Teknologi & Internet

Cara Mengaktifkan Subtitle di Youtube via HP dan Komputer


Youtube sudah menjadi salah satu platform paling populer untuk mencari hiburan, disini kita bisa menemukan beragam video menarik dari berbagai dunia. Bagaimana kalau kita menemukan video dari negara lain namun kita tidak familiar dengan bahasanya? Kamu bisa mengaktifkan subtitle atau terjemahan yang sesuai dengan bahasa kita, dan juga bahasa lain.

Pertanyaan yang selanjutnya adalah, bagaimana cara mengaktifkan subtitle di youtube baik via handphone (HP) maupun komputer? Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan tutorial cara menampilkan subtitle di youtube.

Cara Mengaktifkan Subtitle di Youtube via HP

Jika kamu sering melihat video youtube via handphone dan kamu ingin mengaktifkan fitur subtitlenya, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

Baca Juga: Apa saja Data Pribadi itu?

Pertama silahkan buka video yang ingin kau lihat dan klik pada bagian layar, maka akan muncul tampilan seperti ini.

subtitle youtube

Selainjutnya silahkan klik pada bagian CC yang ada di pojok kanan atas, tunggu beberapa saat, kurang lebih sekitar 10 detik maka subtitle akan muncul di layar Anda.

Namun tidak semua video youtube menampilkan tombol CC seperti diatas, lalu bagaimana cara mengaktifkan subtitle yang tidak ada CC nya? Silahkan ikuti tutorial dibawah ini. Pertama silahkan klik tiga titik di pojok kanan atas seperti gambar dibawah ini.

cara menampilkan terjemahan youtube

Setelah anda mengklik 3 titik diatas, Anda akan dibawa pada halaman dengan tampilan seperti dibawah ini.

Setelah itu klik subtitle, Anda akan dibawa pada pilihan subtitle yang tersedia untuk video tersebut, dari sini kamu bisa memilih terjemahan dari bahasa yang kamu inginkan.

Silahkan pilih bahasa yang kamu inginkan, apakah bahasa Indonesia atupun bahsa inggris.

Cara Mengaktifkan Subtitle Youtube di Komputer

Pada dasarnya cara menampilkan subtitle youtube di komputer tidak jauh berbeda dengan versi handphone, namun agar lebih jelasnya, kami juga akan menjelaskan untuk Anda. Sudah tidak sabar ingin mengetahuinya? Silahkan simak dibawah ini.

Pertama silahkan kunjungi video yang akan kalian putar, sebagai contoh kami akan menggunakan salah satu video dari pak Gita yang sedang melakukan wawancara dengan penulis buku Has China Won? The Chinese Challenge to American Primacy yakni Kishore Mahbubani.

cara menampilkan terjemahan youtube di komputer

Lihat gambar diatas, silahkan lihat bagian pojok kanan bawah dengan logo kotak mirip debit card. Klik tombol tersebut dan secara otomatis subtitle akan muncul dengan sendirinya. Namun jika pemilik video belum menambahkan subtitle, maka kita bisa menggunakan subtitle otomatis dari youtube, caranya seperti dibawah ini.

Anda harus mengklik tombol roda bergigi yang posisinya terletak di sebalah kanan tombol CC tadi. Jika bingung, lihat gambar diatas.

Setelah itu klik tombol subtitle seperti gambar diatas. Melalui tombol ini kamu akan menemukan berbagai pilihan terjemahan dari bahasa-bahasa yang ada didunia.

Dari sini kamu bisa memilih bahasa yang akan kamu pilih, apakah bahasa Indonesia atau inggris. Cukup mudah bukan?

Cara Memperbesar Ukuran Subtitle Youtube

Bagamana kalau sibtitle yang tersedia terlalu kecil sehingga kamu kesulitan untuk melihat? Kamu bisa melakukan customize pada subtitle yang akan ditampilkan, caranya cukup mudah, yakni dengan mengklik tombol opsi yang ada di menu subtitle tadi. Tampilannya seperti dibawah ini.

Setelah mengklik tombol opsi, kamu bisa melakukan cutumozing pada bagian yang kamu inginkan.

Baca Juga: Mengenal Era Digital dan Dampak Negatifnya

Beberapa hal yang bisa kamu custom seperti jenis font, warna subtitle yang tampil, ukurannya, warna bagound, opsi latar belakang, warna jendela, opasistas jendela, gaya tepi karakter, opasistas font, dan yang terkahir adalah mereset atau mengembalikan pengaturan customizing subtitle ke default.

Baca juga artikel menarik kami lainnya seperti alat pengecekan typo atau artikel lainnya dikategori Teknologi dan Komputer

Misi Divedigital.ID adalah menyebarkan informasi bermanfaat. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jadilah bagian dari misi kami dengan membagikan ke sosial media. Sharing is Caring !!

Teknologi & Internet
10 Aplikasi Cek Grammar dan Koreksi Online [REVIEW]
Teknologi & Internet
Apa itu Data Pribadi dan Bagaimana Perusahaan Mendapatkannya?
Teknologi & Internet
Apa itu Era Digital? Mengetahui Arti dan Dampak Era Digitalisasi
There are currently no comments.