Dokumen Bisnis

Pengertian S&P Agreement + Contoh


Ingin melakukan jual beli tanah, rumah, atau properti lainnya? Anda harus tahu S&P agreement (SPA) atau perjanjian jual beli. Sebenarnya SPA ini biasa ditemukan dalam berbagai bisnis, namun paling sering digunakan dalam transaksi real estat.

Kamu akan melakukan transaksi dan membutuhkan SPA? Ingin tahu seperti apa? Yuk kita ulas topik ini lebih jauh.

Pengertian S&P Agreement

S&P agreement merupakan kepanjangan dari Sales and Purchase Agreement atau dikenal juga dengan SPA.

Sales and Purchase Agreement adalah perjanjian jual beli yang dilakukan antara kedua belah pihak tentang sebuah kesepakatan pembelian barang. Kesepakatan tersebut berisi bahwa sang pembeli bersedia membayar sesuai dengan perjanjian dan sang penjual memberikan seluruh hak kebendaan kepada sang pembeli.

Benda yang diperjual belikan juga harus memenuhi syarat, yakni benda yang memiliki wujud serta dapat dihitung jumlahnya dan tidak menyalahi hukum negara.

Perjanjian sales and purchase Aggrement akan menjadi pengikat kedua belah pihak jika telah mencapai kesepakatan, meskipun belum ada serah terima benda ataupun pembayaran. Karena hal tersebut telah diatur dalam Pasal 1458 KUHPerdata.

Meskipun bersifat mengikat dan dinyatakan sah dimata hukum, Namun perjanjian tersebut bisa tidak berlaku jika benda yang akan dijual ternyata tidak ada saat proses penjualan atau benda tersebut adalah milik orang lain.

Syarat dan Ketentuan SPA

Berikut ini beberapa ketentuan yang harus dimengerti oleh kedua belah pihak terkait dengan serah terima hak, antara lain:

  • Jika benda tersebut merupakan benda bergerak, maka serah terima hak hanya dengan penyerahan kekuasaan dari penjual ke pembeli.
  • Untuk serah terima utang piutang dengan menggunakan cessie.
  • Penyerahan hak untuk benda tidak bergerak dilaksanakan dengan cara balik nama di hadapan para petugas berwenang.
  • Untuk proses jual beli tanah disertai dengan bukti akta tanah yang dibuat oleh PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) dan dilakukan di depan PPAT.

Contoh Sales and Purchase Agreement

Salah satu contoh yang paling sering kita jumpai terkait perjanjian jual beli adalah dibidang property, dibawah ini adalah contoh bentuk dokumen S&P Agrement.

Download SPA Word : DISINI

Baca Juga : Contoh dan Cara Membuat Invoice

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda yang hendak melakukan proses jual beli atau sedang mencari informasi tentang S&P agreement.

Ikuti Konten Menarik KAMI

Dokumen Bisnis
Contoh Quotation Letter dan Cara Membuatnya [+docx]
Dokumen Bisnis
Contoh Standar Operasional Prosedur (SOP) & Cara Membuatnya [+PDF]
Dokumen Bisnis
Panduan Mengurus Surat Keterangan Usaha [+Docx]
There are currently no comments.