi ini juga akan merekomendasikan kepada pengguna jika ada kata yang terlalu bertele-tele. Kalimat pasif akan ditandai dengan warna biru, sedangkan kalimat yang sulit dipahami akan ditandai dengan warna merah.

Selain itu, pengguna juga akan diberikan koreksi tentang tulisannya, caranya kamu hanya perlu mengarahkan kursur kebagian yang kena blok saja.

Harga EditorHemingway

Jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini secara gratis, kamu bisa langsung mengunjungi situsnya saja. Namun jika ingin yang lebih simple, kamu bisa menginstallnya di Windows atau Mac, dengan biaya per aplikasi $19,90.

KelebihanKekurangan
Cocok untuk penulis singgle fighterHasil kurang komprehensif
Cocok untuk segala gaya tulisanPemeriksaan gramar kurang akurat
Gratis tis tis 

8. Reverso

Sama seperti nama aplikasinya, ini adalah aplikasi yang dibuat dan kembangkan oleh Reverso Softissimo yang tidak hanya berfungsi untuk mengecek tata bahasa, namun juga bisa digunakan sebagai penerjemah kata.

Jika kamu ingin menggunakan Reverso, developer memberikan beberapa alternatif dimulai dari menginstal plugin di browser atau menginstal aplikasinya yang bisa kamu download di Apps Store. Khusus untuk pengguna aplikasi, kamu bisa menggunakan secara offline.

Harga Reverso

Yang menari dari Reverso adalah bisa digunakan secara gratis.

KelebihanKekurangan
Gratis600 karakter saja
Versi online sangat membantu 

9. GrammarChecker,net

Untuk nomor 9, kami memperkenalkan GrammarChecker, dari namanya saja tentu kamu sudah bisa menebak, aplikasi ini berfungsi untuk apa. Namun tidak hanya sekedar cek grammar saja lho, melalui GrammarChecker kamu juga akan mendapatkan beberapa saran seperti kesalahan tanda baca, ejaan, gaya bahasa, dst.

Fyi, aplikasi ini juga sering dimanfaatkan oleh para blogger untuk melakukan penulisan ulang atau rewrite, tujuannya agar naskah menjadi lebih unik dan terhindar dari plagiarsm ala robot crawler.

Harga GrammarChecker.net

Yap, kamu bisa menggunakan tools ini secara gratis.

KelebihanKekurangan
GratisHany ada versi web
Layout antarmuka sederhanaMasih kalah dengan software lainnya

10. Ms Word & Google Docs

Meskipun ini adalah rekomendasi terakhir, namun bukan berarti dua aplikasi dari raksasa internet ini memiliki kualitas yang buruk, hanya saja kami ingin memberikan kesempatan bagi developer lainnya yang belum terlalu banyak dikenal, dibandingkan dengan MS Word dan Google yang tentu saja sudah mendunia.

Yaps kedua software ini bisa kamu gunakan untuk melakukan pengecekan grammar dengan cukup baik. Jika ingin menggunakan pada MS Word, kamu harus instal Suite Microsoft 365. Sedangkan untuk Google Docs, kamu cukup login ke akun gmail dan gunakan docs.google.com.

Harga MS Word dan Google Docs

Jika kamu ingin menggunakan Suite Microsoft 365, harganya adalah $ 6,99 dalam satu bulan. Google Docs bisa kamu akses secara gratis, namun juga ada versi berbayar yang disebut sebagai versi Bisnis dengan harga $5 untuk setiap user.

KelebihanKekurangan
Sangat simple, karena semua dalam satu paketFitur yang ada sangat basic
Mendukung berbagai bahasa 

Itulah 10 aplikasi cek gramar yang bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan dari setiap pekerjaan yang kamu lakukan. Satu yang harus kamu ingat ketika menggunakan teknologi adalah, tidak bekerja semaksimal ketika dilakukan pengecekan oleh manusia.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Subtitle di Youtube via HP

Jadi aplikasi seperti ini sangat cocok untuk membantu saja, namun untuk hasil yang maksimal menggunakan jasa proofreading atau cek grammar adalah pilihan terbaik, salah satunya melalui fastwork.id melalui lin berikut https://fastwork.id/proofreading.

Fastwork.id sendiri adalah salah satu tempat berkumpulanya para freelancer di Indonesia. Jadi kamu bisa memilih pekerja seperti apa dan berapa harga yang ditawarkan pada setiap project. Dan fastwork sendiri akan berperan sebagai penghubung sekaligus pengaman transaksi, dimana jika project belum selesai, uang yang kamu depositkan akan berada di fastwork, baru akan dikirim ke pengguna jika project sudah selesai.

[Tanya+Jawab]

Apa yang Harus diperhatikan dalam Memilih Tools Cek Grammar?

Pertama tentu adalah fitur, pilih tools yang memiliki fitur yang kamu butuhkan. Kalau fitur yang kamu butuhkan ada di tools versi gratis, kenapa harus memilih berbayar?

Apa kita Bisa Mengandalkan Tools Grammar 100%?

Menurut kami tools atau alat yang dioprasikan dengan teknologi fungsinya hanya sebagai pembantu. Jadi hanya sebatas itu saja, manfaatkan teknologi hanya sebagai pembantu pekerjaan, bukan mengeliminasi bidang pekerjaan.

Pilih Aplikasi Cek Grammar yang Gratis atau Berbayar?

Jika budged memang memungkinkan, dan pekerjaan kamu sering berkutat dengan hal seperti ini, berinvestasi pada tools cek grammar bisa menjadi salah satu cara untuk mempertahankan profesionalisme dalam bekerja.

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti alat cek typo atau artikel lainnya diketagori Teknologi dan Internet

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Lagi Yuk