Coffee Break

Sejarah Google dan Fakta Unik Perusahaan Besutan Page & Brin


Masyarakat di era pembaruan seperti sekarang ini tentu menyukai hal-hal instan, termasuk dalam mencari sesuatu yang tidak diketahui sebelumnya. Terlebih lagi sejak munculnya salah satu mesin pencari di dunia. Namun, kenyataannya sangat banyak dari kita yang belum mengetahui sejarah singkat google dan fakta unik lainnya.

Padahal Google sudah menjadi salah satu produk atau brand, bahkan sampai platform yang sudah melekat di kebudayaan masyarakat era sekarang ini.

Sejarah Munculnya Google di Dunia

Sejak awal mula kemunculannya di Internet, mesin pencari otomatis begitu digandrungi oleh seluruh kalangan, baik tua maupun muda. Naasnya di balik hal tersebut orang enggan menggali informasi lebih jauh mengenai sejarah google.

Mulanya kata ‘Google’ muncul akibat kecelakaan dari pencetusnya yakni Larry Page dan Sergey Brin. Kedua pria ini saat itu masih menyandang status sebagai mahasiswa Pascasarjana (S2) di Stanford University, California Amerika Serikat.

Mesin pencari bernama Google yang kita kenal saat ini pada awal pengembangannya bernama BackRub, namun seiring berjalannya waktu, dua inisiator mesin pencari tersebut mengganti nama menjadi “Googol”.

Bukan tanpa alasan larypage dan Sergey Brin menggunakan nama ini, melainkan ini adalah sebuah istilah dalam matematika yakni angka 1 yang selanjutnya diikuti dengan 100 angka nol. Istilah ini diambil karena sejalan dengan misi Google, yakni mengumpulkan seluruh informasi yang ada di internet dengan cakupan tak terbatas.

Dan disinilah kecelakaan itu dimulai, dalam pengembangannya investor mulai menulis sebuah cek dengan nama Google yang seharus ‘Googol’, dan akhirnya  larypage dan Sergey Brin menggunakan nama tersebut, yang kini justru sepertinya terlihat lebih keren.

Sejak tahun 1996 proyeksi pembuatan Google mulai dilakukan, hingga kemudian sebuah teknologi bernama ‘PageRank’ menjadi sumber inspirasi keduanya. Tentu saja berbekal semua refrensi tentang komputer yang telah dikumpulkan.

Setelah bisnis Google sukses terkenal di kalangan masyarakat, pertama kalinya Co-Founder Sun memberikan suntikan dana investasi kepada Google senilai Rp. 1.3.000.000.000,00. Oleh karena itu perlahan tapi pasti Google berhasil membentuk sebuah tim yang hingga saat ini mampu menjadi pusat layanan informasi masyarakat di seluruh dunia.

Beberapa Fakta Unik dari Google

Setelah membaca ulasan mengenai sejarah singkat Google, tentu menyenangkan apabila turut mengetahui fakta uniknya agar bisa dijadikan sumber pengetahuan tambahan. Berikut ini uraiannya:

1. Ide Tercetus di Garasi

Kedua pencetus Google bernama larypage dan Sergey Brin tersebut mulanya sedang berkunjung ke garasi Susan Wojcicki, teman mereka. Lokasi tepatnya berada di Menlo Park, California. Perbincangan kecil kemudian terbentuk hingga mulai melakukan kegiatan pembuatan Google.

Garasi milik Susan Wojcicki memiliki banyak alat yang mendukung untuk pengoperasian komputer, serta koneksi jaringan kuat. Sejak saat itu kemudian Wojcicki memutuskan turut serta bergabung dalam team Google, hingga mampu berfungsi sampai saat ini.

2. Penyimpanan Sebanyak 10 Hard Drive Sebesar 4GB

Mengingat pada era tahun 90-an komputer belum mampu menyediakan kapasitas output untuk menyimpan data, maka kedua pencetus Google mulai membuatnya. Meskipun saat pertama kali bernama Backrub, hanya mampu menyimpan sekitar 40GB.

Hal unik yang sangat jarang diketahui orang adalah sejak nama Backrub berganti menjadi Google, Page dan Brian menghadirkan sebanyak 10 buah Hard Drive. Masing-masing tersebut memiliki kapasitas ruang sebanyak 4GB. Menakjubkan bukan?

3. Karyawan Google Memiliki Panggilan Unik

Bagi siapa saja yang bekerja dalam perusahaan Google, setiap karyawan dipanggil dengan sebutan ‘Googler’. Bagi pekerja baru dijuluki ‘Noogler’, tidak hanya itu masing-masing orang diharuskan memakai topi berwarna biru, kuning dan merah saat pertemuan pertama.

Karyawan yang bekerja pada Google juga akan diberikan fasilitas makan gratis. Hal tersebut bertujuan agar pekerja mampu bekerja dengan nyaman, mengingat setiap detik Google harus mampu memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna di dunia.

4. Memiliki Batas Kueri Pencarian

Sejauh ini orang menganggap bahwa Google sebagai mesin pencari tidak mampu memunculkan informasi apabila pengguna mengetikkan lebih dari 5 kata. Padahal, faktanya tidak demikian sehingga masyarakat cenderung salah mengartikan.

Fakta unik yang harus diketahui adalah bahwa Google bahkan mampu menyajikan data informasi dalam batas kueri sampai 32 kata. Sehingga, bagi pengguna yang masih merasa kebingungan, dapat lebih mudah mendapatkan informasi di dalamnya.

Ulasan mengenai sejarah singkat Google beserta faktanya, diharapkan mampu menjadi sumber tambahan informasi keilmuan dibidang teknologi. Jangan sampai menjadi pengguna media yang hanya mengoperasikan tanpa mengenalnya lebih lanjut.

Baca juga artikel menarik tentang Kota Paling Toleran di Indonesia atau artikel lainnya di Kumpulan Artikel Seru.

Misi Divedigital.ID adalah menyebarkan informasi bermanfaat. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jadilah bagian dari misi kami dengan membagikan artikel ini ke social media. Sharing is Caring !!

Tutorial SEO
Pengertian & Cara Optimasi Google My Business [LENGKAP]
SEO Glossary
Apa itu Search intent? Pengertian dan Jenisnya
Coffee Break
5 Fakta Kehidupan Keluarga Mark Zuckerberg Pendiri Facebook
There are currently no comments.