Tag

pemasaran

Browsing

Salah satu syarat membangun perusahaan besar adalah memiliki strategi manajemen pemasaran yang efektif. Secara tidak langsung, melaksanakan manajemen pemasar sama dengan menjaga masa depan perusahaan. Hal itu logis karena saat mengeksekusi strategi yang sudah di rencanakan, seluruh komponen perusahaan dituntut terlibat aktif dalam berkoordinasi, menganalisis pasar, dan dekat dengan konsumen. Proses manajemen pemasaran merupakan proses yang rumit, komplek, dan melibatkan seluruh komponen perusahaan. Namun proses manajemen pemasaran ini penting sekali untuk menjaga kehidupan perusahaan. Di…

Salah satu tools yang sering digunakan perusahaan untuk memperkenalkan produknya adalah dengan bauran pemasaran atau yang biasa kita kenal dengan marketing mix 4P. Serangkaian strategi yang dilakukan dalam marketing mix 4P adalah menentukan produk, harga, tempat, dan juga media yang digunakan untuk berpromosi. Tidak hanya 4P, Robert F. Lauterborn pada tahun 1990 juga mengenalkan 4C dalam pemasaran yakni customer, cost, convenience, dan communication. Sedangkan menurut philip Kotler, versi 4C yang lebih relevan dengan zaman yang…

Marketing Plan (rencana pemasasaran) adalah sebuah istilah bahasa inggris yang berasal dari dua kata yakni ‘marketing’ (pemasaran) dan ‘plan’ (rencana). Secara sederhana marketing plan adalah penyususnan atau manajemen proses untuk mengesekkusi strategi pemasaran melalui serangkaian langkah yang sistematis dan mengacu pada keputusan kordinasi yang telah dibuat dengan target dapat mencapai tujuan pemasaran yang telah dibuat. Untuk anda yang mungkin sedang sekuat tenaga membangun pondasi berbisnis dari nol. Untuk anda yang masih terengah-engah meningkatkan penjualan. Di…

Dunia bisnis sudah memasuki era baru yang biasa disebut industri 4.0. Arah, cara bergerak, dan dinamikanya sama sekali tak sama dengan bisnis di era lama. Ide-ide usaha yang tumbuh butuh berjuang lebih keras untuk mampu bertahan dari masa inkubasi, strart up, hingga bisa stabil menjadi sebuah perusahaan. Bagi perusahaan yang sedang berjuang untuk dapat berlari dengan stabil, sangat penting untuk menjaga core bisnisnya. Perusahaan harus mampu menembus pasar. Bukan sekadar menempatkan produk-produk di pasar, namun…