Materi SEO

SEO Hack: Cara Ampuh Meningkatkan Traffic Website/Blog


Ketika website udah dibuat, pertanyaan selanjutnya yang harus kita jawab adalah bagaimana cara meningkatkan traffic website? Bagi sebagian orang, traffic web atau blog memang menjadi masalah yang cukup pelik dan sulit untuk ditemukan jawabannya.

Namun kamu tak perlu kuatir karena dalam artikel ini, kami berbagi sedikit pengalaman yang kami lalui pada pengembangan website divedigital.id atau website lain yang kami kelola.

Bisa dibilang, Divedigital.ID ini adalah salah satu website yang pengembangannya sangat cepat. Meskipun ini fresh domain yang baru kami daftarkan pada agustus 2019, Akuisisi trafik berjalan sangat mulus.

Ada satu hal unik yang kami alami ketika running website ini, Kurang lebih setelah 4 jam wordpress kami instal, domain kami udah ada di Google. Tentu konten belum ada sama sekali, domain juga belum kami submit ke search console.

Traffic website

Dan lihat lonjakan trafik begitu masif hanya dalam hitungan beberapa bulan, meskipun data diatas bukanlah data real, perbulannya kami mendapatkan trafik yang jauh lebih besar dari pada itu.

Cara Meningkatkan Traffic Website / Blog

Bagaimana kami melakukan hal ini? Beberapa tips cara meningkatkan traffic blog akan kami kupas tuntas dalam artikel ini. Tidak hanya untuk platform wordpress, tips yang kami bagikan ini juga bisa digunakan para blogger pada platform blog lain seperti Wix, blogspot, dan lainnya.

1. Pilih Keyword Easy Ranking

Ketika pagerank domain masih bayi, memilih konten seperti apa yang akan kita bahas menjadi salah satu penentu akan seperti apa masa depan website kita.

Semua web master suka dengan keyword bervolume tinggi, namun yang harus menjadi perhatian kita sekarang adalah, apakah website kita memiliki kemampuan untuk bersaing dengan domain lain yang ada di SERP? Jangan sampai konten yang sudah kita buat justru hanya menjadi file yang tidak memberikan apapun pada trafik.

List semua keyword yang akan kamu bahas, dan pilih keyword yang secara persaingan sesuai dengan pagerank kita untuk dibahas terlebih dahulu.

2. Konten yang Tersegmentasi

Bounce rate adalah hal yang harus kita hindari, hal ini juga sudah kami bahas dalam artikel ini [Cara meningkatkan optimasi SEO]. Ada banyak cara untuk mereduksi bounce rate, salah satunya dengan konten yang tersegmentasi dengan baik, maksudnya setiap konten ada pengelompokannya.

Ada hal lain yang juga harus menjadi perhatian, yakni ketika kamu sudah berhasil mendapatkan traffic dari Google, lihat artikel mana yang menjadi sumber traffic itu. Lalu tambahkan pembahasan lain yang berhubungan dengan artikel tersebut.

Dari pengalaman kami, konten yang baru saja kita terbitkan dan relate dengan konten yang sudah di halaman 1, jauh lebih mudah untuk dirangking, ini bisa menjadi tambahan traffik untuk web kita.

3. Konten Baru yang Kontinue

Selain beberapa trik diatas, hal mendasar yang harus kita lakukan untuk meningkatkan traffik adalah dengan membuat konten baru secara contiue. Ini wajib, karena melalui konten-konten yang terus bertambah inilah website kita akan mendapatkan tambahan traffik seiring dengan banyaknya artikel yang ada di halaman 1 Google.

Jika pada awal pengembangan website kita menargetkan keyword yang easy rangking, seiring dengan pagerank domain yang meningkat, kita bisa mulai bersaing dengan website lain yang memungkinkan untuk kita bermain disana.

Kalau tidak bisa update setiap hari seperti halnya portal berita, setidaknya dalam 1 minggu harus ada 1 artikel baru.

4. Memaksimalkan Keyword

Terus membuat artikel baru tanpa memperhatikan artikel yang sudah kita buat ada di urutan berapa adalah pilihan buruk, yang seharusnya bisa kita maksimalkan menjadi traffik. Silahkan amati dan cari tahu sekiranya mana artikel yang volume pencariannya tinggi, namun belum ada di halaman 1 atau CTR-nya rendah.

Kalau kami biasanya menggunakan search console, caranya seperti ini.

memaksimalkan keyword dengan search konsole

Silahkan buka web master tools, klik kinerja, pilih menu query, dan pilih keyword yang jumlah tayangannya tinggi namun kliknya rendah. Keyword ini biasanya posisi SERP belum maksimal atau judulnya gak clickable sehingga CTR rendah.

Beberapa cara yang bisa kita lakukan adalah memberikan backlink pada artikel tersebut, memaksimalkan internal link, mengganti judul, atau menambah atau memperbarui konten. Cara ini biasanya ampuh untuk memaksimalkan traffic blog.

5. Meningkatkan Pagerank

Ini adalah cara yang paling kami sukai untuk melakukan akuisisi trafik pada website baru, yaitu dengan meningkatkan pagerank atau domain authority.

Seperti yang kita tahu, pagerank masih menjadi salah satu parameter Google dalam menentukan mana artikel yang ada di SERP, Meskipun angka atau perhitungan ini sudah tidak tersedia datanya untuk publik.

Salah satu cara untuk meningkatkan pagerank website adalah mendapatkan mention dari situs otoritas, semakin banyak yang menyebutkan domain kamu, maka pagerank akan meningkat. Apalagi jika situs-situs tersebut sudah memiliki pagerank yang baik, proses peningkatan pagerank akan jauh lebih cepat.

Ads
Improve your domain authority, akuisisi your traffic with divedigital network.

6. Hapus Broken Link

Link mati adalah salah satu penyebab SERP kamu turun, hal ini karena Google akan menganggap artikel tersebut sudah tidak relevan karena menyajikan link yang mati atau tidak bisa dikunjungi. Ada dua sumber link mati terbesar, yaitu melalui badan artikel pada saat kita memberikan rujukan link namun website sudah tidak diperpanjang, atau melalui koment yang ada di artikel kita.

Untuk mengetahui ini kita bisa menggunakan tools broken link cheker [temukan disini] dan masukan website kamu. Jika ditemukan broken link, segera hapus link tersebut dan SERP kamu akan naik kembali.

7. Featured Snippet

Dan cara meningkatkan traffic blogger yang terakhir adalah mendapatkan Featured Snippet, atau cuplikan ringkas yang ada di SERP. Memang sulit, karena ringkasan ini bukan kita yang mendesain, namun mesin pencari, dalam hal ini yakni Google.

Website kami ini sendiri sudah sering mendapatkan fatured snippet, dan beberapa artikel yang mendapatkan perlakuan spesial ini dari Google memang CTR nya sangat tinggi. Salah satunya untuk [keyword ini] dan tampilannya seperti dibawah ini.

contoh featured snippet

Struktur data, struktur konten, dan tag heading seperti H2, H3 menurut kami memiliki peranan cukup besar untuk mendapatkan featured snippet ini.

Pembahasan tentang 7 cara meningkatkan traffic web sudah selesai kita bahas, dan tentu saja masih banya cara lain yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan traffik. Jika kamu memiliki cara lain, silahkan chit chat dengan kami dan pengunjung lain melalui kolom komentar. Tunggu artikel mengenai topik SEO lainnya ya…

Baca juga artikel menarik kami tentang Cara Kerja Google Bisnisku atau artikel lainnnya di kategori Topik SEO.

[Tanya +Jawab]

Dimana Saya Bisa Mengecek Traffic Website?

Untuk platform wordpress, kita bisa menggunakan plugin jetpack, atau jika kamu mengunakan blogger, bisa menggunakan histats.

Traffik Seperti apa yang Bagus untuk Website?

Menurut kami traffik yang tersegmentasi jauh lebih baik untuk website, lihat bagaimana Portal Trimbun yang merajai SERP namun banyak juga yang mengindari untuk membaca artikel dari trimbun.

Apakah Nilai Sebuah Website Tergantung Traffic?

Menurut kami iya, meskipun ada beberapa faktor lain yang juga menjadi acuan untuk memberikan nilai pada sebuah website. Namun yang paling sering adalah traffik, misalkan pada saat akan ada pihak yang beriklan, hal pertama yang ditanya tentu saja traffik.

Ikuti Konten Menarik KAMI

Materi SEO
Cara Riset Keyword Pencarian Tinggi di Google [Conceptual]
Materi SEO
Pengertian & Cara Optimasi Google My Business [LENGKAP]
Materi SEO
Cara Optimasi SEO Website Terbaru 2020 [Ultimate Guide]
There are currently no comments.