Teknologi & Internet

15 Cara Menambah Subscriber YouTube dengan Gratis, Cepat dan Aman


Banyak yang sepakat membuat akun YouTube memang mudah. Namun untuk mengelolanya dibutuhkan keterampilan, kreativitas dan konsistensi tingkat tinggi. Tanpa semua itu, channel YouTube yang kamu buat tidak akan maju. Impian muluk memiliki ratusan ribu hingga jutaan subscriber akan terus menjadi mimpi.

Sebenarnya, tidak sulit mengelola channel YouTube jika kamu mau belajar dan memahami seninya. Termasuk seni menambah subscriber YouTube dengan gratis, aman dan cepat.

Cara Menambah Subscriber YouTube Gratis, Mudah dan Aman

Menambah subscriber YouTube memang bukan perkara mudah. Kamu perlu menyentuh hati penonton untuk mau menekan tombol subscriber secara sukarela. Sebelum putus asa dan menyerah dengan channel YouTube-mu, ikuti beberapa langkah di bawah ini:

1. Usahakan Buat dan Posting Konten YouTube Berkualitas Terbaik

Sama seperti membeli buku, novel atau komik. Pembeli hanya membeli dan membaca karya yang terbaik dan berkualitas. Begitu pula dengan konten YouTube, penonton hanya membuka dan menonton channel yang unik, menarik dan berkarakter.

Lantas, sudah cukup baikah konten YouTube yang kamu posting saat ini? Atau justru masih perlu banyak perbaikan entah dari pengambilan video yang sering goyang. Kualitas suara yang kurang jernih dan jelas hingga konten yang membosankan.

Baca Juga: Kampanye Viral dan Paling Menarik di Sosial Media

Supaya konten YouTube kamu dihargai bahkan disukai oleh penonton. Buatlah konten yang benar-benar berharga dan pantas untuk disaksikan. Lebih baik lagi jika konten YouTube-mu dianggap menarik bagi banyak orang hingga membuat mereka penasaran dan terus menagih konten terbaru.

2. Lakukan Interaksi Intens Dengan Penonton

Hubungan timbal balik merupakan salah satu cara menambah subscriber terbaik yang masih sering disepelekan oleh banyak orang. Padahal yang perlu kamu lakukan cukup membaca komentar penonton dan memberikan respon positif.

Meskipun terkesan sepele, penonton akan menghargai respon yang kamu berikan. Apalagi jika pesan yang kamu sampaikan bernada positif bukan kebalikannya. Membangun hubungan yang baik bersama penonton sejak dini merupakan hal yang baik juga kunci sukses menjadi YouTubers terkenal.

3. Buat Trailer Video yang Unik dan Inovatif

Usai melihat trailer film di YouTube, apa hal pertama yang kamu lakukan? Apakah langsung check judul film dan sinopsisnya ke Google? Peran trailer film di YouTube hampir sama berpengaruhnya dengan trailer video yang kamu buat untuk channel YouTube-mu sendiri.

Cuplikan pendek ini harus meringkas visi misi dan tujuanmu membuat channel YouTube tersebut. Setidaknya setelah melihat trailer video, penonton dapat memahami apa konten yang kamu buat dan posting.

Konsep trailer video yang dibuat pun tidak perlu terlalu serius dan kaku. Kamu bisa menambahkan unsur komedi, ungkapan motivasi atau kegiatan lainnya.

4. Akhiri Video Dengan CTA Menarik

Cara menambah subscriber Youtube hampir selalu bersifat teknikal, salah satunya menambahkan CTA menarik dan persuasif. Cara ini sesungguhnya sudah sering dilakukan baik oleh blogger maupun YouTubers terkenal.

Kamu cukup menyusun konten CTA yang ringkas, padat dan jelas. Karena tujuanmu adalah menambah subscriber, maka buat CTA yang bisa mendorong penonton melakukan subscriber.

5. Buat Konten Durasi Pendek

Sebelum bermimpi menjadi YouTubers terkenal, kamu harus memulai channel YouTube dengan konsep yang matang terlebih dahulu. Mau posting konten seperti apa? berapa banyak konten yang kamu upload setiap bulannya hingga durasi tiap konten yang kamu publikasikan.

Daripada membuat konten berdurasi panjang lebih dari 30 menit lebih baik buat video pendek 5 menit. Semakin lama durasinya, perhatian dan antusiasme penonton justru semakin berkurang. Agar kamu tidak kehilangan subscriber, buat video ringkas, padat dan atraktif.

6. Buat Thumbnail yang Unik dan Menarik Rasa Penasaran

Konsep thumbnail sebenarnya hampir sama seperti cover pada majalah. Jika thumbnail yang kamu buat kurang efektif dan unik, penonton tidak akan tergugah untuk membuka konten video tersebut. Apalagi jika judul yang kamu tulis juga ala kadarnya.

Aplikasi cara menambah subscriber ini sebenarnya tidaklah sulit. Kamu cukup mengaplikasikan beberapa rumusan termasuk menampilkan kualitas gambar yang jelas dan lebar. Sekaligus menambahkan teks yang unik juga menggugah rasa penasaran penonton.

7. Kelola Channel YouTube Secara Berkala dan Berkelanjutan

Percuma kamu membuat konten video yang unik, berkualitas dan berkelas jika tidak diimbangi dengan konsistensi. Konsistensi sangatlah penting guna menjaring semakin banyak subscriber baru.

Tidak perlu memaksakan diri posting video setiap hari yang justru bisa membuat kualitas kontenmu menurun dari sebelumnya.  Tapi jangan pula posting konten baru setelah menemukan traffic atau view yang menurun. Silahkan kamu buat jadwal penayangan konten baru dengan rapi dan teratur.

8. Menunjukan Respon Positif Pada Channel YouTube Lain

Cara menambah subscriber ini tidak kalah mudahnya dari ketujuh cara sebelumnya. Yang perlu kamu lakukan cukup menampilkan respon atau review positif dari channel YouTube orang lain.

Baca Juga: Tren Digital Marketing Terbaik di Indonesia

Semakin sering kamu meninggalkan komentar, semakin banyak pengguna YouTube lain yang menyadari eksistensimu. Tapi sebisa mungkin hindari meninggalkan spam komentar yang jatuhnya hanya mempromosikan channel YouTube milikmu.

Hargailah konten YouTube  milik orang lain agar channel YouTube-mu juga dihargai.

9. Tidak Lelah Mempromosikan Saluran YouTube Di Media Sosial

Mengetahui cara menambah subscriber merupakan salah satu langkah terbaik meningkatkan jumlah penayangan konten video YouTube-mu. Semakin banyak subscriber juga membantumu lebih berkembang hingga dapat mengajukan iklan adsense YouTube.

Selain rutin mempromosikan channel YouTube di dalam kandang (YouTube). Coba lakukan strategi marketing yang lebih masiv dengan rambah media sosial lainnya, seperti Twitter, Facebook, Instagram hingga blog milikmu sendiri.

10. Lakukan Evaluasi Setiap Bulannya

Sebanyak apa pun cara menambah subscriber yang kamu baca dari internet. Tidak akan berdampak besar jika kamu tidak mengiringinya dengan aksi yang tepat. Lalu, apa saja kegiatan yang harus kamu lakukan?

Tidak cukup hanya memperhatikan jumlah subscriber yang keluar dan masuk ke channel YouTube milikmu. Kamu juga wajib melakukan evaluasi bulanan. Evaluasi ini meliputi berbagai aspek termasuk konten yang paling diminati dan kurang disukai penontonmu.

Sehingga kamu bisa membuat konten baru yang diterima oleh subscriber bukan kebalikannya. Kamu juga bisa menentukan target marketing dengan mudah dan tepat.

11. Hapus Konten yang Tidak Diperlukan

Bersih-bersih channel YouTube sebelum mengembangkannya untuk mendapatkan profit atau pendapatan adsense YouTube merupakan kegiatan mutlak. Jangan sampai penontonmu melihat ada konten yang kurang matang dan berkualitas buruk yang belum dihapus.

Contoh sederhananya, kamu membuat channel cooking class. Sementara ada satu atau beberapa konten video yang konsepnya berlawanan dengan cooking class. Daripada membiarkannya saja, lebih bijaksana jika kamu menghapus konten video tersebut.

12. Buat Kolaborasi Konten Bersama Channel Lainnya

Cara berikutnya yang tidak kalah mudah, cepat dan instan tidak selalu dikaitkan dengan beli subscriber. Kamu bisa belanja subscriber sewaktu-waktu jika membutuhkannya diimbangi dengan meningkatkan subscriber organik. Bagaimana caranya?

Silahkan buat janji kolaborasi konten bersama YouTubers terkenal. Kamu bisa mengundang mereka untuk membuat konten bersama. Butuh referensinya? Silahkan kamu cek konten kolaborasi yang tersedia di YouTube.

Banyak sekali selebriti dan YouTubers terkenal yang sering membuat konten kolaborasi. Keuntungan membuat konten ini sangat banyak. Selain menambah jumlah subscriber, kamu juga dapat menjalin hubungan mitra yang baik dengan sesama YouTubers.

13. Perhatikan Konsep SEO YouTube

Cara menambah subscriber yang aman dan mudah berikutnya hampir sama seperti CTA yang ditempatkan di akhir video. Membutuhkan keterampilan dan keahlian teknikal yang mumpuni.Kamu harus memperhatikan sebaik mungkin konsep SEO pada channel YouTube milikmu.

Selain membuat deskripsi yang menarik, buat pula judul video yang mudah dipahami dan dicari penonton. Percaya atau tidak, faktanya banyak YouTubers yang populer karena menggunakan konsep SEO jempolan. Mereka membuat judul yang tidak biasa.

14. Tambahkan Intro Unik yang Mudah Diingat

Jika sebelumnya telah dijelaskan besarnya pengaruh CTA di akhir video untuk mempersuasi penoton. Maka penambahan intro unik di awal video juga sama pentingnya.

Agar intro yang kamu buat tidak kalah berkesan. Lihatlah contoh tagline atau slogan yang digunakan produk Indonesia. Selain ringkas dan sederhana, slogan brand tersebut sangat mudah diingat oleh konsumen.  

15. Pilih Nama dan Icon YouTube yang Unik dan Berkarakter

Last but not least, silahkan kamu tentukan nama dan icon channel YouTube sebagai cara efektif menambah subscriber. Apakah menggunakan foto pribadi sebagai icon atau justru desain grafis yang dibuatkan oleh profesional?

Apa pun icon YouTube yang kamu gunakan, usahakan icon tersebut sesuai dengan karakter YouTube yang kamu buat. Hindari menggunakan foto selebriti atau gambar lainnya yang memiliki hak cipta. Baca undang-undang hak cipta disini.

Jika ingin lebih simpel dan anti ribet, kamu bisa menggunakan nama lengkap atau single name sebagai nama channel YouTube-mu. Tidak ada salahnya juga memakai nama pena, cukup pilih yang unik, jarang digunakan dan gampang dihapal.

Baca Juga: 3 Segmentasi Pasar Paling Kuat di Era Digital

Menjadi YouTubers berpenghasilan besar memang sangat menggiurkan. Tapi untuk sampai di titik tersebut, kamu harus melalui banyak hal salah satunya mengumpulkan subscriber yang loyal dan setia. Supaya usaha menambah subscriber yang kamu lakukan membuahkan hasil. Silahkan ikuti cara menambah subscriber di atas dengan baik dan benar. Kemudian evaluasi hasilnya, apakah subscriber benar-benar bertambah atau tidak?

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti cara menampilan subtitle di Youtube atau konten lainnya dikategori Teknologi dan Internet

Misi Divedigital.ID adalah menyebarkan informasi bermanfaat. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jadilah bagian dari misi kami dengan membagikan ke sosial media. Sharing is Caring !!

Teknologi & Internet
Cara Mengaktifkan Subtitle di Youtube via HP dan Komputer
Teknologi & Internet
6 Aplikasi Cek PUBEI EYD dan Typo Dokumen Online [+S-P-O-K]
Teknologi & Internet
Apa itu Data Pribadi dan Bagaimana Perusahaan Mendapatkannya?
There are currently no comments.