Dokumen Bisnis

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan untuk Semua Keperluan [+Docx]


Dalam kehidupan ini, tentu kita sering melakukan aktivitas dengan banyak pihak untuk berbagai keperluan. Hal ini membuat kita sering melakukan perjanjian baik secara lisan ataupun tertulis untuk memberikan kepastian bahwa diantara mereka yang melakukan perjanjian akan berkomitmen dengan janji yang telah dibuat.

Nah untuk memberikan kejelasan mengenai hal ini, biasanya orang yang melakukan perjanjian tersebut menggunakan surat pernyataan, salah satunya adalah surat pernyataan kesanggupan.

Definisi Surat Pernyataan Kesangupan

Surat Pernyataan Kesanggupan adalah dokumen yang berisi pernyataan baik individu maupun kelompok yang menyatakan kesanggupan untuk melakukan kewajiban yang telah dibuat kepada pihak tertentu dan bersifat mengikat sampai dengan kesanggupan yang telah dicantumkan bisa terselesaikan.

Ini adalah dokumen resmi yang harus ditulis dalam bahasa baku, dan kadang juga dilengkapi dengan matrai yang ditandatangi oleh pihak yang melakukan perjanjian yang menjadi bukti bahwa ini adalah dokumen yang sah dan bisa dipertanggung jawabkan dihadapan hukum yang berlaku.

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan

Sedang melakukan perjanjian kesanggupan dengan pihak lain, namun bingung formatnya seperti apa? Kamu tidak perlu kuatir karena dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi tentang contoh surat pernyataan kesanggupan lengkap dengan versi docx yang bisa kamu download secara gratis.

1. Kesanggupan Melaksanakan Pekerjaan

Biasanya surat pernyataan kesanggupan kerja ini dibuat untuk mereka yang ingin bekerja pada sebuah instansi ataupun mereka yang akan dipindahkan dalam devisi lain disebuah perusahaan. Berikut contoh yang bisa anda gunakan:

Surat Pernyataan

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Andi Sulistyo
Alamat: Jl. Gebong nomor 67 Surabaya
Jenis Kelamin: Laki-laki
Agama: Islam
TTL: Surabaya, 10 Januari, 1993
NIK: 0826739

Dengan surat ini, saya menyatakan sanggup dan bersedia untuk bekerja di PT. Bayangan Teknologi untuk posisi SEO Specialist dan melepaskan tanggung jawab saya di devisi sebelumnya yakni content writer.

Demikan surat pernyataan kesanggupan bekerja yang saya buat dengan sebenar-benarnya dan penuh rasa tanggng jawab tanpa ada intervensi dari pihak manapun. Apabila dikemudian hari ada perselisihan terhadap surat pernyataan ini, maka saya bersedia untuk dikenakan sangsi sebagaimana peraturan perundang undangan yang berlaku.

Surabaya, 8 Juli 2020
TDD dan Matrai
Andi Sulistyo

2. Kesanggupan Membayar SPP & UKT

Jenis surat kesangupan yang kedua ini biasanya adalah mereka yang menjadi wali dari seorang murid, namun bukan orang tua aslinya. Berikut contoh surat kesanggupan membayar iuran SPP ataupun membayar ukt yang bisa anda gunakan:

Surat Pernyataan

Dengan ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini:


Nama: Rama Panduwina
Alamat: Jl Soekarno Hatta, Surabaya
Pekerjaan: Pegawai Swasta

Dengan ini saya menyatakan sanggup untuk membayar iuran SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan) sampai lulus untuk siswa atas nama:

Nama Siswa: Andi Putra
Nomor Induk: 97643
Alamat: Jalan Soekarno Surabaya

Demikian surat pernyataan kesanggupan membayar SPP saya buat dengan sebenar-benarnya dan penuh rasa tanggung jawab. Jika suatu hari saya lalai atau tidak patuh terhadap janji ini, saya bersedia untuk dikenakan sangksi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Surabaya, 13 Juni 2020
Tanda Tangan Bermatrai
Rama Panduwina

3. Kesanggupan Menyelesaikan Skripsi

Untuk anda yang saat ini duduk di semester akhir, biasanya pihak dosen penguji atau dosen pembimbing meminta anda untuk membuat surat kesanggupan menyelesaikan skirpsi sampai rentan waktu yang telah ditentukan. Berikut contohnya:

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Rahmad Hidayat
NIM : 097653
Fakultas : Ekonomi
Jurusan : Akuntansi

Dengan ini saya menyatakan bersedia menyelesaikan skripsi dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak kampus. Apabila dikemudian hari saya tidak bisa memenuhi janji sebagaimana yang telah ditetapkan, maka saya bersedia dikenakan sangksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Surabaya, 7 Agustus 2020
TTD dan Matrai
Rahmad Hidayat

4. Kesanggupan Melunasi Hutang

Perjanjian yang berhubungan dengan harta benda memang rawan terhadap penyelewengan. Untuk melindungi hal ini dari hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya memang menggunakan surat pernyataan resmi. Berikut contohnya:

SURAT PERNYATAAN

Melalui dokumen atau surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Reza Amiguna
Pekerjaan : Karywan Swasta
Alamat : Jalan Raharja Kota Surabaya

Menyatakan kepada:

Nama : Nari Berhardian
Alamat : Jalan Mentang Surabaya

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya bersedia untuk melunasi hutang kepada bapak Nari Berhardian sebesar Rp. 15.000.000, selambat-lambatnya pada Januari 2021.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan penuh rasa tanggung jawab. Jika dalam masa jatuh tempo saya tidak bisa melunasi hutang sesuai dengan jumlah yang telah ditetapkan, maka saya bersedia untuk dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Surabaya, 10 Juli 2020
Tanda tangan Bermatrai
Reza Amiguna

5. Melaksanakan dan Mematuhi Ketentuan yang Berlaku

Dalam berorganisasi atau menjalani pendidikan, kita biasanya diharuskan mengikuti peraturan yang berlaku agar masing-masing pihak bisa menjalankan peraturan yang telah ditetapkan. Jika kita melanggar peraturan, biasanya diharuskan membuat surat pernyataan kesanggupan melaksanakan dan mematuhi ketentuan yang berlaku. Berikut contohnya:

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Eza Subeksi
TTL : 7 Januari 2025
Alamat : Jalan Merdeka Kita, Jakarta Selatan
Informasi lain masukan disini:

Dengan saya menyatakan sanggup melaksanakan dan mengikuti peraturan ataupun ketentuan yang berlaku sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan penuh rasa tanggung jawab. Jika dikemudian hari saya melanggar atau tidak bisa menjalani peraturan yang telah ditetapkan, saya bersedia dikenakan sanksi berdasarkan peraturan yang berlaku.

Jakarta, 7 Mei 2020
TTD & Matrai
Eza Subeksi

6. Kesanggupan Membayar Obat

Jika keluarga kita ada yang sakit dan hendak berobat di rumah sakit, biasanya kita diminta untuk membuat surat pernyataan kesanggupan membayar obat ataupun biaya lainnya dirumah sakit. Berikut contoh yang bisa anda gunakan:

SURAT PERNYATAAN

Saya yang melakukan tandatangan dibawah ini:

Nama : Alex Sihombing
Alamat : Jl Teratai, Gebong, Surabaya
Pekerjaan : Karyawan Swasta

Dengan ini saya menyatakan kesanggupan membayar biaya obat dan biaya rawat inap yang telah ditentukan oleh Rumah Sakit (Nama RS) sampai sembuh untuk:

Nama Pasien : Dina Wanika
Alamat : Jl, Teratai, Gebong, Surabaya

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. Jika dikemudian hari saya tidak bisa memenuhi tanggung jawab saya terhadap (Nama RS), maka saya bersedia dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Surabaya, 8 Mei 2020
TTD & Matrai
Alex Sihombing

7. Pernyataan Kesangupan Tidak Menikah

Untuk anda yang mau mengikuti atau menjalani training pekerjaan, biasanya perusahaan juga menganjurkan untuk pekerja agar tidak menikah dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Berikut contoh surat pernyataanya:

SURAT PERNYATAAN

Saya yang melakukan tanda tangan dibawah ini:

Nama : Rahardi Wardana
Alamat : Jalan Simpang Maji, Gebong, Surabaya
TTL : Surabaya, 8 Mei 1994
NIK : 975533 NIP : 900278

Dengan ini saya menyatakan kesanggupan untuk tidak menikah selama menjalani orientasi Management Trainee PT Maju Kita Berdua, sampai waktu yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab dan tanpa ada intervensi dari pihak manapun. Jika dalam prosesnya nanti saya tidak menepati janji sebagaimana yang ada dalam surat pernyataan ini, saya siap menerima sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Surabaya, 8 Mei 2020
TTD dan Matrai
Rahardi Wardana

[Tanya + Jawab]

Surat Pernyataan Kesanggupan sebaikanya Menggunakan Kata Baku atau Formal?

Karena ini adalah dokumen resmi, maka kami menganjurkan kepada anda untuk membuatnya dengan menggunakan bahasa Baku yang baik dan Benar menurut KBBI.

Format yang digunakan Sebaiknya Seperti apa?

Format bisa dimulai dengan Kop surat, identitas yang melakukan perjanjian, dan juga bersi keterangan kesangupan. Selengkapnya simak di halaman ini.

Apakah Saya Boleh Menggunakan Template ini?

Boleh banget, kami juga sudah menyediakan soft copy dalam bentuk word yang bisa anda download secara gratis.

Ikuti Konten Menarik KAMI
Dokumen Bisnis
Contoh Quotation Letter dan Cara Membuatnya [+docx]
Dokumen Bisnis
Contoh Standar Operasional Prosedur (SOP) & Cara Membuatnya [+PDF]
Dokumen Bisnis
Contoh Proposal Kewirausahaan dibidang Makanan [+ STRUKTUR]
There are currently no comments.