Inspirasi Usaha

Apa itu Aquascape? Definisi dan Ide Tema Aquascape yang Indah


Jika kamu selama ini gemar memelihara ikan dalam aquarium, sesekali mungkin kamu akan ditawari untuk mencoba hobby lain yang tidak kalah menarik, salah satunya adalah aquascape. Namun sebenarnya apa sih aquascape itu? Dan contohnya seperti apa?

Aquascape adalah salah satu hobby yang akhir-akhir ini digemari banyak orang, khususnya bagi mereka yang gemar melihat keindahan kehidupa ikan dalam sebuah aquarium. Karena sekarang ini peminatnya cukup banyak, bidang satu ini sebenarnya juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis baru yang tidak kalah menarik dari pada bisnis lainnya.

Entah tertarik karena hobby atau ingin serius menekuni bidang yang satu ini, secara khusus kami akan mengulas tentang pengertian aqascape lengkap dengan berbagai tema yang ada untuk kalian semua.

Apa itu Aquascape?

Aquascape adalah sebuah karya seni untuk menciptakan pemadangan indah dalam sebuah aquarium yang biasanya diisi air, dengan memanfaatkan beberapa hal seperti baru, pasir, tanaman, dan beberapa hal lain yang biasa kita temui di alam.

Secara bahasa, istilah aquascape terdiri dari dua istilah bahasa inggris yakni aqua yang bisa kita artikan sebagai air, dan scape yang berarti pemadangan.

Sederhananya ini seni untuk membuat replika keindahan alam, dalam sebuah aquarium yang sudah di isi dengan air. Karena berada dalam sebuah air, namun pemandangan disini tidak hanya sebatas pemadangan biota bawah laut, kadang tema atau inspirasi yang didapatkan bisa dari alam terbuka seperti padang rumput, pegunungan, sunga, dan sebagainya.

Sedangkan orang yang merancang dan membuat karya seni satu ini biasa disebut sebagai aquascaper.

Ide dan Contoh Tema Aquascape Indah dan Mudah dibuat

Setelah mengetahui definisi dari istilah satu ini, mungkin saja kamu berniat akan membuatnya dalam bentuk yang sederhana dirumah. Hobby yang satu ini memang sangat menarik, apalagi kalau kita berhasil membuat aquascape yang indah dan bertahan lama, hanya dengan melihatnya saja, kadang rasa lelah setelah bekerja hilang begitu saja.

Bagaimana sudah siap untuk membuatnya sendiri dirumah? Berikut beberapa contoh aquascape sederhana namun indah yang bisa kamu buat sendiri dirumah.

1. Tema Aquascape Mini

Untuk seorang aquascaper pemula, biasanya akan sedikit takut jika untuk pertama kali membuat aquascape harus menggunakan ukuran yang besar, dan aquascape mini bisa menjadi solusi. Selain itu, ada beberapa alasan lain juga yang mendasari seseorang untuk memilih ukuran yang mini, salah satunya dalam segi keringkasan, dimana tidak membutuhkan banyak ruang. Dan berikut beberapa contoh aquascape mini yang sudah kami siapkan untuk kamu.

aquascape mini

Terkait ide aquascape dengan ukuran mini, kami menghadirkan sebuah karya yang luas biasa dari nanaoaqua dengan ukuran kecil, yakni 30 x 20 x 25 cm saja, dan tanpa menggunakan CO2.

Ada lima tanaman yang dihadirkan dalam aquascape ini, yakni Myrophilum aquatikum, Pogostemon Erektus, Vallesneria Nana, Saggitaria Subulata, Riccia Fluitans.

aquascape mini banget

Yang kedua ini adalah aquascape dengan ukuran tidak kalah kecil dari seorang pria dengan nama Imaginative Guy di youtube. Lihat ukurannya, tidak jauh berbeda dengan ukuran kedua tangan orang dewasa, namun keindahannya tidak ada duanya. Aquascape yang lucu ini konon kata pemiliknya dibuat dengan wadah plastik yang sudah di integrasikan dengan sistem filtrasi yang sempurna.

aquascape unik berbentuk bulat

Sedangkan untuk aquascape mini yang satu ini adalah miliknya mens hobby yang dibuat dengan ukuran kecil berbentuk bulat tanpa menggunakan soil, pupuk dasar, bakteri starter, dan bahkan tidak menggunakan filter juga. Model yang unik dan ukuran yang kecil, sangat cocok untuk digunakan sebagai hiasan di meja kerja atau ruangan tamu.

aquascape bonsai

Masih dari aquascaper yang sama yakni babai Aqua Garden, kali ini beliaunya membuat aquascape dengan pemadangan utama tanaman bonsai dengan ukuran 2- x 25 x 30 sm saja. Untuk hardscape sebanyak itu dipadukan dalam ukuran yang kecil, tentu saja ini tidak mudah.

2. Tema Aquascape Batu

Selanjutnya kami akan menghadirkan aquascape dengan tema yang lebih mengutamakan bebatuan, dimana media ini lebih banyak kita temukan di alam sekitar. Yuk simak contoh-contohnya dibawah ini.

Jika kamu sedang mencari inspirasi gambar Aquascape batu pasir yang simple namun tidak kalah indah dengan aquascape lainnya, maka sebuah karya luar biasa dari Vladimir Stojanovic bisa menjadi inspirasi. Pemiliknya menamai scape ini dengan nama Game Of River Stone (Simplicity), belum ada ikannya aja udah keren, apalagi nanti pas udah ada ikannya yang keluyuran hhehe.

aquascape batu

Masih dibuat oleh orang yang sama, yakni Vladimir Stojanovic dimana scape ini dinamai dengan Scarlet. Menurut informasi yang kami dapatkan, aquascape ini dibuat dengan tangki berbahan kaca super jernih dengan ketebalan 4mm. Sedangkan ukurannya mampu menampung air sampai 35 liter.

Aquascape bernama zero ini adalah miliknya Robin Aquarium yang dibuat sebagai harapan agar masalah virus corona yang terjadi diberbagai negara bisa segera menghilang dan menuju ke 0 diagnosis. Beberapa batu hitam ditambah dengan pasir putih membuatnya tampak begitu indah.

desain aquascape batu pasir

Tidak kalah dari tiga desain sebelumnya, tema aquascape batu pasir ini adalah miliknya chanel Aquarium Gardens yang mereka sebut sebagai river bottom Biotope style aquascape. Hasil karya seni ini terinpirasi dari sebuah aliran sungai alami yang terdapat beberapa tanaman yang mudah untuk ditemukan.

3. Tema Aquascape Iwagumi

Salah satu model aquscape yang sebenarnya lumayan sulit untuk dilakukan perawatan namun hasilnya memang luar biasa adalah desain aquascape iwagumi. Ini adalah istilah bahasa Jepang yang jika kita artikan kedalam bahasa Indonesia adalah formasi batu, dan memang biasanya batu dipilih sebagai point of interest dari pemadangan yang ditawarkan.

Berikut beberapa gambar aquascape dengan gaya Iwagumi yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi.

aquascape iwagumi

Ini adalah desain aquascape Iwagumi pertama yang kami kenalkan kepada kalian dari miliknya Rizkaput, sederhana dan memang tampak memukau. Uniknya, rumput yang bagian bawah itu ditanam, bukan rumput yang udah jadi, melihat prosesnya dari mulai kecambah samapai sudah hijau dan dihidupi beberapa ikan pasti menyenangkan.

gambar aquascape iwagumi simple minimais

Ingin melihat gimana gaya aquascape iwagumi yang minimalis namun hasilnya begitu memukau? coba deh lihat yang satu ini yang diberinama Diorama with Turly Stone, ajib banget khann??? Sesuai dengan judulnya, batu yang digunakan disini adalah batu turly.

aquascape iwagumi terbaik

Berbicara tentang aquascape iwagumi terbaik tentu sangat banyak, namun maha karya satu ini sepertinya patut untuk kita jadikan sebagai kandidat. Elemen yang pas yang dipadukan dengan pencahayaan yang epik membuat aquascape satu ini menghasilkan pemadangan yang tidak hanya sekedar indah, tapi juga mempesona.

aquascape iwagumi simple

Keempat, kami akan menghadirkan tampilan aquascape iwagumi simple namun memukau hasil karya dari Nanao Aquascape Garden. Sebuah aquascape dengan ukuran mini bergaya iwagumi yang hanya dibuat dengan satu jenis tanaman aja yakni Moss Riccia.

4. Tema Aquascape Bonsai

Bonsai menjadi salah satu tanaman yang tidak kalah banyaknya untuk dijadikan sebagai penghias aquascape. Untuk kamu yang ingin membuat scape yang ada tanaman bonsainya, silahkan simak dibawah ini.

gambar aquascape bonsai

Untuk aquascape bonsai satu ini adalah hasil karya dari Pakne Kenzho yang dibuat dari bahan akar Rasamala dan pasir silica. Hasilnya gimana, tampak seperti pohon bonsai yang hidup bukan?

Dari beberapa aquascape bonsai yang kami bagikan diatas, ini adalah salah satu terbaik dimana warna yang dihadirkan tidak hanya hijau, namun juga merah. Ini adalah hasil karya dari aquascaper yang bernama Pakne Kenzo, sebuah aquascape bunga sakura yang katanya terinpirasi dari serial film anime.

bonsai aquascape mini

Sepertinya karya aquascape dari Nanao Aquascape banyak kami hadirkan, karena memang karya-karyanya sangat luar biasa, salah satunya aqua scape bonsai mini yang diberi judul “Amazing Mini Bonsai with Moss Carpet” ini.

5. Tema Aquascape Air Terjun

Air terjun memang menjadi salah satu pemadangan yang indah dan disukai banyak orang, tak heran jika banyak aquascaper yang tertarik untuk membuat pemadangan aquascape dengan tema air terjun. Dan berikut beberapa inspirasi yang kami hadirkan untuk kamu semua.

aquascape air terjun

Mahakarya satu ini tidak bisa disebut sebagai aquascape simple, karena memang pembuatannya cukup rumit. Adalah aqauscape miliknya Yulia Aquascape dengan “Aquascape waterfall with Lavarock and moss”. Aquascape ini memiliki ukuran 50 x 30 x 30 cm, gimana, tertarik untuk membuatnya?

aquascape air terjun gantung

Sebuah aquascape air terjun gantung persembahan dari Aqua Passion. Sayangnya, aquascape yang kece ini tidak ada informasi lebih lanjut tentang bahan, ukuran, dan informasi penting lainnya. Jadi cukup dinikmati hasil akirnya saja heheh..

aquascape air terjun simple

Aquascape dengan air tidak terlalu penuh ini memiliki ukuran 60 x 30 x 36 cm, ukuran yang sedang namun sesuai dengan detil ornamen yang dihadirkan. Ada dua air terjun dalam satu aquarium dan air jatuhnya menjadi awan yang menyebar, benar-benar sangat indah.

Itulah berbagai model dan desain karya seni yang kini sedang menjadi tren, khususnya di Indonesia. Ada banyak sekali inspirasi desain yang kami hadirkan, dimulai dari aquascape sederhana sampai dengan yang rumit, satu yang pasti, hobby ini memang sangat menarik untuk ditekuni.

[Q&A]

Apa Kunci Sukses Membuat Aquascape?

Setiap orang tentu memiliki kuncinya tersendiri, namun menurut kami kunci sukses dalam membuat aquascape sama seperti karya seni lainnya, yakni imajinasi kita.

Apa saja Bahan Utama Membuat Aquascape?

Beberapa hal penting yang biasa digunakan untuk membuat aquascape adalah akuraium, lampu, filter, tanaman, CO2, Filter, dan beberapa hal pendukung lainnya.

Apa sih Pasir Malang yang Biasa ada Dalam Aquascape?

Ini adalah pasir yang biasanya dihasilkan dari lahar gunung berapi. Disebut pasir malang karena biasanya pasir ini sangat mudah untuk ditemukan di beberapa gunung berapi di Malang

Misi Divedigital.ID adalah menyebarkan informasi bermanfaat. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jadilah bagian dari misi kami dengan membagikan artikel ini ke social media. Sharing is Caring !!

Inspirasi Usaha
7 Wirausahawan Sukses Di Usia Muda Indonesia
There are currently no comments.