Materi SEO

Apa Featured Snippet itu? Kupas Tuntas Cara Kerja dan Mendapatkannya


Dunia SEO terus mengalami pembaruan, tidak hanya algoritma saja yang terus diperbaharui, Google juga terus memperbarui fitur yang ada di mesin telusurnya, salah satunya adalah Featured Snippets, sebuah fitur baru yang digadang-gadang sangat efektif untuk meningkatkan traffic pada website.

Lalu sebenarnya apa itu Featured Snippets? Bagaimana cara kerjanya? Dan apa yang bisa dilakukan agar konten kita mendapatkan perlakuan spesial ini dari Google? Semuanya akan kami kupas secara tuntas dalam artikel kali ini.

Apa Featured Snippet itu?

Featured Snippet adalah kotak spesial yang dengan format reguler listing dimana kotak ini ditampilkan pada urutan paling awal, selanjutnya baru ditampilkan halaman lain yang ada di Halaman 1. Tidak semua keyword terdapat hal ini, biasanya paling banyak terdapat pada keyword yang berhubungan dengan pertanyaan.

featured snippet adalah

Google sendiri sudah mengkonfirmasi bahwa beberapa penelusuran akan menampilkan kotak pilihan ini, apabila sistem mereka menganggap bahwa hal itu bisa membantu lebih banyak pengguna untuk lebih mudah dalam mendapatkan apa yang sedang mereka tanyakan, baik dari membaca deskripsi atau mengunjungi link yang ditampilkan.

Jadi apakah featured snippet ini memang bisa meningkatkan lalu lintas traffic seperti yang sudah kami utarakan dalam artikel sebelumnya? Jika kita mengacu pada tujuan dihadirkan fitur ini, tentu saja jawabannya adalah iya.

Cara Kerja Featured Snippet

Karena hal ini memang mampu memberikan lebih banyak lalu lintas menuju website, tentu banyak web master yang ingin mendapatkan perlakuan spesial ini dari Google. Dan hal pertama yang harus kita pahami untuk mendapatkan hal ini adalah mengetahui cara kerjanya.

Bagaimana cara kerja featured snippet?

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas bawah Google akan menampilkan hal ini apabila sistem mereka memberikan kesimpulan bahwa cuplikan akan memberikan lebih banyak kemudahan pada pengguna.

Featured snippet juga bekerja secara otomatis, yang mana hasil cuplikan diambil dari listingan dari penelusuran. Namun, konten yang mendapatkan kotak cukplikan bukan saja halaman yang ada di urutan satu, sepertinya Google lebih memprioritaskan isi konten yang paling relevan dengan pertanyaan pengguna. Kesimpulannya, optimasi SEO bukan satu-satunya hal mutlak yang harus dilakukan untuk mendapatkan ini.

Meskipun demikian, tidak semua listing yang ada hasil penelusuran memenuhi syarat dan ketentuan terkait format ini. Beberapa hal yang bertentangan dengan kebijakan Google seperti konten berbau vulgar, konten kekerasan, ujaran kebencian, konten yang berbahaya, dan bertentangan dengan pendapat ahli adalah konten yang tidak akan ditampilkan pada featured snippet.

Cara Mendapatkan Featured Snippet di Google

Bagaimana cara untuk mendapatkan tampilan cuplikan spesial ini di Gogle pencarian? Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan.

1. Perhatikan Struktur Konten

Jika kamu jeli dalam melihat apa yang coba kami tampilkan kepada robot mesin pencari (silahkan lihat melalui inspect element), kamu akan menemukan satu hal yang selalu kami lakukan secara konsisten, yakni memberikan tag heading H2 dan H3 pada setiap konten yang kami terbitkan.

Selain itu, ini adalah cara kami untuk mempermudahkan pembaca dalam memahami setiap konten yang kami hadirkan.

Ini biasanya yang kami lakukan, yakni dengan menjadikan pertanyaan yang akan kami rangking di featured snippet untuk dijadikan H2, dan selanjutnya kami memberikan jawaban tepat dibawahnya. Selain itu, kami juga menjadi topik utama sebagai H2, dan masing-masing sub bab memiliki tag H3.

Cara ini menurut kami cukup berhasil untuk mendapatkan featured snippets dari Google di hasil pencarian.

2. Riset, Riset, dan Riset

Sama seperti fitur lainnya, Google juga tidak mau memberikan penjelasan yang gamblang terkait fitur ini, mereka hanya mengatakan bahwa konten dipilih secara otmatis dan ditentukan oleh sistem. Meskipun beberapa hal yang kami lakukan diatas memang memberikan hasil yang signifikan untuk mendapatkan tampilan cuplikan, namun dalam keyword lain kami juga menemukan website yang tidak melakukan itu.

Kesimpulan kami, cara kerja featured snippet memang tidak rigid. Maka dari itu, saran dari kami adalah untuk terus melakukan riset mengenai cara seperti apa yang efektif untuk mendapatkan hal ini. Dalam hal ini, amati, tiru, modifikasi menurut kami adalah pendekatan yang cukup baik.

3. Lakukan pada Blog

Mungkin kamu pernah berfikiran sama dengan apa yang kami fikirkan, yaitu mendapatkan featured snippet pada halaman produk. Memang sekilas ide itu terlihat “brilian” dalam artian, halaman produk kita akan mendapatkan lebih banyak traffic dengan mudahnya ketika mendapatkan cuplikan khusus.

Namun faktanya tidak demian, sebesar apapun usaha kami untuk mendapatkan hal ini pada halaman produk, nyatanya tidak ada satupun yang berhasil. Dan sebaliknya, hal tersebut jauh lebih mudah untuk kita lakukan pada konten-konten blog yang ditujukan untuk mengedukasi pengunjung.

4. Konten yang Ideal

Selain sulit dilakukan pada halaman produk, ada juga beberapa jenis konten yang kami rasa jauh lebih mudah untuk mendapatkan featured snippet. Beberapa konten yang kami maksud adalah konten pertanyaan dan jawaban.

Coba kita perhatikan, hampir sebagain besar konten-konten yang mendapatkan featured snippet adalah konten yang memberikan definisi, seperti “featured snippet adalah”, “apa itu featured snippet”, dan sebagainya.

5. Memperbarui Halaman

Beberapa praktisi SEO memang menganjurkan untuk selalu memperbarui konten yang sudah tidak relevan dengan keadaan sekarang. Hal ini juga sering kami lakukan, khususnya untuk konten-konten yang memang perlu diperbarui. Atau dengan maksud untuk mendapatkan featured snippet, yakni dengan menambahkan konten definisi atau menjawab sebuah pertanyaan.

Jika kita berbicara dalam konteks SEO, memang memperbarui konten ini cukup bagus hasilnya. Namun jika berbicara soal featured snippet, nyatanya hal ini tidak berpengaruh terhadap apapun, hampir sebagian besar konten yang mendapatkan cuplikan dari Gogle adalah konten baru.

Dan ketika kami mencoba untuk melakukan perubahan pada konten yang sudah mendapatkan featured snippet, justru kami kehilangan cuplikan itu. Maka dari itu, hindari mengubah konten jika memang alasannya untuk mendapatkan cuplikan, namun hal ini bisa kamu lakukan jika memang isi konten sudah tidak relevan lagi.

Baca juga artikel menarik kami tentang panduan riset kata kunci atau artikel lainnya di kategori Tutorial SEO.

[Tanya + Jawab]

Kenapa Featured Snippet Sangat Penting?

Jika kita berbicara soal traffic, maka kotak cuplikan ini memang sangat penting karena akan muncul pada urutan paling atas dengan tampilan kotak khusus.

Apakah Fitur ini Bisa di Optimasi?

Jawabannya adalah bisa, kami coba untuk memaksimalkan beberapa konten untuk mendapatkan cuplikan khusus, sebagian berhasil dan lainnya tidak menghasilkan apa-apa.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Cara kerja fitur yang satu ini adalah otomatis dilakukan oleh sistem Google, selengkapnya bisa kamu baca pada artikel ini.

Ikuti Konten Menarik KAMI
Materi SEO
SEO Hack: Cara Ampuh Meningkatkan Traffic Website/Blog
Materi SEO
Cara Membangun Backlink Berkualitas Anti Badai Algorithm
Materi SEO
Cara Riset Keyword Pencarian Tinggi di Google [Conceptual]
  • suzasuza

    Author Reply

    dalam penerapannya ternyata susah sekali mendapatkan featured snippet


    • Iya pak, karena pada dasarnya sistem yang menentukan mana postingan yang ditampilkan pada cuplikan atas.