Web Design

Inilah 10 Keuntungan Website untuk Bisnis di Era Digital


Perubahan teknologi informasi memberikan banyak pengaruh positif bagi banyak orang. Jika dahulu Anda harus membawa buku kemana saja untuk menambah ilmu pengetahuan, kini cukup dengan smartphone semua informasi bisa Anda temukan. Bila sebelumnya harus memasang iklan di koran, sekarang cukup pasang iklan di website bisnis.

Keuntungan website untuk bisnis sudah menjadi rahasia umum para pebisnis. Semua pengusaha berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan. Bahkan tidak sedikit yang mengandeng blogger terkenal atau menggunakan jasa konten profesional. Sehingga traffic website bisnisnya semakin tumbuh dan berkembang.

10 Keuntungan Website Untuk Bisnis Sukses Jangka Panjang

Setiap pembisnis memiliki intuisi dan pengetahuan yang luas. Tapi bertahan dengan marketing konvensional bukanlah cara terbaik untuk membesarkan brand. Kenali, sepuluh keuntungan menggunakan website bagi bisnis berikut.

1. Bisnis Online 24 Jam Per Hari

Mempromosikan jasa atau produk melalui iklan televisi tidak hanya menghabiskan banyak waktu dan dana. Anda harus memilih konsep iklan, model dan mengatur hal lainnya. Iklan yang ditampilkan di layar kaca juga hanya bertahan selama beberapa detik.

Sebaliknya, promosi di website bisnis bertahan lama selama 24 jam per hari selama Anda tidak menghapus postingan tersebut. Selain melihat produk baru, customer dapat berselancar dan menemukan konten menarik lainnya.

2. Interaksi yang Intens dengan Customer

Sebuah website bisnis dilengkapi dengan fitur dan fasilitas terlengkap. Misalnya newsletter yang dapat Anda gunakan sebagai media interaksi tidak langsung bersama pelanggan. Atau kolom komentar dan chatting instan.

Sayangnya, keuntungan website untuk bisnis ini banyak disepelekan oleh pengusaha. Alhasil, interaksi positif yang harusnya terjalin antara pembeli dan penjual tidak berlangsung sesuai harapan. Newsletter yang seharusnya menarik daya beli customer justru dikemas kurang attractive.

3. Meningkatkan Fasilitas dan Pelayanan Bisnis

Baik website gratis atau berbayar, keduanya menyediakan kolom komentar yang memungkinkan customer untuk meninggalkan kritik maupun saran. Website juga memiliki fitur chatting instan yang membantu Anda untuk berkomunikasi secara langsung bersama customer.

Kedua fasilitas ini bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan pelayanan bisnis. Penting bagi pebisnis untuk bersikap terbuka. Dengan fitur-fitur ini, anda bisa mendengarkan suara pelanggan Anda.

4. Mengenalkan & Mengedukasi Calon Pelanggan

Konten yang tersaji pada website bisnis tidak selamanya mempromosikan produk. Anda bisa mengambil keuntungan website untuk bisnis dengan memposting portofolio singkat perusahaan ataupun informasi-informasi penting yang relevan dengan bisnis.

Cobalah untuk memperkenalkan brand Anda pada pelanggan termasuk menuliskan nomor telepon juga alamat kantor operasional. Selain meningkatkan brand awareness, cara ini juga efektif untuk mengedukasi users terhadap bisnis Anda.

5. Jauh Lebih Hemat dari Iklan Koran/TV

Biaya yang dibutuhkan guna mempromosikan produk via iklan koran atau televisi jauh lebih mahal daripada iklan website. Anda bahkan tidak mengeluarkan biaya sama sekali jika memanfaatkan website gratis.

Gunakan cara ini jika budget marketing yang Anda punya tidak banyak. Yakinlah meskipun tidak tampil di layar kaca atau koran lokal, website bisnis mampu membantu produk Anda populer dengan mudah dan cepat.

6. Pembuatan dan Maintenance Mudah

Belajar membuat website perusahaan jauh lebih mudah daripada membuat iklan televisi. Selain proses pembuatan yang mudah, keuntungan website untuk bisnis lainnya adalah maintenance sistem yang fleksibel.

Anda cukup mengerjakan seorang ahli digital atau teknologi informasi untuk mengurus website bisnis. Membantu mendesain website sekaligus menghindarkannya dari mallware.

7. Jangkauan Customer Unlimited

Wesbite bisnis memberikan kekuatan marketing yang luas bahkan tanpa batas. Dari mana pun Anda memposting produk, postingan anda akan bisa dijangkau oleh global netizen. Bagaimana caranya? Cukup selipkan keyword pada konten marketing yang Anda posting.

Semakin banyak customer yang mengenal dan mendeteksi website bisnis Anda akan semakin baik. Jumlah pembelian dan pelanggan loyal pun semakin bertambah.

8. Update Katalog Cepat dan Mudah

Keuntungan selanjutnya adalah fleksibilitas dalam mengelola produk baru dan lama. Ketika produk lama sudah sold out, Anda bisa memberikan keterangan kalau produk tersebut sudah habis, dan mengeditnya kembali ketika produk available.

Lakukan hal yang sama ketika Anda update produk baru, cukup klik posting maka produk sudah masuk ke postingan teratas. Cara ini sangat mudah bukan? satu kali update produk hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

9. Meningkatkan Kepercayaan Customer

Selain menawarkan produk Anda di marketplace online terpercaya, buatlah website bisnis untuk menambah kepercayaan customer. Desain website sebaik dan seprofesional mungkin kemudian posting konten yang menarik dan unik.

Kepercayaan konsumen merupakan kunci kesuksesan atau kegagalan bisnis. Saat konsumen kehilangan kepercayaan, bisnis yang Anda jalankan beresiko tinggi mengalami kemunduran. Tentunya Anda tidak ingin bangkrut sebelum sukses bukan?

10. Menarik Lebih Banyak Customer

Siap berbisnis artinya siap untuk berkompetisi. Website bisnis tidak hanya membantu Anda mempromosikan produk tapi juga efektif untuk menarik lebih banyak konsumen loyal. Terlebih jika konten yang Anda posting selalu dibuat sekreatif mungkin mengikuti perkembangan zaman.

Pelajari cara membuat konten promosi atau edukasi yang menarik. Bila perlu mintalah jasa konten marketing untuk membuat konten promosi atau artikel edukatif website bisnis Anda.

Itulah beberapa keuntungan website untuk bisnis. Jika Anda tertarik mengembangkan bisnis secara daring, jangan hanya mengandalkan marketplace online saja. Buatlah website bisnis yang attractive dan kelola dengan benar untuk mendapatkan hasil memuaskan.

Namun sebelum membuat website bisnis, dua hal yang sangat krusial adalah domain dan hosting. Pastikan domain yang ingin anda daftarkan masih tersedia dipasar, dan untuk hosting, pilihlah dari penyedia terpercaya.

Untuk hosting lokal, niagahoster adalah salah satu vendor web hosting murah terpercaya, dimana ada banyak sekali pilihan paket yang cocok untuk kebutuhan website bisnis. Untuk performa dan kemudahanan maintenance sudah tidak perlu diragukan lagi.

Fyi, divedigital.id pada awalnya juga kami kembangkan dengan share hosting dari niagahoster, setelah traffic meningkat tajam, barulah kami pindahkan ke layanan vps. Untuk ukuran website bisnis, niagahoster sangat scaleable.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh niagahoster seperti paket yang lengkap, yang paling murah adalah paket bayi dengan harga hanya Rp.10.000/bulan, support CS 24/7, data center tier 4 yang tangguh, terintegrasi dengan litespeed dan wordpress accelerator, sampai dengan fitur keamanan menggunakan imunify360.

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti landing page terbaik atau artikel lainnya dikategori Web Design.

Misi Divedigital.ID adalah menyebarkan informasi bermanfaat. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jadilah bagian dari misi kami dengan membagikan artikel ini ke social media. Sharing is Caring !!

Web Design
7 Contoh Website Company Profile Terbaik [+Template]
Web Design
Landing Page Terbaik Maksimalkan Konversi [+ Contoh Template]
Web Design
7+ Website Bisnis Ternama Indonesia [Inspiring]
There are currently no comments.