Gojek mengubah kita dalam mengunakan transportasi umum, sedangkan Airnbn mengubah cara kita dalam bepergian dan travelling, khususnya terkait dengan bagaimana cara kita memesan hotel atau vila ketika liburan.

Masuknya Airbnb ini tidak hanya berlaku dalam skala lokal saja, namun bisa dibilang menglobal karena memang Airbnb merupakan marketplace yang beropasi diseluruh dunia.

Dalam postingan kali ini, kami akan berbicara tentang cara pembayaran Airbnb dan kenapa banyak orang lebih tertarik untuk menggunakan marketplace satu ini, ketimbang langsung melakukan reservasi di hotel yang sudah terkenal.

Untuk kamu yang sering melakukan perjalanan, kamu wajib menyimak artikel ini sampai habis. Dijamin, liburan kamu akan lebih seru setelah mengenal Airbnb.

Apa itu Airbnb?

Airbnb adalah marketplace yang berfokus pada kebutuhan penginapan untuk liburan dan pariwisata. Sebagian besar produk yang listing di marketplace satu ini adalah vila dan homestay.

Airbnb merupakan perusahaan Amerika yang berbasis di San Francisco, California, namun cakupan produknya sudah mencapai seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dilihat dari pengertian diatas, mungkin kamu langsung teringat dengan salah satu Online Travel Agents yang ada di Indonesia seperti traveloka dan tiket.com.

Apakah Airbnb sama dengan traveloka dan tiket.com?

Bisa dibilang serupa namun tidak sama. Khusus untuk kategori penginapan, di traveloka dan tiket.com saat ini kita hanya akan menemukan penginapan yang pengelolaannya dilakukan secara profesional seperti hotel, villa, atau guest home.

Namun tidak dengan Airbnb, disini kamu bisa menemukan penginapan yang jauh lebih lengkap, tidak hanya hotel guest home saja, kadang kamu juga bisa menemukan rumah yang dekat dengan wisata yang bisa kita sewa.

Hal ini karena setiap orang yang memiliki rumah atau property bisa menyewakan tempatnya, dan memberikan harga sesuai dengan pemiliknya. Meskipun demikian, keamanan sangat terjamin, karena pembayaran tidak langsung diberikan kepada pemilik rumah, namun lewat Airbnb.

Ketika masa boking sudah selesai, dan kamu sebagai penyewa tidak ada komplain, barulah pembayaran akan diteruskan oleh Airbnb kepada pemilik rumah.

Kelebihan Airbnb dibandingkan Hotel

Hotel memang menjadi pilihan paling populer untuk menginap dikala liburan atau berpergian? Namun seiring berjalannya waktu, orang yang memanfaatkan Airbnb pada saat liburan juga tidak kalah banyak.

Lalu apa yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan Airbnb? Kenapa tidak memilih kepraktisan yang ditawarkan hotel? Berikut beberapa kelebihan dari Airbnb.

1 Harga Murah Fasilitas Wah

Jika artikel ini merupakan awal perkenalkan kamu dengan Airbnb, bersiaplah untuk menemukan banyak penginapan yang menarik namun bisa kita sewa dengan harga yang terjangkau. Beberapa orang sering menyebutnya sebagai hidden gem atau tempat-tempa epic dan tersembunyi yang hanya bisa kamu temukan di Airbnb.

Dibali misalnya, kamu bisa menemukan 180° View, Private Pool Villa dengan pemandangan luar biasa berupa hamparan hutan dengan harga hanya $119 per malamnya.

2 Pilihan yang Beragam

Ketika liburan, setiap orang tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Meskipun dalam suasana liburan, tidak semua orang menyukai kepraktisan yang ditawarkan oleh hotel.

Misalnya kamu ingin tetap memasak sendiri pada saat liburan, atau membawa binatang peliharaan saat liburan. Nah hal-hal semacam ini sangat mungkin untuk kita lakukan jika memesan penginapan di Airbnb.

3 Bisa dipakai Banyak orang

Apa sih hal menyenangkan yang harus dilakukan pada saat liburan? Selain mengunjungi tempat yang spesial, menghabiskan waktu bersama orang spesial di tempat yang spesial tentu menjadi salah satu check list yang wajib untuk dilakukan.

Sayangnya kebanyakan hotel hanya memperbolehkan pengunjung untuk mengisi satu kamar dengan maksimal 2 orang.

Dan hal seperti ini, di Airbnb, kita bisa memfilter beberapa tempat yang bisa kita sewa berdasarkan jumlah orang yang liburan bersama kita. Untuk harganya sudah pasti lebih murah dari pada hotel dan yang paling penting kita tetap bisa asyik bersama teman-teman.

4 Penginapan di Lokasi strategis

Tidak hanya di luar negri, di Indonesia pun hal yang sama juga bisa terjadi, salah satunya hotel atau guest home yang lokasinya strategis alias dekat dengan pusat kota atau lokasi wisata pasti akan memiliki harga lebih mahal.

Jika kamu ingin menginap di lokasi yang strategis namun dengan harga terjangkau, kamu bisa memesannya di Airbnb, beberapa orang berhasil menemukan penginapan di tempat yang strategis namun dengan harga yang ramah di kantong.

5 Nuansa Penuh Kearifan Lokal

Salah satu hal menarik yang ingin dirasakan semua orang adalah merasakan seperti apa kultur dan budaya yang ada di sekitarnya. Hal seperti ini biasanya akan sulit untuk kita dapatkan ketika menginap di hotel, namun ketika kamu memilih untuk memesan di Airbnb, kamu bisa merasakan kearifan lokal dengan lebih kental. Disini kamu memiliki kesempatan untuk merasakan hal-hal unik yang tidak akan kamu dapatkan ketika menginap di hotel.

4 Cara Booking Kamar dan Pembayaran di Airbnb

Dibalik kemudahan yang diberikan oleh Airbnb, bukan berarti tidak ada hal yang cukup sulit untuk diselesaikan lho, salah satunya terkait dengan pembayaran Airbnb. Harus diakui bahwa pembayaran di Airbnb tidak semudah melakukan pembayaran di traveloka dan tiket.com.

Dan untuk kamu yang ingin tahu bagaimana cara membayar kamar atau memboking kamar di Airbnb, kita bisa menggunakan 4 pilihan metode sebenarnya yakni kartu kredit, kartu debit yang bisa berfungsi sebagai kredit card, paypal, dan juga Google Pay.

Dan berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika akan boking villa, guest home, atau penginapan lainnya di Airbnb.

1 Silahkan kunjungi situs resmi www.airbnb.co.id dan login ke akun kamu.

2 Lalu silahkan buka penginapan yang hendak kamu booking, sebagai contoh kami akan memilih Designer 4 Bedrooms Villa in Seminyak dengan harga $84 per malam.

pilih kamar

3 Scroll kebawah, tepat dibawah harga ada beberapa kolom yang harus kamu isi dimulai dari tanggal check in, tanggal check out, dan jumlah tamu. Disana nantinya akan muncul berapa biaya yang harus kamu bayar. Jika semua data sudah kamu isi, silahkan klik “Pesan”.

tanggal check in

4 Enaknya di Airbnb, kita bisa langsung membayar seluruh tagihan atau sebagian saja dan sisanya kita bayar ketika di penginapan. Silahkan pilih salah satu dari dua opsi ini.

pilih jumlah bayar

5 Tepat dibawah menu ini, ada menu pilihan metode pembayaran, secara default, pembayaran Airbnb akan menggunakan credit card.

pembayaran airbnb via kartu kredit

Ketika kamu memilih credit card, ada 3 bagian yang menjad sangat penting untuk kamu isi, yakni nomor kartu, tanggal kedaluarsa, dan juga CVV.

Bagian ini juga berlaku ketika kamu ingin menggunakan kartu debit yang bisa berfungsi sebagai credit card seperti jenius atau bank jago.

Tiga bagian ini, bisa kamu lihat pada kartu kredit yang kamu miliki, semua informasi tersedia disana. Jika sudah, silahkan isi alamat penagihan yang merupakan alamat dimana kamu tinggal.

Jika kamu ingin menggunakan paypal, silahkan ganti pilihan kartu kredit menjadi paypal.

pembayaran via paypal

Setelah kamu pilih paypal, maka akan muncul menu paypal berwarna biru yang ketika kamu klik, kamu langsung akan diarahkan untuk login ke akun paypal dan pembayaran segera bisa di proses.

Jasa Bayar Airbnb

Ingin memboking kamar di Airbnb, namun tidak memiliki kartu kredit atau paypal? kamu tidak perlu kuatir, karena divedigital.id kini menyediakan jasa pembayaran, salah satunya di situs Airbnb.

Berikut prosedur yang harus kamu lalui untuk menggunakan jasa pembayaran airbnb di divedigital.id:

  1. Silahkan hubungi admin divedigital.id melalui whatsApp.
  2. Informasikan username dan password kamu di Airbnb, lengkap dengan nama kamar yang ingin kamu booking, tanggal check in dan check out.
  3. Lakukan pembayaran ke nomor rekening divedigital.id
  4. Kami akan melakukan pembayaran kamar kamu melalui akun airbnb kamu dengan kartu kredit atau paypal kami.
  5. Setelah pembayaran sukses, kami akan logout dari akun kamu.
  6. Hubungi kami dengan klik berikut

Berikut cara bayar airbnb lengkap dengan jasanya jika kamu tidak memiliki pilihan metode pembayaran namun ingin booking kamar di Airbnb. Semoga artikel ini bermanfaat, dan sampai jumpa di pembahasan lainnya.

Write A Comment