Advertorial

Cara Meningkatkan Skill & Keterampilan Dalam Menulis


Sebelum dunia digital berkembang, profesi penulis seringkali dipandang sebelah mata. Lapangan pekerjaan sangat terbatas, jika bukan menjadi jurnalis kemungkinan bekerja sebagai penulis fiksi. Faktanya, dua pekerjaan tersebut dipandang paling prestisius padahal ada banyak profesi lain yang bisa dilakukan contohnya penulis scenario, copy writer dan content writer.

Agar bertahan lama di dunia tulis menulis, seorang penulis harus bisa mengembangkan keterampilan menulisnya dengan baik. Sehingga tidak terjebak pada gaya tulisan monoton dan kurang menarik. Model tulisan seperti itu biasanya akan tersingkir dengan cepat oleh penulis pendatang baru yang jauh lebih kreatif.

5 Cara Meningkatkan Keterampilan Menulis

Meskipun diracik dengan resep yang sama, belum tentu rasa makanannya sama. Fenomena ini juga terjadi pada penulis, meski sama-sama menggunakan ejaan baku yang disempurnakan belum tentu hasil tulisan yang dikembangkan memiliki unsur bacaan yang sama.

Lalu, apa yang harus kita lakukan jika ingin meningkatkan ketrampilan menulis? simak 5 tips berikut ini

1. Memperkaya Kosakata

Lulus sekolah bukan berarti berhenti belajar apalagi jika Anda berencana menjadi penulis profesional. Agar gaya tulisan semakin matang, luangkan setiap hari untuk membaca buku. Tapi jangan hanya terpaku pada satu genre, pelajari buku-buku fiksi, buku nonfiksi hingga buku berbahasa asing.

Selain menambah kosakata, buku bacaan juga memperkaya ide menulis Anda. Anda tentu tidak mau mengalami writer’s block ketika sedang dikejar deadline bukan?

2. Memperbaiki Hal-Hal Mendasar

Daripada merasa iri dengan pencapaian yang dimiliki oleh penulis lain, mengapa Anda tidak mencoba wawas  diri. Apa sudah benar tulisan yang Anda tulis? Apa sudah memenuhi kaedah penulisan EYD? Sebelum maju ke tahapan penyempurnaan diri sebagai penulis pro, Anda harus melalui fase ini terlebih dahulu.

Coba perhatikan lagi tulisan yang sudah Anda buat, jika tampak berantakan artinya Anda harus lebih rajin lagi mempelajari basic menulis.

Ketika basicnya belum kokoh, masih sering salah akan sulit bagi penulis menciptakan bahan bacaan yang menarik dan enak dibaca bila diteruskan justru terkesan memaksakan diri. Seorang penulis yang baik hendaknya melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Menghindari Klise: Kata-kata klise terkadang tidak memberikan efek positif sama sekali pada karya tulis nonfiksi atau fiksi. Daripada menggunakan klise lebih baik Anda menggunakan kata-kata yang kuat. Kata yang maknanya sama dan jauh lebih familiar biasanya lebih kuat daripada kata yang tidak familiar di telinga. Seperti padanan kata “lari” dan “berpacu”
  • Hati-hati Saat Bermain Dengan Metafora: Dalam menulis karya fiksi atau nonfiksi terkadang kita tertarik untuk menambahkan beberapa majas atau metafora, tujuannya agar tulisan tampak lebih segar dan istimewa. Sayangnya saat dieksekusi terkadang penulis melakukan tidak pada tempatnya sehingga metafora cenderung terkesan seperti klise dan melemahkan tulisan Anda.
  • Editing: Meskipun ada editor yang berprofesi sebagai pengedit tulisan bukan berarti penulis lepas tanggung jawab dari editing. Kegiatan ini akan membantu Anda mengetahui apa kekurangan dan kelebihan dari tulisan yang Anda buat. Bisa jadi terdapat banyak typo atau tulisan terkesan terlalu negative padahal ditujukkan untuk memberikan review positif pada suatu produk.

3. Berlatih Setiap Hari

Dengan berlatih otomatis kegiatan yang Anda lakukan selama beberapa jam berkaitan erat dengan bacaan dan tulisan. Untuk mengakomodasi kegiatan ini, Anda bisa menyiapkan beberapa peralatan seperti pena dan buku catatan atau tablet dan smartphone.

Isi buku catatan secara berkala, tulis ide tulisan yang menurut Anda penting untuk diingat. Jika Anda memiliki waktu luang dan budget, tidak ada salahnya untuk mengikuti pelatihan menulis. Cara ini akan membantu Anda menemukan gaya tulisan yang kuat dan menjadi ciri khas Anda sendiri.

4. Lompati Bagian Cerita yang Sulit

Ketika menulis cerita fiksi terkadang penulis dibuat repot dengan paragraph awal dan paragraph akhir alias ending cerita. Kondisi ini justru membuat hasrat menulis Anda menghilang sehingga tulisan yang harusnya bertambah sebanyak 5000 kata justru hanya masuk sebagiannya saja.

Kerangka tulisan akan membantu Anda menempatkan plot tulisan yang kosong dan sudah terisi, tidak perlu khawatir jika cerita yang Anda tulis dari tengah akan membuat alur cerita berantakan. 

Saran ini bisa juga dilakukan oleh penulis nonfiksi, jika Anda tidak bisa menemukan kata yang menarik untuk mengisi paragraph awal tidak ada ruginya untuk langsung ke bagian inti.

5. Terbuka Dengan Kritik dan Saran

Setiap orang punya banyak kekurangan termasuk seorang penulis dan sebagai pribadi yang terbuka serta kreatif Anda harus berjiwa besar ketika menerima kritikan dari penulis lain atau pembaca. Kritik dan saran yang mereka sampaikan justru akan membantu Anda meningkatkan skill tulisan ke arah lebih baik.

Ketika memutuskan masuk ke dunia tulis menulis, Anda akan menghadapi dua tipe penulis yang pertama menulis karena hobi dan yang kedua menulis karena mencari rezeki tapi tidak sedikit pula yang mengharmonisasikan keduanya.

Masuk ke tipe apa pun Anda, cobalah untuk meningkatkan keterampilan tulisan bukan hanya untuk pembaca tapi juga untuk karier Anda sendiri sebagai perangkai kata.

6. Konsisten

Ini yang menurut kami paling sulit, disisi lain sudah pasti pengalaman akan menjadi guru terbaik, namun mempertahankan konsistensi tidak semudah seperti yang terlihat.

Konsisten yang kami maksud disini tidak hanya terus menulis, tapi mempertahankan kualitas yang sudah kita miliki. Jika memang kamu lagi stuck, cobalah untuk istirahat dan kemblai menulis pada saat kita sudah siap untuk kembeli menulis.

Itulah enam cara meningkatkan ketrampilan menulis yang bisa kami bagikan untuk kalian. Semoga bisa memberikan sedikit pengetahuan tambahan untuk kamu yang saat ini sedang menggeluti bidang satu ini.

ADS
Ini adalah konten kolaborasi kami dengan jawarakonten.com

Ikuti Konten Menarik KAMI

Materi SEO
Cara Optimasi SEO Website Terbaru [Ultimate Guide]
Materi SEO
SEO Hack: Cara Ampuh Meningkatkan Traffic Website/Blog
Digital Marketing
Strategi Media Placement untuk Memaksimalkan SEO
There are currently no comments.