Category

Growth Hacking

Category

Banyak yang orang bingung jika ingin memasarkan produk, yang akhirnya mencari-cari contoh strategi marketing yang cocok dengan era sekarang. Memang, jika kita ingin meningkatkan penjualan atas produk atau jasa, strategi pemasaran adalah hal yang patut untuk diperhatikan, bahkan wajib. Namun kita harus sadar bahwa pola dan perilaku setiap zaman selalu mengalami perubahan, dan tentu pendekatan kita harus menyesuaikan dengan perubahan itu jika ingin produk kita dikenal. Nah dalam kesempatan kali ini divedigital akan sedikit membahas…

Dalam dunia pemasaran alias marketing, selalu hadir cara-cara baru yang ditemukan untuk mendukung strategi yang dilakukan. Apalagi di dunia digital saat ini, banyak bertebaran berbagai tools dan aplikasi marketing terbaik yang bisa dimaksimalkan untuk kebutuhan strategi marketing. Karena banyaknya aplikasi dan marketing tools untuk kebutuhan pengembangan bisnis, maka akan dibagi menjadi beberapa bagian, tepatnya 16 bagian agar Anda lebih mudah memahaminya. Kembangkan Bisnis Anda Dengan Aplikasi Marketing Terbaik Perlu diingat, semua aplikasi dan marketing tools…

Salah satu tools yang sering digunakan perusahaan untuk memperkenalkan produknya adalah dengan bauran pemasaran atau yang biasa kita kenal dengan marketing mix 4P. Serangkaian strategi yang dilakukan dalam marketing mix 4P adalah menentukan produk, harga, tempat, dan juga media yang digunakan untuk berpromosi. Tidak hanya 4P, Robert F. Lauterborn pada tahun 1990 juga mengenalkan 4C dalam pemasaran yakni customer, cost, convenience, dan communication. Sedangkan menurut philip Kotler, versi 4C yang lebih relevan dengan zaman yang…

Untuk anda yang baru saja lounching brand, saat ini mungkin anda sedang disibukan oleh banyak hal. Tidak hanya yang berhubungan dengan produk, namun hal lain yang berhubungan dengan kreati brand, tagline misalnya. Tagline memang memiliki peranan yang cukup penting dalam kesuksesan brand, bisa dibilang ini merupakan salah satu cara brand potitioning, yakni sebuah proses untuk memposisikan brand kita dibenak para calon pelanggan. Lalu sebenarnya apa itu tagline? Dan apa saja contoh tagline perusahaan yang menarik?…

Marketing Plan (rencana pemasasaran) adalah sebuah istilah bahasa inggris yang berasal dari dua kata yakni ‘marketing’ (pemasaran) dan ‘plan’ (rencana). Secara sederhana marketing plan adalah penyususnan atau manajemen proses untuk mengesekkusi strategi pemasaran melalui serangkaian langkah yang sistematis dan mengacu pada keputusan kordinasi yang telah dibuat dengan target dapat mencapai tujuan pemasaran yang telah dibuat. Untuk anda yang mungkin sedang sekuat tenaga membangun pondasi berbisnis dari nol. Untuk anda yang masih terengah-engah meningkatkan penjualan. Di…

Dunia bisnis sudah memasuki era baru yang biasa disebut industri 4.0. Arah, cara bergerak, dan dinamikanya sama sekali tak sama dengan bisnis di era lama. Ide-ide usaha yang tumbuh butuh berjuang lebih keras untuk mampu bertahan dari masa inkubasi, strart up, hingga bisa stabil menjadi sebuah perusahaan. Bagi perusahaan yang sedang berjuang untuk dapat berlari dengan stabil, sangat penting untuk menjaga core bisnisnya. Perusahaan harus mampu menembus pasar. Bukan sekadar menempatkan produk-produk di pasar, namun…

Marketing menjadi instrumen bisnis yang sangat menentukan hidup mati dari sebuah bisnis. Kalau bisnis Anda mau Scale Up, berarti Anda harus punya strategi marketing yang handal. Mudahnya Anda bisa merekrut seorang marketing manager yang handal dan berpengalaman untuk mengasuh pemasaran bisnis anda. Tapi jika Anda saat ini sedang merintis bisnis sendiri dari nol, Anda wajib mempelajari strategi pemasaran yang efektif, salah satunya marketing Mix 4P. Marketing pada prinsipnya adalah “menjual produk yang tepat, di tempat…

Ekspansi bisnis internasional atau lebih dikenal dengan istilah going global dapat memberi peluang bisnis yang lebih besar, basis konsumen yang lebih luas, dan pasar baru yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan peluang yang lebih tinggi bagi bisnis yang sedang berkembang. Namun, walaupun menjanjikan peluang profit tinggi, prosesnya yang tak mudah membuat banyak pelaku bisnis gagal ketika mencoba. Umumnya karena persiapan yang kurang matang dan juga kurang memadainya pengetahuan tentang bagaimana lanskap bisnis internasional. Jika banyak di…