Diantara sekian banyak anime baru di awal tahun 2023 ini, NieR Automata Ver1.1a merupakan salah satu anime yang baru saja menayangkan episode pertamanya, dan berhasil menduduki posisi kedua di minggu 0 winter 2023, versi anitrendz.net.

Anime yang di garap oleh studio A-1 Pictures ini mengusung sebuah cerita berlatar belakang waktu masa depan, dimana mendadak dunia dalam kondisi hancur akibat serangan para robot luar angkasa.

Disisi lain, mereka juga memiliki tentara yang dibuat dari android untuk melakukan serangan balasan dan kembali menguasai bumi dari para robot.

Ini merupakan sebuah animasi yang diadaptasi dari sebuah game berjudul NieR Automata yang bisa kita mainkan di Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One, dan Microsoft Windows. Ingin tahu seperti apa sinopsis anime NieR Automata Ver1.1a ini? Berikut pembahasan dari divedigital.id

Sinopsis NieR Automata Ver1.1a

Sinopsis NieR Automata Ver1.1a

Anime NieR Automata Ver1.1a bercerita tentang sebuah kejadian pada masa depan, tepatnya pada tahun 5012, dimana pada saat itu terjadi sebuah serangan udara yang menyasar bumi, yang dilakukan oleh alien dan para robot.

Serangan ini berhasil memporak-porandakan bumi, dan membuat kehidupan manusia diambang kepunahan, dunia mendadak dikuasai oleh robot-robot dengan kemampuan super.

Beberapa manusia yang berhasil selamat dari tragedi ini kemudian lari ke bulan, bukan hanya untuk menyelamatkan diri, namun mereka juga menyiapkan para tentara dari robot android untuk kembali merebut bumi dari para alien yang dikenal sebagai YorHa.

Diantara berbagai macam jenis robot android yang mereka miliki, robot android yang dikenal sebagai 2B dan 9S merupakan dua dari robot pilihan yang baru saja dikirim ke bumi untuk menyerang para aliean tersebut.

2B dan 9S sebenarnya merupakan tentara robot yang tidak bernyawa, namun dirinya memiliki kesadaran atas setiap tindakannya. Mereka saat ini sedang melakukan perang tanpa ujung untuk menyelamatkan umat manusia.

2B dan 9S merupakan robot yang sangat kuat, mereka berhasil mengalahkan para alien dan mengumpulkan informasi tentang kondisi bumi ke manusia yang ada di bulan.

Meski demikian, dunia masih dihuni beberapa alien yang kekuatannya jauh diatas 2B dan 9S, dimana satu-satunya cara untuk mengalahkan para alien ini adalah dengan meledakan BlackBox, tidak hanya musuhnya yang hancur, namun juga robot android itu sendiri.

Meski demikian, 2B dan 9S yang sudah hancur masih bisa hidup kembali, dengan catatan data yang ada pada mereka sudah di kirim ke manusia di bulan, namun setelah itu, mereka akan kembali menjadi prajurit yang harus melakukan perang lagi, dan lagi.

Ditengah perang yang tidak pernah berakhir ini, para robot android mulai mempertanyakan motivasi dibalik perang tersebut, kenapa mereka harus terus menderita akibat adanya perang tanpa ujung? Kenapa harus mereka yang melakukan perang?

Akankah mereka berhasil memenangkan perang? Atau pada akhirnya mereka mengetahui apa yang terjadi dibalik perang tersebut?

Kita akan mendapatkan jawabannya setelah 24 episode dari anime bergulir.

Penutup

Hadir dengan genre Action, Fantasy, dan Sci-Fi, anime NieR Automata Ver1.1a mencoba menceritakan sebuah era post-apocalyptic, dimana dunia dalam keadaan hancur, namun masih ada beberapa yang selamat.

Beberapa orang yang selamat itu pada akhirnya membuat senjata untuk mengembalikan masa kejayaan umat manusia di bumi.

Senjata tersebut memang sangat kuat, namun robot itu juga memiliki kesadaran. Atas eksploitasi yang berlebihan terhadap mereka, para robot yang meski tidak memiliki nyawa mengalami dilema dengan apa yang mereka lakukan, kenapa mereka selalu berada di posisi sulit?

Dari episode 1 yang sudah tayang, sepertinya di anime kita tidak hanya dipaparkan pada cerita perjuangan umat manusia membuat robot untuk menyelamatkan dirinya, namun disisi lain ada juga para robot buatan yang mulai jengah dengan pertarungan yang tidak ada habisnya.

JudulNieR Automata Ver1.1a
GenreAction, Fantasy, Sci-Fi
StudioA-1 Pictures
Jumlah Episode24 Episode
Tempat nontoncrunchyroll.com

Artikel Baru

Write A Comment