Arti Kata

Apa itu Virtual?


Selain platform, virtual juga menjadi salah satu kata yang sering digunakan banyak orang. Turunan kata ini juga sangat banyak dimulai dari rapat virtual, dunia virtual, teman virtual, data virtual, bahkan sampai konser musik virtual.

Namun sebenarnya apa sih arti kata virtual itu? Apa hal ini sama dengan halnya kata viral? Untuk kamu yang saat ini memiliki pertanyaan seputar hal ini, yuk simak ulasan kita kali ini.

Apa Arti Kata Virtual?

Kamu Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan kata virtual atau vir.tu.al adalah sebagai berikut:

  • a (secara) nyata: demokrasi dalam arti —
  • a mirip atau sangat mirip dengan sesuatu yang dijelaskan: monopoli —
  • a tampil atau hadir dengan menggunakan perangkat lunak komputer, misalnya di internet: perpustakaan –

Beberapa dari kalian mungkin akan kebingungan dengan penjelasan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diatas, dan faktanya kamu tidak sendirian, ada banyak orang yang juga mengalami hal yang sama.

Yang harus kita garis bawahi dari apa yang dijelaskan oleh KBBI diatas adalah kata secara, yang artinya mirip, atau sangat mirip. Bahkan akhir-akhir ini kata virtual sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang berhubungan dengan internet.

Kenapa bisa demikian? Karena sesuatu hal yang kita lakukan di internet mirip dengan ketika kita berinteraksi didunia nyata.

Penjelasan diatas juga sejalan dengan arti kata Virtual Reality yang saat ini kita kenal sebagai sebuah teknologi yang memungkinkan kita mendapatkan pengalaman yang seolah-olah nyata namun nyatanya itu hanya didunia maya.

Kata Virtual reality adalah gabungan kata yang berasal dari bahasa Inggris yakni Virtual (dekat) dan Reality (nyata). Yang kalo kita artikan, teknologi yang mendekatkan dengan kenyataan. Sampai disini kami yakin kita sudah paham mengenai arti kata virtual. Dan kami akan menjelaskan arti lain yang juga menggunakan kata virtual.

Merujuk dari beberapa hal diatas, jadi istilah kata virtual bisa kita artikan sebagai aktivitas yang dilakukan mirip dengan versi aslinya (bahkan experience pengguna) yang dalam prakteknya biasanya dibantu dengan sebuah teknologi seperti internet dan komputer.

Apa itu Rapat Virtual?

Rapat Virtual adalah gabuangan kata yang berasal dari Rapat (pertemuan untuk memutuskan sesuatu) dan Virtual (dalam hal ini lebih diidentikan dengan teknologi dan internet). Jadi rapat virtual adalah sebuah pertemuan atau berkumpulkannya beberapa orang untuk memutuskan sesuatu yang difasilitasi oleh teknologi internet seperti teleconference.

Rapat virtual sendiri sering digunakan ketika kita tidak memungkinkan untuk melakukan pertemuan secara langsung, entah karena lokasinya yang tidak memungkinkan sampai dengan keadaan, seperti saat pandemi covid seperti sekarang ini.

Lalu, Apa itu Dunia Virtual?

Wikipedia menjelaskan dunia virtual sebagai:

sebuah lingkungan yang ada diinternet yang dilakukan oleh banyak pengguna dan bisa melakukan banyak hal dimulai berkomunikasi, membuat avatar, sampai dengan hal-hal lainnya. Contoh salah satu aktivitas dunia virtual yang selama ini kita lakukan adalah menggunakan facebook dan instagram untuk berkomunitas, mencari teman, dan lain sebagainya.

Rating: 5 out of 5.

[Tanya + Jawab]

Apa Sinonim Kata Virtual?

Sinonim sendiri adalah sebuah kata yang memiliki makna yang sama. Kata virtual sendiri memiliki beberapa sinonim seperti ‘mirip’ dan ‘maya’.

Apa Arti Kata Virtual Hug atau Peluk Virtual?

Ini adalah salah satu ungkapan yang digunakan untuk menggambarkan bahwa lawan bicara kita simpati dengan apa yang kita alami dan memberikan dukungan seperti halnya pelukan.

Virtual sendiri menurut KBBI apa sih?

Untuk hal ini, kamu bisa menemukan jawabannya pada artikel kali ini.

Ikuti Konten Menarik KAMI
Arti Kata
Apa itu New Normal? Pengertian & Keadaan New Normal di Era Pandemi
Arti Kata
Apa itu Roadmap? Pengertian, Prinsip, dan Template
Arti Kata
Apa itu Buzzer? Mengetahui Arti, Ciri Ciri dan Cara Kerja Buzzer [Pendengung]
There are currently no comments.