Arti Kata

Presensi Adalah? Inilah Pengertiannya Menurut KBBI dan Contoh


Coba kita sedikit kembali ke rutinitas yang biasa kita lakukan saat masih menjadi siswa disebuah lembaga pendidikan, apa istilah yang sering digunakan untuk mengecek kehadiran siswa? Jawaban yang umum mungkin adalah ‘Daftar Absensi’ sedangkan beberapa orang akan menjawabnya dengan ‘Daftar Presensi’.

Kata absensi mungkin lebih sering digunakan ketika akan mencatat kehadiran peserta dalam sebuah kegiatan, namun presensi sendiri sangat jarang, dan kemudian munculah pertanyaan ‘apa itu presensi yang biasa dilakukan di kelas atau sebuah acara?’ untuk mengetahui hal ini, silahkan simak pembahasan kami berikut ini.

Arti dan Pengertian Presensi Menurut KBBI

Terkait dengan istilah yang ada dalam bahasa Indonesia, untuk mengetahui artinya kita bisa merujuk pada kamu besar bahasa Indonesia (KBBI) yang beralamat di kbbi.kemdikbud.go.id. dan berikut arti presensi menurut KBBI:

  • Presensi adalah kata benda yang memiliki arti kehadiran.

Kata presensi sendiri adalah sebuah istilah yang diadopsi dari bahasa Inggris yakni ‘Present’ yang juga memiliki arti yang sama yakni kehadiran.

Baca Juga: 50 Kosa Kata Paling Aesthetic dalam KBBI

Perbedaan Presensi dan Absensi

Jika arti presensi seperti diatas, lalu apa yang membedakan presensi dan absensi itu sendiri? Pertanyaan ini memang kerap muncul bagi mereka yang terbiasa menggunakan kata absensi untuk mengecek kehadiran, dan sebenarnya perbedaannya sangat mendasar.

Absensi sendiri artinya adalah daftar ketidak hadiran, kata ini berasal dari istilah bahasa inggris juga yakni ‘absent’ yang artinya tidak hadir. Jadi jika kamu bertanya perbedaan presensi dan absensi dengan maksud awal ini adalah kata yang memiliki arti sama, itu salah total.

Kedua kata ini memiliki arti yang berlawanan, namun sebagian besar dari kita sering menggunakan kata absensi untuk menunjukkan daftar kehadiran.

Jadi misalkan ada guru atau pembina kamu yang mengatakan “silahkan mengisi lembar absensi dulu ya?” itu jika kita merujuk pada arti yang ada di KBBI, maksudnya adalah “silahkan mengisi lembar tidak hadiran dulu ya” seperti itu. Namun biasanya maksudnya bukan demikian, si guru atau pembina biasanya meminta untuk mengisi lembar absensi, mereka hanya salah saja, menggunakan kata absensi untuk tujukan presensi.

Contoh Presensi

Meskipun mungkin ini adalah kata yang masih sangat baru kamu dengar, sebenarnya contoh presensi ataupun contoh nomor presensi sudah sering kamu lihat, yakni pada lembar kehadiran. Kurang lebih contohnya seperti ini.

contoh presensi

Bagaimana, apakah kamu salah satu orang yang selama ini salah mengartikan kata absensi? Tak apa, kamu tidak sendirian, ada banyak sekali orang yang juga mengalami hal yang sama. Namun yang jelas, presensi adalah kehadiran, sedangkan absensi adalah tidak hadiran.

Baca Juga: Apa itu Good Attitude? Inilah Pengertian dan Contohnya

Oh ya, jika kamu merasa teman-teman kamu juga belum banyak yang mengetahui ini, kamu bisa membagikan artikel ini ke sosial media ya, jangan lupa, sharing is charing, membagikan informasi penting termasuk salah satu bentuk kepedulian.

Arti Kata
Apa itu Inklusif? Arti dan Cara Menumbuhkan Masyarakat yang Bersikap Inklusif
Arti Kata
Arti Geger Geden Bahasa Jawa yang viral banget
Bahasa Jawa
Arti Kata Dalem Mas atau Sayang Dalam Bahasa Jawa
There are currently no comments.