Digital Marketing

7 Tren Digital Marketing di Indonesia 2020


Tidak ada usaha yang bisa bertahan lama jika digerakan dengan cara monoton. Jika kamu menggunakan metode pemasaran digital, maka mengikuti tren digital marketing Indonesia adalah cara terbaik untuk membuat bisnis kamu tetap mudah untuk dijangkau custumer.

Nyatanya kualitas produk saja tidak cukup. Pertanyaan tentang ‘Bagaimana produk kita mudah dijangkau konsumen’ adalah hal penting untuk bisa kita ketahui jawabannya. Dan sebagai sarana untuk berpromosi, tidak ada salahnya jika kita mengikuti trend yang ada.

Business is about making money. Sesekali kita boleh mengalahkan idealisme !!

Divedigital.ID

Alasan Harus Pemasaran Digital

Di lansir dari laman Guardian, Indonesia menempati peringkat lima besar sebagai pengguna social media terbanyak di Dunia.

Sedangkan menurut survey yang di lakukan oleh situs Hootsuite We Are Social, Indonesia menghabiskan waktu 8 jam 36 menit untuk menggunakan internet, 3 jam 26 menit untuk menggunakan social media, serta menghabiskan 2 jam 52 menit untuk menikmati streaming video, dan broadcast lainnya.

Dari data diatas kita bisa melihat bahwa digital marketing adalah salah satu lahan yang cukup subur di era sekarang ini. Mengabaikan hal ini sama saja dengan menyia-nyiakan banyak kesempatan.

7 Tren Digital Marketing 2020 Indonesia

Sebenarnya tren pemasaran digital selalu mengikuti dua hal, yaitu perkembangan teknologi dan juga perilaku dari masyarakat. Jadi apa yang menjadi trend di luar negri belum tentu memiliki tingkat keberhasilan yang sama jika kita terapkan di Indonesia.

Selain melihat perkembangan teknologi dunia, ada baiknya kita juga menyesuaikan dengan karakter demografi pengguna internet yang ada di Indonesia. Dan berikut divedigital hadirkan 7 tren digital marketing yang bisa menjadi alternatif untuk berpromosi:

1. SEO A/B Split Testing

Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan SEO masih menjadi salah satu strategi yang paling banyak digunakan. Strategi ini adalah melakukan optimasi pada website agar mendapatkan rangking atas di mesin pencari.

SEO masih menjadi chanel yang hampir selalu diterapkan oleh banyak perusahaan, namun akhir-akhir ini ada kencenderungan untuk melakukan sesuatu yang lebih baik untuk mendatangkan trafik, sesuatu tersebut disebut sebagai SEO A/B Testing.

Apa itu SEO split testing? Apakah tujuannya juga digunakan untuk memaksimalkan CRO (conversion rate optimization).

Tidak, tujuan dilakukan SEO testing sendiri adalah untuk mendapatkan lebih banyak klik dari pengunjung yang datang dari mesin pencari Google, sederhanya kita akan mencari tahu halaman seperti apa yang disukai Google sehingga lebih mudah untuk mendapatkan posisi atas.

Sayangnya split testing ini menurut kami cenderung tidak cocok dilakukan pada situs baru, situs dengan domain Authority rendah cenderung sulit dilihat perubahannya. Jika kamu ingin mejalankan SEO split testing, ada beberapa saran yang kami rekomendasikan:

  • Hindari membuat dua landing page untuk satu produk. Dengan begitu resiko duplikat konten bisa minimalisir.
  • Mulai dari segmen kecil agar perubahan lebih mudah untuk dilihat.
  • Gunakan tools pendukung untuk pengujian ini.
  • Jangan berfokus pada hasil SERP, tujuan yang ingin kita dapatkan disini mencari tahu data mengenai jenis halaman yang disukai Google.

2. Progressive Web Apps (PWAs)

Mobilitas masyarakat yang tinggi membuat segalanya ingin dapat diakses dengan mudah dan cepat, terlebih untuk milenial. Dalam hal ini smartphone tentu lebih sering digunakan dari pada perangkat lain layaknya PC atau laptop. Nah PWA’s bisa menjadi salah satu strategi memaksimalkan trafik dari pengguna mobile.

Apa itu PWAs?

PWAs (Progressive Web Apps) merupakan sebuah website yang berfungsi layaknya aplikasi dimana kita bisa mengakses dengan cepat dan mudah tanpa harus menginstal, bahkan kita bisa mengakses website tersebut pada saat offline dimana tampilannya akan sama persis dengan tampilan terakhir kali kita mengunjungi.

Dengan website seperti ini, pengunjung akan lebih mudah untuk mengakses website kita, meskipun tanpa menginstal atau koneksi internet mereka sedang tidak stabil. Berikut beberapa ciri website yang dijalankan dengan sistem PWAS:

  • Mudah diakses, meskipun pada saat offline, dengan syarat kita pernah mengunjunginya.
  • Tampilannya mirip dengan smartphone.
  • Berjalan dengan smooth layaknya apps dan kemanan terjamin.

3. Artificial Intelligence (AI)

Pemanfaatan Kecerdasan Buatan

Artificial Intelligence merupakan teknologi computasi modern yang kini sedang giat-giatnya diterapkan dalam berbagai bidang industri untuk mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaan. Definisi Artificial Intelligence sendiri adalah sebuah kecerdasan buatan yang bisa berfikir layaknya manusia dan diterapkan pada sebuah mesin.

Mesin yang menggunakan AI akan bisa mengambil sebuah tindakan terukur dan terbaik dengan tujuan yang telah ditetapkan. Dan tentu saja ini sangat bisa membantu manusia dalam melakukan berbagai macam kerjaan.

Sudah banyak perusahaan yang memanfaatkan hal ini, contohnya fitur Discover Weekly milik Sportify, dimana dalam fitur ini kamu akan direkomendasikan beberapa lagu yang memiliki prosentase besar untuk kamu sukai dan dengarkan dengan melihat data historis dari lagu yang sebelumnya sudah kamu dengar.

Contoh Artificial Intelligence lainnya yang sering kita gunakan adalah fitur layanan email miliknya Google yakni Gmail. Jika kamu menggunakan gmail, maka akan ada empat kategori email masuk yang primary, social, promotions, dan juga spam. Filter email masuk ini juga dijalankan oleh sistem kecerdasan buatan.

4. Chatbot Sebagai Layer Pertama

Biasanya fitur Chatbot sering digunakan pemilik usaha online, bahkan hingga marketplace. Chatbot merupakan sebuah program yang digunakan untuk menjawab berbagai macam pertanyaan, baik melalui teks atau suara.

Memang ada banyak kelebihan yang dirasakan pemilik usaha ketika menggunakan chatbot, alih-alih mengerjakan banyak custumer service untuk menanggapi pertanyaan pelanggan, pemilik usaha kini bisa memperkejakan lebih sedikit custumer service, dan menggunakan chatbot sebagai layer pertama.

Tidak hanya itu, dengan menggunakan chatbot kita juga bisa menjalankan usaha tanpa harus libur, karena chatbot sendiri dapat bekerja selama 24 jam dalam sehari.

5. Video Marketing

Youtube merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak diakses didunia saat ini. Rasanya hampir semua kalangan senang melihat video dari aplikasi satu ini. Para content creator berlomba-lomba untuk menyuguhkan tayangan yang menarik sehingga bisa mendapatkan banyak views dari youtube.

Team marketing anda juga dapat menggunakan social media ini untuk membuat video yang menarik sebagai bentuk promosi. Atau mungkin dapat membuat web series dimana didalamnya dapat anda selipkan produk unggulan anda. Semua bisa anda lakukan sekreatif mungkin.

Semakin banyak views pada video yang anda buat, maka produk anda semakin banyak dikenal. Keuntungan lain dari itu, youtube juga dapat mendatangkan passive income kepada anda yang diperoleh dari banyaknya views, jumlah likes dan comment serta subscriber.

6. Social Ecommerce

Banyak sekali ecommerce yang bermunculan sepanjang tahun ini.  Mereka menyediakan laman website atau mobile aplications dimana kamu dapat menjadi merchant atau rekan ecommerce tersebut.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu membuat akun untuk berjualan, memasukan foto, dan mengisi surat perjanjian kerjasama. Setelah itu bisa melakukan penjualan produk.

Pilihlah ecommerce yang menyediakan banyak promo, karna dengan promo tersebut dapat menarik minat pelanggan untuk singgah ke website mereka. Hal itu memungkinkan kamu untuk mendapatkan pelanggan baru tanpa harus membuat website.

7. Content Marketing

Meskipun sudah lama digunakan, namun content marketing sampai saat ini masih menjadi trend yang paling banyak diminati oleh pemilik usaha untuk membuat chanel bisnis.

Definisi conten marketing disini tidak hanya sebatas konten (artikel) untuk website saja, bahkan beberapa pelaku sosial media juga mulai memanfaatkan content marketing untuk mendaparkan lebih banyak audience.

Beberapa jenis konten yang paling banyak digunakan gunakan adalah podcast, vidio, artikel, gambar, dan masih banyak lagi lainnya.

Itulah 7 trend digital marketing yang paling diminati di Indonesia. Selain 7 strategi digaitas, masih ada strategi lain yang yang juga tidak kalah populler, yakni sosial media marketing, umumnya beberapa platform yang sering dugunakan adalah facebook, instagram, twitter, dan juga Youtube. Kamu bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan perusahaan kamu.

Bantu bisnis kamu eksis di Google, cek layanan kami SEO Advertorial

Tanya + Jawab

Bagaimana Kita Merespon sebuah Tren?

Merespon sebuah trend dengan cepat adalah hal yang sangat baik, namun kita juga harus memperkirakan, seberapa lama trend itu bertahan, dan apakah biaya yang dikeluarkan worth it untuk lakukan?

Apakah Usaha saya Harus Mengikuti Trend ini?

Tidak semuanya harus diikuti, karena memang ada beberapa trend yang kurang cocok untuk sebuah usaha, misalnya vidio marketing yang kurang cocok untuk wilayah dengan koneksi internet lemah dan biaya penggunaan internet mahal.

Ikuti Konten Menarik KAMI
Digital Marketing
Strategi Media Placement untuk Memaksimalkan SEO
Digital Marketing
Belajar Membuat Perusahaan Platform Digital dari Suksesnya Google
Digital Marketing
10 Manfaat Digital Marketing bagi Bisnis Perusahaan
There are currently no comments.