Connect with us

Hi, what are you looking for?

Arti Kata

Apa itu Virtual?

virtual adalah

Selain platform, virtual juga menjadi salah satu kata yang sering digunakan banyak orang. Turunan kata ini juga sangat banyak dimulai dari rapat virtual, dunia virtual, teman virtual, data virtual, bahkan sampai konser musik virtual.

Namun sebenarnya apa sih arti kata virtual itu? Apa hal ini sama dengan halnya kata viral? Untuk kamu yang saat ini memiliki pertanyaan seputar hal ini, yuk simak ulasan kita kali ini.

Apa Arti Kata Virtual?

Kamu Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan kata virtual atau vir.tu.al adalah sebagai berikut:

  • a (secara) nyata: demokrasi dalam arti —
  • a mirip atau sangat mirip dengan sesuatu yang dijelaskan: monopoli —
  • a tampil atau hadir dengan menggunakan perangkat lunak komputer, misalnya di internet: perpustakaan –

Beberapa dari kalian mungkin akan kebingungan dengan penjelasan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diatas, dan faktanya kamu tidak sendirian, ada banyak orang yang juga mengalami hal yang sama.

Yang harus kita garis bawahi dari apa yang dijelaskan oleh KBBI diatas adalah kata secara, yang artinya mirip, atau sangat mirip. Bahkan akhir-akhir ini kata virtual sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang berhubungan dengan internet.

Baca Juga: Arti Project dalam Dunia Kerja

Kenapa bisa demikian? Karena sesuatu hal yang kita lakukan di internet mirip dengan ketika kita berinteraksi didunia nyata.

Penjelasan diatas juga sejalan dengan arti kata Virtual Reality yang saat ini kita kenal sebagai sebuah teknologi yang memungkinkan kita mendapatkan pengalaman yang seolah-olah nyata namun nyatanya itu hanya didunia maya.

Kata Virtual reality adalah gabungan kata yang berasal dari bahasa Inggris yakni Virtual (dekat) dan Reality (nyata). Yang kalo kita artikan, teknologi yang mendekatkan dengan kenyataan. Sampai disini kami yakin kita sudah paham mengenai arti kata virtual. Dan kami akan menjelaskan arti lain yang juga menggunakan kata virtual.

Merujuk dari beberapa hal diatas, jadi istilah kata virtual bisa kita artikan sebagai aktivitas yang dilakukan mirip dengan versi aslinya (bahkan experience pengguna) yang dalam prakteknya biasanya dibantu dengan sebuah teknologi seperti internet dan komputer.

Baca Juga: Mengenal Arti Roadmap

Apa itu Rapat Virtual?

Rapat Virtual adalah gabuangan kata yang berasal dari Rapat (pertemuan untuk memutuskan sesuatu) dan Virtual (dalam hal ini lebih diidentikan dengan teknologi dan internet). Jadi rapat virtual adalah sebuah pertemuan atau berkumpulkannya beberapa orang untuk memutuskan sesuatu yang difasilitasi oleh teknologi internet seperti teleconference.

Rapat virtual sendiri sering digunakan ketika kita tidak memungkinkan untuk melakukan pertemuan secara langsung, entah karena lokasinya yang tidak memungkinkan sampai dengan keadaan, seperti saat pandemi covid seperti sekarang ini.

Lalu, Apa itu Dunia Virtual?

Wikipedia menjelaskan dunia virtual sebagai:

sebuah lingkungan yang ada diinternet yang dilakukan oleh banyak pengguna dan bisa melakukan banyak hal dimulai berkomunikasi, membuat avatar, sampai dengan hal-hal lainnya. Contoh salah satu aktivitas dunia virtual yang selama ini kita lakukan adalah menggunakan facebook dan instagram untuk berkomunitas, mencari teman, dan lain sebagainya.

Baca juga artikel menarik tentang Pengertian Era Digital atau artikel lainnya seperti arti kata e-Wallet

[Tanya + Jawab]

Apa Sinonim Kata Virtual?

Sinonim sendiri adalah sebuah kata yang memiliki makna yang sama. Kata virtual sendiri memiliki beberapa sinonim seperti ‘mirip’ dan ‘maya’.

Apa Arti Kata Virtual Hug atau Peluk Virtual?

Ini adalah salah satu ungkapan yang digunakan untuk menggambarkan bahwa lawan bicara kita simpati dengan apa yang kita alami dan memberikan dukungan seperti halnya pelukan.

Virtual sendiri menurut KBBI apa sih?

Untuk hal ini, kamu bisa menemukan jawabannya pada artikel kali ini.

1 Comment

1 Comment

  1. Jere Cerchia

    February 5, 2021 at 5:27 am

    keren sharenya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Baca Lagi Yuk

Arti Kata

Menggunakan kata yang sedang hype adalah salah satu kebiasaan yang disukai anak muda, tidak hanya soal fashion saja, bahasa sebagai alat komunikasi pun juga...

Arti Kata

Semua orang pastinya ingin menjadi orang yang cerdas. Tapi pernahkah temanmu melakukan bullying kepadamu karena kepintaranmu? Ketika kita sedang mengutarakan pendapat atau memberi jawaban...

Arti Kata

“Apa cuma aku yang merasa grup ini sangat overrated?”  “Ya ampun, drama ini benar-benar underrated, aku harap lebih banyak orang menonton ini!” Divedigital.id Divedigitalid...

Arti Kata

Kata inklusif kini menjadi salah satu istilah yang sering didengungkan oleh banyak pihak. Konon inklusif adalah kata kunci untuk Indonesia yang lebih lebih baik,...

Aplikasi Keuangan

Seiring dengan menjamurnya teknologi, inovasi diberbagai bidang menjadi semakin masif. Contohnya seperti model kerja pasca covid yang mengadopsi Work From Home (WFH). Namun sebelum...

Arti Kata

Seiring dengan penggunaan sosial media yang begitu masif, kini istilah buzzer politik dan influencer makin sering kita dengar. Tidak hanya dalam dunia bisnis, buzzer...

Arti Kata

Komprehensif adalah kata sifat yang berasal dari istilah bahasa inggris yakni ‘comprehensive’ yang memiliki arti luas, teliti, lengkap, menyeluruh, dan mampu menangkap banyak hal...

Arti Kata

Dalam masa pandemi global,  istilah new normal ramai diperbincangkan. Tapi apa sih pengertian new normal itu? Bagaimana keadaan new normal saat ini? Corona Virus...