Android sebagai salah satu sistem operasi populler menawarkan beragam aplikasi yang bisa kamu install di handphone, baik aplikasi gratis maupun berbayar. Salah satu kategori aplikasi yang paling banyak dicari orang adalah gamenya. Game android biasanya menjadi jujukan para pengguna selain aplikasi penting lain seperti layanan email sampai mesengger.

Jika sobat divedigital.id adalah pengguna baru handphone android, Dan membutuhkan rekomendasi game android terbaik 2021? Kami sudah mendaftar 31 game di Playstore paling populler dari berbagai developer dengan jumlah unduhan sudah sampai ribuan hingga jutaan.

Rekomendasi Game Android Terbaik dan Populler 2021

Perlu diingat bahwa dalam pembahasan kali ini kami tidak merekomendasikan berdasarkan genrenya ya, list yang akan kalian baca dibawah ini adalah game dengan unduhan terbanyak dari semua kategori game.

1. Higgs Domino Island

higgs domino (1)

Berbicara soal game tradisional yang paling banyak dimainkan oleh masyarakat, poker tentu menjadi salah satunya. Melihat hal ini tentu menjadi make sense kenapa game dengan nama Higgs Domino Island ini sangat populler di Indonesia. Higgs Domino Island merupakan aplikasi permainan yang didalamnya terdapat beragam jenis permainan poker dimulai dari Gaple, QiuQiu, Cangkulan, Remi dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga: 7 Game Paling Aneh dengan Gamplay Konyol, Bikin Ngakak

Pengembang game ini adalah Higgs Games, sedangkan untuk tanggal rilis pertama kalinya sendiri adalah tanggal 12 November tahun 2018. Hanya butuh waktu kurang dari 3 tahun, jumlah unduhan aplikasi ini di Playstore sudah mencapai 10 Juta. Ini adalah rekomendasi game android santai yang tentu saja layak untuk kamu coba.

2 Destiny Run

Destiny Run

Pernah bermain game Subway Surfers? Pada dasarnya konsep dari Destiny Run hampir mirip dengan permainan tersebut, namun sang pengembang yakni VOODOO berhasil menambahkan beberapa fitur yang membuat Destiny Run memiliki gameplay yang lebih menarik, hingga berakhir viral dalam beberapa platform sosial media, salah satunya tiktok.

Pada game android ini, sebelum melakukan perjalanan kamu akan diminta untuk memilih peran, apakah jadi Malaikat yang baik hati atau iblis yang jahat. Setelah itu kamu bisa memulai perjalanan dan mengumpulkan item sebanyak-banyaknya, sesuai dengan pilihan peranmu tadi. Jika kamu berperan sebagai Angle namun mengambil item iblis, maka point kamu akan berkurang, begitupun sebaliknya.

3 Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends Bang Bang

Bisa dibilang Mobile Legend adalah permainan yang cukup timeless dan memiliki basis pengguna yang cukup solid. Tidak seperti game pada umumnya yang viral kemudian hilang, Mobile Legend justru berhasil mempertahankan posisinya sebagai salah satu game android populer dan terbaik, dimana pada tahun 2021 ini, aplikasi ini sudah di install sebanyak 100 juta unduhan.

Game yang dikebangkan oleh Moonton ini memiliki gameplay yang sangat menarik dimana dua tim yang bertemu secara online akan berusaha untuk saling menghancurkan benteng lawan, sembari mempertahankan bentengnya sendiri. Tim yang berhasil menghancurkan benteng lawan sampai habis akan keluar sebagai pemenang.

4 Make ‘Em

Make 'Em

Khusus untuk kamu yang memiliki hp kentang (kena tanggung) yang sering merasakan lag ketika bermain game, Make ‘EM bisa menjadi salah satu game yang cocok, dengan game ini kamu bisa bermain game yang menarik tanpa harus merasakan menyebalkannya handphone ngelag pada saat main game.

Pada game ini, kamu diminta untuk menggerakan tubuhnya untuk menyelesaikan misi yang ada pada setiap stagenya. Sederhana, namun apa yang ada dalam permainan ini kadang berhasil membuat pemainnya tertawa terbahak-bahak karena memang lucu. Game yang dibuat oleh Supersonic Studio LTD ini berukuran 65 MB, sejauh ini game Make ‘EM sudah diunduh sebanyak 5 juta pengguna android.

5 Zona Cacing.io

Zona Cacing.io

Zona Cacing.io bisa dibilang game android yang sama seperti Destiny Run yang berhasil viral. Yaps, beberapa bulan yang lalu memang permainan ini viral di berbagai sosial media, bahkan banyak gammer yang melakukan live streaming pada saat bermain game ini. Zona Cacing menawarkan permainan yang sebenarnya sangat klasik seperti permainan ular-ularan di handphone jadul, namun ada beberapa fitur tambahan, sebuah fitur dimana dalam satu tempat ada banyak ular yang hidup, selain memakan makanan yang tersedia, kita juga bisa memakan ular yang sudah mati karena menabrak ular lain.

Game yang dikembangkan oleh Casual Azur Games ini di playstore sudah diunduh lebih dari 100 juta, diliris pertama kali pada tanggal 2 April 2018 dengan ukuran 69 MB.

6 SAKURA School Simulator

SAKURA School Simulator

Dalam daftar game paling aneh didunia yang kami bahas kemarin kita jadi tahu bahwa ada banyak game simulator yang kadang terdengar aneh, dan Sakura School Simulator ini bisa dibilang cukup unik dimana dalam game ini kita akan memainkan peran menjadi seorang siswa dalam sebuah kota kecil yang penuh dengan hal-hal unik.

Meskipun namanya Shool Simulator, namun di game ini kamu tidak hanya belajar dan pergi ke sekolah. Kamu bisa bermain, ngobrol, atau menjelajah kesetiap sudut kota. Jika kamu mengalami kemalangan, di game ini kamu akan pingsan dan bangun di esok harinya dengan perasaan penuh kebencian. Game yang diterbitkan oleh Garusoft Development Inc ini sejauh ini sudah di unduh sebanyak 50 juta pengguna.

7 Pou

Pou

Pada tahun 2022, permainan Pou menginjak usianya yang 10 tahun di Playstore, dan berhasil menjadi game yang berhasil survive dan terus mendapatkan peminatnya, meskipun pengguna pertamanya mungkin sudah tidak lagi bermain game ini. Ya, Pou hadir pertama kali pada tanggal 5 Agustus 2012  di Playstore yang diterbitkan oleh Zakeh LTD, tidak hanya di android, game ini dulu juga sangat terkenal di platform blackberry.

Pada dasarnya game ini mirip dengan permainan tamagochi, yakni kita merawat hewan dalam bentuk digital. Sama seperti hewan peliharaan, agar Pou tumbuh dengan baik kita harus memberikan mereka makanan, membersihkan kandang, dan tuga menjaga pola tidur. Sampai tahun 2021, game ini sudah di download sampai 500 juta kali.

8 Angle Fight 3D

Angle Fight 3D

Jika kamu tidak terlalu suka game pertempuran layaknya Mobile Legend karena terlalu menguras memori, Angle Fight bisa menjadi rekomendasi game Android pertempuran yang ringan, untuk dapat menginstal aplikasi ini, kamu hanya perlu ruang kosong sebesar 68 MB saja. Game yang diterbitkan oleh Gismart ini sendiri sudah didownload sebanyak 5 Juta pengguna, dan tentu saja akan terus meningkat.

Angle Fight 3D adalah permainan teknik dan seni beladiri, dimana pemain akan diminta untuk menampilkan pose pertempuran terbaik yang mereka kuasai. Dalam permainan ini kamu juga akan memilih jenis senjata yang akan digunakan dimulai dari pedang, tombak, tembak dan lain sebaganya.

9 Fidget Toys Trading: Pop It Tukar Permainan

Fidget Toys Trading

Lanjut pada rekomendasi game android santai ke 9, sebuah game dengan konsep sederhana namun seru, yang pastinya akan membuat susana santai kamu menjadi lebih rilex. Fidget Toys Trading: Pop it Tukar Permainan merupakan sebuah game yang mengusung konsep perdagangan, yang tentu saja logika permainan yang digunakan adalah logika perdagangan.

Dalam game ini, kamu akan menawarkan sebuah barang untuk ditukar dengan barang lain. Sebagai penjual tentu kamu harus memikirkan keuntungan, nah jika ada orang lain yang menawarkan kepadamu dengan barang yang lebih mahal, kamu bisa menyetujui perdagangan tersebut dengan memilih Trade. Namun jika kamu merasa kurang, kamu bisa menekan plus agar lawan menambah barang lain yang akan ditukar.

10 Garena Free Fire

Pada daftar kesepuluh ada Garena Free Fire, sebuah game android populer 2021 yang masuk dalam kategori Battle Royale. Sobat divedigital.id mungkin sudah sangat akrab, atau paling tidak familiar dengan game satu ini. Namun tahukah kamu akan sebuah fakta dimana pada tahun 2019 lalu, Free Fire menjadi game paling populer dengan unduhan terbanyak diseluruh dunia.

Tidak hanya sebagai game untuk hiburan saja, sekarang ini sudah banyak kejuaraan atau esport yang menjadi ajang para pemain untuk menunjukkan kemahirannya bermain game yang sering disingkat sebagai FF ini. Pada tahun 2021 misalnya, Garena megumumpkan bahwa FFWS hadir dengan total hadiah mencapai $2 JUTA.

11 Stickman Party: 1 2 3 4 Permainan Pemain Gratis

Stickman Party 1 2 3 4

Instal satu aplikasi bisa main banyak game sekaligus, apakah bisa? Bisa dong, salah satunya dengan game Stickman Party: 1 2 3 4 Permainan Pemain Gratis ini. Total ada sekitar 30 permainan yang bisa kamu mainkan secara online, ataupun offline tanpa kouta internet. Tidak hanya memiliki banyak game, Stickman Party: 1 2 3 4 Permainan Pemain Gratis juga masuk kedalam permainan multi player, yang artinya bisa digunakan untuk mabar.

Bagaimana dengan ukurannya? Game yang dirilis oleh Playmax Game Studio pada tahun 2019 ini membutuhkan ruang tidak terlalu banyak, yakni 52 MB saja. Sejauh ini game ini di playstore sudah di download sebanyak 100 juta.

12 Zoo – Happy Animals

Zoo - Happy Animals

Meskipun tidak banyak orang yang mengulas game yang satu ini, Zoo – Happy Animals sebenarnya layak untuk berada pada game android terbaik 2021 ini. Pada dasarnya pada game ini kita menjalankan peran sebagai pengelola kebun binatang, yang tugasnya adalah mengawasi setiap hewan yang ada dan memikirkan kesejahteraan para hewan yang ada dalam kebun binatang tersebut.

Game Zoo – Happy Animals ini sendiri diterbitkan oleh Saygames Ltd, pada tanggal 21 Agustus tahun 2021. Meskipun umurnya masih belum genap satu tahun di playstore, namun jumlah unduhan game ini sangat memukau, yakni sudah lebih dari 5 juta unduhan.

13 Ludo King

Ludo King

Pada dasarnya aplikasi ini diadopsi dari permainan dengan nama depan yang sama, yakni permainan ludo, permainan traditional yang berasal dari india yang mirip dengan monopoli atau ular tangga. Dalam versi aslinya, permainan ini akan menggunakan papan dan bisa dimainkan sampai 4 orang. Jika kamu pernah memainkan permainan ini, sebenarnya ludo king juga sama, namun ini versi digitalnya.

Ludo king pertama kali dirilis di perangkat android, yakni playstre pada tanggal 17 desember tahun 2016. Sedangkan pengembang game ini adalah Gametion Technologies Pvt Ltd. Sampai artikel ini diterbitkan, Ludo King sudah diunduh sebanyak 500 juta pengguna.

14 Craftsman: Building Craft

Craftsman Building Craft

Jika kamu bercita-cita ingin menjadi seorang arsitek yang pandai membuat gedung dengan sentuhan aestetik, sebagai media untuk meningkatkan kreatifitas bisa banget kok mencoba permainan dengan nama Craftsman: Building Craft, salah satu permainan membangun gedung android terbaik yang kualitas grafisnya tidak bagusnya dengan minecraft.

Game yang dikembangkan oleh StarGame22 ini memang sangat menarik, dalam permainan ini kamu bisa membangun rumah, kastil, dan gedung-gedung lainnya. Tidak hanya soal grafis, berbicara soal experience, game ini juga dibekali dengan suara yang sangat berkualitas. Craftsman: Building Craft sampai saat ini sudah di unduh sebanyak 100 juta pengguna.

15 Block Sun Earth

Block Sun Earth

Lanjut pada game android terbaik diurutan yang ke 15, ada Block Sun Earth adalah sebuah game yang memiliki konsep permainan yang hampir mirip dengan game sebelumnya yakni Craftsman: Building Craft. Jika kamu merasa Craftsman: Building Craft sudah terlalu mainstream dan ingin mencoba permainan lain yang sejenis namun jarang dimainkan orang lain, Block Sun Earth bisa menjadi alternatif. Sampai saat ini, game garapan Trending Games Global ini sudah di download sebanyak 1 juta pengguna.

16 Talking Tom Gold Run

Talking Tom Gold Run

Mendengar kata Tom, hewan apa yang terlintas dikepala kalian? Sebagain orang pasti akan menjawabnya dengan kucing berkat serial kartoon berjudul Tom & Jerry. Dalam permainan Talking Tom Gold Run ini kita juga akan menggunakan karakter kucing untuk menangkap para pencuri emas yang kabur.

Ya, dalam game yang dibuat oleh Outfit7 Limited ini, tugas kamu memang lari sekencang-kencangnya untuk menangkap pencuri, permainan akan semakin menarik karena selain itu kamu juga harus menghindari setiap rintangan yang ada dalam game ini.

17 Subway Surfers

Subway Surfers

Permainan yang mengusung konsep berlari menghindari musuh sepertinya memang disukai banya orang ya, hal ini terbukti dengan banyaknya game dengan konsep seperti ini yang nangkring pada daftar game android populer dengan jumlah unduhan yang luar biasa. Subway Surfers bercerita tentang seorang anak yang hobbi menggambar mural dan dikejar oleh pihak keamanan.

Kamu harus lari dan mengindari setiap tantangan yang ada sembari mengumpulkan point dengan menangkap item-item yang ada disepanjang jalan. Jika kamu tidak bisa menghindari rintangan, maka kamu akan tertangkap. Aplikasi yang dikembangkan oleh SYBO Games ini di playstore sudah di unduh sebanyak 1 miliar. Luar biasa bukan?

18 Count Masters: Epic Running Games. Fast Army Race

unning Games. Fast Army Race

Count Masters: Epic Running Games. Fast Army Race adalah sebuah game yang menceritakan dua tim yang jumlahnya sama banyaknya yang nantinya akan saling menyerang dan berusaha secepat mungkin yang tujuannya untuk mengalahkan raja dari musuh kamu. Game ini diterbitkan oleh Freeplay Inc pada tanggal 3 Mei 2021, meskipun masih cukup baru, game ini berhasil menyita perhatian para gamer dengan mendapatkan lebih dari 50 juta download.

19 Smash Colors 3D – Beat Color Circles Rhythm Game

Smash Colors 3D

Smash Colors 3D digagas oleh Badsnowball Limited, konsepnya mirip dengan gitar hero yang sama-sama menggunakan element musik namun ada beberapa perbedaan yang membuat permainan tetap seru namun lebih asyik. Sesuai dengan namanya, disini kamu harus memukul warna yang sesuai dengan bola kamu, yang di iringi dengan musik-musik populler.

Terkadang posisi color yang harus kamu pukul menjadi semakin sulit dengan seiring meningkatnya intensitas musik yang dimainkan. Game yang diterbitkan pada tanggal 31 Agustus ini tentu saja langsung mendapatkan tempat di hati para gamers android, sampai saat ini sudah diunduh sebanyak 50 juta orang.

20 Tiles Hop: EDM Rush!

Tiles Hop EDM Rush!

Tiles Hop: EDM Rush bisa dibilang memiliki gameplay yang hampir mirip, namun disini kamu tidak memukul warna yang sama seperti permainan sebelumnya, namun harus melewati setiap ubin yang ada. Ini adalah permainan yang sangat sederhana, kamu hanya perlu mendengarkan musiknya, lalu lakukan lompatan sesuai dengan irama yang ada di musik tersebut.

Yang lebih menyenangkannya lagi, disini kamu bisa mengunggah musik yang kamu sukai, jadi sembari bermain game kamu juga bisa memainkan musik favorit juga dong. Game yang dikembangkan oleh AMANOTES PTE LTD ini sudah diunduh sebanyak 100 juta orang.

21 Brain Out – Game Paling menyenangkan

Brain Out

Bosan dengan game yang begitu-begitu saja dan sangat mudah untuk diselesaikan? Kamu bisa mencoba game Brain Out yang dikembangkan oleh Focus Apps. Tidak hanya sekedar bermain, permainan ini juga akan menantang seberapa jauh kamu bisa menyelesaikan masalah dengan cara-cara yang tidak biasa.

Hampir mirip dengan game TSS Cak Lontong yang sebelumnya kami ulas dalam game aneh, ini adalah permainan tebak-tebakan. Kalau kamu memang orang cerdas, coba jawab pertanyaan yang ada di game ini, namun jangan melihat kunci jawaban yang ada di Google ya? Berani gak? hehe

22 Uji Coba Minecraft

Uji Coba Minecraft

Tentu kamu sudah kenal dengan permainan Minecraft bukan? Uji Coba Minecraft merupakan permainan yang sama yang saat ini bisa kamu unduh dan mainkan secara gratis. Dalam game ini kamu bisa membuat berbagai hal menarik dimulai dari rumah sampai dengan istana. Game yang diterbitkan pada tahun 2018 ini sampai saat ini sudah mencapai 100 juta unduhan.

23 Doll Designer

Doll Designer

Bercita-cita menjadi perancang busana yang terkenal? Sembari mengasah bakat kamu dalam berbusana, kamu bisa bermain Doll Designer, sebuah game dimana kamu akan berperan sebagai seorang designer yang akan melakukan merias boneka semenarik mungkin. Namun sebelumnya kamu harus berbelanja dan mencari outfit yang akan kamu kenakan pada boneka yang akan kamu rias. Game yang dimotori oleh Lion Studio ini sudah di unduh sebanyak 10 juta pengguna.

24 Get Lucky

Get Lucky

Get Lucky sebenarnya hampir mirip juga konsepnya dengan Subway Surfers, kamu hanya perlu berjalan kedepan dan mengambil point-point yang ada disempanjang jalan yang pada akhir stagenya kamu harus berhadapan dengan penjaga. Untuk bisa lolos dan diberi izin masuk oleh penjaga, kamu harus memiliki penampilan menarik yang dihitung berdasarkan point yang kamu dapat. Game besutan Homas Games yang terbit pada 30 agustus 2021 ini sampai saat ini sudah mendapatkan 5 juta unduhan.

25 Spin for Cash! – Game Slot Uang Sungguhan

Spin for Cash!

Lanjut pada daftar game android populer nomor 25, ada spin for cash, sebuah permainan yang konon bisa membayar kita menggunakan uang asli. Pada dasarnya game Spin for Cash! Ini mirip dengan Higgs Domino Island, tipe game berjenis poker. Jika kamu termasuk orang yang ingin memainkan game ini karena hadiah uang, saran dari kami, jangan terlalu expect dengan apa yang diklaim oleh sang developer, karena iming-iming uang sungguhan seperti ini biasanya hanya digunakan sebagai strategi marketing saja.

26 Makeup Artist: Makeup Games, Fashion Stylist

Makeup Artist

Ingin menjadi seorang Makeup Artist? Sebagai media pembelajaran kamu bisa menginstal game Makeup Artist: Makeup Games, Fashion Stylist. Sesuai dengan namanya, game ini kamu akan berperan sebagai MUA, dimana kamu harus merias wajah artis yang ada disana dengan dandanan semaksimal mungkin. Semua kebutuhan terkait tata rias wajah tersedia disana dan siap kamu gunakan. Bahkan ada juga sticker sticker unik yang bisa kamu coba terapkan pada riasan kamu.

Game ini diterbitkan oleh FunLanding Game Studio pada tanggal 16 Juni 2021, ingin tahu seberapa banyak orang yang menggunakan game satu ini? Sampai pada saat artikel ini diterbitkan, sudah ada sekitar 5 juta unduhan.

27 Dawn of Dynasty

Dawn of Dynasty

Jika beberapa game sebelumnya kamu merasa terlalu monoton dan kurang menantang, mungkin game android yang kamu cari ada di nomor 27 ini, Dawn of Dynasty permainan adu strategi yang membawa latar kerajaan China zaman dulu dengan nama Kekaisaran Han dan dilengkapi dengan karakter modern layaknya Free Fire dan Mobile Legend. Dalam game ini, misi kamu adalah menyatukan kembali daratan China yang sudah dikuasai oleh panglima yang sangat ambisius, jika kamu adalah seorang yang ahli dalam mengatur strategi pertempuran, Dawn of Dynasty bisa menjadi salah satu game yang tepat.

28 Roblox

Roblox

Roblox ini sebenarnya lebih tepat disebut platform dibandingkan video game, karena didalamnya kita bisa memainkan berbagai macam game hasil buatan dari pengguna lain. Roblox hadir dengan tagline “Be Anything You Can Imagine” akan memberikan kebebasan bagi kamu untuk bermain apapun dan berkomunikasi lewat chat dengan pengguna lain diseluruh dunia. Game ini diterbitkan oleh Roblox Corporation pada tanggal 16 Juli 2014, dan sampai saat ini aplikasi ini sudah di unduh lebih dari 100 juta pengguna.

29 Game Menembak Baru 2021: Permainan Baru Offline

Game Menembak Baru 2021 Permainan Baru Offline

Suka dengan game tembak-tembakan yang bisa dimainkan secara offline tanpa kouta internet? Game Menembak Baru 2021: Permainan Baru Offline adalah salah satu alternatifnya. Mengambil latar medan pertempuran, disini kamu akan bertahan dan menghadapi berbagai serangan musuh. Game yang dikembangkan oleh New Game 2021 Offline ini sudah di unduh lebih dari 1 juta pengguna android.

30 Truck Simulator : Ultimate

Truck Simulator Ultimate

Berbeda dengan game simulasi lain, dalam game Truck Simulator : Ultimate ini kamu akan berperan sebagai pengusaha logistik yang misinya untuk membuat perusahaan besar diberbagai negara. Sebagai seorang pengusaha, kamu tidak hanya dituntut untuk bisa mengendarai truk, namun juga membeli truk untuk investasi, merekrut karyawan untuk mengorpasikan perusahaan, dan hal-hal penting lainnya.

Game ini sendiri diterbitkan oleh Zuuks Games, sampai saat ini Truck Simulator : Ultimate sudah diunduh 5 juta pengguna android.

Baca Juga: Sejarah Game: Perjalanan Game dari Masa ke Masa

31 Fidget Toys 3D – Fidget Cube, AntiStress & Calm

Fidget Toys 3D

Dan ini adalah game android populer terakhir yang kami rekomendasikan kepadamu, sebuah game dengan judul Fidget Toys 3D – Fidget Cube, AntiStress & Calm yang dikembangkan oleh Fidget Dev dengan konsep game penghilang gelisah yang akan membuat kamu lebih tenang dan anti stres, sebuah game yang memang relate dengan banyak orang saat ini. Ada lebih dari 30 mainan yang akan membuat tangan kamu tidak berhenti begerak untuk mendapatkan ketenangan. Game ini di playstore sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna.

Kamu seorang gamer? selain bermain dengan game terbaik yang kami rekomendasikan, kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi produk gaming terbaik di bestrekomendasi.id

Write A Comment