Selain Denji, Makima Chainsaw Man merupakan karakter lainnya yang mendapatkan banyak sorotan di Manga dan Anime ini.

Ia adalah wanita dengan rambut merah yang memberikan tawaran kepada Denji untuk ikut menjadi pemburu iblis resmi pemerintah Jepang.

Sejak muncul pertama kali, Makima memang dideskripsikan sebagai wanita yang cukup tegas, berkepribadian manipulatif, namun memiliki power yang membuatnya cukup disegani banyak orang.

Tidak hanya itu, Makima bisa dibilang salah satu karakter yang role-nya dalam Chainsaw Man cukup abu-abu.

Setiap hal yang dia lakukan cukup sulit untuk dipahami, yang membuat fans Chainsaw Man terus bertanya-tanya tentang sosok Makima ini.

Dan berikut beberapa fakta Makima Chainsaw Man menarik yang mungkin belum diketahui atau bahkan tidak diperhatikan oleh pembaca dan penonton Chainsaw Man.

12. Nama Makima Berkaitan dengan Ibunya Denji

makima dan denji

Denji merupakan seorang anak yang sudah di tinggal oleh ibunya sejak kecil, itu sebabnya ketika sudah dewasa, Denji cenderung menjadi orang yang selalu mencari figur seorang ibu.

Chainsaw Man sendiri pada dasarnya adalah alat gergaji untuk memotong. Jika nama Makima kita potong bagian Ki-nya, maka hanya akan menyisakan kata “Mama”.

Fujimoto menjelaskan bahwa nama Makima sendiri memiliki kaitan yang erat dengan sebuah fakta dimana Denji selalu mencari figur seorang ibu.

11. Makima adalah Karakter Pertama Chainsaw Man dgn Citra Solid

Dalam sebuah sesi wawancara, Fujimoto selaku pembuat manga Chainsaw Man menjelaskan bagaimana ia membuat karakter Makima.

Makima adalah karakter yang ada di “Breath of the Stars” sebuah cerita fantasi yang dibuat oleh Fujimoto, meski hanya di dalam kepala, sejak masih SMP.

Dan hanya Makima saja karakter yang ia lanjutkan untuk menjadi bagian dari Chainsaw Man.

Itu sebabnya, menurut Fujimoto, Makima merupakan karakter pertama dari Chainsaw Man, yang citranya sangat solid, baik dari dalam maupun luar.

Karena memang, ia sudah dibuat sejak lama.

10. Rokok Kesukaan Makima Merujuk Pada Brand Rokok Asli

makima merokok

Ketika awal-awal, karakter yang sudah terlihat sebagai seorang perokok adalah Aki Hayakawa. Namun ternyata Makima Chainsaw Man juga seorang perokok.

Dalam versi manganya, Makima terlihat menyulut sebuah rokok dengan nama “Hi-Fights”.

Sebenarnya ini Hi-Fights adalah brand yang inspirasinya datang dari salah satu brand rokok di Jepang dengan nama “Hi-Lite”.

9. Karakter Makima Terinspirasi dari 2 Karater Anime

Benten dari The Eccentric Family dan juga Haruko
Benten (kanan), Haruko (kiri)

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa inspirasi pembuatan karater Makima datang dari dua karakter anime yang berbeda.

Dua karakter itu adalah Benten dari The Eccentric Family dan juga Haruko dari FLCL.

Benten merupakan wanita penyihir yang ditakuti banyak orang, yang memiliki banyak kesedihan dan segudang masalah.

Benten pun digambarkan sebagai karakter yang cukup sulit dipahami.

Makima Chainsaw Man pun juga demikian, sikapnya yang sulit dipahami sebenarnya berasal dari kesulitan-kesulitan atau kisah pahit yang benar-benar jarang dilalui kebanyakan orang.

Hal inilah yang membuat Makima ataupun Benten seolah hidup di planet lain, dan segala emosi dan sikap yang tidak mencermikan kebanyakan orang di Universe Chainsaw Man.

Sedangkan dari Haruko, Makima mewarisi sifat manipulatifnya.

Antara Makima dan Haruko sama-sama karakter yang egois, yang bisa mengorbankan apapun, asalkan tujuannya tercapai.

8. Makima adalah Four Horseman Pertama yang Muncul di Chainsaw Man

Dalam Chainsaw Man, 4 Penunggang Kuda (Four Horseman) merupakan orang yang masih ingat dengan nama iblisnya, setelah dikalahkan oleh Chainsaw Man.

Four Horsemen sebenarnya juga digunakan pada franchise pop culture lain, sebagai sebuah lambang akan satria perang, kematian, hingga kelaparan.

Makima menjelaskan bahwa dalam Chainsaw Man universe, ada 4 Horseman, mereka adalah iblis dengan kemampuan luar biasa dan cukup ditakuti iblis lain.

Keempat-empatnya sama-sama memiliki ambisi untuk mengalahkan Chainsaw Man, namun dengan tujuan yang berbeda-beda.

Dan Makima adalah bagian dari 4 Horseman yang muncul pertama kali.

Iblis lain dalam kategori ini yang sudah muncul adalah Yoru yang merupakan War Devil, sedangkan dua iblis lainnya masih belum terungkap.

7. Makima adalah sang Control Devil

Pada awalnya Makima Chainsaw Man memang tidak memiliki niatan untuk memperlihatkan kekuatan iblisnya, berbeda dengan kebanyakan karakter lain yang sudah unjuk kebolehan dengan kekuatan iblisnya sejak awal.

Namun pada akhirnya kita diberitahu bahwa Makima pun merupakan seorang iblis, lebih tepatnya iIblis Kontrol yang juga disebut sebagai Control Devil.

Dengan kekuatan iblisnya ini, Makima mampu mengontrol siapapun yang ingin dia inginkan.

Bagian ini bisa kita lihat ketika Makima mencoba untuk mengendalikan Perdana Menteri Jepang, setelah berhasil, sang perdana menteri pun sampai harus kehilangan ingatan.

6. Matanya Mampu Menjelaskan Siapa dia yang Sebenarnya

Makima chainsaw man

Mungkin kamu pernah mendengar ungkapan yang mengatakan Mata mampu menjelaskan jauh lebih baik dari pada ucapan.

Meski tidak banyak karakter anime yang demkian, namun Makima relate dengan quote diatas.

Mata dari Makima Chainsaw Man sebenarnya mampu menjelaskan dengan lebih baik, dibandingkan apa yang ia lakukan.

Makima memiliki mata dengan warna kuning, dimana pada bagian itu ada lingkaran yang semakin mengecil.

Corak pada mata Makima ini mirip dengan Spiral Optical Illusion, yang sering digunakan untuk menghipnotis orang.

Dan ini bisa dibilang adalah bagian dari teka-teki akan sosok Makima yang sudah diperlihatkan sejak awal, bahwa dirinya adalah seorang Devil Control yang bisa menghipnotis atau mengendalikan seseorang dengan kekuatannya.

5. Namanya Juga Menyiratkan Ambisinya

gergaji makita
gergaji makita

Sebenarnya hal ini juga sudah kami bahas pada Biodata Makima Chainsaw Man, bahwa nama yang dimiliki oleh sang control devil ini juga memiliki arti yang selaras dengan tujuannya memilih Denji.

Anime Jepang umumnya memang menggunakan nama yang memiliki arti khusus. Makima adalah kata yang tidak dikenali dalam katakana.

Namun jika kita hanya mengambil bagian “Maki” nya saja, ini sangat dekat dengan sebuah brand bernama Makita, sebuah perusahaan di Jepang yang memproduksi gergaji mesin.

Isyarat kecil ini jika kita hubungkan dengan beberapa chapter terakhir memiliki sebuah kesamaan, bahwa Makima pada dasarnya adalah orang yang tertarik dengan sang iblis gergaji atau Pochita.

4. Kekuatan Devil Kontrol-nya Tidak dapat diukur

Mengkontrol adalah salah satu cara manusia untuk mengukuhkan dominasi.

Dan kekuatan Makima sebagai iblis kontrol tidak hanya sebatas mengendalikan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Kemampuannya ini bisa ia terapkan pada banyak hal, dimulai dari manusia, iblis, hewan, sampai dengan makluk lainnya di dunia Chainsaw Man.

Untuk mengendalikan orang, kita bisa melihat bagaimana perdana mentri Jepang diperdaya oleh Makima.

Namun Makima Chainsaw Man juga pernah menujukan bahwa dirinya mampu mengendalikan pendengaran hewan-hewan untuk melacak dari sesuatu yang sedang ia cari.

Tidak hanya mengendalikan, Makima juga mampu memanipulasi fikiran seseorang.

Hal ini bisa kita lihat pada kasusnya Quanxi, yang pada awalnya bermusuhan, di momen berikutnya dirinya yang dibawah pengaruh Makima justru memperlihatkan sikap yang sebaliknya, menjadi orang yang peduli dengan Makima.

3. Lukisan di Apartemennya “The Fall of LuciferMenggambarkan Kejatuhan Makima

The Fall of Lucifer asli (1)
The Fall of Lucifer asli

Chainsaw Man memang harus mendapatkan lebih banyak tepuk tangan atas upayanya untuk memberikan sentuhan-sentuhan kecil, yang menyimpan teka-teki yang cukup seru jika kita mampu memahaminya.

Pada bagian manga Chapter 81, ketika Makima mengajak Denji ke apartemennya, disana terdapat sebuah scane yang memperlihatkan lukisan koleksi Makima.

Apartemen Makima
Apartemen Makima

Luksan ini mirip dengan ilustrasi yang dibuat oleh Gustave Dore berjudul “The Fall of Lucifer” untuk sebuah puisi karya John Milton dengan judul Paradise Lost.

The Fall of Lucifer menjelaskan tentang bagaimana lucifer sebagai seorang malaikat yang di usir dari surga, dan harus menjalani hidupnya di bumi sebagai seorang iblis yang hina.

Pun demikian dengan puisi Paradise Lost, yang merangkum kisah pada saat terjadinya pengusiran Adam, Hawa, dan seorang Malaikat pembangkang (Iblis).

Jika kita hubungkan dengan apa yang terjadi dengan Makima, ini adalah suatu hal yang memiliki hubungan cukup dekat juga.

Makima Chainsaw Man sebagai seorang Devil Control dikenal sebagai salah satu iblis terkuat sepanjang masa.

Meski demikian, Makima tidak puas dengan hal itu, dan ingin Chainsaw Man, yang pada akhirnya menjadi penyebab atas jatuhnya apa yang selama ini sudah ia miliki.

2. Sisi Lemah Lembut Makima ia salurkan pada Hewan Peliharaanya

Sejak awal Makima memang diperkenalkan sebagai wanita licik dan manipulatif, yang tidak segan untuk menjadikan Denji sebagai anjing peliharaanya, yang akan selalu mengikuti perintahnya.

Tidak nampak sedikit pun bahwa Makima memiliki sisi melankolis atau pun kelembuatannya.

Terlepas dari semua pengambaran yang demikian, Namun kemudian kita semua di perlihatkan bahwa Makima adalah wanita yang sebenarnya merindukan sebuah keluarga yang memberinya kasih sayang dengan tulus.

Dan di akhir kita juga diberitahu bahwa Makima memelihara Anjing dirumahnya.

Ia memiliki 7 Anjing, Beberapa anjingnya pun juga sudah diberi nama, yakni Tiramisu dan juga Custard, sedangkan 5 Anjing lainnya tidak disebutkan namanya.

Anjing inipun ternyata masih dipelihara oleh Denji, setelah Makima meninggal. Meskipun pada saat dipelihara oleh Denji, total anjingnya sudah ada 8 Anjing.

1. Makima Menepati Posisi ke 2 Karakter Paling Disukai Fans

Makima dan denji chainsaw man

Shueisah pernah melakukan dua polling untuk mengetahui siapa saja karakter yang paling disukai fans dari serial manga Chainsaw Man.

Polling pertama dilakukan antara bulan Februari dan Mei 2020, sedangkan polling kedua dilakukan pada february dan maret 2021.

Pada Polling pertama, Makima menjadi karakter kedua yang paling disukai fans, dimana ada 27,224 votes yang memilih Makima. Sedangkan Power adalah karakter yang ada di urutan pertama.

Polling kedua pun ternyata juga menunjukan hasil yang sama, dimana Makima masih berada di urutan kedua, hanya saja pada urutan pertama kali ini diraih oleh Aki Hayakawa.

Terlepas dari banyaknya orang yang tidak suka dengan sikap Makima Chainsaw Man yang manipulaif dan egois, namun ia masih memiliki fans yang jumlahnya tidak sedikit, bahkan dalam kedua polling tersebut Denji kalah.

Artikel Lainnya

Write A Comment