Teknologi & Internet

Apa itu Era Digital? Mengetahui Arti dan Dampak Era Digitalisasi


Kita sudah sampai pada masa dimana hampir semua bidang dimudahkan dengan adanya teknologi, khususnya internet. Orang-orang biasa menyebutnya sebagai era digital, bahkan pemerintah sudah pernah mendaklarasikan keinginannya untuk merevolusi semua industri ke tahapan yang lebih tinggi, yakni Industri 4.0.

Namun, sudahkan kita memahami apa itu era digital? Apa saja dampak dan juga manfaatnya dari adanya teknologi digital satu ini?

Apa itu Era Digital?

Era digital adalah sebuah masa atau zaman dimana hampir seluruh bidang dalam tatanan kehidupan sudah dibantu dengan teknologi digital. Istilah ini juga bisa di artikan sebagai munculnya teknologi digital yang menggantikan teknologi-teknologi yang sebelumnya sudah digunakan (mekanik dan elektronik analog) oleh manusia. Era digital adalah era yang serba menggunakan teknologi.

Salah satu contoh paling dekat dan pastinya semua orang tahu adalah bagaimana internet telah mengubah banyak hal. Tidak hanya bagaimana cara kita dalam berkomunikasi dan berinteraksi, namun juga berhasil memperngaruhi landcape bisnis yang ada di Indonesia, bahkan juga dunia.

Peralihan masa teknologi mekanik dan elektro analog ke digital yang disambut dengan sangat baik oleh masyarakat, serta perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat berbagai kemudahan bisa kita rasakan, bahkan tanpa ada batasan lagi. Yang dulunya bersifat lokal, gini sudah beralih ke cakupan yang lebih luas, bahkan global.

Kita bisa dengan sangat mudah untuk berkomunikasi, membeli, dan mengetahui kabar dari tempat yang secara geografis sangat jauh dengan tempat tinggal kita. Dan masih banyak kemudahan lainnya.

Perkembangan Digitalisasi di Indonesia

Harus kita akui bahwa teknologi digital bisa memberikan beberapa kemajuan untuk masyarakat Indonesia, meskipun dari segi infrastruktur kita masih jalan dengan terseok-seok. Hal ini juga didukung dengan atusiasme masyarakat untuk hidup bersandingan dengan teknologi digital, dimana telpone pintar dan penetrasi internet menjadi salah satu faktor kenapa masyarakat bisa dengan sangat cepat beradaptasi dengan hal ini.

Perkembangan lain bisa kita lihat dari adanya payung hukum tekait Undang-Undang ITE. Meskipun di internet tidak ada batasan ruang dan waktu, namun ada sebuah sistem baru yang dibentuk agar kebebasan tersebut tidak keluar jalur, dan justru menjadi mala petaka bagi masyarakat sendiri.

Beberapa orang mengatakan bahwa Indonesia memang terlambat dalam mengadopsi teknologi, khususnya internet. Namun yang sama-sama kita lihat sampai sejauh ini, masyarakat bisa dengan sangat cepat menerima perkembangan yang ada dan masuk didalamnya.

Contohnya seperti pada awal masa peralihan ke era digital dimana media masa mentransformasikan aktivitasnya kedalam bentuk digital. Mereka yang dulunya rutin mengeluarkan editorial dalam cetakan, kini mulai menghentikan proses tersebut dan beralih menggunakan platform online seperti halnya website dan platform berbagi video.

Setelah media masa bertransformasi, bidang lain juga ikut betransformasi, salah satunya pasar ritel yang mulai beralih ke media digital seiring dengan adanya beberapa marketplece seperti bukalapak dan tokopedia.

Selanjutnya, era apps startup yang tumbuh dengan sangat masif, beberapa diantaranya ada yang berhasil menjadi unicorn, dual corn, dan seterusnya. Sebut saja traveloka dan Gojek yang menjadi salah satu inspirasi perusahaan apps di Indonesia.

Dampak Positif dan Negatif Teknologi Digital

Perubahan pasti akan menghasilkan nilai-nilai baru. Begitu juga dengan banyaknya teknologi digital yang hidup berdampingan dengan kita saat ini. Kita sadari atau tidak, faktanya era digital memang memberikan dampak dalam kehidupan kita.

Berikut beberapa dampak era digital, baik yang positif dan negatif yang kami lansir dari sebuah jurnal karya Wawan Setiawan dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Dampak Positif:

  • Distribusi informasi berjalan dengan cepat, bahkan hitungan menit saja.
  • Masyarakat menjadi lebih mudah dalam mengakses berbagai informasi.
  • Kulitas SDM meningkat secara signifikan akibat mudahnya untuk melakukan edukasi.
  • Penggunaan teknologi digital membuat terjadinya banyak inovasi yang mempermudah pekerjaan.
  • Banyak alternatif pembelajaran yang bisa diakses oleh masyarakat.
  • Pertumbuhan e-bisnis mengalami peningkatan dengan sangat cepat, contohnya seperti jasa service hp yang sudah menggunakan website.

Dampak Negatif:

  • Ada kemungkinan untuk terjadinya pelanggan HKI (Hak Kekayaan Intelektual), hal ini terjadi karena mudahnya mendapatkan informasi sehingga banyak orang yang melakukan plagiarsme.
  • Adanya kecenderungan untuk menginginkan sesuatu yang serba instant , dan tingkat konsentrasi menurun.
  • Adanya kemungkinan untuk menyalah gunakan pengetahuan yang sudah dimilik untuk kejahatan, contohnya seperti hacking, manipulasi data, dll.

[Tanya+Jawab]

Kapan Era digital Dimulai?

Era digital dimulai ketika terjadinya revolusi digital yang terjadi pada tahun 1980, lebih tepatnya pada masa peralihan dari mekanik dan analog ke teknologi digital.

Apa yang Berubah dari Era Digital?

Bisa dibilang hampir sebagian besar aktivitas dan bidang mengalami perubahan dimulai cara berkomunikasi, bekerja, sampai dengan mendapatkan informasi.

Apa Dampak dari Hal ini?

Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan ini, silahkan artikel kita kali ini.

Misi Divedigital.ID adalah menyebarkan informasi bermanfaat. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jadilah bagian dari misi kami dengan membagikan artikel ini ke social media. Sharing is Caring !!

Growth Hacking
6 Jenis Strategi Pemasaran Online Paling Populer
Teknologi & Internet
Apa itu Edmodo? Mengenal Platform Belajar Online Edmodo
Digital Marketing
10 Manfaat Digital Marketing bagi Bisnis Perusahaan
There are currently no comments.