Tutorial SEO

Pengertian & Cara Optimasi Google My Business [LENGKAP]


Ketika kita menjalankan search marketing, rata-rata yang menjadi perhatian utama adalah SEO, sedangkan sesuatu yang lebih kecil seperti google my business tidak begitu diperhatikan. Padahal optimasi google my business atau Google Bisnisku juga memiliki andil untuk menyumbangkan transaksi, meskipun jumlahnya tidak sebesar SEO chanel.

Apakah kamu sudah melakukan optimasi pada profil google my business? Atau bahkan tidak membuatnya? Jika salah satu atau keduanya tidak kamu lakukan, artikel ini bisa menjadi panduan untuk membuat dan meningkatkan visibilitas profil bisnis kamu.

Apa itu  Google My Business?

Google My Business adalah sebuah produk listing profil bisnis yang dibuat oleh Google secara gratis yang memungkinkan pemilik bisnis untuk membuat profil usahanya sendiri dan meningkatkan visibilitas sampai transaksi lokal melalui search engine ataupun maps.

Jika peringkat SEO website kamu belum optimal, profil dari Google Bisnisku bisa menjadi alternatif untuk menjangkau konsumen lokal, karena cara Google menampikan profil bisnis sendiri mengcu pada lokasi terdekat, disusul oleh rattting, dan parameter lainnya.

Cara Optimasi Google My Business Indonesia

Terkait bagaimana cara membuat akun Google Bisnisku, kami tidak akan menjelelaskan lebih jauh karena diluar sana sudah banyak yang memberikan panduan. Dan sebenarnya juga sangat mudah, dimana kita hanya perlu mengekses alamat ini https://business.google.com/create dan mengikuti step by step-nya.

Kami anggap kamu sudah memiliki profil bisnis, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara melakukan optimasi pada Google My Business?

1. Lokasi yang Akurat

Pastikan untuk menyantumkan lokasi yang akurat karena Google sendiri menentukan mana profil yang harus di tampilkan ke user dengan melihat lokasi paling dekat. Selain itu, lokasi ini juga akan digunakan untuk menentukan jika ada orang yang mencari rekomendasi tempat, meskipun saat itu tidak berada di lokasi tersebut.

Misalkan saat ini anda di Malang, dan ingin mencari sate kambing di surabaya, maka Google akan melihat berdasarkan listing profil yang berlokasi di surabaya.

2. Nama Bisnis Megandung Keyword

Kami memiliki asumsi (bisa benar dan bisa salah) bahwa cara kerja Google my Business dan mesin pencari hampir sama, yakni Google akan mencari profil bisnis dan menampikannya kepada user dengan menjadikan nama bisnis sebagai indikator utama, kemudian dilanjutkan dengan indikator lain (ulasan, ratting, etc). Namun, tentu saja pada Google Bisnisku ini tidak terlalu kompleks seperti mesin pencari.

Yang menjadi masalah adalah kebanyakan orang yang mencari informasi di Google belum kenal dengan nama brand kamu, dan biasanya mereka akan mencari berdasarkan kategori produk yang sedang dicari. Inilah yang kami maksud keyword atau kata kunci (susunan kata yang bisa digunakan untuk mencari sesuatu).

Jika demikian, berarti kita harus sedikit melakukan modifikasi pada nama bisnis kita, yaitu ikut menyertakan keyword pada nama akun bisnis disusul dengan nama brand. Ini sangat penting apabila profil bisnis kamu tidak memiliki website (terkait website ini kami jelaskan pada point selanjutnya).

Misalkan kamu memiliki usaha dibidang depot sate, maka nama akun bisnis harus ada kombinasi antara nama brand dan juga keyword yang sering dicari pengguna. Contohnya seperti dibawah ini:

nama profil bisnis di Google my business

3. Dapatkan Ulasan

Ajak pelanggan kamu untuk memberikan feedback terkait produk yang kamu jual di Google my Business, terlebih untuk pelanggan yang merasa puas dengan produk kamu. Mengapa ini penting? Lihat gambar dibawah ini:

Setelah lokasi dan nama (mengandung keyword), Google masih menyeleksi profil mana yang harus dimunculkan berdasarkan performa sebuah bisnis yang ditentukan oleh ratting dan banyaknya ulasan.

Ketiga profil tersebut memiliki nilai ratting yang sama yaitu 4.4, sedangkan jumlah ulasannya berbeda, dan urutan pertama adalah dia yang memiliki ulasan terbanyak (dikasus lain bisa mengacu pada nilai yang tinggi).

4. Cantumkan Alamat Website

Kami pernah menemukan sebuah listing profil bisnis yang namanya tidak mengandung keyword, ulasan dan ratting tidak terlalu banyak, namun Google merekomendasikan profil tersebut. Setelah kami hubungi, ternyata mereka memang memberikan layanan yang kami cari tersebut.

Pertanyaanya adalah:

Bagaimana Google bisa tahu kalau mereka memberikan layanan itu, sedangkan informasi di profil Google Bisnisku tidak meenyantumkan hal itu?

Ternyata pemilik bisnis tersebut menyantumkan alamat website pada profil mereka, dan informasi terkait layanan tersebut ada di website. Asumsi kami, Google juga menyantumkan informasi yang bisa ditemukan di website untuk lebih dalam memahami sebuah akun Google My Business.

5. Posting Konten

konten Google Bisnisku

Pada produk gratis ini, Google juga memberikan fitur kepada pemilik profil untuk posting konten, baik berupa foto atau artikel, yang menjelaskan produk dan penawaran.

Selain membuat profil menjadi lebih menarik, fitur ini juga berfungsi sebagai mini blog untuk menjelaskan tentang produk dan keunggulan bisnis kamu.

6. Mudahkan Pelanggan

Fitur Google Bisnisku

Jika beberapa cara optimasi Google My Business diatas sudah kamu lakukan, terakhir lengkapi semua informasi dan manfaatkan fitur lain yang tersedia untuk memudahkan pelanggan menghubungi kamu.

Ini penting untuk memastikan setiap orang yang melihat profil kamu bisa dengan mudah terkonversi menjadi pelanggan. Beberapa fitur yang memudahkan pelanggan untuk menghubungi kamu adalah seperti petunjuk arah, Nomor Telepon, dan juga pilihan untuk SMS.

PENUTUP

Google my business sendiri merupakan produk ciptaan Google, dan seperti corporate pada umumnya, setiap perusahaan pasti akan memaksimalkan dan menggunakan produk mereka sendiri sebelum menggunakan produk milik perusahaan lain. Dan terbukti, Google selalu menyantumkan hasil listing profil ini pada bagian atas mesin pencari.

Dari pengalaman kami, Google my business juga menyumbang transaksi, meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, dan masih kalah jauh dengan SEO Chanel.

Baca juga artikel menarik tentang Panduan Digital Marketing atau artikel lainnya di kategori Kumpulan Artikel SEO.

[Tanya – Jawab]

Bagaimana Cara Verifikasi Google Bisnisku?

Dari yang kami ketahui, listing bisnis ini dapat diverifikasi dengan 5 metode, yakni via kartu pos, email, search console, SMS, dan juga Telepon.

Apa Bedanya Google Bisnisku dan Google Places?

Google Bisnisku sendiri merupakan produk penyempurnaan dari produk sebelumnya seperti Google+ Bisnis, Listing Google, sampai dengan Google Places.

Apakah ada Biaya untuk Membuat Profil ini?

Seperti yang sudah kami katakan, ini adalah produk gratis, dan Google tidak membebankan biaya untuk pembuatan akun, sepersen pun.

Bagaimana Cara Mendapatkan Banyak Pelanggan Melalui Platform ini?

Terkait hal ini kamu bisa membaca dan mempelajarinya pada artikel yang sudah kami terbitkan ini.

Misi Divedigital.ID adalah menyebarkan informasi bermanfaat. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jadilah bagian dari misi kami dengan membagikan artikel ini ke social media. Sharing is Caring !!

Tutorial SEO
Cara Optimasi SEO Website Terbaru [Contoh Kongkrit]
Tutorial SEO
SEO Hack: Cara Ampuh Meningkatkan Traffic Website/Blog
Tutorial SEO
Apa Featured Snippet itu? Kupas Tuntas Cara Kerja dan Mendapatkannya
  • suzasuza

    Author Reply

    bagaimana cara nya mengoptimasi google bisnisku untuk banyak jenis produk


    • Untuk perproduk bisa dengan menerbitkan artikel atau postingan di google bisnisku pak, tapi sebenarnya dengan menghubungkan website dengan google bisnisku saja sudah memberikan signal ke Google bahwa bapak jual produk tersebut,


  • Sometimes, saya menjumpai jumlah review yang tidak begitu banyak di GMB seseorang tapi dia bisa naik di posisi teratas, sedangkan ada GMB yang reviewnya sangat banyak tapi kalah di bawahnya GMB yang reviewnya sedikit. Bisa dibantu menjelaskan hal tersebut?


    • Hal ini terjadi biasanya karena review yang sedikit tadi lokasinya lebih dekat, sehingga ditaruh diposisi paling atas, dari yang kami tau GMB memang ditujukan untuk memududahkan pencarian lokal

      semoga bisa menjawab, cheers