Materi SEO

Cara Optimasi SEO Website Terbaru [Ultimate Guide]


Optimasi SEO (Search Engine Optimization) menjadi salah satu hal wajib dilakukan ketika kamu ingin menjalankan search marketing. Meskipun tidak mudah dan ada opsi lain yang lebih simpe (ads, affiliate, etc) namun optimasi SEO menjadi hal penting yang harus diperhatikan dengan serius.

Kenapa bisa begitu?

Untuk menjawab hal ini, kami akan menggunakan data yang diterbitkan oleh bukalapak yang kutip dari berbagai sumber.

3 Fakta Tentang SEO

CTR Organic Trafik

Dari data diatas kita bisa melihat bahwa orang yang mencari sesuatu (produk) di Google, sebanyak 2.8 % melakukan klik pada iklan, sedangkan 62.2 % nya melakukan klik pada SERP (Search Engine Result Page), dan sisanya sebanyak 35 % tidak melakukan klik terhadap apapun.

Itu artinya, sebagian besar orang memiliki kepercayaan yang lebih terhadap hasil SERP dibandingkan iklan. CTR (Click-through rate) yang akan kamu dapatkan ketika berhasil di halaman 1 akan jauh lebih besar dibandingkan dengan memasang iklan #Fakta 1

optimasi SEO website

Data masih kami ambil dari bukalapak, dan disana kita bisa melihat bahwa organic chanel memiliki trend yang TIDAK TERPENGARUH OLEH CHANEL LAIN. #Fakta 2

Ini kelebihan SEO yang kedua, selain CTR yang tinggi, chanel ini juga tidak terpengaruh oleh chanel lain, baik direct chanel atau paid chanel. SEO adalah chanel yang independent, ketika kamu spend iklan, trafik dari organik tidak akan turun, dan ketika kamu berhenti menggunakan iklan trafik juga akan tetap.

Dan yang terakhir, SEO itu gratis. Google tidak meminta bayaran sepersen pun dari hasil penelusuran #Fakta 3

Cara Optimasi SEO Website Terbaru 2019

Kami sepakat dengan apa yang dikatakan Bayu Adi Persada yang merupakan Senior Product Manager di Bukalapak.

Bayu Adi Persada

SEO is not just routine work, project, or tools utilisation. Its scope goes beyond that.

Jadi ketika kamu berniat menjadikan SEO sebagai salah satu chanel utama, maka proses optimasi harus dilakukan secara terus-menerus. Optimasi tidak boleh berhenti ketika kamu sudah ada di urutan teratas.

Apa yang terjadi jika prosesnya berhenti?

Dari pengalaman yang kami lewati, website yang sudah ada di halaman 1 dan dibiarkan begitu saja akan menghilang dengan sendirinya, digantikan oleh website lain yang dirawat.

Di Indonesia sendiri tidak demikian, rata-rata ketika website sudah di halaman satu akan dibiarkan dan akan di optimasi kembali ketika posisi SERP turun.

Stereotype seperti ini bisa kita manfaatkan untuk melakukan optimasi pada website yang posisi SERP-nya tidak bisa digeser oleh website lain. Cukup menarik bukan?

Lalu bagimana caranya? Sebenarnya cara ini sudah kami sampaikan dalam layanan jasa SEO kami, dimana ada tujuh hal penting yang harus kamu perhatikan ketika akan melakukan optimasi SEO, yakni:

  1. User Experience (UX)
  2. Content
  3. Link
  4. Query Satifaction
  5. keywords
  6. domain Authority
  7. Technical and Crawl

7 point diatas harus diperhatikan dengan baik, semuanya. Masing-masing tidak ada yang bisa stand alone, semuanya harus berjalan dengan beriringan dan saling melengkapi.

Disini akan kami jelaskan lebih detil semuanya. Yuk simak pembahasannya sampai selesai.

Lets Begin

1. User Experience

Ketika kamu ingin memaksimalkan trafik organik, maka pertanyaan pertama yang penting untuk dijawab adalah “bagaimana user experience (UX) dari website tersebut?

Sederhananya User Experience pengalaman pengunjung ketika mengunjungi website kamu, apakah mereka bisa memahami setiap element yang ada? apakah mereka dapat mengekplore seluruh navigasinya? apakah mereka merasa nyaman dengan tampilannya? Apakah mereka bisa melalui setiap tahap yang dibutuhkan? etc.

Sebelum lebih jauh membahas tentang SEO, kamu harus memastikan bahwa semua halaman yang ada di website bisa dijalankan dengan mudah, cepat, dan tanpa ada hambatan, baik di perangkat mobile atau smartphone. apalagi melihat tren sekarang yang mengarah pada mobile device, maka menarik pada dekstop saja tidak cukup.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan UX website, yaitu:

  • Konten yang terstruktur, kreatif dan nggak ngebosenin.
  • User interface design.
  • Design visual yang interaktif.

Selain konten, theme menjadi salah satu hal yang sangat menentukan bagaimana skor pengalaman penggunana.

2. Content

Adalah content yang harus menjadi perhatian selanjutnya. Saya kira ini adalah bagian yang sudah sering kamu baca, yaitu menghadirkan konten yang berkualitas. Ya, hampir semua pakar SEO di manapun berada selalu menyarankan hal ini.

Namun seperti apa sih pengertian konten berkualitas itu?

Cukup tiga kata yang menjadi acuan, yaitu “useful, relevan, and shareable.

Useful dimana konten yang kamu buat harus bermanfaat untuk calon pengunjung. Relevan artinya konten atau materi yang kamu bahas relevan dengan apa yang diinginkan pembaca, dan shareable yaitu artikel kamu mampu memancing pengunjung untuk membagikan kepada orang lain.

Tips untuk membuat konten yang seperti ini adalah:

  • Pelajari teknik menulis yang baik.
  • Selalu lakukan riset sebelum menulis untuk mencari materi yang bagus.
  • Judul yang clict bait.

3. Internal Link Structur & Backlink

Untuk cara Optimasi SEO yang ketiga ada link structur dan backlink. Dua hal yang sangat menentukan bagaimana mesin pencari dan pengunjung dapat memahami dan menjelajahi setiap halaman di website kita.

Pertama kami akan bahas struktur internal link, dimana halaman tersebut harus menyertakan link-link ke halaman lain yang relevan atau dibutuhkan pembaca.

Sedangkan untuk backlink, pastikan website kamu mendaatkan baklink yang bagus, yakni dari website otoritas dan tidak memiliki pembahasan yang dilarang.

Jangan berpaku pada jumlah, jika ketujuh point ini nanti sudah bisa kamu maksimalkan, sedikit backlink saja akan membuat website kamu berada di urutan teratas. Beberapa tipsnya adalah:

  • Gunakan anchor yang variatif, branded backlink harus memiliki prosentase terbanyak.
  • Selalu hapus link yang sudah mati.
  • Dapatkan backlink dari situs otoritas.

4. Query Satisfaction

Query Satisfaction ini sebenarnya masih berkaitan dengan high quality content dan UX tadi, yaitu segera merespon sesuatu yang penting, yang kalau dibiarkan dapat membuat pengalaman pengguna rusak, contoh seperti halaman dengan bounce rate yang tinggi.

Rata-rata materi yang useful, relevan, dan shareable memiliki bounce rate yang rendah, namun kadang tampilan yang enggak banget, atau internal link yang kurang baik dapat membuat bounce rate semakin tinggi.

Lihat, bagaimana pengunjung berinteraksi di website kamu, jika bounce rate masih tinggi, lakukan sesuatu yang dapat mereduksi hal itu. Ini semakin penting jika halaman tersebut adalah landing page. Beberapa tips untuk memaksimalkan hal ini adalah:

  • Copywriter yang kreatif.
  • UX
  • Internal link.
  • Pengelompokan konten jika pada blog.
  • Atau merekomendasikan produk lain yang relevan.

5. Keywords

Selama ini kamu melihat keyword sebagai apa? Apakah hanya sebatas kata yang diketikan oleh pengguna ketika mencari sesuatu sehingga kamu bisa bebas memasukan pembahasan apapun kedalam keyword yang sudah kamu dapatkan?

Jika pengertian kamu hanya sebatas ini, sebaiknya kenalan terlebih dahulu dengan search intent agar setiap konten yang kamu buat tidak sia-sia.

Sederhananya search intent adalah memahami atau memprediksi apa yang diinginkan pengunjung ketika melakukan pencarian dengan kata kunci itu. Gunakan maksud atau keiinginan itu sebagai landasan dalam membuat konten. Lagi-lagi ini masih berkaitan dengan high conten tadi, yaitu pembahasan yang relevan.

Sering banget kami menemui konten yang keywordnya A tapi pembahasannya B. Konten yang seperti ini kami yakin tidak akan bertahan lama di puncak pencarian, meskipun optimasi backlink sudah gila-gilaan.

Kenapa? Karena bounce rate-nya tinggi. Ketika sampai pada halaman 1 akan kembali turun.

Google BERT

BERT merupakan teknik open source berbasis jaringan neural untuk pelatihan awal natural language processing (NLP). Dengan BERT, hasil pencarian Google Search mampu ditampikan lebih baik dari sebelumnya.

- Danny Sullivan (dokumentasi Liputan6)

Jika dahulu Google menampilkan hasil pencarian dengan menyusuri per kata yang ada di website, kini dengan teknologi BERT mereka bisa melakukan pencarian dengan memahami konteks halaman secara keseluruhan.

Dengan kata lain, halaman 1 Google hanya akan diisi oleh website-wesite dengan konten yang berkualitas.

Memang hal ini belum diterapkan di Indonesia, namun Google sudah mengkonfirmsi akan diterapkan pada seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Mulai sekarang, mulai sekarang katakan selamat tinggal pada konten alakadarnya dan luangkan sedikit waktu untuk memahami search intent dari keyword yang kamu dapat. Dengan begini kamu akan lebih mudah dalam melakukan optimasi.

6. Domain Authority

Tadi kami menyarankan untuk mendapatkan backlink dari domain otoritas atau bahasa inggrisnya Authority. Apa sih domain authority itu, seberapa pentingnya, dan bagaimana cara mendapatkannya? Semua pertanyaan ini akan kami jawab dengan singkat dan padat.

Sederhananya domain authority adalah ukuran yang menggambarkan kekuatan domain tersebut. Semakin tinggi otoritas sebuah domain biasanya berbanding lurus dengan banyaknya trafik.

Sebuah domain otoritas akan sangat powerfull untuk hal apapun, baik ketika memberikan backlink atau memenangkan persaingan SERP. Jadi sudah pasti sangat penting.

Patokan

Link diversity quality, number of link, social media mentions, domain age, brand search volume.

Website baru tentu sulit untuk mendapatkan hal ini, namun kita bisa mengupayakan agar domain kita memiliki otoritas dimata mesin pencari. Caranya bagaimana? Yaitu dengan memaksimalkan lima point diatas.

7. Tecnical & Crawling

Point ketujuh adalah bagaimana Googlebot bisa mengetahui dengan cepat setiap perubahan yang ada di website kita. Bagaina caranya? Tentu saja dengan memberikan akses ke Google bot agar bisa merayapi setiap halaman website kita.

Ini adalah bagian yang sulit untuk dilihat oleh seorang yang masih baru bermain website, karena hal ini sifatnya tidak bisa dilihat. Beberapa hal yang dapat berpengaruh terhadap crawling adalah, tag follow and no follow, sitemap, dan element lain pada theme. Ada beberapa hal yang bisa kita maksimalkan untuk hal ini.

  • Gunakan theme yang SEO Friendly jika kamu tidak terlalu pada dengan bahasa coding.
  • Buat sitemap dan kirimkan pada search console.
  • Selalu gunakan tag follow and nofollow untuk halaman yang harus diakses atau tidak boleh diakses oleh Google bot.

PENUTUP

SEO memang sangat sulit untuk dilakukan, apalagi Google sendiri sudah menggunakan RankBrain yang merupakan salah satu algoritma dengan banyak misteri, yang sepertinya sulit untuk diungkap dengan jelas.

Namun jika kamu memperhatikan dan memaksimalkan 7 point penting diatas, kami yakin optimasi SEO website bukan perkara yang sulit.

Karena kita akan menghadapi kecerdasan buatan, maka perlakukan mesin pencari layaknya manusia. Jika pengunjung kamu suka, maka Google juga akan suka. Itu kuncinya 🙂

Baca Juga artikel menarik tentang cara digital marketing atau artikel lainnya di kategori materi SEO

[Frequently Asked Question]

Apa Saya Boleh Melewatkan Salah Satu dari 7 Point Penting ini?

Sayangnya harus kami katakan tidak bisa, masing-masing point tidak ada yang bisa stand alone, semuanya harus menjadi satu kesatuan dan beriringan. Toh sebenarnya 7 point diatas juga saling berkaitan satu sama lain.

Apa Parameter untuk Melihat Optimasi SEO?

Karena SEO sendiri adalah cara untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari, tentu saja parameter yang kita gunakan adalah posisi SERP dan juga seberapa banyak trafik dari search enggine.

Berapa Lama Waktu yang dibutuhkan?

Kembali kami tekankan, SEO bukanlah project yang ada masa kerjanya atau sekdar kerja rutin, ini adalah bagian yang lebih dari itu dan harus selalu disesuaikan. Namun jika pertanyaan diatas lebih kepada berapa lama untuk melihat hasil, biasanya setelah 3 bulan hasil sudah bisa kita lihat.

Bisakah Web Baru Bersaing dengan Website Otoritas?

Sangat bisa, iklim persaingan mesin pencari tidak didesain halaman satu akan tetap, namun akan selalu berubah sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan pengguna. Namun untuk bersaing dengan authority domain tentu saja membutuhkan waktu.

Ikuti Konten Menarik KAMI

Materi SEO
Pengertian & Cara Optimasi Google My Business [LENGKAP]
There are currently no comments.