SEO sebagai media marketing sebenarnya bukan hal baru, jauh sebelum istilah Go Digital menjadi prioritas banyak usaha, strategi ini sudah digunakan oleh para blogger dan digital marketer kala itu untuk menjual produk dan jasanya.

Seiring berjalannya waktu, banyak perusahaan yang mengadopsi srategi ini, dan Boom, tahun ini hampir semua query di halaman satu Google di rajai oleh website perusahaan yang memiliki nama besar.

Dalam artikel kali ini, divedigital.id akan membahas seputar SEO marketing atau SEO sebagai salah satu strategi marketing yang efektif untuk meningkatkan penjualan dimulai dari pengertian, kelebihan, cara kerja, dan tips melakukannya.

Selain itu, di akhir artikel kami juga akan menawarkan keahlian yang kami miliki untuk membantu mempromosikan produk Anda.

Apa itu SEO Marketing?

Untuk menjawab apa itu SEO marketing, terlebih dahulu kami akan menjelaskan kembali apa itu SEO dan apa itu Marketing yang sebenarnya sudah pernah kami bahas dalam postingan lain di website ini.

SEO merupakan kepanjangan dari Search Engine Optimization, yakni sebuah teknik atau strategi yang digunakan untuk memaksimalkan rangking halaman website pada mesin pencari.

Semakin tinggi rangking halaman sebuah website di mesin pencari seperti Google, tentu akan lebih banyak orang yang membacanya (traffic).

Sedangkan marketing sederhananya adalah mengenalkan produk kepada calon pembeli dengan harapan agar produk makin dikenal dan penjualan meningkat.

Dari uraian diatas bisa kita tarik kesimpulan bahwa SEO Marketing adalah cara mengenalkan produk kepada kalayak luas atau calon pembeli dengan memanfaatkan strategi optimasi SEO.

Sederhananya, SEO Marketing merupakan strategi untuk membuat konten marketing yang sudah kita buat dan kita upload pada website berada di urutan teratas mesin pencari, sehingga informasi tersebut dibaca dan diketahui banyak orang.

Ada beberapa hal yang kita butuhkan untuk menerapkan SEO Marketing, beberapa hal yang kami maksud adalah:

  • Website: adalah media yang digunakan untuk meletakan konten marketing kita dimulai dari teks, gambar, video, hingga audio.
  • Konten Marketing: Sebuah konten yang akan kita letakan pada halaman website yang menjelaskan produk Anda (konten marketing) baik berupa teks, gambar, video, hingga audio.
  • Optimasi Onpage: Salah satu element penting dalam optimasi SEO, yakni menyiapkan website agar mudah dipahami mesin pencari seperti memberikan tag heading, image alt, meta deskripsi, dll.
  • Optimasi Offpage: Element lain dalam optimasi SEO yakni melakukan optimasi dari luar web dimulai dari mendapatkan backlink sampai sosial media signal.

Cara Kerja SEO Marketing

Lalu bagaimana cara kerja SEO Marketing itu sendiri? Bagaimana SEO bisa meningkatkan penjualan produk Anda?

Kami akan memulainya dengan memberikan contoh realnya terlebih dahulu agar kita lebih mudah untuk memahami kerjanya. Silahkan buka https://www.google.com/ dan ketikan kata kunci hosting murah atau hosting Indonesia.

Hosting Murah

Dibawah iklan, mesin pencari seperti Google akan mengeluarkan hasil sekitar 10 website yang menjual hosting di wilayah Indonesia.

Jika beberapa website yang ada disana Anda klik, maka akan memunculkan konten (artikel+gambar+video) yang akan menjelaskan apa saja hosting yang dijual oleh masing-masing brand, lengkap dengan kelebihan dan alasan kenapa brand tersebut lebih baik dibandingkan dengan brand lain.

Inilah inti dari SEO Marketing, yakni menjelaskan produk kedalam sebuah konten yang akan di upload ke website, dan memaksilkan website tersebut agar konten marketing kita muncul di mesin pencari seperti Google di urutan teratas sehingga banyak orang yang tahu dan akhirnya membeli produk Anda.

Berikut langkah-langkah yang dibutuhkan untuk menjalankan SEO Marketing:

  • Membuat website.
  • Riset keyword untuk menemukan kata kunci yang digunakan banyak orang untuk mencari produk kita.
  • Membuat konten marketing (berdasarkan keyword yang sudah kita riset) yang nantinya akan menjelaskan produk kita dan di upload ke website.
  • Melakukan optimasi SEO agar halaman konten marketing kita muncul diurutan teratas google dan akhirnya mendapatkan pembaca.

Membuat website, lalu membuat konten marketing untuk produk kita sepertinya mudah untuk dilakukan ya? Dua hal ini memang mudah untuk dilakukan, yang sulit sebenarnya

Optimasi SEO yang harus kita lakukan agar halaman konten marketing yang kita buat berhasil mengalahkan website lain yang juga menjual hal yang sama, yang akhirnya website kitalah yang oleh google ditaruh pada urutan teratas.

5 Kelebihan SEO Marketing

Pada awalnya, SEO memang dinilai sebagai salah satu strategi yang ramah di kantong UMKM, namun untuk sekarang sepertinya ungkapan tersebut sudah tidak relevan.

Ketika perusahaan besar sudah masuk kedalam SEO, SEO sudah tidak lagi murah. Bisa dibilang biaya yang dikeluarkan lumayan mahal, jadi sangat wajar jika Anda ragu untuk menjalankan strategi ini.

Lalu, apa saja sih kelebihan dari SEO Marketing sehingga banyak perusahaan besar tertarik dengan strategi marketing satu ini? Berikut beberapa kelebihan SEO Marketing dibandingkan strategi lainnya:

1. Pembeli Potensial

Seperti yang kita tahu, Google adalah mesin pencarian informasi, itu artinya jika Anda berhasil berada di urutan teratas mesin pencari dengan kata kunci yang tepat, Anda akan mendapatkan calon pembeli yang potensial, yakni orang yang benar-benar membutuhkan produk Anda.

Analoginya ketika Anda sedang mencari tukang bangunan di Google, kami yakin Anda sudah memiliki keinginan untuk merenovasi atau membangun rumah.

Dimata jasa tukang bangun rumah yang membuat website dan muncu di Google, Anda adalah calon pelanggan potensial karena Anda membutuhkan jasanya.

Jika Anda membuat toko baru dipinggri jalan raya, orang yang akan melihat toko Anda mungkin orang yang tertarik dengan produk Anda, biaya saja, atau bahkan tidak suka.

Namun di SEO Marketing, sebagian besar orang yang berkunjung ke website Anda dari mesin pencari adalah orang yang benar-benar membutuhkan produk Anda, tinggal konten marketing yang Anda buat berhasil meyakinkan mereka untuk membeli atau tidak.

 Jika Anda sudah berhasil mendapatkan calon pembeli yang potensial, tentu saja prosentase penjual akan meningkat akan semakin nyata untuk kita raih.

2. Jangkauan Luas

Karena media yang kita gunakan adalah website yang bisa diakses melalui internet, tentu saja jangkauannya akan lebih luas.

Jika kata kunci yang kita bidik merupakan kata kunci dalam skala internasional, dalam artian bukan bukan lokal, konten marketing yang kita buat melalui website akan bisa menjangkau seluruh calon pembeli yang ada di Indonesia.

Bahkan melalui website, tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan dari luar negri.

Sudah menjadi fakta bahwa berjualan di internet mampu membuat jangkauan pemasaran produk kita menjadi lebih luas.

3. Potensi Tingkat Penjualan Bisa dihitung

Dalam SEO, kita mengenal yang namanya ‘search volume’ yakni data yang digunakan untuk menjelaskan seberapa banyak orang yang menggunakan kata kunci tersebut dalam periode tertentu.

Jika kita bisa mengetahui seberapa banyak jumlah voulume dari suatu kata kunci, tentu kita bisa menghitung, jikalau web kita berhasil ada di urutan teratas mesin pencari, kira-kira seberapa banyak pengunjung yang masuk ke website kita dan berhasil kita konversi menjadi penjualan?

Ada banyak tools yang bisa kita gunakan untuk melihat search volume dimulai dari ubersugest, ahrefs, sampai Google Tren. Bahkan di google tren kita juga akan dikasih tahu, kota mana saja yang menggunakan kata kunci tersebut.

4. Meningkatkan Awareness

Berbicara tentang SEO Marketing pada padasarnya berbicara tentang konversi penjualan. Jika kita berhasil merangking halaman produk kita dengan kata kunci yang tepat, bisa dipastikan bahwa penjualan kita akan meningkat.

Misalnya dari 50 orang yang berhasil menemukan produk Anda dari mesin pencari, 20 orang berakhir pada pembelian produk, sedangkan 30 orang lainnya tidak berhasil kita konversi.

Meskipun kita tidak berhasil mengkonversi 30 orang yang sudah melihat produk kita, ini masih memiliki manfaat, yakni untuk meningkatkan awareness atau tingkat kesadaran atau pengenalan produk kita.

5. Beropasi 24 Jam dalam Seminggu

Sama halnya ketika Anda mengganti karyawan yang bekerja dengan robot yang didesain dengan kemampuan khusus, maka oprasional penjualan bisa berjalan selama 24 Jam penuh dalam satu minggu selama Anda mau.

Begitu juga dengan website yang Anda gunakan untuk menjalankan SEO Marketing, oprasional pemasaran produk akan berjalan selama 24 dalam satu minggu, dan orang akan membeli produk Anda sesuai dengan sistem pembelian di website Anda.

3 Kekurangan SEO Marketing

Kelebihan yang kami sampaikan diatas mungkin akan membuat Anda lebih tertarik untuk menjalankan SEO Marketing. Eits sabar dulu, kurang bijak rasanya jika kita hanya tahu kelebihannya tanpa melihat kekurangan dari strategi ini.

Yuk simak kekurangan dari strategi ini, agar Anda memiliki gambaran yang lebih kongkrit, apakah Anda bisa menerima kekurangan dari strategi ini atau fokus pada strategi marketing yang selama ini sudah Anda jalankan.

1. Biaya Mahal

Diluar sana memang ada banyak yang mengatakan bahwa salah satu kelebihan SEO sebagai strategi marketing adalah murah, bahkan gratis.

Iya, Google memang tidak meminta bayaran jika website kita ada di urutan teratas mesin pencari. Namun jika boleh jujur, biaya yang dibutuhkan agar website kita berhasil duduk di puncak mesin pencari lumayan mahal.

Dahulu ketika perusahaan besar belum berfokus pada SEO, bisa dibilang memang biaya SEO Marketing lebih murah.

Namun ketika mereka sudah masuk, dan berani membakar uang puluhan sampai ratusan juta hanya untuk membeli backlink, tentu tidak fair lagi jika dikatakan murah.

Sebagai gambaran, berikut beberapa pengeluaran yang harus Anda tanggung ketika menjalankan SEO sebaga strategi marketing:

  • Biaya Hosting.
  • Biaya pembuatan Website (dengan asumsi Anda tidak bisa membuat website SEO Friendly sendiri).
  • Biaya Pembuatan Konten (dengan asumsi Anda tidak bisa membuat konten yang SEO Friendly sendiri).
  • Biaya Backlink (wajib).

Dari 4 post diatas, biaya pembuatan konten dan biaya backlink merupakan biaya yang sifatnya continue, bahkan beberapa perusahaan ada yang memasukannya dalam post biaya bulanan.

2. Tidak Bisa Berjalan Tanpa Ilmu

Hal kedua ini yang biasanya menjadi jebakan ketika ada pihak yang mau terjun ke SEO Marketing, namun tidak memiliki ilmu sekali terkait SEO.

Bahkan jika kamu hendak melakukan semuanya sendiri, SEO bukan satu-satunya ilmu yang harus kita pelajari, hal lain yang tidak kalah penting adalah pembuatan konten.

Jika boleh jujur, sebelum divedigital.id berhasil mendapatkan traffic seperti sekarang ini, ada banyak web yang kami gunakan sebagai stydy case.

Untuk mempelajari SEO dan content marketing, dahulu kami memang sengaja membuat blog dari blogspot, dan mula belajar dari pengalaman, mana strategi yang berhasil meningkatkan SEO dan mana yang tidak.

Kembali ke topik, berikut beberapa ilmu yang harus Anda ulik ketika memutuskan untuk menggunakan SEO Marketing:

  • Coding (pengetahuan minor saja cukup, selebihnya bisa menggunakan jasa programer atau cari tutorialnya di internet untuk membangun website).
  • Content Writer (pengetahuan tentang menulis konten SEO Friendly memiliki peranan sangat penting setelah website sudah jadi).
  • Teknik SEO.

Tiga hal inilah yang perlu Anda kuasai sebelum menggunakan SEO sebagai strategi marketing, jika Anda ingin merekrut karyawan baru, dan ingin menghemat anggaran, SEO Marketing bisa dijalankan dengan content writer dan SEO Spesialist saja.

Sedangkan developer yang membangun website, bisa kita pekerjakan secara kontrak, banyak develper freelance yang bisa kita hubungi jika membutuhkan jasa mereka.

Minta SEO Spesialist Anda sebagai pihak yang akan mengurus strategi pengembangan SEO website Anda.

3. Potensi Gagal Tidak Kalah Besar

Ketika menjalankan SEO Marketing, yang kita kejar sebenarnya adalah traffic, dan halaman 1 Google dengan urutan paling atas adalah penyumbang traffic paling besar.

Kabar burknya, Google hanya menampilkan maksimal 10 website di halaman 1 mereka. Itu artinya, Google hanya akan memilih 10 website terbaik untuk muncul di halaman awal mesin pencarian mereka.

Misalkan Anda bergerak dalam jasa pembuatan video, dan ternyata di Indonesia ada 50 orang yang menawarkan jasa pembuatan video dan memasarkan melalui website.

Google dengan algoritmanya hanya akan memilih 10 website dengan performa terbaik untuk muncul di halaman 1, dan 40 website lainnya di halaman sekian.

Itu artinya hanya 10 website, atau bahkan hanya 5 website teratas saja yang bisa mencicipi hasil dari SEO Marketing, sedang sisanya mungkin akan menjadi pihak yang kalah.

Jadi bisa disimpulkan bahwa potensi kegagalan cukup besar, apalagi jika kompetitor kita ternyata adalah perusahaan besar.

Salah satu hal yang membuat potensi kegagalan semakin besar adalah tidak invest pada ilmu, karena yang akan kita jalankan disini adalah strategi SEO, pengetahuan SEO Spesialist akan menjadi penentu.

Promosikan Brand Anda dengan Advertorial SEO Marketing dari Divedigital.ID

Dengan pengetahuan mendalam tentang SEO dan Content Marketing, dalam kesempatan kali ini kami akan menawarkan diri untuk membantu mempromosikan brand Anda melalui layanan yang kami sebut sebagai Advertorial SEO Marketing.

Iklan Advertorial

Advertorial adalah salah satu jenis periklanan yang disajikan dengan gaya jurnalistik. Jenis iklan yang satu ini mirip dengan iklan softselling, iklan akan memiliki narasi khusus, entah sekedar memberikan informasi atau merekomendasikan untuk membeli produk.

Berikut salah satu contoh iklan advertorial.

SEO

Merupakan strategi untuk membuat halaman sebuah website berada di urutan teratas mesin pencari untuk mendapatkan traffic.

Jadi Iklan Advertorial adalah materi iklannya, dan SEO adalah teknik yang digunakan untuk mendapatkan traffic yang akan membaca iklan advertorial Anda.

Yang Akan Kami Lakukan

Berikut beberapa hal yang akan kami lakukan untuk mempromosikan brand Anda:

  • Riset Keyword: Menemukan kata kunci yang biasa digunakan untuk menemukan brand Anda di internet yang nantinya akan kami gunakan untuk keyword yang akan ditargetkan.
  • Membuat Konten: Kami akan membuat content marketing dalam bentuk artikel yang SEO Friendly yang nantinya akan memperkenalkan brand Anda.
  • Mempublish Konten: Konten akan kami publish di divedigitl.id. Ada beberapa alasan kenapa kami memilih website ini, dimulai dari Domain Authority yang sudah bagus, traffic yang sudah banyak, serta pertimbangan lain yang tidak bisa kami sebutkan disini.
  • Memaksimalkan Rangking di Google berdasarkan keyword yang sudah dibidik. Setelah konten kami publish, mungkin rangkingnya akan berada di halaman 2 atau bahkan 3 di google. Tidak masalah, karena memang inilah rangkaian yang harus kita lewati. 2 sampai 3 bulan kedepan adalah waktu yang akan kami gunakan untuk melakukan optimasi halaman konten marketing Anda, dengan memaksimalkan backlink dan sosial media signal.
  • In the end of the day, kami akan mengupayakan content marketing Anda yang di publish di divedigital.id mendapatkan posisi terbaik di mesin pencarian Google.

Tujuan Promosi ini

Dari penjelasan diatas, bisa kita kerucutkan kembali bahwa tujuan yang akan kami kejar disini adalah memberikan ulasan positif untuk brand Anda, dan mendapatkan calon pembeli yang potensial dari mesin pencarian Google.

Kami akan mencantumkan website, atau kontak yang bisa dihubungi ke brand Anda agar jika orang tersebut tertarik, mereka bisa langsung menghubungi Anda.

Jika ingin bertanya tentang harga dan detil informasi terkait strategi ini, Anda bisa mendownload pdf yang sudah kami siapkan dibawah ini:

Sedangkan untuk Pertanyaan, Anda bisa menghubungi kami melalui saluran dibawah ini.

  • Email: Divedigital.id@gmail.com
  • No WhatsApp: 082247203292

Baca Artikel Terkait ini:

Write A Comment