Tech Company

Mengenal Workplace by Facebook dan Fiturnya [+ Harga]


Mereka yang mengenal sosial media umumnya memiliki akun Facebook. Facebook digunakan sebagai sarana komunikasi, mencari pertemanan dan belakangan ini juga populer sebagai toko online. Namun, pernahkah Anda mendengar tentang Workplace by Facebook?

Workplace adalah jejaring sosial untuk kolaborasi atau kerja bersama yang dihadirkan oleh Facebook pada tahun 2004. Tampilan dan fungsinya sama seperti Facebook. Perbedaannya, Workplace mayoritas digunakan perusahaan sebagai sarana komunikasi internal antar karyawan. Konsepnya profesional karena membidik perusahaan dan korporasi sebagai target market utama.  

Sebelum menggunakan Workplace, cari tahu informasi pentingnya di bawah ini:

Workplace
Jenis PerusahaanPublic
Jenis Produk  Jejaring Sosial & Colaborativ Software
Tahun Berdiri2004
PendiriMark Zuckerberg
 Eduardo Saverin
 Andrew McCollum
 Dustin Moskovitz
 Chris Hughes
Kantor PusatMenlo Park, California, Amerika Serikat
CEO Mark Zuckerberg
COOSherly Sandberg
CFODavid Wehner
CTOMike Schroepfer
Websitehttps://www.workplace.com

Sejarah

Sebelum dirilis Oktober 2016, Workplace sebagai salah satu perusahaan teknologi sudah diperkenalkan satu tahun sebelumnya tepatnya pada Januari 2015. Tidak tanggung-tanggung, Facebook memilih Royal Bank of Scotland sebagai klien pertama mereka.

Alasan utama Facebook menelurkan Workplace tidak lain untuk memenuhi kebutuhan media komunikasi berbasis bisnis.

Sehingga, percakapan yang dilakukan di Workplace sifatnya lebih formal. Khusus membahas pekerjaan atau isu-isu penting seputar perusahaan secara internal. Keberadaan Workplace juga diyakini lebih efisien dan efektif daripada email.

Fitur-Fitur                    

Workplace tidak dirilis tanpa penelitian dan eksperimen terbukti dari banyaknya fitur yang tersemat di dalamnya. Penasaran ingin tahu fitur Workplace? Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Grup

Kebutuhan komunikasi dalam dunia bisnis sangat tinggi. Alih-alih berkomunikasi secara langsung, banyak perusahaan yang lebih suka menyampaikan kabar berita via online.

Di Workplace ada fitur grup yang memungkinkan para kolega bisnis untuk saling sharing masalah pekerjaan. Bisa juga diandalkan untuk upload dan kirim dokumen. Membicarakan progras proyek tertentu dan kegiatan lainnya yang membutuhkan pemikiran banyak orang.

2. Ruang Obrolan Workplace

Sebuah jejaring sosial akan terasa hambar bila tidak diimbangi dengan keberadaan ruang obrolan. Di Workplace tersedia fitur chatting yang memudahkan Anda mengirimkan teks, panggilan suara bahkan panggilan video untuk rapat virtual.

Keberadaan fitur ini diapresiasi dengan sangat baik oleh pengguna Workplace. Mereka bisa melakukan panggilan konferensi dengan sangat mudah. Entah sedang berada di rumah, café, kantor atau tempat lainnya.

3. Kabar Beranda

Hampir sama seperti Facebook, di Workplace ada juga fitur kabar beranda. Mengingat konsepnya sebagai jejaring sosial bisnis. Kabar beranda yang tampak di halaman Workplace memberikan informasi terupdate tentang perusahaan.

Sehingga, karyawan tidak ketinggalan informasi terbaru mengenai perusahaan. Di mana pun Anda berada dan sedang melakukan apa. Anda masih bisa update tentang kondisi perusahaan.

4. Siaran Video Langsung

Semenjak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia, kedamaian perusahaan terganggu. Banyak perusahaan yang merumahkan karyawan mereka mengikuti aturan pemerintah untuk bekerja di rumah saja.

Supaya pekerjaan tetap berjalan lancar dan dokumen bisa diperiksa dengan seksama bahkan melakukan meeting saat dibutuhkan. Instansi dan perusahaan memutuskan memanfaatkan fitur siaran video langsung dari Workplace.

Fitur ini memungkinkan Anda melakukan siaran video formal dengan para kolega sebagai viewers-nya. Tidak hanya melihat siaran video langsung yang Anda lakukan, para kolega juga bisa mengirimkan komentar sebagai feedback.

5. Translate Otomatis

Mereka yang bekerja di perusahaan internasional membutuhkan kemampuan bahasa yang baik. Sayangnya, tidak semua kolega bisnis perusahaan mahir berbahasa Inggris.

Mengatasi permasalahan tersebut, Anda bisa memanfaatkan fitur translate otomatis yang disematkan pada Workplace. Bahasa yang tersedia di kamus online ini cukup banyak hingga 46 bahasa.

6. Mesin Pencarian Profil

Tambah pertemanan membantu menambah wawasan Anda. Tidak perlu ragu untuk mencari teman baru di Workplace. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk menemukan kolega yang diinginkan dengan cepat dan mudah.

Cukup tulis nama kolega Anda dan Workplace akan bekerja secara actual untuk menemukan profil mereka.

Itulah beberapa fitur yang bisa Anda temukan ketika instalasi Workplace. Sebenarnya, masih banyak fitur menarik lainnya yang bisa Anda gunakan. Baiknya, jelajahi Workplace untuk memahami seluruh fitur yang ada.

Harga

Jauh lebih baik dari jejaring sosial bisnis lainnya, Workplace menawarkan tiga paket pembayaran. Anda bisa memilih salah satu dari tiga option tersebut, pilih jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Essential

Mereka yang memilih Workplace Essential tidak perlu melakukan pembayaran alias gratis. Karena gratis, fitur yang tersemat di dalamnya tidak selengkap versi berikutnya. Anda yang hanya penasaran dengan Workplace, bisa memilih versi essential ini.

Advanced

Siapa pun yang aktif menggunakan Workplace berkesempatan untuk membeli paket advanced dengan membayar sebesar $4 USD per bulan. Menariknya, Workplace Advanced juga menyediakan versi gratis khusus untuk pengajar dan organisasi non-profit.

Enterprise

Jauh lebih mahal dari dua paket sebelumnya adalah Workplace Enterprise. Biaya penggunaan jejaring sosial ini mencapai $8 USD per bulannya. Dibandingakan dengan Workplace Advanced atau Workplace Essential, pengguna Workplace Enterprise mendapatkan akses lebih banyak untuk mengelola akun mereka.

Sementara itu, bagi pekerja frontline mendapatkan hak istimewa dari Workplace. Mereka cukup membayar $ 1,50 USD untuk akses Workplace Advanced maupun Enterprise.

Terlepas dari harga paketnya, Workplace merupakan jejaring sosial kolaborasi terbaik. Anda dan perusahaan akan mendapatkan pengalaman menyenangkan selama menggunakan sosial media ini. Terutama di masa pandemi Covid-19, di mana komunikasi secara langsung bukan lagi menjadi pilihan utama.

Dan setelah mengetahui sejarah, fitur serta perbandingan harganya. Masihkah Anda atau perusahaan ragu untuk menggunakan Workplace?

Baca juga artikel tentang Aplikasi Shareit atau konten lainnya dikategori Tech Company.

Ikuti Konten Menarik KAMI
Tech Company
SHAREit: Aplikasi File Transfer dan Sharing
Coffee Break
5 Fakta Kehidupan Keluarga Mark Zuckerberg Pendiri Facebook
There are currently no comments.