Business Dictionary

12 Contoh Winning Pitch Deck dari Perusahaan Ternama Dunia


Coba kita lihat beberapa perusahaan teknologi di Indonesia seperti tokopedia dan bukalapak, untuk menjadi besar seperti sekarang ini mereka mendapatkan suntikan dana yang jumlahnya sangat besar dari para investor. Jika perusahaan rintisan kamu juga ingin seperti mereka, maka mencari investor adalah salah satu langkah terbaik, namun sebelumnya kamu membutuhkan pitch deck sebagai salah satu alat untuk menarik minat para investor.

Dalam kesempatan kali ini divedigital.id akan memberikan beberapa contoh pitch deck dari berbagai perusahaan ternama dunia. Contoh-contoh ini bisa kamu gunakan sebagai wawasan tambahan dalam membuat pitch deck startup kamu.

Contoh Pitch Deck dari Perusahaan Terbaik Dunia

Kami sudah mengumpulkan beberapa contoh pitch deck dari perusahaan raksasa dunia. Beberapa perusahaan yang kami maksud seperti Youtube, Canvas, Buzzfeed, Linkedin, Moz, dan sebagainya. Yuk langsung saja ke contoh yang pertama.

1. Linkedin

Milenial tentu sudah tidak asing dengan platform social media satu ini, berbeda dengan facebook dan twitter, linkedin rata-rata digunakan milenial untuk mencari pekerjaan, mengumpulkan portofolio, dan hal lain yang berhubungan dengan karir profesionalnya.

Dalam pitch deck diatas, mereka lebih banyak membicarakan tentang core value dan nilai lain yang menjadi pembeda antara linkedin dengan situs jejaring social lainnya.

2. Moz

Untuk Anda yang bekerja pada ranah digital marketing, tentu sudah tidak asing dengan situs satu ini. Moz adalah sebuah situs yang menghadirkan berbagai tools menarik, lebih terkenal dengan tools-tools optimasi SEO nya, namun kini Moz sudah masuk kedalam ranah yang lebih luas, yakni terkait marketing.

Contoh Pitch deck dari Moz ini dibuat ketika mereka sudah beroprasi, dan dari pitch deck ini mereka berhasil mengumpulkan $ 18 juta, atau sekitar 253.763.100.000 rupiah. Ini yang membedakan Moz dengan pitch deck perusahaan lain, yakni mereka bisa menampilkan data pendukung seperti pendapatan, umur pengguna, dan lain sebagainya.

3. Buzzfeed

Diantara sekian banyak situs yang kamu kunjungi, apakah kamu pernah membaca artikel dari buzzfeed? memang ini adalah salah satu situs populer didunia, dan nyatanya mereka berkembang juga lewat sokongan dana dari investor. Sekedar informasi, buzzfeed adalah media hiburan dari AS yang fokus pada media digital. Sejauh ini, mereka sudah berhasil mendapatkan $ 240 juta atau 3.382.560.000 rupiah.

Dalam file presentasi ini mereka lebih menonjolkan menampilkan traffic yang didapat, sampai dengan kutipan-kutipan media yang sudah besar seperti CNN.

4. Canvas

Selanjutnya ada situs web yang juga sangat sering digunakan oleh anak muda Indonesia, yakni canvas yang biasanya digunakan untuk membuat logo, banner, infografi, dan hal-hal yang berhubungan gambar. Ini merupakan sebuah website dengan tools untuk membuat desain grafis. Melalui situs ini, pengguna tidak harus memiliki kemampuan desain grafis yang hebat, fitur yang dihadirkan akan memudahkan pemula untuk membuat grafis yang profesional.

Melalui contoh pitching deck diatas, canvas berhasil mendapatkan pendanaan mencapai $9 juta atau kalau dikonversi kerupiah sekitar 126.870.300.000. Dalam file presentasi ini, mereka lebih banyak membicarakan tentang fungsi utama alat yang mereka hadirkan membantu bisnis lain yang menjadi penggunanya.

5. Facebook

Mungkin picth deck dari facebook ini tidak terlalu memiliki tampilan yang menarik, Namun mark zuckerberg dan Eduardo Luiz Saverin berhasil mendapatkan $ 500.000 untuk oprasional facebook. Bagaimana presentasi sederhana mereka bisa berhasil menarik hati orang seperti Peter Thiel?

Kamu bisa melihat pitch deck diatas, dimana mereka menyantumkan media kit sangat komprehensif mulai dari strategi sampai dengan data real mengenai lalulintas platform, daftar pengguna, pengguna baru, dan hal lainnya.

6. Mint

Brand yang satu ini mungkin masih asing untuk masyarakat Indonesia, namun di AS platform ini cukup dikenal banyak orang. Mint adalah sebuah website dan aplikasi keuangan pribadi yang memiliki basis kuat di AS dan Kanada.

Jika kita lihat, isi dari pitch deck ini tidak jauh berbeda dengan artikel yang sebelumnya kita bahas, (baca juga: kerangka pitch deck yang bagus). Cukup sederhana, namun mint berhasil menjelaskan dengan lugas seperti apa bisnis modelnya dan langkah strategis lainnya.

7. Manpacks

Manpacks adalah sebuah perusahaan yang menjual berbagai kebutuhan pria yang sudah memiliki markas dibeberapa negara seperti Rhode Island dan juga Providenc. Beberapa produk yang dihadirkan oleh brand satu ini seperti cukur jenggot, celana dalam, dan kebutuhan pria lainnya.

Dalam pitch deck ini, mereka berhasil memperkenalkan diri dengan sangat baik, bahkan seperti apa produknya juga tergambar dengan sangat jelas. Ingin tahu berapa nilai dari pitch deck ini? menurut sebuah informasi, mereka berhasil mendapatkan pendanaan mencapai $ 500.000.

8. AdPushup

Dibandingkan dengan perusahaan yang sudah kami sebutkan, mungkin AdPushup masih kalah populer, ini merupakan sebuah platform yang memungkinkan penggunanya untuk memaksimalkan pendapatan iklan dengan melakukan A/B testing pada iklan yang akan dijalankan.

Tidak jauh berbeda dengan mint, dalam pitch deck ini mereka memasukan beberapa bagian paling esensial dalam sebuah pitch deck. Melalui pitch deck ini mereka berhaisl mengumpukan uang yang jumlahnya tidak sedikit, yakni mencapai $ 632.000 atau setara dengan 8.911.389.600 rupiah.

9. Gusto

Perusahaan ini sebelumnya bernama zenpayroll, lalu berubah nama menjadi Gusto, adalah sebuah perusahaan manajemen sumber daya manusia berbasis clod yang ada di AS.

Jika kamu ingin membuat pitch deck yang simple, kamu bisa menggunakan pitch deck ini sebagai referensi. Jangan lupa maksimalkan juga beberapa bagian yang sesuai dengan bisnis kamu. Dengan pitch deck ini, Gusto berhasil mengumpulkan uang mencapai $6 juta.

10. Dwolla

Jika kamu sering menggunakan paypal, kamu tidak akan kesulitan untuk memahami brand satu ini. Dwolla adalah sebuah aplikasi payment gateway yang memungkinkan pengguna untuk melakukan beberapa hal layaknya paypal, yakni mengirim, menerima, dan meminta dari pengguna lainnya.

Beberapa bagian terbaik dari picth deck ini bisa kamu tiru, salah satunya adalah bagian yang menjelaskan seperti apa masalah yang ingin diselesaikan, Dwolla berhasil menjelaskan hal ini dengan sangat baik. Dan melalui pitch deck ini, mereka berhasil mendapatkan uang mencapai 16,5 juta dollar.

11. MixPanel

Mixpanel merupakan sebuah startup yang memberikan layanan untuk melakukan anilisa aplikasi seluler dan website. Melalui berbagai tools yang disediakan, pengguna sangat mungkin untuk mengetahui bagaimana pengunjung melakukan interaksi. Bahkan kamu juga bisa melakukan A/B testing di platform mereka.

Kamu bisa mencontoh bagaimana mereka membawa audiens untuk mengenal dan memahami platform mereka dengan sangat baik. Bagian ini bisa kamu lihat bagaimana Mixpanel memperlihatkan berbagai masalah, dilanjutkan dengan penyelesaian, dan diakhiri dengan berbagai keunggulan yang mereka miliki. Melalui file presentasi dibawah ini, mereka berhasil mendapatkan 65 juta dollar.

11. Buffer

Maraknya penggunaan sosial media untuk bisnis, membuat berbagai perusahaan meluncurkan berbagai platform untuk memudahkan pekerjaan. Begitu juga dengan buffer, mereka adalah platform yang akan memudahkan dalam pengelolaan sosial media.

Picth deck ini mirip dengan miliknya facebook, dimana mereka lebih suka menampilan data-data asli dari yang sudah mereka dapatkan, dimulai dari jumlah pengguna sampai dengan pendapatan.

Itulah 12 contoh pitch deck dari berbagai perusahaan ternama dunia yang bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam membuat file presentasi yang hebat. Lihat bagaimana mereka mempresentasikan ide bisnis mereka, dan aplikasikan pada pitch deck kamu.

[Tanya+Jawab]

Apakah Pitchdeck ini Bisa di Download?

Ya, kami sudah menyediakan url menuju file presentasi yang bisa kamu download secara gratis untuk dijadikan referensi.

Pitch deck ini berbentuk apa?

Contoh-contoh file presentasi pitch deck yang kami hadirkan berbentuk pdf.

Mana Pitch deck yang sesuai dengan bisnis saya?

Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan, dan pilih dari 12 file ini yang paling sesuai dengan bisnis anda.

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti cara perusahaan mendapatkan data pribadi atau artikel lainnya dikategori Kamus Bisnis

Misi Divedigital.ID adalah menyebarkan informasi bermanfaat. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jadilah bagian dari misi kami dengan membagikan artikel ini ke social media. Sharing is Caring !!

Business Dictionary
Apa itu Disrupsi? Menelaah Definisi dan Cara Sukses Menghadapi Era Disrupsi
Business Dictionary
Apa itu Prototipe? Mengenal Pengertian, Tujuan, dan Manfaat Prototype [+Contoh]
Business Dictionary
Apa itu Brand Ambassador? Pengertian dan Cara Menjadi Brand Ambassador [+Contoh]
There are currently no comments.