Digital Marketing

Apa itu Platform? Fungsi, Jenis dan Contohnya


Dari sekian banyak istilah, platform adalah salah satu hal yang makin kesini semakin sering diucapkan, baik melalui media sosial, media online, dan diberbagai saluran lain. Namun sebenarnya apa itu platform? Dalam artikel ini kami akan mengulas secara singkat istilah platform lengkap dengan contoh-contohnya.

Apa itu Platform?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) platform diartikan sebagai sebagai sebuah program, rencana kerja, sebuah pernyataan dari kelompok partai tentang program kebijakan, sampai dengan mimbar, pentas, atau panggung.

Sedangkan menurut Wikipedia, platform komputasi didefinisikan sebagai sebuah kombinasi asitektur perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Secara sederhana menurut Wikipedia platform adalah media atau wadah yang digunakan untuk menjalankan software.

Sampai saat ini platform memang diidentikan dengan teknologi mulai dari aplikasi sampai dengan hal-hal yang berhubungan dengan komputer. Namun sebenarnya platform juga bisa digunakan pada hal lain, baik itu didalam dunia bisnis, sampai dengan panggung politik.

Jadi apa itu Platform?

Menurut kami, platform adalah sebuah program yang digunakan untuk mengesekusi rencana kerja, dimana platform difungsikan sebagai wadah utama atau dasar untuk menjalankan sistem yang akan digunakan. Dan sistem yang bisa menggunakan platform ini sangat banyak dimulai dari bidang komputer, bisnis, sampai dengan politik.

Fungsi Platform

Lalu apa fungsi dari adanya sebuah platform? Sejalan dengan pengertian yang sudah kami sampaikan diatas, fungsi atau tujuan dibuatnya platform adalah sebagai dasar atau wadah agar sistem lain bisa digunakan dengan sebaik mungkin.

Jenis Platform

Selama ini, jenis platform dapat dikategorikan menjadi dua hal yakni platform yang hanya bisa digunakan pada satu manufaktur, dan platform lintas manufaktor, yang mana bisa digunakan dalam sebagai manufaktur.

Misalnya untuk platform satu manufaktur adalah blackberry atau iPhone, bahasa pemograman mereka tidak bisa digunakan pada perangkat lain, karena memang hanya bisa digunakan pada perangkat jenis itu saja.

Sedangkan untuk platform lintas manufaktur seperti java, yang mana hal ini bisa digunakan dalam banyak perangkat dimulai dari PC sampai dengan smartphone.

Berbagai Contoh Platform

Untuk memudahkan anda dalam memahami pengertian diatas, kami juga akan memberikan beberapa contoh platform berdasarkan jenisnya. Berikut beberapa contoh platform yang biasa digunakan:

Contoh Platform Android

Seperti yang kita ketahui, android merupakan sebuah sistem oprasi, dan tentu saja sistem oprasi ini juga bekerja dalam sebuah platform. Apa platform yang digunakan dalam sistem oprasi Android? Dasar atau fondasi yang digunakan dalam android adalah Kernel Linux, hal ini bisa kita lihat pada ART (android runtime) dimana fungsionalitasnya sangat bergantung pada Kernel Linux.

Dengan menggunakan kernel Linux, seorang pengembang yang menggunakan android akan bisa menggunakan security inti, yang pada akhirnya pengembang bisa melakukan pengembangan pada driver perangkat keras yang sudah dikenal luas.

Contoh Platform Digital

Untuk dalam ekosistem digital, platform yang paling dekat dan mungkin sudah diakses oleh semua orang adalah Youtube, yang merupakan sebuah platform berbagi vidio. Karena ini adalah platform berbagi vidio, tentu pihak yang akan menggunakan diberikan kebebasan apakah untuk sekedar eksistensi, marketing, sampai dengan sekedar mencari hiburan.

Contoh Platform Perangkat

Selain dua kategori diatas, tentu masih banyak contoh lain yang bisa disebut sebagai platform seperti Nitendo, PC, Handphone, MAC yang merupakan platform untuk menjalankan perangkat lunak. Dengan perangkat ini, kita bisa menjalankan berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan mulai dari ofice sampai dengan browser.

Baca juga artikel menarik tentang Belajar Bisnis dari Platform Google atau artikel lainnya di kategori Digital Marketing.

Ikuti Konten Menarik KAMI

Digital Marketing
Strategi Digital Marketing yang Biasa digunakan UKM [PANDUAN]
Digital Marketing
Strategi Media Placement untuk Memaksimalkan SEO
Digital Marketing
Belajar Membuat Perusahaan Platform Digital dari Suksesnya Google
There are currently no comments.