Otakudesu merupakan salah satu website yang sudah cukup dikenal oleh banyak pecinta anime di Indonesia untuk menonton anime dengan subtitle Indonesia.

Rata-rata anime populler layaknya spy x family, jujutsu kaisen, shikimori, ousama ranking, aot, lycoris recoil, my dress up darling, dan kaguya sama ada di website ini.

Namun terkadang, kita tidak bisa mengakses websitenya lantaran domain dari website otakudesu terblokir oleh Kominfo.

Dalam artikel ini, divedigital.id ingin memberikan alternatif situs untuk menonton anime dengan subtitle bahasa Indonesia yang benar-benar gratis dan legal.

Namun sebelum itu, kami ingin mengajak kamu untuk membahas tentang website Otaudesu terlebih dahulu.

Fitur Unggulan Website Otakudesu

Otakudesu adalah sebuah website yang menyajikan banyak anime dengan subtitle bahasa Indonesia. Bisa dibilang ini adalah website yang koleksi animenya cukup lengkap.

Baik anime lama atau baru, yang populler atau tidak, semuanya ada di Otakudesu.

Secara umum, ada dua cara yang umum dilakukan orang ketika ingin menikmati anime di website ini, yaitu streaming secara langsung ataupun mendownload versi videonya.

Jika kamu ingin melakukan streaming secara langsung, kamu hanya perlu mengunjungi alamat link dari anime yang ingin kamu tonton. Selanjutnya kamu tinggal klik video player untuk memutar animenya.

Jika kamu ingin menonton secara offline, kamu bisa mendownloadnya juga.

Pengunjung diberikan banyak pilhan tentang ukuran dan kualitas video yang hendak di download.

Namun, prosesnya memang sedikit lebih ribet, rata-rata website seperti ini akan menghubungkan link download kepada website miror sebelum sampai pada link downlodnya.

Website Otakudesu Terblokir

Beberapa orang menyebut website sejenis Otakudesu ini sebagai website haram, lantaran website jenis ini sebenarnya adalah aktivitas ilegal, dimana anime yang mereka tayangkan sebenarnya tidak memegang lisensi hak cipta dari pembuat anime.

Layaknya konten ilegal lainnya, Kominfo selaku pihak yang melakukan pemantuan dalam ranah digital akan terus melakukan pengawasan terhadap website-website semacam ini, dan memblokir akses ke domain tersebut.

Ketika akses sudah diblokir, maka semua traffic yang mengarah ke website tersebut akan dialihkan ke halaman internet positif.

Jika sudah demikian, pemilik website akan segera mengganti alamat domain dengan ekstensi baru.

Itu sebebanya, website Otakudesu memiliki banyak alamat seperti otakudesu.video, otakudesu.tv, Otakudesu.pro, Otakudesu.biz, otakudesu.io dan akan terus bertambah.

Meski sudah di blokir, sebenarnya kita masih bisa mengaksesnya dengan beberapa cara.

Namun alih-alih menonton anime versi bajakan atau melalui website ilegal, kami lebih menyarankan kamu untuk menonton anime di website atau platform yang legal.

Sekarang sudah banyak lho platform nonton anime yang gratis namun juga legal, alias bukan konten bajakan.

Alternatif Nonton Anime Legal dan Gratis

Akiba Maid Sensou
Akiba Maid Sensou

Dengan menonton anime di tempat yang legal, sebenarnya secara tidak langsung kita juga mendukung pihak studio atau seniman yang membuat karya tersebut agar tetap membuat karya yang bisa kita nikmati.

Terdengar klasik ya, karena banyak yang sudah membahas, namun pada dasarnya memang demikian sih .

Beberapa, bahkan hampir sebagian besar platform streaming memang membebankan biaya berlangganan, jika ingin menikmati segala konten, termasuk anime yang hendak di tonton.

Netflix, Disney  Plus, Hulu, Video, Prime Video, HBO Max, HiDive, adalah beberapa platform yang membebankan biaya berlangganan untuk pengunanya.

Itu sebabnya, beberapa website nonton anime ilegal layaknya Otakudesu masih eksis dan diburu para penonton.

Namun apakah ada platform yang mengijinkan penggunanya untuk menonton anime dengan subtitle secara legal dan gratis?

Jawabannya adalah ada, kami memiliki beberapa rekomendasi jika kamu ingin menikmati anime secara legal, namun tetap gratis.

1. Bstation

Bstation masih menjadi favorit untuk menonton anime yang benar-benar gratis dan legal. Pilihan animenya juga sangat lengkap, tersedia juga subtitle bahasa Indonesia juga.

Sejauh ini layanan berlangganan dari bstation tidak kami temukan, jadi benar-benar bisa diakses secara gratis. Jika ingin install aplikasinya, kamu bisa menemukan dengan kata kunci bstation.

Namun jika ingin mengakses via browser, kamu bisa mengakses melalui domain bilibili.tv. Menariknya, disini kita tidak hanya menikmati anime, namun juga konten lain berkaitan dengan anime dari kreator lainnya. Mirip Youtube konsepnya.

2. Muse Indonesia

Berbeda dengan Bstation, Muse Indonesia adalah akun chanel Youtube yang juga rutin menayangkan konten anime populler layaknya Spy x Family dan anime lainnya.

Namun tidak semua anime yang sudah di upload ke channel ini akan selalu tersedia, beberapa dari anime akan di take down setelah jam tayang sudah terlewat.

Khusus untuk anime populler seperti Spy x Family, mereka juga melakukan streaming di jam-jam tertentu, dan setelah itu, kontennya akan dihapus.

3. IQIYI

Ini sebenarnya termasuk salah satu platform streaming populler, yang tidak hanya menghadirkan anime, namun juga juga serial drama seperti drakor dan lainnya.

Hampir sebagian besar anime dengan subtitle Indonesia bisa kita akses secara gratis, namun ada beberapa episode yang sengaja di kunci, dan hanya tersedia untuk member premium saja.

Namun dari segi kenyamanan, IQIYI not bad lah.

4. Viu

Viu juga memiliki koleksi anime yang tidak kalah banyak, dan hampir sebagian besar kontennya bisa kita akses secara gratis. Namun aplikasi ini memiliki banyak sekali iklan, yang kadang membuat beberapa orang tidak nyaman.

Selain itu, kadang ketika kita meng-klik episode 5, yang muncul justru episode 3. Memang sedikit lebih effort, namun sesuailah sama apa yang disajikan, dimana kita diberikan akses untuk menonton konten premium secara gratis.

5. Youtube Ani-One

Youtube Ani-One juga merupakan channel Youtube yang konsepnya mirip dengan Muse Indonesia. Kita disini menonton anime dengan subtitle Bahasa Indonesia secara gratis layaknya Muse.

6. Youtube Gundaminfo

Channel Youtube yang satu ini juga menghadirkan anime series yang tidak jauh berbeda dengan Ani-One dan juga Muse Indonesia. Hanya saja, sebagian besar kontennya tidak memiliki subtitle bahasa Indonesia, hanya subtitle inggris saja.

Itulah beberapa alternatif bagi kamu yang ingin menonton anime dengan subtitle Indonesia secara gratis, namun juga legal terbebas dari konten bajakan. Jadi meskipun website Otakudesu kena blokir, kamu tidak perlu pusing lagi.

Artikel Lainnya

Dapatkan info hot seputar anime dan chit chat bareng pencinta anime lainnya dengan bergabung di grup Telegram "Fandom Anime Indonesia" yang dikelola oleh Divedigital.ID melalui link berikut: https://t.me/fandomanimeid

Write A Comment