Bahasa Jawa

Arti Kata Dalem Mas atau Sayang Dalam Bahasa Jawa


Ketika kamu di panggil atau disapa oleh teman kamu, biasanya kamu akan menjawab seperti apa? Hai, Hallo, iya? Kalau dalam bahasa Jawa, biasanya orang-orang akan menjawabnya dengan kata ‘Dalem’. Orang yang tidak pernah tinggal di Jawa dan tidak tahu arti dalem dalam bahasa jawa mungkin akan mengartikan dalem sebagai kata dalam atau di dalam.

Padahal, dalem itu kalau dalam Bahasa Jawa bukan di dalam lho, lalu apa dong? Dari pada penasaran, yuk kita cari tahu artinya dibawah ini.

Arti Kata Dalem Dalam Bahasa Jawa

Dalem adalah bahasa krama alus yang digunakan oleh orang jawa untuk menjawab ketika di panggil oleh orang yang lebih tua atau orang yang lebih dihormati misalnya Ayah, Ibu, suami, istri, pacar dan orang lain yang baru kita kenal dan kita anggap perlu di hormati.

Ketika ada teman yang memanggil, anak-anak di pulau Jawa biasanya akan menjawab dengan kata ‘Nun’ atau ‘Nyapo’. Namun kalimat ini termasuk bahasa ngoko, dan hanya berlaku kepada teman saja, sedangkan pada yang lebih tua, anak-anak diminta untuk berbahasa dengan krama alus, yakni ‘Dalem’.

Baca Juga: Arti Kata Geneya dalam Bahasa Jawa

Jadi kalau dalam bahasa Indonesia ini mirip dengan ‘Hai’ atau ‘Hallo’. Perbedaanya dalam bahasa Jawa ada bahasa ngoko dan krama alus, bahasa ngoko digunakan untuk komunikasi dengan teman sebaya sedangkan bahasa krama alus digunakan kepada orang yang lebih tua atau orang yang perlu kita hormati.

Dalam bahasa Jawa, kata dalem tidak hanya menunjukkan bahwa ia menghormati kamu, dalam beberapa kesempatan ini juga digunakan untuk menunjukkan rasa kasih dan sayang kepada seseorang. Misalnya seorang suami memangil istrinya, ia akan menjawabnya dengan kata ‘Dalem Mas’ atau ‘Dalem Sayang’. Artinya sama saja, namun itu terdengar jauh lebih romantis dibandingkan dengan menjawab ‘Nun’ atau ‘Nyapo’ untuk menjawab panggilan dari orang terkasih.

Nah biasanya Jawaban ‘Nun’ atau ‘Nyapo’ ini digunakan oleh seorang istri kepada suaminya ketika lagi marah. Ya kali, lagi marah-marahan mau menjawab panggilan suami dengan kata romantis atau halus, situasinya akan kurang tepat hehe.

Disituasi yang lain, mungkin sesekali kamu pernah mendengar seorang ibu menjawab panggilan anaknya dengan kata ‘Dalem’ juga. Apakah itu berarti orang Dewasa juga harus menggunakan bahasa krama alus kepada anaknya? Sebenarnya tidak harus, namun biasanya ini hanya digunakan untuk melatih anaknya saja, jadi ketika ia di panggil, harapannya sang anak juga akan menjawabnya dengan bahasa krama alus.

Baca Juga: Inilah Arti Angel Temen Tuturanmu Yang Sebenarnya

Kurang lebih seperti itu, kembali kami sampaikan bahwa arti kata dalem saat di panggil itu sebenarnya sama saja dengan kata ‘Ya’ atau ‘Hai’ dalam bahasa Jawa, namun ini adalah bahasa krama alus, dan bahasa krama alus biasanya hanya digunakan untuk orang yang lebih tua atau dihormati. Jadi ketika pacar kamu menjawab panggilan kamu dengan ‘Dalem Sayang’ itu sebenarnya ia sedang menimpalimu panggilan mu namun dengan bahasa yang romantis.

Arti Kata
Kumpulan Kosa Kata Paling Aesthetic dan Indah dalam Bahasa Indonesia
Peribahasa
Peribahasa: Asu Belang Kalung Wang Tegese? Apa sih Artinya?
Aplikasi Keuangan
Apa itu Cashless? Kelebihan dan Kekurangan Cashless Society [+Contoh]
There are currently no comments.