Tutorial SEO

Cara Membangun Backlink Berkualitas Anti Badai Algorithm


Pembahasan tentang cara mendapatkan backlink berkualitas adalah salah satu yang menjadi pertanyaan pengelola web, khususnya bagi mereka yang baru mengenal SEO. Harus kita akui, backlink masih memiliki pengaruh yang kuat untuk posisi SERP (Search Enggine Result Page), namun distribusi link yang serampangan justru akan merusak website itu sendiri.

Menurut Moz, backlink adalah “Vote of Confidence” yang akan menjadi sebuah signal bagi mesin pencari (Google, Yahoo, etc) untuk mengetahui situs-situs yang saat ini memiliki reputasi baik. Dan dari pengalaman kami, hal tersebut memang benar. Akan sangat sulit bagi sebuah website (meskipun memiliki konten yang berkualitas) untuk menjadi populler jika tidak mendapatkan backlink dari situs lain.

Contoh kasus sederhan yang pastinya mudah untuk kita pahami adalah bagaimana tr*mb*n news hampir merajai seluruh keyword, namun banyak pihak yang tidak suka dengan kontennya. Konten mereka memang biasa aja, banyak clicbait, namun mereka menang dalam hal SEO. Lihat seberapa banyak domain dari situs berita lain yang mereka redirect ke sub domain, sehingga secara SEO mereka tetap menang.

Kami tidak mengatakan “konten berkualitas” itu buruk, namun masih kurang jika tidak dibarengi dengan optimasi offpage.

Metode dan Cara Membuat Backlink Berkualitas

Link Bulding merupakan sebuah praktik yang dilakukan untuk mendapatkan dan mengelola tautan dari situs lain (backlink) dengan tujuan untuk meningkatkan SERP. Dalam kesempatan kali ini kami akan mencoba untuk berbagi mengenai cara membangun dan mendapatkan backlink yang memang terbukti bisa menggerakan jarum SERP. So, silahkan simak dan pahami, jika ada pertanyaan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar.

Mengetahui Fungsi Hyperlink

Sebelum kepembahasan yang sifatnya praktek, kami ingin memulainya dengan membahas hyperlink terlebih dahulu. Tujuannya agar kita memahami fungsi backlink (dari sisi pemberi) sehingga tidak terjebak dalam praktik spam yang akhirnya berdampak buruk pada website.

Kenapa hyperlink? Apa hubungannya dengan backlink?

Backlink adalah istilah yang baru muncul setelah adanya teknik optimasi SEO (tolong koreksi jika kami salah), sebelumnya istilah yang sering digunakan adalah hyperlink yang digunakan untuk menghubungkan bagian satu dan lainnya.

Tujuan utamanya agar navigasi website lebih mudah.

Ingat kata kunci itu, untuk memudahkan user. Jika link bulding kita jalankan dengan patokan itu, kami yakin badai algoritma apapun website akan tetap aman. Karena tidak mungkin bagi Google untuk merusak sesuatu yang sifatnya fundamental.

Beberapa praktik memang masih aman, tapi kita gak akan tau bagaimana kedepannya, karena perubahan Algortima Google sangat dinamis. Jika kita berpatokan pada hal diatas, kita tidak perlu pusing dengan update algortima, karena hampir 99% akan aman.

Contoh & Kriteria Backlink Berkualitas

Setelah mengetahui tujuan adanya hyperlink, selanjutnya mari kita pahami terlebih dahulu tautan yang masuk kedalam kriteria backlink berkualitas.

Karena banyaknya spam yang dimaksudkan untuk memanipulasi hasil SERP, maka Google melakukan beberapa perubahan mendasar dalam memberikan nilai terhadap backlink. Yang awalnya dihitung berdasarkan kuantitas, sekarang algoritma Google sudah based on quality.

Semua orang bisa membuat website untuk PBN, Tapi tidak semua orang bisa membuat website berkualitas

Dengan begitu, manipulasi SERP bisa ditekan oleh Google. Bukan berarti tidak ada celah untuk manipulasi ya, tapi bisa ditekan kebawah, hal ini sekaligus menjawab pertanyaan kenapa jasa backlink yang katanya black hat masih works sampai sekarang ini. Ya kalau penyedia jasanya bisa memberikan link yang natural, SERP kamu akan tetap naik.

Balik lagi kepertanyaan awal, lalu seperti apa backlink berkualitas itu? Untuk mendapatkan backlink berkualitas, kamu harus mendapatkan link masuk dari beberapa hal yang menjadi kriteria backlink bagus. Ada banyak hal yang bisa kita gunakan sebagai rujukan backlink berkualitas sebuah seperti Page Rank, Relevansi Situs, Tautan Editorial, Anchor Teks, Konten, dan Co-Occurrences. Berikut kami jelaskan satu persatu.

Page Rank

Untuk mencari backlink berkualitas, kita bisa berpatokan pada page rank atau domain authority. Page Rank merupakan sebuah nilai yang digunakan oleh Google untuk menentukan popularitas sebuah situs. Algoritma ini dibuat oleh Lary Page waktu masih kuliah di Stanford University dan hingga saat ini masih digunakan dalam mesin pencarinya, meskipun penilian ini datanya sudah tidak tersedia untuk umum.

Karena datanya tidak bisa kita akses, kita bisa menggunakan alternatif lain yang banyak dikembangkan oleh pakar SEO, seperti domain authority, dan sebagainya. Beberapa situs yang bisa kita manfaatkan untuk melihat hal ini seperti Ahrefs dan juga Ubersuggest dari Neilpatel.

Lihat berapa skor Domain Authority dari situ yang akan memberikan backlink, semakin tinggi nilainya, semakin powerfull efeknya untuk meningkatkan SEO website kita.

Relevansi Situs

Relevansi situs menjadi kriteria selanjutnya untuk menentukan apakah backlink itu berkualitas atau tidak. Misalnya kita memiliki blog dengan tema otomotif, ketika situs dari honda, toyota, dan brand besar otomotif lain memberikan tautan menuju blog kamu, maka nilainya akan jauh lebih tinggi dibandingkan situs yang nichenya beda.

Namun bukan berarti link yang masuk dari situs lain dengan niche yang beda tidak berpengaruh, hanya saja nilainya akan berbeda dengan situs dengan tema yang sama. Bisanya kami memberikan pengecualian terhadap beberapa situs, salah satunya yang kami lihat adalah domain authority. jika domain authoritynya bagus, kita bisa mempertimbangkannya, terlepas dari nichenya sama atau beda.

Tautan Editorial

Posisi tautan juga menjadi salah satu kriteria untuk menentukan seberapa bagus backlink tersebut. Google sendiri sudah mengkonfirmasi bahwa tautan editorial akan memberikan nilai yang lebih tinggi dibandingkan posisi lain. Penjelasannya seperti ini, hampir sebagian besar pemilik blog ketika menerbitkan post baru (editorial) hanya akan memberikan link keluar pada situs-situs yang di anggap paling helpful.

Setidaknya itu yang biasa kita lakukan. Jika kamu peka, beberapa link keluar dari divedigital.id ini hanya menuju situs-situs yang menurut kami memang bisa membantu pengunjung, misalnya seperti tools backlink cheker dari ahrefs diatas. Atas dasar inilah algoritma Google memutuskan kalau tautan editorial adalah sumber backlink berkualitas.

Lain halnya kalau backlink kita dapatkan dari membuat profil disebuah situs dan menempatkannya di bagian bio atau tempat lain, itu bukan tautan editorial, dan bukan berarti tidak memberikan nilai, namun akan lebih powerfull kalau dari tautan editorial. Jadi make sense kan, kenapa tautan dari situs seperti tr*mb*n bisa sampai 1 juta per link keluar? Karena memang sebanding dengan kualitasnya. Dapatkan lebih banyak tautan editorial, dan lihat bagaimana website kamu mendadak scale up.

Terkait hal ini, kamu bisa membaca artikel kami tentang strategi content placement sebagai pengetahuan tambahan untuk Digital PR dan SEO Spesialist dalam mendapatkan tautan editorial.

Anchor Text

Anchor Text adalah prahse atau kata yang digunakan untuk menautakan sebuah link, dan ini menjadi salah satu faktor atau sinyal bagi Google. Misalnya situs kamu baru saja menerbitkan artikel dengan judul “modifikasi BMW Terbaik”, dan blog lain memberikan tautan di editorialnya pada kata “modifikasi MBW”. Itu yang dinamakan anchor text atau teks jangkar.

Meskipun menjadi salah satu signal, kami tidak merekomendasikan untuk melakukan optimasi dengan membanjiri anchor yang 100% sama dengan target keyword. Karena Google justru akan menggap hal itu sebagai spam. Dan solusinya kita bisa memberikan porsi yang lebih banyak terhadap naked url atau dengan anchor nama brand. Lalu untuk blog post bagaimana dong? kan lumayan sulit kalau main brand? solusinya bisa menggunakan opsi dibawah ini.

Co-Occurrences

Apa itu Co Occurrances? Sederhananya istilah ini untuk menjelaskan sebuah anchor yang nyrempet dengan target keyword kamu. Kami rasa Google juga menggunakan “baby anchor text” sebagai sebuah signal untuk lebih memahami apa isi sebuah situs. Misalnya kamu ingin merangking keyword “paragraf pembuka’, kita bisa secara sporadis membanjiri backlink pada artikel tersebut dengan anchor seperti “contoh paragraf pembuka” “kalimat paragfar pembuka” “paragraf pembuka yang bagus”, etc.

Konten

Menurut kami, sebuah konten juga akan menentukan seberapa kualitas backlink tersebut. Banyak web master yang membangun backlink dari konten hasil spiner, yakni konten website lain yang dimasukan dalam tools spiner, sehingga konten tersebut tetap lolos plagiarsm cheker, namun tidak bisa dibaca.

Konten seperti ini memang akan di index, namun bunce rate-nya tinggi, karena tidak bisa dibaca. Kalau sudah demikian, backlink tersebut pasti tidak akan di klik oleh pengunjung, padahal backlink (yang menjadi sumber traffic atau mendapat klik dari pengunjung) akan sangat diperhitungkan oleh Google. Rekomendasi kami adalah, bangun sebuah backlink dari konten yang original dan memiliki pembahasan spesifik, bisa dari sub tema dari artikel yang kita optimasi, atau tema lain yang masih relevan.

Sumber Backlink Gratis

Jika kamu memiliki sumber daya, beberapa pembahasan diatas bisa kamu gunakan untuk membangun backlink yang ramah dengan algoritma Google. Namun tentu saja tidak murah, bagaimana kalau kita tidak memiliki anggaran sebenar itu?

Kabar baiknya, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan backlink dari situs lain secara gratis namun tetap berkualitas, yaitu melalui aset yang paling besar menjadi sumber backlink. Berikut beberapa aset yang menjadi sumber backlink paling banyak.

Aset Visual

Ada beberapa aset visual yang menjadi sumber paling banyak, beberapa aset ini adalah hal-hal yang dibutuhkan oleh web master lain namun cukup sulit untuk dibuat, diantaranya adalah gambar original, diagram, dan juga infografis. Hal-hal ini sangat dibutuhkan untuk membuat konten, dan tidak semua orang bisa membuat infografis yang bagus. Maka salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengambil gambar tersebut dan menyantumkan sumber.

Blog Post

Blog post juga menjadi salah satu sumber backlink paling banyak. Jenisnya juga beragam, kamu bisa menerbitkan artikel dimulai tips, trik, mitos, cek fakta, dan sebagainya. Namun syaratnya adalah membuat konten yang komperhensif dan dapat dipertanggung jawabkan. Konten-konten semacam ini sangat dibutuhkan oleh web master lain untuk mengembangkan konten yang mereka buat. Jika beruntung, kamu akan mendapatkan rujukan link.

Original Research

Inilah informasi lain yang sangat sulit untuk dilakukan karena memang pembuatannya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jika kamu memiliki data penelitian seperti survey atau data statistik lain yang kamu lakukan sendiri, cobalah untuk mempublish-nya di website. Data seperti ini sangat dibutuhkan. Ketika kamu memiliki data tersebut, orang akan dengan senang hati memberikan rujukan link bahwa data ini dilakukan oleh kamu.

Salah satu situs yang sering melakukan tiga hal diatas adalah tirto, dan coba kita lihat seberapa banyakbacklink yang mereka dapatkan:

Cek Lapangan:

contoh backlink

Nama besar, reputasi sebagai media yang baik, laporan komperhensif, berita yang dapat dipertanggung jawabkan, dan rutin menghadirkan inforgrafis adalah hasil sepadan yang membuat Tirto berhasil mendapatkan link masuk sebanyak itu.

Pemahaman tentang backlink sudah kami bagikan, kamu juga sudah tahu seperti apa backlink berkualitas lengkap dengan cara menanamnya. Begitu juga dengan aset yang bisa menjadi sumber backlink. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara kamu untuk mendapatkannya? Mau mengikuti jejak tirto atau melobi kepada web master lain melalui email atau forum lain?

Akhir kata, kami akan tetap menggunakan panduan dari Google sebagai upaya untuk mendapatkan backlink berkualitas melalui halaman support webmasternya. Berikut yang direkomendasikan oleh Google.

Cara terbaik agar situs lain membuat tautan relevan dan berkualitas tinggi ke situs Anda adalah membuat konten relevan dan unik yang secara alami meraih popularitas di komunitas Internet. Membuat konten yang bagus akan menguntungkan Anda. semakin bermanfaat konten yang Anda miliki, semakin besar pula kesempatan orang lain mendapati bahwa konten tersebut berguna bagi pembaca mereka dan akan menautkannya – Bantuan Web Master

Lihat layanan backlink kami atau baca artikel menarik lainnya seperti panduan optimasi SEO website.

[Tanya dan Jawab]

Apakah Backlink Masih Works?

Apakah backlink masih menjadi pemicu bagi search enggine untuk menentukan posisi SERP? jawabannya adalah masih. Namun tidak semua link equal.

Saya Baru Mengenal Istilah ini, Contoh Backlink itu seperti apa?

Contoh backlink sebenarnya sangat sering kita lihat, yakni sebuah kata yang disisipi link (biasanya berwarna biru) yang mengarah pada website lain.

Seperti Apa Backlink Berkualitas itu?

Ada banyak hal yang bisa kita jadikan acuan untuk menentukan kualitas backlink dimulai dari pagerank, posisi link, konten, anchor text, dan beberapa hal yang sudah kami ulas dalam artikel ini.

Bagaimana Cara Melakukan Link Building?

Praktik Link Building memang cukup tricky, salah sedikit saja traffic yang menjadi taruhannya. Sebagai penambah wawasan silahkan baca panduan yang sudah kami hadirkan dalam artikel ini.

Ikuti Konten Menarik KAMI
Tutorial SEO
SEO Hack: Cara Ampuh Meningkatkan Traffic Website/Blog
Tutorial SEO
Instan Tools Cek Plagiarism Gratis dari Searchenginereports.net
Tutorial SEO
Mengetahui Cara Kerja Search Engine Google
  • terimakasih infonya kak


  • banyak artikel dengan info yang menarik di website ini, mungkin nanti kita bisa bekerja sama 🙂


  • Kalau kita menanam link di website dengan spam score tinggi aman tidak ya gan?


    • Backlink dari website dengan spam score tinggi aman atau tidak ya untuk website? Menurut kami tergantung gan, asalakan cara menanamnya baik, dalam artian tidak terdeteksi spam oleh mesin pencari, kami kira masih aman gan. Namun efeknya tidak sebesar atau sepowerfull dari website yang spamscorenya rendah. Menurut pengalaman kami backlink dari website dengan statistik yang bagus dan jarang memberikan backlink ke situs lain memang sangat kuat banget pengaruhnya untuk SERP.


  • Terimakasih sudah berbagi ilmunya gan, semoga bisa menggunakannya dengan optimal