Dokumen Bisnis

Cara Membuat Brosur Menarik dengan Microsoft Word [+Template]


Sebagian dari Anda pasti setuju kalau brosur masih lebih baik dibandingkan e-mail marketing, apalagijika email tersebut merupakan spam e-mail.

“Marketing is a contest for people’s attention”.

– Seth Godin

Brosur yang didesain menarik dan informatif dinilai lebih menguntungkan karena lebih memorable dan lebih mampu mempersuasi konsumen untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Ukurannya yang tergolong kecil dan fleksibel sehingga mudah dibawa dan disimpan, serta harga pembuatannya yang terjangkau juga menjadi kelebihan tersendiri.

Tak heran, meski sering disebut sebagai alat marketing yang jadul di tengah maraknya penggunaan digital marketing, namun brosur tetap menjadi alat marketing andalan para pebisnis.

Nah, jika Anda tertarik menggunakan brosur sebagai alat marketing bisnis, daripada repot mencari jasa percetakan, Anda  bisa membuatnya sendiri lho. Caranya dengan menggunakan aplikasi desain yang menyediakan tools untuk membuat brosur, seperti Coreldraw dan Photoshop.

Cara Membuat Brosur dengan Microsoft Word

Namun, jika Anda tak mahir menggunakan kedua aplikasi tersebut jangan khawatir Anda bisa membuat brosur dengan menggunakan Microsoft Word. Kok bisa? Ya. Banyak yang tidak tahu jika Microsoft Word juga menyediakan tools untuk membuat brosur.

Simak ulasan tips cara membuat brosur menarik dengan Microsoft Word berikut.

Menggunakan Template yang Telah Tersedia

Membuat brosur dengan menggunakan template yang telah tersedia di Microsoft Word sangatlah mudah dan dapat menghemat waktu anda. Anda tinggal memilih desain dan skema warna apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apabila pilihan yang ada masih belum sesuai dengan kebutuhan Anda, tenang saja, Anda bisa melakukan kustomisasi desain template untuk membuatnya sesuai.

Begini tahapannya :

  • Pertama, buka aplikasi Microsoft Word pada komputer Anda. Nanti akan muncul menu awal yang menanyakan, apakah Anda ingin membuka blank document atau menggunakan template yang ada di Microsoft Word. Klik pilihan menu template.
  • Tahap selanjutnya, ketikan “brochure” pada kolom search di kanan atas. Nanti akan muncul berbagai jenis template brosur yang dapat Anda pilih. Umumnya, template brosuryang ada berdesain 3 lipatan dan telah dikategorikan sesuai jenis industri untuk lebih memudahkan.
  • Pilih template brosur yang Anda inginkan. Tak masalah bila Anda memilih template brosur sport meski bisnis Anda bergerak di bidang fashion, pilihlah konsep desain brosur (layout, skema warna dan bentuk) yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Setelah memilih template brosur yang sesuai, Anda bisa melakukan kustomisasi, dengan menambahkan teks dan gambar (biasanya foto produk yang ditawarkan), memilih font serta menyesuaikan warna,dsb.
  • Lalu setelah selesai mendesain template brosur. Klik icon disket di tab paling atas, lalu pilih save as, beri nama file brosur dan pilih format file.

Download Template Brosur

Selesai dan Anda pun telah berhasil membuat brosur yang Anda inginkan. Anda tinggal print brosur sesuai jumlah yang dibutuhkan. Umumnya, jenis kertas yang digunakan untuk print brosur adalah jenis kertas art/matt paper.

Membuat Brosur dari Awal

Jika Anda memilih tak menggunakan template yang telah tersedia, dan ingin mencoba membuatnya dari awal, begini tahapannya :

  • Pertama, buka aplikasi microsoft word pada komputer Anda dan klik pilihan menu blank document.
  • Kedua, pilih tab layout di bagian atas. Selanjutnya, Klik icon menu margins, dan pilih narrow. Ini untuk mengatur marjin kertas dengan ukuran 0,5 cm x 0,5 m.
  • Setelah itu klik icon menu orientation (tepat di sebelah kanan icon menu margins), dan pilih landscape.
  • Masih pada tab menu layout, klik icon menu columns, dan pilih berapa kolom pada brosur yang Anda inginkan. Jika Anda menginginkan brosur dengan 3 lipatan, maka Anda pilih 3.
  • Tahap selanjutnya adalah menambah halaman. Jika Anda menginginkan brosur Anda memiliki teks dan gambar di bagian depan maupun belakang, maka Anda membutuhkan 2 halaman. Caranya, klik tab menu insert di sebelah kanan tab menu home, lalu pilih page break. Ingat, halaman yang baru atau ke-dua ini harus memiliki jumlah kolom, ukuran marjin kertas dan orientasi yang sama dengan halaman yang sebelumnya atau halaman pertama.
  • Setelah selesai mensetting kolom dan layout, Anda sudah bisa menambahkan konten gambar maupun tulisan sesuai yang Anda inginkan. Anda bisa menggunakan bermacam pilihan kustomisasi yang tersedia pada tab-tab Microsoft Word. Pada tab home, Anda bisa mengedit teks, membuat judul dan membuat poin-poin dengan bulleted list. Anda juga bisa meratakan teks dengan hanging indent. Pada tab design, Anda bisa berkreasi dengan skema warna dan desain layout yang berbeda. Anda bisa memanfaatkan tab insert untuk memasukkan peta, gambar, grafik, bentuk dsb.
  • Setelah Anda selesai melakukan kostumisasi konten, Anda tinggal klik icon disket di tab paling atas, lalu pilih save as, beri nama file brosur dan pilih format file.

Yeay! Selamat! Anda berhasil membuat brosur sendiri dari awal.

Tips Membuat Brosur yang Menarik

Sekarang Anda telah mengetahui cara membuat brosur dengan Microsoft Word. Tak sulit bukan? Tugas Anda berikutnya adalah memastikan brosur yang Anda buat memiliki desain menarik dan juga informatif. Berikut tips-tips membuat brosur yang menarik yang penting Anda ketahui.

1. Fokus Pada Tujuan

Anda harus fokus pada tujuan penggunaan brosur. Jika digunakan sebagai alat marketing maka Anda harus mengenali produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Pastikan segala informasi terkait produk atau jasa yang dimuat brosur jelas dan relevan agar seluruh pesannya dapat ditangkap dengan baik oleh audiens. Jangan menipu audiens dengan embel-embel prestasi bisnis yang tak pernah Anda dapatkan hanya untuk menarik perhatian.

2. Pilih Judul yang Menarik

Judul pada brosur biasanya adalah teks pada halaman depan brosur yang pertama kali dibaca audiens.

Eksplor daya kreasi Anda untuk menciptakan kalimat judul yang menarik (memorable dan mampu memprovokasi emosi audiens).

Contoh :

“Awet Muda dan Energik dengan Suplemen Herbal”

3. Simpel Namun Informatif

Jangan bertele-tele dalam menyampaikan informasi produk atau jasa yang Anda tawarkan. Buat kalimat informasi yang simpel, singkat, jelas namun informatif (memuat detail spesifikasi, manfaat dan benefits produk atau jasa). Hanya masukkan gambar yang relevan saja agar lebih efisien dan efektif.

4. Mudah dan Enak Dibaca

Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan profil audiens target Anda. Jika audiens Anda adalah kaum muda, maka gaya bahasa yang digunakan cenderung casual dengan menambahkan istilah-istilah kekinian. Sehingga mudah (tidak membingungkan) dan enak dibaca.

Satu hal yang penting diingat juga tentang kecermatan menulis. Hindari kesalahan pengetikan (typo) agar brosur Anda berkualitas.

Tampilan secara keseluruhan juga berpengaruh besar pada kenyamanan audiens membaca brosur. Pastikan pilihan font, skema warna dan gambar yang Anda gunakan serasi dan sesuai (proporsional).

5. Tonjolkan Keunggulan Produk atau Jasa

Dalam berbisnis tentunya Anda memiliki pesaing yang jumlahnya tak sedikit. Sebagai pembeda dari oara pesaing Anda, sebaiknya Anda menonjolkan keunggulan produk atau jasa Anda yang tidak dimiliki pesaing Anda. Seperti dalam hal kualitas, prestasi atau inovasi misalnya.

7. Tambahkan Promo

Semua orang menyukai promo. Begitu pula dengan target audiens Anda.

Agar brosur dapat menarik perhatian audiens, akan lebih baik jika Anda menambahkan informasi promo bisnis Anda dalam brosur yang Anda buat. Biasanya keterangan promo tercantum di halaman depan brosur.

8. Tambahkan Informasi Call to Action

Penting untuk menambahkan informasi call to action, untuk memancing audiens Anda untuk langsung membeli atau memesan produk atau jasa yang ditawarkan. Jadi, brosur Anda tak sekedar dibaca saja.

Informasi call to action biasanya berupa kalimat, “ayo pesan sekarang..” atau “daftar sekarang melalui website kami..”.

9. Tambahkan Review

Penambahan informasi review para pelanggandapat meningkatkan kepercayaan audiens tentang kualitas produk atau jasa yang ditawarkan.

10. Informasi Kontak Jelas

Cantumkan informasi kontak sales berikut kontak customer service yang jelas dan mudah diakses. Anda tak ingin calon konsumen Anda membatalkan pesanan karena kesulitan menghubungi kontak sales Anda bukan?

Itulah ulasan mengenai tahapan dan tips dan cara membuat brosur dengan Microsoft Word yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca juga artikel menarik tentang strategi marketing mix 4p atau artikel lainnya di kategori kumpulan dokumen usaha.

Ikuti Konten Menarik KAMI

Dokumen Bisnis
Contoh Quotation Letter dan Cara Membuatnya [+docx]
Dokumen Bisnis
Contoh Standar Operasional Prosedur (SOP) & Cara Membuatnya [+PDF]
Dokumen Bisnis
Pengertian S&P Agreement + Contoh
There are currently no comments.