Inspirasi Usaha

7 Contoh Wirausahawan Sukses Di Usia Muda Indonesia


Kesuksesan seseorang tak memandang batasan usia. Ada banyak contoh wirausahawan sukses pada usia muda, bahkan beberapa diantaranya justru merintis sendiri dari NOL. Tentu saja, setiap  keberhasilan yang dicapai tidak akan terlepas dari sikap kerja keras dan pantang menyerah masing-masing pribadi.

Barang kali kamu ingin juga sukses diusia muda. Tentu saja, hampir semua orang menyukai kesuksesan. Dan agar kamu lebih semangat dalam meniti bisnis, beberapa profile dibawah ini mungkin akan sangup memberikan informasi.

Contoh Wirausahawan Sukses Di Usia Muda Indonesia

Sudah tidak sabar ingin mengetahuinya? Siapa sajakah wirausahawan denga umur masih muda tersebut? Berikut Dive digital rangkum dalam 7 contoh wirausahawan sukses di usia muda.

1. Gibran Rakabuming Raka

Siapa yang tak kenal nama Gibran Rakabuming? Putra sulung dari Presiden Joko Widodo ini sukses merintis bisnis dari bawah tanpa mendompleng nama besar ayahnya.

Gibran lahir pada tanggal 1 oktober 1987. Sejak tahun 2010, ia merintis bisnis sejak awal dengan pinjaman dari bank. Bisnis pertama yang ia jalani adalah catering Chili Pari. Awalnya usaha catering ini hanya melayani orderan dalam skala kecil, hingga akhirnya berhasil menerima orderan dalam partai besar.

Seiring berjalannya usaha Chili Pari, Gibran juga merambah ke bisnis kuliner lainnya seperti markobar (usaha kuliner martabak),  Goola (kuliner minuman), restoran Mangkok Ku, hingga bisnis startup kerjaholic (aplikasi pencari pekerja lepas & paruh waktu).

Daftar Usaha Gibran

1. Katering Chilli Pari
2. Martabak Markobar
3. Minuman Goola
4. Restoran Mangkok Ku
5. Makanan Minuman Instant Siap Mas
6. Aplikasi Kerjaholic

2. Achmad Zaky

Buat kamu yang gemar belanja online di situs jual-beli online disebuah situs yang memiliki jargon cincay pasti sudah tahu, siapa pendiri Bukalapak? Yups, ia adalah Ahmad Zaky.

Ahmad Zaky merupakan Founder dan CEO Bukalapak. Pria kelahiran 24 Agustus 1986 ini sudah memiliki minat yang tinggi terhadap dunia informatika sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Ia juga menempuh pendidikan di jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung (ITB).

Berkat kegigihannya dalam menekuni dunia digital, kini mampu mengantarkan ia menjadi salah satu contoh wirausahawan sukses di Indonesia, anak muda dari kampung yang berhasil membuat perusahaan unicorn-nya Indonesia.

Pencapaian Bukalapak

Sebagai salah satu marketplace di Indonesia, bisa dibilang Bukalapak adalah satu yang terbaik. Bahkan pada tahun 2018 kemarin Bukalapak berhasil mencetak sebuah rekor dimana dalam satu hari jumlah transaksi mencapai 2 juta.

Ini bukan nilai transaksi loh ya, tapi JUMLAH

3. Ferry Unardi

Beberapa dari kalian mungkin masih asing dengan nama Ferry Unardi. Pria kelahiran 16 Januari 1988 ini merupakan pendiri travelok, sebuah perusahaan digital yang fokus pada lini usaha travel.

Kisah sukses Ferry dalam membesarkan Traveloka tidak terlepas dari proses jatuh bangun dan jalan yang panjang. Ferry sendiri mengaku bahwa saat awal kelahiran traveloka, tidak ada satupun maskapai penerbangan yang menerima kerjasama dengan traveloka.

Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat Ferry dalam membesarkan nama Traveloka seperti sekarang ini. Pernah mendengar pepatah.

Usaha tidak pernah menghianati hasil

Unkow

Quote tersebut sepertinya pantas disandingan dengan Ferry Unardi. Seperti yang kita kenal, aplikasi bernama Traveloka kini menjadi salah satu aplikasi travel terbesar di Indonesia dengan banyak produk dan layanan.

Ekspansi Traveloka

Selain menghadirkan layanan di Indonesia, Traveloka juga melakukan ekspansi sampai keluar negri. Sejauh ini travelokas sudah menghadirkan layanan ke negara Australia, Singapura, Filiphina, Malaysia, Vietnam, dan juga Thailand

4. Kevin Aluwi

Apakah kamu orang yang sering gunakan jasa ojek online? Apa sih hubungan ojek online dengan Kevin Aluwi?

Kevin Aluwi merupakan pebisnis yang sukses dalam mengembangkan startup Go-jek bersama dengan Nadiem Makarin. Kevin sendiri lahir pada tanggal 1 September 1986.

Keterlibatan Kevin dalam membesarkan Go-Jek menjadikan jasa layanan transportasi ini berhasil menjadi layanan transportasi yang sangat popoler di Indonesia.

Saat ini, bisa dilihat bagaimana kesuksesan jasa layanan transportasi ini booming di kalangan masyarakat dengan 1,7 juta driver pada tahun 2018. Tidak hanya di Indonesia, bahkan kini Gojek juga melakukan ekspansi hingga keluar negri.

Ekspansi Gojek

Lompatan kecil yang dilakukan Kevin Aluwi dan Nadiem Makariem yang awalnya hanya berfokus pada ojek onlini kini membawanya kesebuah perusahaan yang strategis. Tercatat, sejauh ini Gojek sudah memiliki 17 Produk dan layanan seperti GO - SEND, GO - RIDE, GO - FOOD, dan masih banyak lagi lainnya

5. Yasa Paramita Singgih

Ia adalah Yasa Paramita Singgih. Yasa lahir tanggal 23 April 1995. Usia Yasa terbilang masih sangat muda yakni 24 tahun. Bahkan, di usia 15 tahun ia sudah memulai bisnis.

Bisnis penjualan kaos pria dengan merk Men’s Republic  miliknya mampu menghasilkan omzet hingga puluhan juta setiap bulan. Kesuksesan Yasa telah mengantarkannya pada banyak perhargaan yang diterima hingga diliput berbagai media massa, media elektronik, maupun stasiun TV.

Tidak hanya kaso, kini Mens republik melalui situsnya juga menghadirkan beberapa produk fashion lain seperti snakers, kemeja, dan produk fashion lainnya.

Yasa dengan Men's Republic

Awalnya Yasa memulai bisnis dengan uang 700 ribu hasil tabungannya yang dibuat kaos dengan design Presiden Soekarno.
Setelah sukses di bisnis kaos tersebut, Yasa mencoba buka Kedai, namun GAGAL.
Setelah itu ia bangkit dengan brand Mens Republic yang kita kenal seperti sekarang ini

6. Dea Valencia Budiarto

Jika lima profil pengusaha diatas adalah seorang pria, kini kami akan memberikan contoh wirausahawan sukses di usia muda seorang wanita kelahiran 14 Februari 1994 ini merupakan pengusaha muda sekaligus penemu Batik Kultur Semarang.

Dea Valencia bisa dikatakan sebagai peremuan cerdas dan imaginatif. Dea mampu meraih gelar sarjana pada usia 19 tahun di Universitas Multimedia Nusantara.

Kreatifitas yang ia miliki juga tak main-main, hal itu dapat dilihat dari kemampuannya dalam menciptakan produk fashion.

For your information, Omzet penjualan yang ia dapatkan kini sekitar 300 juta per bulan. Kamu jika dapat penghasilan seperti itu mau digunakan buat apa?

Batik Kultur

Usaha Dea sudah dimulai sejak belia, yakni ketika dia masih berusia 16 tahun, yang awalnya menjual batik Lawasan.
Awalnya Dea hanya memproduksi 20 batik saja, dan sampai sekarang ia sudah bisa memproduksi lebih dari 800 batik dalam satu bulan

7. Hafiza Alfira Novitarini

Hafiza adalah lulusan Universitas Indonesia kelahiran  20 September 1990. Berawal dari tugas kampus, ia bersama teman-temannya mendirikan Nalacity Foundation.

Melalui pemberdayaan masyarakat, Orang Yang Pernah Mengalami Kusta (OYPMK) bersama Nalacity Foundation diberikan ketrampilan dalam menjahit. Hasil dari ketrampilan tersebut kemudian diperkenalkan kepada masyakat.

Produk yang dihasilkan Nalacity Foundation kini telah banyak laku di pasaran.  Omzet yang didapat dari Nalacity Foundation mencapai ratusan juta per bulan.

Dengan Nalacity Foundation ini, telah mengantarkan Hafiza menjadi salah satu contoh wirausawan sukses di Indonesia sekaligus menjadi teladan untuk menumbuhkan sikap kepedulian sosial.

Nalacity Foundation

Sosial Projek yang dikerjakan Fiza dan kawan-kawan ini awalnya juga tidak berjalan dengan baik, dimana banyak masyarakat yang tidak tertarik. Akhirnya Fiza dan kawan-kawan berhasil menghadapi tantangan itu

Itulah beberapa contoh wirausahawan yang sukses pada usia muda. Jalan menuju sukses harus dilalui dengan berbagai proses. Maka dari itu, kita harus melalui proses itu dengan selalu berusaha dan pantang menyerah.

Baca juga artikel menarik lainnya tentang contoh strategi marketing atau artikel lainnya di kategori Inspirasi Usaha

Ikuti Konten Menarik KAMI

  • Glad to be one of the visitors on this awesome internet site : D.