Jika Denji Chainsaw Man indetik dengan gestur Peace-nya, salah satu karakter Jujutsu Kaisen, yakni Gojo Satoru identik dengan gestur menyilangkan jari.

Sebuah gestur tangan yang memperlihatkan jari telunjuk dan jari tengah menyilang, sedangkan jari lainnya dilipat kedalam telapak tangan.

Sama seperti gesture peace, gestur yang biasa dilakukan oleh Gojo Satoru ini juga memiliki arti lho. Gerakan ini sering dikenal sebagai Crossed fingers.

Lalu apa arti dari simbol menyilangkan jari () ini? Yuk kita bahas.

Arti Simbol Menyilangkan Jari () Crossed fingers

menyilangkan jari

Arti dari simbol menyilangkan jari adalah mengharapkan hal baik akan segera terjadi, bahkan wikipedia juga mengatakan bahwa Crossed fingers juga memiliki makna sebagai sebuah doa untuk berharap keberuntungan dari tuhan.

Ini adalah makna yang paling umum atas gestur ini, biasanya beberapa orang akan menggunakan ekspresi ini kedalam bentuk cross your fingers (silangkan jari mu), keep your fingers crossed (tetap silangkan jarimu) atau sekedar “fingers crossed (menyilangkan jari)”.

BBC Ideas pernah mengatakan bahwa menyilangkan jari bersumber dari Paganisme Kuno, yang memiliki kaitan erat dengan komunitas Kristen di Eropa bagian selatan.

Ketika ada dua orang melakukan gestur ini, hal itu merupakan sebuah lambang untuk berharap agar diberikan keselamatan pada masing-masing orang tersebut.

Selain itu, gramediaacademy.com juga menyebutkan bahwa simbol menyilangkan jari juga memiliki makna lainnya, yakni untuk membenarkan kebohongan demi kebaikan atau yang juga dikenal sebagai white lies.

Makna ini berasal dari masa-masa awal agama kristen, dimana pada saat itu gestur ini digunakan sebagai sebuah lambang untuk meminta panduan, bimbingan, atau kekuatan kepada tuhan.

Seiring berjalannya waktu, banyak umat kristiani yang menggunakan hal ini meminta ampunan terhadap dosa (kebohongan) yang dilakukan kepada para penyiksa, saat sedang dipersekusi.

Sama seperti bahasa, simbol ini pun kemudian juga memiliki perluasan makna, dimulai dari untuk menunjukan kebohongan dengan niatan baik (white lies), sampai dengan berbohong terhadap janji yang tak ingin ditepati.

Untuk hal ini, beberapa orang ada juga yang berjanji sambil melakukan gesture finger crossoed yang disembunyikan di balik badan.

Meski makna umum dari simbol ini berkonotasi baik, namun beberapa negara lain ada juga yang mengartikan simbol ini kedalam suatu hal yang negatif.

Simbol menyilangkan jari kadang juga diidentikan sebagai alat kelamin perempuan, bahkan di Vietnam, Croosed Finger dikatakan sebagai salah satu simbol yang tak sopan untuk dilakukan kepada orang lain.

Artikel Lainnya

Write A Comment