Arti Kata

Komprehensif itu Apa? Arti Komperhensif Menurut KBBI


Komprehensif adalah kata sifat yang berasal dari istilah bahasa inggris yakni ‘comprehensive’ yang memiliki arti luas, teliti, lengkap, menyeluruh, dan mampu menangkap banyak hal sampai dengan detil-detilnya. Istilah satu ini sering digunakan untuk menjelaskan sebuah kondisi dimana suatu hal dapat dijelaskan ataupun dilakukan secara menyeluruh dan memberikan wawasan baru.

Senada dengan hal diatas, KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) juga mengartikan komprehensif sebagai berikut:

  • adjektiva (kata sifat), bersifat mampu menangkap (menerima) dengan baik
  • adjektiva (kata sifat), luas dan lengkap (tentang ruang lingkup atau isi)
  • adjektiva (kata sifat), mempunyai dan memperlihatkan wawasan yang luas

Jadi apa itu komprehensif? Sederhananya ini adalah ungkapan yang menjelaskan sebuah kondisi dimana sebuah hal dilakukan secara menyeluruh dan lengkap, bahkan sampai dengan detil kecilnya.

Arti Komprehensif dalam Berbagai Bidang

Tidak hanya digunakan sebagai kata tunggal, istilah satu ini juga sama dengan istilah virtual yang biasanya juga digunakan dengan kata lain seperti berfikir secara komprehensif, pelayanan kesethatan secara komprehensif, bahkan juga digunakan dalam bidang akuntansi. Berikut masing-masing makna dari istilah-istilah tersebut.

Berfikir Secara Komprehensif dalam Filsafat

Berfikir komprehensif adalah sebuah cara berfikir dimana orang tersebut bisa melihat suatu hal secara lengkap meliputi berbagai aspek. Dengan cara berfikir seperti ini, mereka cenderung akan bisa menangkap dan memahami sesuatu secara menyeluruh, sampai bagian terkecil sehingga bisa menyelesaikan masalah dengan sangat baik.

Komprehensif dalam Pelayanan Kesehatan

Arti komprehensif dalam dunia kesehatan, baik itu bidan atau dokter berarti adalah penanganan terhadap pasien dilakukan secara menyeluruh, dimulai sejak pendeteksian penyakit sampai dengan proses penyembuhan.

Misalnya adalah seorang bidang yang melakukan pekerjaan secara komprehensif, berati bidan tersebut melakukan perawatan secara menyeluruh dimulai sejak ibu hamil sampai dengan bayi sudah lahir.

Komprehensif dalam Akuntansi

Jika dalam dunia akuntansi, istilah komprehensif sering digunakan untuk menjelaskan suatu proses atau prinsip membuat laporan keuangan, meliputi laporan laba dan rugi yang dilakukan secara menyeluruh agar bisa melakukan penilaian yang lebih baik.

Contoh Penggunaan Kata

Agar lebih mudah dalam memahami istilah diatas, mari kita simak beberapa contoh kata yang menggunakan istilah komprehensif.

Rocky Gerung sebagai salah satu praktisi filsafat di Indonesia memang bisa berfikir secara komprehensif.

Makna komprehensif dalam kalimat diatas berarti menyebutkan bahwa Rocky Gerung termasuk salah satu praktisi filsafat yang bisa berfikir dengan sangat menyeluruh dan bisa melihat sampai detil kecil yang mungkin sulit dilihat oleh orang lain.

Tirto sebagai salah satu media di Indonesia berhasil menyajikan konten yang menarik dan disajikan secara komprehensif sehingga masyarakat memiliki pandangan yang lebih jelas terkait sebuah peristiwa.

Dalam hal ini, tirto sebagai salah satu media di Indonesia dinilai mampu menghadirkan berita berdasarkan fakta, yang dikaji secara menyeluruh dan dari berbagai aspek yang pada akhirnya bisa menghasilkan kesimpulan yang akurat.

Universitas Indonesia (UI) memang bisa menyajikan pembelajaran yang sangat komprehensif sehingga mahasiswanya bisa mengetahui masalah dilapangan dengan sangat baik.

Artinya Universitas Indonesia sebagai salah satu univ di Indonesia mampu memberikan pembelajaran yang lebih akurat dan meliputi semua aspek dalam ilmu pendidikan.

Setelah membaca penjelasan kami diatas, apakah anda masih memiliki atau masih belum memahami sitilah kata komprehensif? Jika ada yang belum paham, silahkan sampaikan pertanyaan kalian melalui kolom komentar dibawah ini.

[Tanya+Jawab]

Apa Sinonim dari Kata Komprehensif?

Kata ini memiliki banyak padanan seperti global, ekstensif, menyeluruh, lengkap, dan juga ensiklopedis.

Komprehensif Termasuk Kata Kerja atau Kata Sifat?

Dalam KBBI, kata ini dikelompokan dalam adjektiva atau kata sifat.

Lalu, apa pengertian Komprehensif?

Untuk mengetahui jawabannya, silahkan simak ulasan kita kali ini.

Ikuti Konten Menarik KAMI
Arti Kata
Apa itu Platform? Fungsi, Jenis dan Contohnya
Arti Kata
Apa itu New Normal? Pengertian & Keadaan New Normal di Era Pandemi
Arti Kata
Apa itu Virtual?
There are currently no comments.