Connect with us

Hi, what are you looking for?

Growth Hacking

16 Tools & Aplikasi Marketing Terbaik untuk Bisnis Anda

Aplikasi marketing terbaik

Dalam dunia pemasaran alias marketing, selalu hadir cara-cara baru yang ditemukan untuk mendukung strategi yang dilakukan. Apalagi di dunia digital saat ini, banyak bertebaran berbagai tools dan aplikasi marketing terbaik yang bisa dimaksimalkan untuk kebutuhan strategi marketing.

Karena banyaknya aplikasi dan marketing tools untuk kebutuhan pengembangan bisnis, maka akan dibagi menjadi beberapa bagian, tepatnya 16 bagian agar Anda lebih mudah memahaminya.

Kembangkan Bisnis Anda Dengan Aplikasi Marketing Terbaik

Perlu diingat, semua aplikasi dan marketing tools yang akan dibahas memiliki fungsi yang berbeda-beda. Yuk langsung saja kita simak tools mareting berikut ini.

1. CRM Tools

CRM adalah kependekan dari Customer Relationship Management. Dari artinya saja mungkin Anda sudah bisa menebak bahwa aplikasi marketing terbaik ini berfungsi untuk meningkatkan kualitas hubungan bisnis Anda dengan para konsumen.

Anda dan tim penjualan tentunya akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi semacam ini. Sebab, tak hanya mengelola hubungan dengan pelangan, CRM juga bisa menjadi semacam papan agenda untuk tim Anda. Sehingga mereka akan tahu strategi apa yang sedang dijalankan.

2. Online Advertising

Online advertising tools tak hanya sekadar mengelola iklan, tetapi juga memberikan laporan secara terperinci tentang iklan yang Anda pasang. Laporan tersebut biasanya berisi tentang efektivitas iklan di sebuah platform. Hal itu tentunya dapat membantu Anda dalam mengelola budget untuk iklan.

Salah satu aplikasi marketing terbaik untuk mengelola iklan adalah AdStage. Aplikasi ini menempatkan semua laporan tetang aktivitas iklan Anda ke dalam satu wadah. AdStage juga memungkinkan Anda untuk membuat, mengelola, dan mengotomatisasi aktivitas iklan Anda di platform PPC yang umum.

3. Media Sosial

Untuk membuat performa konten Anda di media sosial semakin baik, tak ada salahnya menggunakan aplikasi dan tools untuk social media. Karena, aplikasi tersebut dapat membantu Anda untuk memilih tema konten yang akan diterbitkan. Selain itu, aplikasi semacam itu juga bisa memiliki peran dalam mengelola schedule penerbitan konten agar lebih konsisten.

Tak hanya itu, aplikasi sosial media tools juga bisa memberikan Anda statistik atau analisa seputar performa konten Anda di jagat digital. Semua informasi tersebut dikelola dengan baik hanya dengan satu aplikasi saja.

Beberapa aplikasi marketing terbaik untuk sosial media adalah Iconosquare, Buffer, Hootsuite, dan sebagainya. Beberapa aplikasi tersebut pun spesifik ditujukan untuk sosial media tertentu.

Misalnya, Iconosquare yang dirancang untuk memaksimalkan aktivitas pemasaran Anda di Instagram. Aplikasi ini secara singkat dan sederhana memberikan analisa tentang traffic Instagram Anda. Sehingga, Anda bisa memaksimalkan brand atau akun Instagram ini untuk kebutuhan pengembangan bisnis.

4. SEO Tools

Konten memiliki peran khusus dalam strategi pemasaran. Di dalamnya, Anda bisa memasukan pendalaman produk, pengalaman pengguna, dan sebagainya. Ketika berbicara tentang konten tertulis, maka dibutuhkan strategi tambahan terkait Search Engine Optimization alias SEO. Tujuannya adalah agar konten Anda muncul setinggi mungkin di halaman mesin pencarian.

Aplikasi marketing terbaik dan tools tentang SEO biasanya membantu Anda menentukan kata kunci alias keyword yang berpeluang berhasil di dunia digital. Selain itu, aplikasi SEO juga memberikan analisa apakah konten sudah sesuai dengan tujuan utamanya.

5. Design and Content Creation Tools

Tak bisa dipungkiri memang, kita berada di era yang sangat visual. Oleh karena itu, jenis konten yang bisa mempertahankan audiens adalah yang memiliki desain visual menarik. Sebut saja foto, video, bahkan artikel dengan infografis sekalipun.

Aplikasi untuk content creation memungkinkan Anda menciptakan konten yag menarik secara visual. Jika Anda termasuk orang yang kurang memiliki kepekaan terhadap desain visual, maka gunakan aplikasi marketing terbaik untuk konten visual Anda yang lebih baik.

Adobe bisa dikatakan sebagai penyedia aplikasi terbik untuk dunia kreatif. Untuk kebutuhan pemasaran digital, Adobe Spark memiliki semua yang Anda butuhkan untuk membuat konten kreatif untuk situs Anda. Bahkan, Adobe Spark bisa memudahkan Anda membuat grafis, halaman digital, hingga video tanpa memusingkan tentang CMS dan CSS.

6. Video Marketing Tools

Tools yang satu ini merupakan turunan dari poin sebelumnya. Aplikasi pada video marketing tools lebih dikhususkan untuk mendukung kegiatan pemasaran Anda menggunakan video. Implementasi video untuk strategi pemasaran bahkan dianggap sebagai hal yang paling berhasil.

Tools dan aplikasi marketing terbaik untuk video yang cukup populer adalah Wistia. Aplikasi ini merupakan sebuah platform video hosting, yang memungkinkan Anda memutarkan video di website tanpa iklan brand lain. Tentu ini lebih baik ketimbang Anda meng-embed video dari Youtube yang bisa saja malah memajang iklan brand kompetitor sebelum video Anda dimulai.

7. Event Marketing

Kegiatan pemasaran terkadang mengharuskan Anda menggelar event tertentu. Baik itu mingguan, bulanan, atau tahunan. Cara tersebut dianggap bisa menjaga ikatan dengan calon konsumen maupun existing consumer.

Ketika gelaran event tersebut akan berlangsung, kegunaan aplikasi event marketing dapat dirasakan sebagai salah satu aplikasi yang bermanfaat besar. Sebab, semua urusan seperti tiket, promosi, selebaran, dan semacamnya sudah siap Anda gunakan.

Eventbrite adalah salah satu jenis aplikasi marketing terbaik yang secara khusus dikembangkan untuk mengelola event pemasaran. Aplikasi ini bahkan bisa membuat landing page event Anda sekaligus mempromosikannya.

8. Conversion Tools

Setiap strategi pemasaran pasti bertujuan untuk mengonversi jumlah pengunjung menjadi konsumen. Conversion tools memungkinkan Anda untuk memahami reaksi konsumen terhadap pemasaran yang Anda lakukan.

Dengan analisa yang sederhana namun kuat, Anda bisa menentukan apakah strategi tersebut layak dipertahankan atau tidak. Misalnya, dengan conversion tools, Anda bisa tahu jenis barang apa yang paling banyak mendatangkan konversi pengunjung menjadi konsumen.

9. Lead Generation

Lead dapat diasumsikan sebagai calon konsumen potensial. Agar ia benar-benar menjadi seorang pelanggan, maka dibutuhkan peran aplikasi marketing terbaik untuk lead generation. Biasanya, aplikasi semacam ini sudah terintegrasi dengan piranti dan platform CMS. Sehingga, dapat menampilkan hal yang menarik untuk mengundang minat calon konsumen. Hal menarik itu seperti pendalaman produk, infografis, dan sebagainya.

10. CRO dan Website Optimization

Sebagai seorang yang bergelut di dunia pemasaran digital, CRO dan optimasi website sangat penting untuk dipahami. Sebab, dari sana Anda bisa mempelajari interaksi situs profesional Anda dengan para pengunjungnya.

Aplikasi marketing terbaik untuk CRO dan optimasi website biasanya membantu Anda memahami apa yang digemari oleh pengunjung. Sehingga, Anda dapat lebih memaksimalkan pos tersebut dan meningkatkan pos lain yang kurang diminati pengunjung.

Salah satu aplikasi yang bisa memudahkan bagian ini adalah Hotjar. Aplikasi ini sangat mudah dipahami untuk memantau situs Anda. Hotjar bisa dengan spesifik meunjukan apa saja yang diklik oleh pengunjung, hingga menunjukan di bagian mana pengunjung bertahan lebih lama untuk membaca informasi.

11. Email Marketing

Setiap pengunjung situs Anda mungkin belum siap melakukan pembelian. Oleh karena itu, Anda harus melakukan follow up. Bagaimana Anda bisa mendapatkan kontak mereka? Tentu saja dengan email yang mungkin mereka sertakan ketika mengunjungi situs Anda.

Aplikasi dan tools untuk email marketing memudahkan Anda mengelola begitu banyak email follow up. Sehingga, Anda bisa membuat satu template email agar bisa dikirim secara pribadi kepada calon pelanggan. Cara ini seringkali berdampak positif dalam hal konversi pelanggan. Dan salah satu tool terkait hal ini yang sering dimanfaatkan adalah Mailchimp

12. Marketing Automation

Otomatisasi adalah sebuah kata yang semakin familiar di era teknologi saat ini. Sehingga, muncul aplikasi marketing terbaik yang bisa melakukan semuanya sendiri. Anda bisa menghemat waktu untuk menyiapkan email, materi konten, hingga laporan pekerjaan.

Aplikasi untuk otomatisasi pemasaran ini bahkan bisa digunakan sebagai database pengunjung yang siap difollow up oleh tenaga professional Anda. HubSpot adalah salah satu penyedia aplikasi marketing automation yang populer dan banyak digunakan saat ini.

13. Data Report & Analytics Tool

Biasanya, aplikasi yang Anda gunakan untuk kegiatan pemasaran sudah memiliki aplikasi khusus yang fungsinya memberikan data analisis sebagai laporan. Analisis tersebut diambil dari aktivitas situs Anda di dunia digital.

Aplikasi marketing terbaik tersebut memungkinkan Anda menganalisa keunggulan serta kelemahan yang mungkin dimiliki oleh situs Anda, yang pada akhirnya bersentuhan dengan strategi pemasaran yang dijalankan. Hal yang paling sering dilihat pada aplikasi ini adalah arus pengunjung setiap harinya.

Sebagai contoh, aplikasi Digital Marketing Tuner, yang dikembangkan oleh OverGo Studio. Aplikasi ini bisa memandu Anda melalui berbagai jenis survey yang berisi tentang informasi mendasar tentang bisnis Anda. Seperti volume konten, traffic situs, rasio email kepada pelanggan, dan sebagainya.

14. Pengelola Aset DIgital

Dalam kegiatan pemasaran, tentunya ada banyak file atau dokumen yang harus disimpan. Tentunya, akan lebih baik jika format dokumen tersebut berbentuk digital, sehingga mudah jika harus dikirimkan. Akan tetapi, menyimpannya di storage internal komputer, bukan pilihan yang bijak. Bagaimana jika computer itu rusak? Data akan hilang semua.

Itulah pentingnya aplikasi marketing terbaik untuk mengelola asset digital. Biasanya, aplikasi ini memiliki ruang yang cukup besar untuk Anda gunakan sebagai tempat penyimpanan file. Satu tempat itu bisa diakses oleh seluruh tim Anda. Ya, salah satu aplikasi yang menawarkannya adalah Google Drive.

15. Komunikasi dan Kolaborasi Tim

Aksesibilitas dokumen dan komunikasi adalah hal yang sangat penting bagi tim. Sebab, jika komunikasi bisa terjaga, maka seluruh tim dapat memberikan kolaborasinya untuk memastikan strategi pemasaran dapat terlaksana dengan sebaik mungkin.

Salah satu contoh tools untuk memudahkan komunikasi di antara anggota tim adalah Slack. Aplikasi marketing terbaik ini memungkinkan beberapa aplikasi perpesanan elektronik dapat terintegrasi dalam satu aplikasi saja. Sehingga, alur komunikasi antar personal bisa lebih mudah dilakukan.

16. Pengelolaan Pekerjaan

Tersedia cukup banyak tools dan aplikasi yang bisa memudahkan Anda dalam hal pengelolaan dokumen agar lebih terorganisir. Seperti yang coba ditawarkan oleh Trello, sebuah aplikasi project management yang sangat populer untuk digunakan secara perorangan maupun tim berskala kecil.

Trello memiliki tampilan yang sangat mudah dipahami dan juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat berguna untuk mengelola pekerjaan. Misalnya, daftar tugas, dokumen dan gambar, tenggat waktu, dan sebagainya.

Demikianlah 16 aplikasi marketing terbaik yang bisa menambah efektivitas situs dan bisnis Anda di dunia digital. Perlu dicatat bahwa semua aplikasi di atas bisa Anda maksimalkan jika memilih paket yang berbayar. Namun demikian, beberapa aplikasi tersebut ada yang tersedia secara gratis, dan sudah lebih dari cukup untuk mengoptimalkan situs Anda.

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti segmentasi pasar di era digital atau artikel lain di Growth Hacking

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Lagi Yuk

Manajemen

Salah satu syarat membangun perusahaan besar adalah memiliki strategi manajemen pemasaran yang efektif. Secara tidak langsung, melaksanakan manajemen pemasar sama dengan menjaga masa depan...

Growth Hacking

Banyak yang orang bingung jika ingin memasarkan produk, yang akhirnya mencari-cari contoh strategi marketing yang cocok dengan era sekarang. Memang, jika kita ingin meningkatkan...

Tips Bisnis

Sosial media bukan hanya sekedar tempat untuk menyalurkan unek-unek atau mencari tahu kabar orang terdekat, bagi beberapa orang, sosial media juga menjadi tempat untuk...

Growth Hacking

Salah satu tools yang sering digunakan perusahaan untuk memperkenalkan produknya adalah dengan bauran pemasaran atau yang biasa kita kenal dengan marketing mix 4P. Serangkaian...

Growth Hacking

Marketing Plan (rencana pemasasaran) adalah sebuah istilah bahasa inggris yang berasal dari dua kata yakni ‘marketing’ (pemasaran) dan ‘plan’ (rencana). Secara sederhana marketing plan...

Growth Hacking

Dunia bisnis sudah memasuki era baru yang biasa disebut industri 4.0. Arah, cara bergerak, dan dinamikanya sama sekali tak sama dengan bisnis di era...

Growth Hacking

Marketing menjadi instrumen bisnis yang sangat menentukan hidup mati dari sebuah bisnis. Kalau bisnis Anda mau Scale Up, berarti Anda harus punya strategi marketing...

Digital Marketing

Strategi digital marketing adalah salah metode yang paling banyak digunakan sebagai cara memperkenalkan produk dan menjangkau konsumen di tahun 2019 ini. Beberapa orang ada...