Web Design

Landing Page Terbaik Maksimalkan Konversi [+ Contoh Template]


SEO hanya sebuah chanel atau saluran untuk memperkenalkan produk kita kepada calon konsumen, selanjutnya bagaimana kita mempresentasikan kepada pelanggan adalah faktor utama apakah traffic yang sudah kita dapatkan bisa berhasil dikonversi ke transaksi.

Dan jika dalam website, hal ini biasanya erat kaitannya dengan landing page ataupun halaman produk. Jadi sebenarnya mendesign atau membuat landing page bagus yang terbukti bisa mengkonversi traffic menjadi transaksi adalah hal yang seharusnya dilakukan sejak awal.

Maksud kami bukan hanya sekedar membuat website atau halaman produk, namun juga memikirkan apakah tampilannya sudah oke? Apakah pengunjung akan tertarik dengan yang kita sajikan? Apakah mereka bisa mengikuti alur pembelian produk atau arahan kita? Dan sebagainya.

Perlu anda ketahui bahwa, menurut Wordstream rata-rata tingkat konversi pada landing page hanya sebesar 2,35% saja, sedangkan yang tertinggi adalah 5,31% keatas. Cara menghitungnya cukup simple, yakni dengan membagi jumlah transaksi dengan jumlah tampilan halaman.

Cukup kecil bukan? lalu bagaimana jika landing page kita tidak masuk dalam kategori “bagus”? tentu jauh lebih kecil dari pada itu. Sedikit cerita mengenai hal ini. Kami pernah memiliki produk, secara SERP sudah bagus, namun tampilan landing page-nya menurut kami masih biasa aja.

Orderan tetap ada yang masuk, namun setelah kami ubah tampilan yang lebih menarik, yang kami rasakan tingkat konversi menjadi lebih baik. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mendesain landing page yang tidak hanya SEO Friendly, tapi juga indah sehingga bisa memaksimalkan konversi.

Kriteria Landing Page Berkualitas

Ada beberapa hal yang bisa kita jadikan acuan untuk membuat landing page yang memang bisa meningkatkan konversi. Beberapa diantaranya adalah:

  • Konten: konten adalah hal utama, tidak hanya text-nya saja, namun hal lain seperti gambar dan juga vidio. Buatlah konten yang simple dan bisa menyentuh pelanggan, pastikan konten yang ada di landing page sesuai dengan target market.
  • Design: Desain menurut kami memiliki peranan yang cukup besar juga, jika desainnya sudah menarik, dalam artian enak dilihat, value dari produk yang kita tawarkan akan jauh lebih baik. Jadi konten juga harus didukung dengan tampilan. Ini yang menurut kami masih menjadi masalah bagi web master di Indonesia, gak mau investasi pada theme bagus yang memang harganya cukup mahal.
  • Alur Jelas: Menjelaskan sesuatu pada media website memang tidak semudah ketika kita mempresentasikan secara langsung. Namun jika copywriter kamu pandai, justru bagian ini akan bisa menyentuh emosi pelanggan untuk lebih tertarik. Buat alur yang jelas dan keep it simple..
  • Perjelas Value Produk: ini yang penting, kamu harus bisa menjelaskan value produk kepada pelanggan. Berikan porsi yang lebih banyak terkait apa kelebihan dari produk kamu. Terkait ini, kamu bisa menggunakan teknik repetisi pada copywriting.
  • Call to Action: bagian ini wajib, sediakan menu, form, atau apapun itu yang fungsinya agar pengunjung melakukan sesuatu terhadap yang kamu tawarkan. Untuk call to action, ada beberapa hal yang biasa dilakukan yakni menggunakan buttom, form order, dan sebagainya.

Contoh Landing Page Keren dan Bagus [Template]

Membutuhkan inspirasi terkait landing page? Kami memiliki beberapa rekomendasi template yang menurut kami memiliki kualitas bagus, baik dari segi design ataupun kualitas SEO-nya. Namun rekomendasi kami tidak sampai pada tahap analisis, jadi data ataupun perkiraan terkait conversion rate dari masing-masing template tidak bisa kami hadrikan.

DISCLAIMER: beberap rekomendasi yang kami berikan dibawah plure rekomendasi berdasarkan fitur dan tampilan theme, divedigital.id tidak mengikuti program affiliate dalam bentuk apapun. Sebelum membeli, silahkan pertimbangkan apakah tema itu cocok untuk produk anda atau tidak.

1. Fashion

Untuk contoh landing page fashion yang biasa dicari biasanya ada dua, yakni template dan juga halaman landing semisal kalau ada program atau diskon yang coba ditawarkan. Kami coba memberikan rekomendasi yang bisa menjangkau dua hal diatas. Salah satunya adalah flatesome, theme eccomerce yang sepertinya sangat menarik untuk landing page produk fashion.

Harganya untuk lisensi reguler sebesar $59, sedangkan untuk fiturnya sudah cukup oke dimulai dari guntenberg optimazed, compitable dengan woocommerce berbagai versi, compitable dengan wordpress versi terbaru, 10 payment option, dan yang penting desingnnya menurut kami sudah bagus. Tidak hanya untuk fashion saja, theme ini juga bisa digunakan untuk membuat company profile, CV, dan halaman landing produk lainnya.

Flatsome
Harga$ 59
DemoKlik Disini
Link ThemeforestKlik Disini

2. Property

Lanjut pada contoh landing page property, sebuah bisnis yang akhir-akhirnya memang mulai beralih ke media digital dimulai dari website, sosial media, vidio sharing, dan masih banyak lagi lainnya. Namun jika anda ingin membuat website, template dari MyHome Real Estate WordPress dari TangibleDesign sepertinya cocok untuk kebutuhan anda.

Yang lebih menarik, template ini memiliki beberapa pilihan layout yang bisa dipilih sesuai jenis usaha yang anda jalani dimulai dari agen, marketplace, direktori, inverstment portofolio, sampai dengan agency. Untuk harganya sendiri 59$, dan fiturnya sudah sangat lengkap, namun sayangnya belum support gutenberg.

MyHome Real Estate
Harga$59
DemoKlik Disini
Link ThemeforestKlik Disini

3. Kesehatan

Ada banyak orang yang mencari contoh landing page produk kesehatan, kami sendiri sebenarnya sedikit bingung menerjemahkan apa yang sebenarnya dicari, apakah landing page yang menjual satu produk, atau banyak sekaligus. Namun kami coba memberikan rekomendasi yang bisa digunakan dalam berbagai kondisi, dan salah satunya adalah Avada.

Sebenarnya ini adalah salah satu contoh landing page keren yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, karena ada banyak versi yang bisa kita gunakan dimulai dari untuk lounching produk, agency, menawarkan layanan kesehatan dan sebagainya. Yang lebih menariknya lagi, terdapat fitur import demo dimana kita tinggal memperbarui kontennya saja agar sesuai dengan produk kita. Tidak hanya itu, beberapa website kami yang menggunakan theme ini juga cukup mudah untuk di optimasi.

Avada Theme
Harga$60
DemoKlik Disini
Link ThemeforestKlik Disini

4. Travel

Saat artikel ini diterbitkan memang sedang terjadi wabah corona, dan tentu saja travel menjadi salah satu sektor yang sudah lesu sejak awal. Namun begitu masalah ini bisa diatasi, travel juga menjadi salah satu bisnis yang cukup ramai. Jika anda membutuhkan rekomendasi contoh landing page website travel agen, salah satu rekomendasi kami adalah Let’s Travel dari NRGThemes dengan harga 59$.

Tema ini cocok banget untuk kalian yang mempunyai banyak produk seperti pilihan paket yang bisa dibuat sticky pada halaman awal. Tidak hanya satu tampilan, ada banyak juga pilihan model layout untuk memperkenalkan produk.

Let’s Travel
Harga$29
DemoKlik Disini
Link ThemeforestKlik disini

5. Kosmetik

Terakhir, kami ingin memberikan satu rekomendasi contoh landing page kosmetik, salah satu bisnis yang kian mudah kita temui, baik di sosial media atau marketplace. Template yang akan kami rekomendasikan adalah Ordo dari ThemeFTC yang sudah terintegrasi dengan woo comerce.

Menariknya, salah satu contoh landing page jualan ini memiliki banyak pilihan demo, lebih tepatnya ada 17 versi demo yang bisa kita pilih. Beberapa fitur menarik yang ditawarkan adalah support gutenberg, One Click Demo, Terdapat Revolution Slider, dan masih banyak lagi lainnya.

Ordo dari ThemeFTC
Harga$59
DemoKlik Disini
Link ThemeforestKlik Disini

Baca juga indepth analisis kami terkait strategi link building atau atikel lainnya di kategori web design

Apa itu Landing Page?

Landing page adalah halaman arahan yang bisa digunakan untuk menjelaskan produk atau arahan lain seperti memasukan email, download file, etc.

Seberapa Penting Landing Page dalam Website Bisnis?

Bagi kami ini adalah bagian krusial, karena sebesar apapun traffic yang sudah kita dapat, akan menjadi percuma kalau landing pagenya kurang maksimal.

Lalu Apa itu CRO?

CRO (Conversion Rate Optimization) adalah sebuah proses yang dilakukan untuk memaksimalkan landing page.

Seperti apa Landing page yang Bagus itu?

Untuk mengetahui lebih jelas, silahkan baca artikel kami sampai habis

Ikuti Konten Menarik KAMI
SEO Glossary
Apa itu SERP? Pengertian dan Fungsi Search Engine Result Page
Web Design
7 Contoh Website Company Profile Terbaik [+Template]
Web Design
7+ Website Bisnis Ternama Indonesia [Inspiring]
There are currently no comments.