Makima merupakan salah satu karakter inti di serial Chainsaw Man part 1 yang menceritakan Public Safety Arc, yang sudah memulai debut sejak chapter 1 di manga, dan episode 1 di anime bersama dengan Denji.

Sejak awal, ia digambarkan sebagai wanita yang memiliki pengaruh kuat dan membuat orang disekitarnya takut.

Ia mengangkat Denji sebagai devil hunter, menyelamatkan beberapa fiend, bahkan sengaja membentuk pasukan khusus untuk menyelamatkan Denji dari serangan devil hunter dari negara lain.

Hampir semua devil hunter takut kepada Makima.

Namun ada satu sosok yang tidak terpengaruh akan hal itu, ia adalah master Kishibe.

Perlahan tapi pasti, setiap chapter dan episode yang tayang semakin membuka sisi misterius dari sosok wanita berambut merah ini.

Sampai pada akhirnya, Tatsuki Fujimoto selaku pencipta dari manga Chainsaw Man mengakiri perjalanan Makima di serial ini.

Akhirnya Makima mati ketika sedang menjalani pertarungan sengit melawan Denji.

Dan dalam artikel kali ini, divedigital.id akan mengajak kamu untuk membahas kematian Makima di serial Chainsaw Man.

Apakah Makima mati di manga dan anime Chainsaw Man? Ikuti pembahasan kita kali ini.

Spoiller Allert!!
Major spoiller anime dan manga Chainsaw Man, dan berisi konten kekerasan.

Pertarungan Sengit Makima di Serial Chainsaw Man

Makima di kereta

Sejak awal, Makima digambarkan sebagai devil hunter yang kuat, bahkan dipercaya untuk memimpin Tokyo Special Division 4 dan Tokyo Special Division 5.

Ia telah melalui banyak sekali misi penting, menjadi orang yang paling bertanggung jawab atas misi menyelamatkan Denji, sampai dengan bekontribusi untuk melemahkan Gun Devil.

Sepanjang jalanannya serial ini, banyak sekali pertarungan yang hampir membuat Makima tewas.

Beberapa pertarungan sengit tersebut seperti:

  • Perjalanan Makima di Kereta menuju Tokyo: ditengah perjalanannya menuju Tokyo menggunakan kereta api, Makima dan rekan kerjanya di tembak oleh orang tidak dikenal. Bersamaan dengan ini, Denji dkk di tempat lain juga di serang oleh Katakana Man dan Akane. Meski pelaku sudah melaporkan kepada Akane bahwa Makima sudah tewas, namun pada akhirnya Makima justru membantu Denji dkk selamat dari serangan Akane dan Katakana Man.
  • Makima Melawan Darkness Devil: Pada chapter 66 Makima memutuskan untuk pergi ke neraka untuk menyelamatkan Denji dkk yang dibawa kesana. Pada saat inilah Makima berhadapan dengan Darkness Devil (iblis kegelapan). Makima mengontrol salah satu orang disana untuk membuat kontrak dengan iblis kegelapan untuk mengirim kembali orang yang ada disana ke dunia, sesaat sebelum Denji dkk dikirim kedunia, Makima ditusuk dengan pedang oleh Darkness Devil, namun hal ini juga tidak membuat Makima mati.
  • Makima VS Kishibe: Sesaat setelah kematian Power, akhirnya master Khisibe melakukan oprasi untuk mengalahkan Makima. Ini terjadi pada chapter 83, Makima dilumpuhkan oleh Pasukan Anti Makima dibawah komando master Khisibe. Makima terkena tembakan dari Pasukan Anti Makima, namun itu juga tidak cukup untuk membunuh Makima.
  • Makima Melawan Denji Chainsaw Man: Chapter 86 adalah awal pertarungan antara Makima VS Chainsaw Devil dalam wujud aslinya. Untuk melawan Chainsaw Devil, Makima membangkitkan banyak devil dan hybrid yang sudah ia kalahkan dimulai dari Katakana Man, Quanxi, Akane sampai dengan Reze. Meski Chainsaw Man sudah berubah kedalam wujud aslinya, Makima juga tidak berhasil dikalahkan.

Ketika presiden Amerika melakukan kontrak dengan Gun Devil untuk mengalahkan Makima, sebenarnya sejak saat itu sudah diketahui bahwa Makima bukanlah manusia.

Ia adalah Control Devil murni yang bekerja sebagai devil hunter di Jepang, karena kontraknya dengan perdana menteri Jepang.

Melalui kontrak ini, setiap serangan yang dilayangkan kepada Makima, akan diubah menjadi penyakit atau kecelakaan yang akan menimpa masyarakat Jepang.

Jadi, ketika Makima tertembak di kereta, tertusuk pedang Darkness Devil, atau terkena serangan dari Pasukan devil hunter Anti Makima.

Serangan-serangan itu bukan tidak mengenai Makima, namun tidak akan mengalahkan Makima karena kontraknya dengan Perdana Meteri Jepang.

Kematian Makima di Chainsaw Man

Setelah banyaknya serangan kepada Makima yang seperti diatas, apakah akhirnya Makima mati di Chainsaw Man?

Jawabannya adalah iya. Lalu Makima mati chapter berapa?

Kematian Makima di manga Chainsaw Man terjadi pada Chapter 96 pada saat melawan Denji.

Setelah Denji dan Kobeni diselamatkan oleh master Kishibe dalam sebuah tempat, Denji melihat Chainsaw Man di puji oleh masyarakat Jepang karena menyelamatkan banyak orang.

Melihat hal ini, Denji masih berniat untuk menggunakan Chainsaw Man untuk kebaikan.

Namun master Kishibe mencoba mengehentikan kenginan Denji tersebut, karena Makima pasti akan datang dan membunuh Denji.

Sejak saat inilah, Denji berusaha dan berfikir bagaimana caranya untuk mengalahkan Makima.

Denji menunggu Makima

Hari berganti, pertarungan dimula sejak chapter 93 Denji berubah menjadi Chansaw Man di sebuah area pemakaman untuk menungu kedatangan Makima.

Makima datang dengan seluruh fiend dan iblis yang sudah ia kendalikan.

Pertarungan tidak terhindarkan, Denji yang berubah dalam bentuk Chainsaw Man-nya dan tampak tidak berdaya melawan iblis yang dikendalikan oleh Makima.

Hal ini karena masyarakat sudah mengidolakan Chainsaw Man.

Padahal kekuatan iblis berasal dari ketakutan orang, ketika orang sudah tidak takut dengan iblis tersebut, maka kekuatannya akan menurun drastis.

Akhirnya Denji kalah melawan para fiend, walau Makima belum melakukan apapun.

Makima yang kurang puas dengan pertarungan tersebut, menembak tangannya sendiri dan memberikan darahnya kepada Denji agar hidup kembali dan bertarung melawan Makima sendiri.

Pertarungan berlangsung dengan sangat sengit, Denji berhasil mengimbangi kekuatan Makima, namun pada akhirnya Denji kalah, Makima berhasil mengambil jantung Pochita yang ada di tubuh Denji.

Makima mengalahkan Denji

Setelah pertempuran tersebut, Makima istirahat sembari merokok, ia berhasil mendapatkan Pochita dan berniat membawa Pochita untuk hidup bersama.

Makima merokok

Pada moment inilah Makima lengah, Denji dengan membawa gergaji mesin menebas Makima dengan gergaji tersebut.

makima vs denji

Makima kehilangan kemampuan regerasi untuk menyembuhkan dirinya sendiri, karena Denji sendiri membuat senjata gergaji dari darah Power, yang merupakan control devil.

Denji kembali mengambil Pochita.

Selanjutnya master Kishibe yang menjemput Denji datang, Denji segera mengakhiri pertarungan ini, dan pulang bersama master Khisibe.

Mengetahui Makima tidak bisa dikalahkan dengan cara yang biasa, rupanya Denji dalam adegan yang tidak dijelaskan memotong tubuh Makima dan meletakan didalam kotak terpisah yang membuat potongan tubuh Makima tidak bisa bersatu.

Sesampainya dirumah, layakanya Chainsaw Devil yang memakan iblis yang sudah dikalahkan untuk menghilagkan ingatan sang musuh, Denji juga memakan daging Makima untuk dibuat sebagai olahan masakan.

Inilah alasan istilah Makima jadi Rendang yang sempat dibahas oleh netizen Indonesia.

Dan berakhir sudah perjalanan Makima di Chainsaw Man, Makima mati dikalahkan oleh Denji, seorang yang sebenarnya sangat menyukainya.

Bagaimana Denji Bisa Mengalahkan Makima?

Kematian Makima di Chainsaw Man sebenarnya mustahil bisa terjadi, karena dirinya adalah control devil yang bahkan bisa mencium kedatangan musuh dari jarak yang cukup jauh, seperti ketika Makima mendeteksi Gun Devil.

Makima juga memiliki kemampuan mendengarkan percakapan di seluruh dunia, melalui pendengaran hewan-hewan layaknya tikus.

Rupanya Denji menyadari hal ini.

Denji sebenarnya tidak percaya 100% dengan rencananya untuk mengalahkan Makima, ia hanya berspekulasi bahwa Makima sebenarnya tidak bisa melihat, ia mengenali orang lain atau iblis lain dari baunya.

Jadi Makima sebenarnya tidak mengetahui seperti apa wajah Denji, ia hanya tau melalui bau yang ada di jantungnya, yakni Pochita.

Rupanya Denji benar, ketika pochita sudah tidak bersamanya dan diambil oleh Makima, Denji berhasil mendekati dan melakukan serangan pada Makima, tanpa Makima sadari.

Itulah alasan kenapa Denji berhasil mengalahkan Makima, seperti yang Denji ceritakan pada master Khisibe di chapter 97.

Kenapa Denji membunuh Makima?

Sejak awal sebenarnya kita semua sudah tahu bahwa Denji sangat mencintai Makima, bahkan setelah dirinya sudah tahu, Makima hendak merebut Pochita darinya, Denji tetap mencintai Makima.

Lalu Kenapa Denji membunuh Makima?

Setidaknya ada dua alasan yang pernah kita lihat di serial Chainsaw Man.

Pertama, karena Denji ingin tetap bersama Pochita untuk menggunakan Chainsaw Devil sebagai devil hunter sedangkan Makima ingin menghentikan itu.

Hal ini bisa kita lihat ketika Denji terlihat sangat senang di puji masyarakat karena Chainsaw Man telah membantu banyak masyarakat atas kecelakaan yang di akibatkan oleh devil.

Namun Makima justru ingin membunuh Denji. Itu sebabnya, Denji memilih untuk melawan Makima.

Kedua, bisa jadi Denji tidak setuju dengan konsep dunia ideal yang diinginkan Makima.

Sesaat sebelum Denji bertarung melawan Makima, Denji pernah bertanya kepada Makima “apakah didunia idealnya makima, tidak ada film jelek seperti yang ia tonton“.

Makima sendiri secara pribadi percaya, bahwa jika dunia kehilangan film jelek, sepertinya itu akan membuat dunia lebih bagus.

Setelah mendengar hal itu, Denji memutuskan untuk melawan Makima.

Mungkin saja, Denji tidak setuju dengan konsep dunia ideal versi Makima.

Makima ingin semuanya serba bagus, namun Denji sepertinya ingin dunia tetap berjalan sebagai mana mestinya, jika di analogikan kedalam film, Denji menganggap tidak apa jika ada banyak film jelek, asal masih ada 1 yang bagus.

Artikel Lainnya

Write A Comment