Arti Kata

Apa itu Roadmap? Pengertian, Prinsip, dan Template


Secara bahasa, arti dari roadmap adalah peta yang dijadikan sebagai petunjuk arah. Namun dalam dunia bisnis, roadmap sering diartikan sebagai sebuah dokumen yang menjelaskan suatu rencana dengan jelas dan rinci bagaimana suatu strategi dilakukan dan menjadi acuan dalam menjalankan program.

Sederhananya, roadmap adalah dokumen yang menjadi gambaran besar serta petunjuk dalam melakukan perubahan dan mencapai sesuatu. Tidak hanya dalam dunia bisnis, roadmap juga biasa digunakan dalam sebuah penelitian dan feformasi birokrasi.

Tujuan Roadmap

Mungkin beberapa dari anda yang bertanya, kenapa sebelum melakukan suatu hal kita diminta untuk membuat roadmap atau menjelaskan roadmap yang akan dilakukan. Berikut beberapa tujuan adanya roadmap:

  • Roadmap berfungsi sebagai instrumen yang akan memandu perubahan kegiatan dengan melihat karakteristiknya.
  • Roadmap juga bertujuan sebagai instrumen yang akan menjadi pemersatu seluruh kegiatan dalam lingkungan yang sudah ditetapkan.
  • Roadmap memiliki tujuan untuk memandu mana bagian start dan finish sampai program tersebut dinyakan sukses.
  • Selain itu, roadmap juga berfungsi sebagai rujukan dari setiap perubahan yang akan dilakukan.

Prinsip Dasar Roadmap

Karena roadmap memiliki peran yang sangat vital, maka dokumen ini tidak bisa dikerjakan secara sembarangan. Berikut beberapa prinsip dasar dalam membuat roadmap.

  • Ringkas: dasar yang pertama adalah ringkas. Pembuat roadmap harus bisa membuat dokumen tersebuat secara padat dan tidak melebar.
  • Jelas: bahasa yang digunakan untuk menyusun roadmap adalah bahasa yang jelas agar mudah untuk dipahami.
  • Terukur: semua hal, termasuk goal, output, outcoms, program, waktu, dan kegiatan bisa diukur dengan sangat baik.
  • Rinci: pembuatan roadmap harus bisa melihat dari sisi kedetailan.
  • Adjustable: sebuah roadmap harus bisa mengakomondasikan feedback dan juga revisi jika diperlukan.
  • Komitmen: sebuah dokumen bisa dikatakan sebagai roadmap jika itu adalah dokumen yang telah disetujui oleh mereka yang terlibat. Ini penting agar semua pihak yang terlibat tahu tanggung jawabnya masing-masing.
  • Resmi: selanjutnya, ini akan menjadi dokumen resmi yang menjadi acuan atau rujukan dari setiap mereka yang melakukan pekerjaan dalam ruang lingkup yang sudah ditentukan.

Funsi Roadmap untuk Stakeholder

Dalam pembuatan produk baru, biasanya tim yang terlibat juga diminta untuk membuat roadmap. Berikut beberapa fungsi dari roadmap duntuk para stakeholder:

Manajer

Roadmap bisa digunakan oleh manajer sebagai sebuah media untuk mengkomunikasikan tentang rencana yang akan dilakukan kedepannya kepada seluruh stakeholder.

Tim Pengembang

Sedangkan untuk tim pengembang, keberadaan roadmap bisa berfungsi sebagai media untuk mempermudah dalam mengalokasikan sumber daya yang dimiliki perusahaan.

Tim Desain

Roadmap juga sangat bermanfaat untuk tim desain. Dengan adanya roadmap, para ahli desain bisa mendapatkan gambaran yang jelas mengenai arah atau goal yang ingin dicapai sehingga bisa fokus pada kepuasan pengguna.

Tim Marketing

Roadmap juga dapat membuat tim marketing bisa dengan mudah untuk mempertahankan pelanggan lama dan juga mendapakan pelanggan baru.

Eksekutif

Sedangkan untuk dijajaran eksekutif, adanya roadmap bisa berfungs sebagai media untuk menilai apakah program yang dijalankan berjalan sesuai rencana atau tidak.

Template dan Contoh

Jika anda ingin membuat roadmap, berikut contoh template roadmap, bagaimana program pengembangan SEO pada sebuah website.

contoh roadmap

Baca juga artikel menarik mengenai arti buzzer politik atau konten lainnya dikategori arti kata

Ikuti Konten Menarik KAMI
Arti Kata
Apa itu Virtual?
Arti Kata
Apa itu Platform? Fungsi, Jenis dan Contohnya
Arti Kata
Apa itu Buzzer? Mengetahui Arti, Ciri Ciri dan Cara Kerja Buzzer [Pendengung]
There are currently no comments.