Tips Bisnis

7 Kampanye Paling Menarik dan Berhasil Viral di Sosial Media


Sosial media bukan hanya sekedar tempat untuk menyalurkan unek-unek atau mencari tahu kabar orang terdekat, bagi beberapa orang, sosial media juga menjadi tempat untuk mencari uang, mencari follower, dan sebagainya. Bagi seorang social media spesialist, ini adalah jalan bagi mereka untuk berjuang dan mencari nafkah.

Membuat konten, membagikannya, membalas koment audiens sudah menjadi rutinitas yang biasa dilakukan. Beberapa diantaranya ada yang berhasil viral, namun ada juga tidak mendapatkan atensi dari audiens, bahkan like pun tidak dapat.

Dilain sisi, ada banyak juga kampanye sosial media dari berbagai brand yang berhasil viral dan menjangkau banyak audiens, dalam tahap ini tentu saja orang yang ada dibaliknya senang dan mendapatkan banyak pujian dari atasan.

Kampanye Viral di Sosial Media dari Berbagai Brand

Kamu ingin juga membuat kampanye yang berhasil viral seperti mereka? Kami akan membagikan beberapa contoh kampanye sosial media yang berhasil viral dan menjangkau banyak audiens. Kenapa sih mereka berhasil, yuk kita cari tahu.

1. Burger King Indonesia

burger king indonesia

Yang pertama kami akan membahas salah satu caption yang masih hangat dan terjadi pada bulan November ini, yakni salah satu konten dari makanan cepat saji Indonesia, yakni Burger King yang menjual berbagai makanan seperti kentang gireng, burger, dan juga minuman kemasan.

Salah satu konten dalam sosial media mereka berhasil menjadi viral dan menjangkau ribuan netizen karena kepeduliannya terhadap keberlangsungan usaha orang lain, bahkan kompetitor ditengah pandemi seperti sekarang ini.

Baca Juga: Mengetahui Strategi Marketing Mix 4P

Seperti yang terlihat di gambar postingan sosial media diatas, sampai artikel ini diturunkan, burger king Indonesia melalui postingannya tersebut berhasil mendapatkan 300k lebih like.

2. Indomie Edisi Puasa

indomie edisi puasa

Berbeda dari Burger King Indonesia yang memposting konten unik di media sosialnya dan menjadi viral, yang kedua ini justru kebalikannya, Indomie pada edisi Puasa bulan april 2020 lalu menjadi viral di media sosial karena kemasannya yang unik, yakni mangkok yang biasanya di sajikan mie dengan tampilan menggoda mendadak kosong.

Rupanya ini sebagai salah satu cara pihak Indomie dalam mengucapkan selamat berpuasa kepada para pembelinya, dengan tidak menampilkan gambar makanan yang menggoda perut. Keunikan ini membuat produk edisi terbarunya tersebut ramai, bahkan menjadi viral di media sosial.

3. Daftar Harga Unik

daftar harga unik

Siapa bilang untuk menjadi viral di media sosial kita harus memiliki banyak follower dan nama besar terlebih dahulu. Jika sebelumnya kami banyak membagikan konten viral dari berbagai brand yang sudah besar, yang ketiga ini justru datang dari makanan pinggir jalan. Daftar harganya yang unik, membuat banyak netizen membagikannya.

Baca Juga: Kumpan Contoh-Contoh Tagline Bagus

Hal ini karena daftar harga yang ditampilkan tidak biasa, bahkan cenderung membuat orang pusing, hal yang tidak biasa ini membuat banyak netizen memfotonya dan membagikannya di sosial media. Kalau ketemu kayak gini, kamu akan ambil kalkulator atau tanya langsung ke penjualnya saja?

4. Coca Cola

coca cola edisi summer

Kami tidak tahu apakah salah satu edisi coca cola ini menjadi viral atau enggak, namun jika hal ini dilakukan pada saat ini, kami yakin minuman kemasan yang satu ini pasti juga akan sangat viral di media sosial. Yaps, Coca Cola edisi summer pada 2013-2015 ini memang menjadi salah satu produk paling populler, setidaknya di eropa sana.

Yang unik dari edisi summer ini adalah pada botolnya terdapat berbagai nama yang dibuat dari sticker. Tidak hanya membeli dengan label nama yang tersedia saja, pelanggan juga bisa memesan sticker nama sesuai keinginannya. Tradisi berbagai minuman ketika musim panas kala itu menjadi semakin menarik dengan edisi coca cola khusus summer ini.

5. Eiger

kampanye eiger

Ini adalah salah satu brand ternama di Indonesia yang terkenal dengan produk gunungnya. Jika kamu tengok pada akun sosial media mereka, kamu akan menemukan konten unik dan sesuai target mereka, yaps anak muda.

Baca Juga: Kumpulan Strategi Marketing Terbaik

Eiger rutin menerbitkan konten yang identik dengan anak muda, selain traveling, captionnya juga selalu disertai dengan quote-quote terkenal. Konten-konten yang seperti ini berhasil membuat postingan eiger selalu mendapatkan like, komen, bagkan sampai dibagikan, meskipun tidak sebanyak brand-brand yang kami sebutkan sebelumnya.

6. Mas Antok

mas antok

Mas Antok, salah satu juru masak kafe yang ada di purwodadi juga sempat merasakan viral di media sosial karena cara memasak yang unik, orang Indonesia menyebutnya sangat barbar. Hal ini karena pada saat memasak, ia sering melakukan hal-hal yang tidak biasa seperti membanting gas dan membuang peralatan lain yang didekatnya.

Tidak sampai disitu, kadang mas Antok juga menunjukkan hal-hal lain yang tidak biasa dilakukan, misalnya seperti menempatkan wajan yang masih panas di atas kepada sampai dengan meletakan tangannya diatas api.

7. Binomo

Tidak selamanya viral itu membawa baik lho, contohnya seperti kampanye binomo yang cenderung manipulatif dan berlebihan, melalui campaign ini, binomo berhasil mendapatkan negatif image, tidak hanya brandnya saja, bahkan sampai talent atau artis yang memerankan iklan tersebut. Kampanye binomo binomo yang berhasil viral ini adalah sebuah monolog yang diperankan oleh Budi Setiawan.

Baca Juga: Cara Membuat Visi dan Misi Perusahaan

Dalam kampanye itu Budi mengatakan bahwa ia adalah trader profesional dan bisa menghasilkan uang 1000 USD hanya dari rumah.

Baca artikel menarik kami lainnya seperti mendorong organic growth atau artikel lainnya dikategori Growth Hacking

Misi Divedigital.ID adalah menyebarkan informasi bermanfaat. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jadilah bagian dari misi kami dengan membagikan ke sosial media. Sharing is Caring !!

Tips Bisnis
7 Strategi Mengembangkan Usaha Terbukti Efektif
Digital Marketing
Strategi Digital Marketing yang Biasa digunakan UKM [PANDUAN]
Growth Hacking
10 Contoh Strategi Marketing Terbaik 2021 [Pemasaran]
There are currently no comments.