Growth Hacking

6 Jenis Strategi Pemasaran Online Paling Populer


Dunia bisnis sudah memasuki era baru yang biasa disebut industri 4.0. Arah, cara bergerak, dan dinamikanya sama sekali tak sama dengan bisnis di era lama. Ide-ide usaha yang tumbuh butuh berjuang lebih keras untuk mampu bertahan dari masa inkubasi, strart up, hingga bisa stabil menjadi sebuah perusahaan.

Bagi perusahaan yang sedang berjuang untuk dapat berlari dengan stabil, sangat penting untuk menjaga core bisnisnya. Perusahaan harus mampu menembus pasar. Bukan sekadar menempatkan produk-produk di pasar, namun berhasil merebut perhatian pasar. Sehingga pasar menyadari eksistensi dari perusahaan lewat ide, dan folosofi dari produk-produknya.

Tentunya untuk sampai disana sama sekali tidak mudah. Sebagai pemimpin perusahaan kamu dituntut untuk mengambil langkah terbaik, dengan cepat namun tetap hati-hati. Kamu juga mesti siap bermain dengan risiko. Dalam hal ini, mengerti tingkat risiko yang dapat kamu mainkan adalah pendekatan yang baik.

Sebagai contoh ketika perusahaan Otsuka Jepang, pertama kali memperkenalkan produk minuman barunya Pocari Sweat. Perusahaan itu rugi hingga lebih dari 400 Miliyar Yen di tahun pertama penjualan karena memutuskan untuk membagikan produk tersebut secara gratis ke pasar demi membuat pasar sadar terhadap ide dan manfaat dari produk tersebut.

Dan selanjutnya resiko besar itu dibayar berkali-kali lipat di penjualan dua tahun setelahnya. Perusahaan mengantongi keuntungan penjualan Pocari Sweat hingga lebih dari 3 Triliun Yen. Sebuah hasil yang sangat manis, setelah hampir mati bermain dengan risiko tinggi.

Selain pocari sweat, masih banyak contoh perusahaan lain yang sukses setelah berani mengambil risiko. Sebut saja Apple, Microsoft, Android, Alibaba, Harley Davidson, Google, mereka semua pernah hampir mati mempertaruhkan semuanya di atas meja.

Namun mereka berhasil merebut pasar, mereka berhasil meyakinkan dunia bahwa ide, inovasi, dan produk yang mereka sajikan akan membawa manfaat sangat besar kehidupan manusia.

Sekarang tinggal kamu, seberapa siap memilih dan menerima risiko yang akan diambil dalam membangun bisnis. Tentu saja selain mengambil risiko, perlu juga menentukan strategi pemasaran yang tepat. Agar risiko yang sudah ambil, berbuah keuntungan dan kemapanan bagi bisnis.

Simak artikel berikut yang akan membahas lengkap jenis-jenis strategi pemasaran online yang akan membuat bisnis kamu scale up.

Ragam Strategi Pemasaran Online

Ada beragam strategi yang dapat dimaksimalkan dalam melakukan pemasaran online. Namun, ternyata tiap jenis dan strategi pemasaran online tersebut ternyata saling berhubungan? Dan bagaimana cara memaksimalkannya? Pelajarilah ulasan lengkapnya berikut.

1. Content Marketing

Apa yang dilakukan orang ketika mereka bingung mencari bahan yang baik untuk membuat kaos? Atau apa yang dilakukan orang ketika mau cari tahu cara perbaiki software laptopnya? Mayoritas jawabannya adalah cari jawabannya di internet. Kita saat ini hidup di era semua orang akan mencari jawaban dari semua kebingungan mereka di internet. Mulai dari hal sepele, sampai hal serius mereka cari semua di internet.

Tapi pernah terpikir informasi di internet itu siapa yang menulis? Kenapa selalu saja ada informasi dari setiap kebutuhan yang kita cari di internet?

Informasi yang anda temukan di internet disebut content, penulisnya disebut content writer. Tiap content tersebut ditulis dengan berbagai kepentingan. Bisa untuk sekadar menginformasikan, dan ada juga yang menjadikan content tersebut sebagai media pemasaran soft. Metode memasarkan produk atau jasa dengan menempatkan content tentang produk anda di internet itulah yang disebut content marketing.

Namun memainkan content marketing ini tidak sesederhana yang anda pikirkan. Ada sebuah sistem berlaku di internet bernama Algoritma dan Search Engine Optimizer. Sistem ini dibuat oleh perusahaan search engine akan menentukan standar content yang baik yang akan dimuat di halaman pertama search engine.

Butuh keterampilan dan pengalaman menulis yang khusus untuk memastikan metode pemasaran online ini dapat bekerja dengan baik. Kalau kamu belum memiliki pengalaman, atau kemampuan untuk menulis content, silahkan rekrut para SEO content writer yang berpengalaman atau gunakan jasa penyedia content profesional untuk menulis content marketing perusahaan kamu. Dan Fyi, artikel ini juga termasuk contoh dari content marketing lho.

2. Mobile Marketing

Ponsel pintar menjadi perangkat yang kini sangat sering digunakan oleh orang-orang untuk mengakses internet. Hampir setiap hari dan sepanjang hari ponsel pintar selalu terkoneksi dengan internet. Mulai dari rumah, di kantor, di perjalanan, hingga kembali ke rumah ponsel pintar selalu terkoneksi dan digunakan untuk mengakses internet.

Biasanya akses internet yang dilakukan orang-orang dengan ponsel pintarnya adalah akses internet yang bersifat personal. Seperti akses terhadap media sosial atau mencari informasi lalu lintas, streaming musik, video, atau untuk mencari informasi lainnya.

Keadaan ini membuka pintu besar yang akan terhubung dengan pintu-pintu lainnya yang secara sistematis dapat kita manfaatkan dalam melakukan pemasaran online. Sistem algoritma dan cookies yang digunakan di internet memungkinkan semua aktivitas pengguna internet dapat diakses dan dapat ditelusuri.

Video seperti apa yang mereka sering tonton, musik apa yang sering mereka dengarkan, dan apa yang mereka sukai semuanya terhubung. Tentunya akan sangat maksimal jika produk atau layanan yang kamu tawarkan dapat masuk ke lini masa atau ponsel pintar mereka.

Ada sebuah fakta menarik terkait hal ini, 40% dari transaksi untuk keperluan personal yang dilakukan orang-orang terjadi menggunakan ponsel pintar.

3. Personalized Marketing

Seperti yang sebelumnya sudah kita bahas, metode pemasaran online sebenarnya saling berhubungan satu sama lain. Personalized marketing adalah salah satu kelanjutan dari metode pemasaran digital, terutama kelanjutan dari mobile marketing.

Medote personalized marketing berarti membuat, menyesuaikan sebuah content perusahaan, lalu mengirimkannya secara personal ke tiap ponsel pintar yang telah mengakses dan berlangganan dengan cookies di sebuah laman.

Tentu saja kamu tidak boleh sembarangan menggunakan metode pemasaran ini. Pastikan hanya mengirimkan content secara personal kepada pelanggan yang sudah berlangganan, sudah pernah bertransaksi dengan, atau sudah pernah subscribe dan menyetujui untuk mengaktifkan notifikasi dari content website kamu.

Ingin contoh? lihat bagaimana portal sebesar kompasiana melakukan hal ini melalui email yang berlangganan kepada mereka.

email marketing

Kunci dari maksimalnya metode ini adalah memaksimalkan kualitas content yang kamu taruh secara umum di internet (website), dan menjaga kualitas dari produk serta pelayanan pada konsumen. Buat konsumen merasa penting untuk mendapatkan update informasi terbaru dari produk atau layanan kamu. Semakin banyak konsumen yang penting, semakin besar kekuatan dari metode ini.

4. Continuous Marketing

Metode pemasaran online satu ini juga adalah lanjutan dari mobile marketing dan personalized marketing. Seperti namanya teknis dari metode satu ini adalah memastikan kehadiran produk kamu di pasar, termasuk lini masa media sosial, dan email-email pelanggan. Meskipun mereka tidak membalas email. Meskipun pelanggan hanya melewatkan iklan.

Bagi pengguna internet yang menjadi “calon pelanggan”, kehadiran promosi content secara konsisten akan mempengaruhi pikiran bawah sadar. Sehingga apabila suatu saat mereka membutuhkan jenis produk atau layanan yang sama, mereka akan langsung teringat pada produk atau perusahaan kamu.

Metode ini memang lambat dan terasa membosankan. Namun bagi orang yang berlangganan dengan produk, kehadiran dari content begitu penting. Buatlah pelanggan kamu membutuhkannya lagi, lagi, dan lagi.

Lakukanlah metode ini dengan skreatif, konsisten, dan sesabar mungkin. Milikilah mindset bahwa suatu saat pelanggan akan pasti akan membutuhkan produk atau layanan kamu lagi.

5. Visual Marketing

Metode pemasaran online ini menjadi alat untuk memaksimalkan metode pemasaran lainnya. Karena tentu saja saluran pertama dan paling utama masuknya informasi dari internet adalah saluran visual. Oleh karenanya kamu perlu memastikan content yang dibuat nyaman dikonsumsi secara visual.

Bila content berbentuk teks, tentu harus memiliki readability (tingkat keterbacaan) yang baik. Maksimalkan juga dengan gambar atau video yang menarik. Sehingga pelanggan merasa tertarik pada content tersebut, lalu beranjak pada tertarik pada produk, dan bermuara pada transaksi.

6. Integrated Digital Marketing

Metode pemasaran online ini menjadi kunci untuk semua metode pemasaran online lainnya. Metode ini dibuat untuk memaksimalkan kerja dari metode pemasaran online lainnya. Metode ini dibuat untuk memastikan semua metode pemasaran dalam bisnis digital dapat berjalan efektif dan memberikan keuntungan lebih besar bagi perusahaan.

Kuncinya metode ini adalah membuat semua metode pemasaran online terhubung satu sama lain. Syarat utama metode terintegerasi ini adalah keharusan perusahaan yang bermain dalam bisnis digital untuk memiliki landing page. Yakni sebuah laman bisnis utama dan satu-satunya miliki perusahaan yang dikelola secara profesional.

Kehadiran laman ini nantinya akan menjadi rujukan dari tiap metode pemasaran lain yang kamu gunakan. Di laman ini pula semua content perusahaan kamu dipublikasikan. Laman ini menjadi tempat mendaratnya orang-orang yang tertarik dengan iklan digital yang anda sebarkan dengan metode apapun.

Seriuslah dalam mendesain halaman landing page. Kelolalah landing page dengan kreatif dan profesional. Sehingga orang-orang yang mendarat di sana akan terpancing untuk mencari tahu lebih lanjut tentang perusahaan dan produk kamu. Rekrutlah orang-orang yang memang ahli dalam mendesain laman dan situs di internet.

Demikianlah pembahasan lengkap tentang jenis-jenis strategi pemasaran online yang kerap dimainkan dalam bisnis digital. Metode yang sekilas terlihat sederhana, namun pada praktiknya menuntut perhatian, kemampuan, dan invesasi yang tidak murah dalam membangun bisnis.

Kamu mesti berinvestasi pada karyawan yang memiliki keahlian sebagai content writer, SEO Optimizer, desain laman website, pengelolaan dan keamanan data siber.

Baca juga artikel menarik kami tentang trend digital marketing di Indonesia atau artikel lainnya dikategori Artikel dan Materi Pemasaran.

[Tanya + Jawab]

Apa itu Pemasaran Online?

Pemasaran online adalah sebuah strategi memperkenalkan produk, merk, atau jasa denganmemanfaatkan media teknologi internet.

Apa Targetnya?

Tidak jauh berbeda dengan model pemasaran yang sudah ada, tujuan dari pemasaran online adalah untuk menarik hati calon konsumen dengan goal akhir terjadi transaksi.

Apa Kelebihan Pemasaran Online dibandingkan Metode Lain?

Beberapa praktisi di bidang internet, dan kami pun setuju bahwa saah satu kelebihannya adalah bisa dilakukan dengan tahapan yang lebih simple.

Bagaimana Cara Melakukannya?

Panduan terkait cara melakukan pemasaran internet sudah kami bahas lengkap dalam artikel ini. Silahkan kunjungi artikel ini dan baca sampai selesai.

Ikuti Konten Menarik KAMI
Teknologi & Internet
Apa itu Era Digital? Mengetahui Arti dan Dampak Era Digitalisasi
Growth Hacking
Contoh Visi dan Misi Perusahaan + Cara Membuatnya
Growth Hacking
Mengelola & Tahapan Ekspansi Bisnis Internasional
There are currently no comments.